Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal-hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Menikmati Libur Panjang di Tengah Pandemi

Halo, Maret! Selamat datang. Semoga bulan baru mampu memberi harapan-harapan baru serta semangat baru untuk terus berjuang mewujudkannya.

Di minggu pertama Maret ini dihadirkan hari kecepit nasional, pada hari Jumat, 04 Maret 2022. Dulu, jauh sebelum pandemi, sata suka ambil cuti kerja di hari kecepit itu, dan menikmati libur panjang.

Sekarang, semenjak pandemi dan punya bocil, libur panjang seperti apapun seringnya di rumah terus. Ceritanya mendukung pemerintah untuk mencegah penularan Covid-19, jadi alangkah baiknya stay at home terus.

Memanfaatkan Libur Panjang di Tengah Pandemi


Waktu libur panjang

Sebenarnya saya bingung juga apa yang harus disampaikan tentang memanfaatkan waktu libur panjang biar betah di rumah. Sudah saking sering nulisnya tapi lupa dengan eksekusinya. Hanya beberapa printilan yang bisa dilakukan dengan baik.

Nah, berhubung sedang ada Mini Challenge bareng para Bloger Purbingga, saya semangat lagi untuk menggali ide apa saja yang bisa kita lakukan selama liburan di musim pandemi begini.

📍 Staycation di Hotel


Pilihan tepat dan cocok untuk healing tapi masih bisa mematuhi protokol kesehatan, ialah staycation di hotel bintang 4. Selain bisa bermalas-malasan, di hotel bintang 4 juga bisa fokus untuk membuat konten, menikmati hidangan lezat di hotel, renang, atau rebahan sambil menikmati tontonan serial drama atau film favorit.

Lalu, kenapa harus hotel bintang 4? Karena selain fasilitasnya yang sudah komplit dan sangat memanjakan para pengunjungnya, hotel bintang 4 tentunya sudah memenuhi standard CHSE.

Staycation di hotel, kita juga bisa memilih hotel yang dekat atau tidak terlalu jauh dari rumah. Pasalnya, saat ini hampir di setiap kota memiliki hotel bintang 4. Buat yang tinggal di Purbalingga, Jawa Tengah, bisa banget melipir ke Braling Grand Hotel untuk staycation. Baik bareng keluarga ataupun sendirian.


📍 Menjajal Resep Masakan Baru


Ha... ini yang tahu saya seperti apa, sudah pasti akan tertawa ngakak. Karena faktanya, ketika saya mengeksekusi resep baru kebanyakan gagalnya ketimbang berhasilnya. Tapi enggak apa-apa, daripada bingung mau ngapain di rumah, mending bikin berantakan dapur, ialah hal yang cocok untuk dilakukan.

Siapa tahu juga bisa merecreate/duplicate dish dari Chef Arnold yang sering dibagikan di channel youtube-nya. Saya pernah mencoba membuat pouch egg ala Chef Arnold, hasil luarnya okay, tapi dalamnya sudah over cook. Next time mau coba lagi, karena saya punya cita-cita bikin channel youtube yang isinya resep masakan. Aamiin ....

📍 Bisa Fokus Membuat Konten


Liburan buat saya meruapakan anugerah tersendiri karena bisa menulis, mengambil video sampai mengeditnya. Nah, libur panjang kali ini saya juga mau memanfaatkan untu membuat konten. Lumayan jadinya, ada beberapa video pendek yang sudah ditake, tinggal pelan-plan diedit.

Selain itu, sedang mencoba membuat jurnal untuk tulisan di blog, sehingga blog aktif lagi, syukur-syukur DA naik lagi. Ngeri oey, bloger sekarang DA-nya sudah pada gemuk-gemuk.

📍 Belajar


Sebenarnya keinginan belajar di dalam diri saa bnyak banget. Ya, pengen belajar SEO, belajar bahasa asing, baik Bahasa Inggris sampai ke Bahasa Mandarin. Belajar SEO tentnya biar blog makin cakep di mata Google, biar tulisan sering nonol di page one Google dan bisa mendulang traffic organic. Syukur-syukur bisa menaikan rate card blog saat melakukan kerja sama.

