Cara Simple Meningkatkan DA pada Blog

www.erycorners.com
Hallo, Guys, jumpa lagi di blog www.erycorners.com. Dan saya masih mau bercerita tentang kilas balik di tahun 2019. Di tahun 2019 merupakan tahun yang cukup santai bagi saya dalam ngeblog. Tapi, Alhamdulillah, masih ada beberapa job yang nyantel di tahun itu meskipun tak sebanyak tahun 2018 yang penuh kejutan bagi saya. Karena hampir setiap bulan di tahun 2018 saya ada job

Di tahun 2019 memang saya meniatkan untuk meningkatkan rate card dan memilih benar-benar job yang masuk. Saya hanya menerima job yang saya suka atau paling tidak, saya paham dan menguasai materi yang disampaikan. Karena target saya untuk menaikan DA blog yang di tahun 2018 sudah tembus angka 21. Jadi, saya targetkan di tahun 2019 menjadi 25.


Namun impian tidak sesuai dengan kenyataan. Berhubung ada perubahan algoritma pada Moz (semacam tools untuk menilai atau menganalisa sebuah blog atau website) itu sendiri, sehingga nilai DA dan PA juga ikut berubah sesuai algoritma terbaru. DA yang tadinya sudah 21 kini turun drastis menjadi 17. Dan itu bukan terjadi pada diri saya sendiri, ada beberapa teman blogger yang DAnya juga ikut terjun bebas. Ya, semacam turun secara masal untuk nilai DA blog. Kalau PA memang terus meningkat ya, Guys. Tapi DA sudah turun 4 angka, susah naiknya pula. Dan tahun 2020 ini saya bertekad untuk berjuang lagi menaikan DA sedikit demi sedikit. Bismillah lah ya. Semoga bisa.

Ada yang bilang sih kalau ingin menaikan DAnya kita mesti rajin nulis organik dan link yang keluar itu sedikit. Terlebih link-link yang memang tidak sehat atau link yang merangarah blog dengan nilai spam score tinggi, harus dibuang-buang. Selain itu, berusaha untuk membuat banyak backlink yang mengarah ke blog kita. Dan apakah benar seperti ini? Nanti kita coba bahas satu per satu.

Sebelum kita lebih lanjut belajar lagi tentang DA blog, ada baiknya kita kenalan dulu. Dan berikut tentang DA, faktor dan lainnya yang berkaitan, yang saya rangkum dari berbagai sumber termasuk obrolan teman-teman di WAG yang aktif membahas blog.

www.erycorners.com

Pengertian DA.
Apa sih itu DA? Kok akhir-akhir ini sering sekali terdengar di kalangan blogger terlebih ketika berkaitan dengan job, maka ada persayaratan DA minimal sekian-sekian.

DA merupakan singkatan dari Domain Authority atau yang kita kenal dalam bahasa Indonesia menjadi Otoritas Domain. Ialah salah satu cara yang dilakukan oleh mesin pencari seperti Google untuk memberikan nilai pada situs atau blog yang sudah ada. Nilai tersebut memiliki rentang yang cukup jauh, yakni dari angka 1 hingga 100. Semakin tinggi nilai DA, bisa dikatakan semakin bagus nilai blog di mata Google.

Dan hal-hal yang mempengaruhi nilai DA tersebut adalah sebagai berikut:

1. Umur Domain
Ketika umur domain kita sudah lama dan tentunya didukung dengan rajin mengupdate postingan pada domain tersebut. Tentu saja Google akan melihat bahwa domain tersebut sudah berumur dan memiliki konsistensi yang bagus, sehingga patut untuk dinilai sesuai dengan konsistensi yang dilakukan.

2. Popularitas Domain
Semakin banyak link yang mengarah ke alamat domain kita, tentu hal itu menjadikan semakin bagus juga di mata Google. Bisa dikatakan nilai personal branding sebuah domain tersebut cukup terkenal. Baik dari media sosial, blog lain seperti aktivitas blog walking dan lainnya.