Sedangkan belajar bahasa asing tentunya biar mahir juga memahami dengan mudah tawaran kerja sama dengan bahasa asing, khususya Bahasa Inggris. Kalau bahasa asing lainnya, ya karena mengikuti trend, apalagi Bahasa Mandarin, saya kan pecinta drama China sekaligus pengguna Douyin - aplikasi video pendek Tiongkok (semacam dan sejenis Tiktok).

Penutup


Waktu libur, apalagi libur panjang merupakan waktu luang yang bisa kita manfaatkan sebaik mungkin. Setidaknya ada emat hal yang bisa saya lakukan untuk memanfaatkan waktu libur panjang. Mungkin teman-teman bisa menambahkan aktivitas lainnya.

Semoga pandemi segera berkhir, ya. Agar kita tidak teralu lama di rumah, yang lama-lama akhirnya menjadi jenuh.

Okay, sampai di sini dulu. Sampai jumpadi tulisan lainnya. Terima kasih :)
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

25 comments for "Hal-hal yang Bisa Kita Lakukan untuk Menikmati Libur Panjang di Tengah Pandemi"

  1. Mantap sekali ide aktivitasnya nih. Patut dicoba bagian staycation nih. hehe

    ReplyDelete
  2. wah aktivitsanya asyik semua yaa, bisa dicontoh nih hehe
    tapi kalau untuk staycation masih skip nih mbak, suamiku belum mengijinkan keluar dari rumah. tapi kalau coba resep baru sih, sering banget. apalagi pasukan saya banyak, jadi butuh cemilan terus hehe

    ReplyDelete
  3. Hahaha bener mba. Para Blogger baru sekarang DAnya pada tinggi - tinggi lho. Kalah aku yang udah bertahun tahun ngeblog tapi DA nya masih di bawah 20 hiks *maaf curcol 🤣.

    Liburan aku pengennya staycation juga. Tapi sayang masih belum sempet ikh. Masih kapok waktu sakit sekeluarga. Khawatir covid aku 😂

    ReplyDelete
  4. Aku pun gitu Mak, banyak banget waktu libur di rumah tak manfaatin dengan hal2 di atas, biar makin happy terus saat di rumah, siapa lagi kalo bukan kita sendiri yang menciptakannya kaan?
    Makanya makin mageer pas pandemi wfh tuuhh.

    ReplyDelete
  5. Karena di rumah saja, saat libur biasanya kami isi dengan kegiatan yang bisa dilakukan tanpa banyak kendala. Seperti berkebun karena memang kebun kami dekat. Ikut ngaji pasaran (seperti pesantren kilat) karena ponpes juga dekat. Ada banyak kegiatan lainnya yang pasti cari yang bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Belajar. Aku banget tuh mba, belajar ora uwis-uwis lho… tapi alhamdulillah worthed every penny sih buat ikutan kelas-kelas itu. Upskill terus jangan kasih kendor.

    ReplyDelete
  7. Memang ya, karena pandemi jadi banyak waktu yang dapat dimanfaatkan. Aku pun jadi sering ikutan belajar hal-hal baru yang mengasah skill dengan mengikuti banyak webinar-webinar gratis yang berhubungan dengan pekerjaan ataupun dunia blogging. Lumayan jadi nambah wawasan dan skill yang sangat bermanfaat dan membuka banyak peluang dan kesempatan umtuk lebih berkembang

    ReplyDelete
  8. Kemarin lagi ada libur panjang Sabtu Minggu Senin (tgl 28 Feb,libur Nasional) lanjut lagi tgl 3 Maret Nyepi aku pergunakan kesempatan Resep Menjajal Resep Baru.Buat Marmer Cake yang beberapa kali gagal.Untuk yang kemarin bolehlah.Walaupun belum mantap banget. Salam sehat: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  9. Sepertinya paling asyik itu staycation di hotel atau mencoba resep masakan baru :D Melakukan kegiatan apa saja selam pandemi walau kadang membosankan, namun mesti dibawa senang karena kita juga bersyukur atas segalanya. Paling mudah sih berolahraga, yang penting rutin dan atur gaya hidup dan pola makan. DI rumah makin bahagia deh beraktvitas bareng keluarga tercinta.

    ReplyDelete
  10. Belajar. Aku banget tuh mba, belajar ora uwis-uwis lho… tapi alhamdulillah worthed every penny sih buat ikutan kelas-kelas itu. Upskill terus jangan kasih kendor.

    ReplyDelete
  11. Kalau kitanya kreatif, ada banyak ya yang bisa dilakukan di saat libur panjang di masa pandemi begini. Huhu, aku terlalu nurut ke hasrat mager, mak. Jadinya ya balik lagi ke gadget deh ngisi waktu liburnya. Entah cuma scrolling medsos, main game, nonton drakor. Paling diem pun , ya nonton atau seseruan bareng anak-anak aja. Masak pun sesekali. Kudu belajar dari Mak Ery nih aku.

    ReplyDelete
  12. haha... iya mbak, saya juga sering minder lihat blog teman-teman, yang ngeblognya belum lama, tapi DA nya tinggi-tinggi. Lha saya udah sekian tahun ngeblog, segitu aja dari dulu nggak naik naik

    ReplyDelete
  13. semuanya udah molly lakukann.. dan betul2 bikin hati senang dan jadi hiburan saat pandemi

    ReplyDelete
  14. Banyak hal yang bisa kita lakukan meski di rumah aja. Aku seringnya nyobain resep baru sana bikin konten terus di tulis di blog

    ReplyDelete
  15. Dari sekian list itu yang belum kami lakukan adalah stay cation mak. Anak2 lebih milih makan diberbagai tempat dan sering ketimbang dananya dialihkan buat bayar ongkos hotel, hahaha. Maklum anak udah gede udah bisa kasih saran

    ReplyDelete
  16. Hehe. Sama Mbak, saya juga sering gagal kalau nyoba resep baru. Harus beberapa kali nyoba baru oke.

    ReplyDelete
  17. Wah iya, libur panjang saat pandemi kadang bikin bingung mau ngapain Karena nggak kemana mana
    Tapi ternyata banyak ya mbak hal seru yang bisa dilakukan

    ReplyDelete
  18. mau staycation tapi berat di biaya, hehe. Sempat cari promo hotel tapi kok ya belum dapat yang murce. Jadi liburan di rumah aja, baca buku, atau belajar hal baru boleh juga mbak

    ReplyDelete
  19. Aku masih belum berani staycation nih. Hahaha. Cuma sempat nginep di hotel gara-garanya kehabisan tiket pulang jadinya transit dan nginep di Harris hotel semalam dan itupun dengan perasaan ga nyaman gara2 pandemi covid hahaha

    ReplyDelete
  20. Aku fokus konten, soalnya kok pas pandemi ternyata kerjaan banyak ya karena bisa dilakukan secara online semua kegiatan. Kecipratan berkah pandemi*eh

    ReplyDelete
  21. Udah lama aku ga nyoba-nyoba resep baru loh. Kayanya seru juga nih kalo bisa masak-masak bareng anak dirumah ya. Makasih loh mba inisghtnya.

    ReplyDelete
  22. Banyak yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan liburan panjang supaya tidak membosankan yah.

    ReplyDelete
  23. Wah, ada aplikasi nonton dracin yang aku belum tahu..
    Biasanya mengandalkan IQIYI.
    Jadi happy ya...sehari-hari sambil belajar dan mengerjakan tugas juga bisa belajar bahasa. Paling enak belajar bahasa dengan menonton drama untuk tahu kekayaan nada dan ekspresi.

    ReplyDelete
  24. Aaa tul betul, jadi bisa ngonten ya mbak kalau lagi libur.

    ReplyDelete
  25. Saya kangen staycation di hotel kak. Sampai travellingnya virtual hahaha. Tapi untung sekarang syarat PCR sama swab sudah dihapuskan kalau sudah vaksin. Jadi siap2 mau merencanakan staycation lagi

    ReplyDelete