3. Ukuran atau Jumlah Konten
Ukuran domain ini mengacu pada jumlah konten yang sudah dipublish pada sebuah blog. Berbanding lurus dengan umur domain, semakin berumur dan semakin berisi banyak konten, tentunya ini akan sangat berpengaruh terhadap nilai DA pada sebuah domain. Dengan catatan, konten yang berisi merupakan konten yang berkualitas.

Nah itulah tiga hal mendasari penilaian Google terhadap blog atau domain yang kita miliki. Untuk mengukur nilai DA pada blog kita, bisa kita cek di alamat berikut ini: https://moz.com/researchtools/ose .

www.erycorners.com
Semoga tahun 2020 DA pada blog www.erycorners.com bisa naik

Sudah mengecek alamat blog teman-teman di situ? Berapa nilainya? Kalau masih rendah, kita bisa melakukan hal-hal sebagai berikut untuk menaikannya.

Cara meningkatkan DA pada Blog.

1. Menulis Konten yang Berkualitas
Nampaknya Content is King masih tetap menjadi hal utama dalam dunia digital, termasuk blogging. Iya, mau sebagus apapun domain yang kita miliki kalau tidak ada konten yang berkualitas maka tetap saja sangat jarang orang yang berkunjung. Untuk itu, hal utama untuk menarik perhatian pembaca ialah membuat konten yang berkualitas. Dengan begitu, semakin banyak yang membaca tulisan kita di blog, semakin senang pula penilaian Google terhadap blog kita.

Diharapkan juga konten yang ditulis memiliki kata yang cukup banyak. Jika belum terbiasa untuk menulis sampai ribuan kata. Kita bisa belajar dari menulis dari 300 kata, 500 kata, 700 kata hingga 1000 kata. Tidak mudah memang, terlebih ketika kita menghadapi writer’s block, sudah jelas ide yang tadinya jalan lancar tiba-tiba mandeg.

Membuat konten berkualitas itu memang gampang-gampang sulit, karena selera orang juga berbeda-beda. Tapi, kita bisa mulai belajar dari awal dengan cara menuliskan hal-hal sederhana yang bisa bermanfaat untuk orang lain.

2. Share link blog di media sosial
Hal yang perlu dilakukan ialah dengan cara membagikan tautan URL Link tulisan kita pada media sosial yang ada. Pengaruh dari media sosial yang mengarah ke link blog ini cukup besar. Semakin banyak tautan URL link blog yang diklik dari media sosial, hal ini juga bisa menjadi nilai positif yang mampu mempengaruhi penialaian blog dari Google.


www.erycorners.com

3. Membuang link yang tidak berguna
Dalam hal ini yang dimaksud ialah toxic link atau link yang bisa merusak kualitas blog kita. Link yang keluar dari blog kita, perlu dicek, mana link yang sehat, mana link yang mengandung spam score tinggi. Sebaiknya kalau ada yang mengarah ke tautan link dengan nilai spam score tinggi, segera diunlink.

4. Menyisipkan link yang berkaitan pada tulisan di blog
Setiap kali kita memposting tulisan baru di blog, jangan lupa di dalam tulisan tersebut disisipi link blog tulisan kita sebelumnya yang saling berkaitan. Hal itu bertujuan agar link yang mengarah ke tulisan kita juga semakin tinggi. Dan berharap ada banyak yang membuka link tersebut, sehingga pembaca yang membuka link tersebut, ‘dianggap’ betah berlama-lama di depan blog kita. Dan Google itu akan senang pada blog kita kalau ada user yang lama-lama membaca postingan di blog.

5. Membangun jaringan
Seperti halnya kita pribadi di dunia nyata, untuk menuju kesuksesan langkah yang perlu dilakukan ialah dengan membangun jaringan atau bekerja sama dengan orang lain. Pun sama dengan domain yang kita miliki, kita perlu membangun jaringan sesama blogger untuk saling menguatkan dan saling memberi pengaruh positif. Salah satu cara yang dilakukan ialah dengan cara Blog Walking (berkunjung ke blog teman dengan meninggalkan jejak komentar yang bukan spam). Komentar diharapkan menggunakan nama yang benar, kalaupun menggunakan URL blog, juga yang tidak memiliki spam score tinggi. Usahakan jangan menggunakan anonymous, atau orang yang tidak dikenal. Karena pemilik blog yang dikomentari anonymous juga merasa kurang sreg. Selain itu, bagaimana mereka bisa berkunjung balik ke blog kita, kalau kita menggunakan nama anonymous? Tidak bisa, kan? So, mulai saat ini, belajar untuk blog walking dengan menggunakan URL yang benar atau menggunakan akun Google saja. Itu sudah baik untuk menambah silaturahim sesama blogger.

6. Rajin posting
Seperti yang telah saya sebutkan di atas, bahwa konsistensi aktivitas di blog itu juga berpengaruh terhadap DA. Untuk itu, kita sebagai narablog juga harus rajin posting. Memang tidak perlu setiap hari, tetapi setidaknya dalam seminggu ada 2 atau 3 tulisan yang dipublish. Dan terus terang saya juga belum bisa karena masih dengan berbagai alasan, padahal intinya malas saja. So, mulai saat ini, mari kita rajin untuk posting tulisan yang bermanfaat di blog.

www.erycorners.com


Okay, saya rasa itu dulu hal-hal yang bisa menjadikan DA blog kita naik. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman, khususnya blogger pemula. Karena tulisan ini saya buat juga ditujukan untuk mereka yang masih belajar ngeblog dan untuk diri saya sendiri agar makin rajin posting. Dan bagi teman-teman yang sudah mendalami tentang DA atau PA di blog, bisa dong, memberikan saran atau informasinya di kolom komentar.

Okay, sampai di sini, jangan lupa like, comments dan share, ya. Terima kasih. ^_^

34 comments

  1. Tahun 2019 ini aku turun banyak, Mbak. Tadinya awal tahun sudah sampai angka 32. Eh lha kok ngedrop sampe angka 24, turun lagi ke 21, 20. Trus aku mulai gak perhatian. Akhirnya sekarang di angka 17. Wedeh, mayan puyeng juga. Tapi awal-awal aja, habis itu mah enjoy aja. Tetap usaha naikin dan tetap semangat menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf cari kolom komentarnya kok ga ada , jadi terpaksa direply di sini ^^

      DA ku terjun bebas dari 34 hingga 17, dan entah apa aja kulakukan dia bergeming. Sekarang udah mulai agak sopan naik dikit dikit. kadang malu juga jadi blogger tapi kok ngga terlalu aktif ya sehingga DA PA nya kayak ga ada usaha

      Delete
  2. Tahun lalu DA saya mengenaskan betul. Dari 30 terjun ke 20. Lalu lama-lama merosot lagi dan sekarang mentok di 13. Sedih banget saya Mbak :( :(. Tahun ini harus makin semangat nulis, nih. Ngiri banget sama teman-teman blogger yang DA-nya sudah 20-an ke atas.

    ReplyDelete
  3. Aku pun pertengahan 2019 memilih job yang saya ambil dan sambil menata dan terus belajar untuk bagaimanan menaikkan DA di blog. Tapi malahan sekarang ini sudah melupakan kenaikkan DA dan yang penting update konten dan bikin yang menurut saya bagus dan sesuai dengan saya.

    ReplyDelete
  4. Yah memang nggak ada yang instan yah. Kalau mau hasil yang bagus dan maksimal, tentu harus dibarengi dengan usaha yang mantap pula. Tengkyu ulasannya, bermanfaat sekali cara ceknya.

    ReplyDelete
  5. rajin posting adalah koentji
    terbukti rajin posting menaikan DA cepat.

    ReplyDelete
  6. Susah banget rasanya buat naikin DA, kadang malah turun sendiri. masih belum bisa konsisten buat nulis juga soalnya

    ReplyDelete
  7. Jadi inget sudah lama saya gak cek DA. Kepo juga deh sekarang DA saya berapa. Naik atau turun ya... Cek ah. Thanks infonya Mba, berguna banget buat saya yang masih angot-angotan ngeblognya

    ReplyDelete
  8. Hayuuuuk sama-sama saling semangat buat ningkatin performa blog hihi, aku juga turun nih DAnya kak jadi ya lagi banyakin nulis organik :D

    ReplyDelete
  9. Jadi pe-er lagi untuk bisa create konten yang berkualitas di blog. Dan memang sering update, sharing di medsos, DA itu akan naik kok

    ReplyDelete
  10. Aku dulu pernah mencapai DA 45 wkwkwkwk sebelum negara api menyerang :D
    Dulu sih aku ngikutin alm Om Cumi yang selalu BW minim 100 blog tiap hari. Tapi keknya skrng gak mempan mbak. Udah bener tu bikin tulisan organik dan meminimalkan backlink keluar, malah kalau bisa kita yang dapatin backlink :D

    ReplyDelete
  11. Dulu naikin gampang ya Mba. Tiap bulan pasti dapat kabar naik 2 3 atau bahkan 5. Laaah sekarang boro2.... Naik 1 tiap bulan aja udah bersyukur. Apes banget yg newbie kaya blog saya memulai di algoritma yang baru ini, wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  12. Aku udah melakukan beberapa poin di atas tapi DA stagnan. Eh pas enggak ku urusin malah DA naik 2 poin. Hahaha. Yang penting ku update blog aja deh

    ReplyDelete
  13. Saya sependapat dengan membuat konten yang berkualitas dan...terbaca. Karena tak seperti jurnal pribadi atau diary, apa-apa yang kita tuliskan di dalam blog itu sudah masuk ke ranah publik.

    Memang betul, jangankan menjaga konsistensi kualitas blog, bisa rajin ngupdate aja ngos-ngosan. Apalagi hidup itu kan nggak melulu soal ngeblog, ada pekerjaan, keluarga, dan kehidupan sosial yang juga perlu dijalani.

    Di awal tahun ini, saya mencoba menggunakan template blog post untuk menjaga kualitas konten saya tetap konsisten. Setidaknya better than last year. Bukan template yang gimana-gimana gitu, sebatas checklist apa-apa yang mau saya tulis dan bagaimana menulisnya (baca: mengemasnya).

    Soal DA/PA, jujur so far saya belum terlalu paying so much attention ke situ. Lebih karena fokusnya bukan untuk cari job kali ya. Soalnya saya ngeblog karena saya seneng nulis dan ingin share ide/pengalaman untuk dibaca orang.

    :)

    ReplyDelete
  14. jadi diingetin belum bersih2 link yg berbahaya buat kesehatan blog. duhh mau ngerjainnya itu loh males banget :D

    ReplyDelete
  15. wah perasaan udah komen panjang kok ga ada ya, baiklah diulang... hihi

    DA PA ku juga terdampak sangat signifikan mbak Ery, jadi agak sedih juga waktu ada job job dengan S&K DA PA

    tapi sekarang udah gak terlalu peduli sih, as long as udah nulis aja aku udah ayem gitu heheheh .. udah ga pejuang DA PA Aleza dan entahlah apalah

    ReplyDelete
  16. wah semua udah aku lakui nih...tapi gegara kemarin turun semua itu, agak lemes DAnya gak naik naik..masak dari 37 sekarang cuma 18..hiks hiks banget

    ReplyDelete
  17. wah ternyata begini caranya, mantap artikelnya bisa belajar banyak.

    ReplyDelete
  18. Ngga ada yang instan, termasuk memperoleh DA tinggi buat blog kita. Mmg kalau mau naikin DA, ya kudu mau usaha buat nulis yang bagus dan berkualitas

    ReplyDelete
  19. Makasih tips nya..naikin DA ini PR juga buat aku mba.. blogku juga turun, jadi 17 sekarang...padahal awalnya juga 23 klo ga salah.. cuma ya itu, blkngan aku kok berasa miskin ide yaa

    ReplyDelete
  20. DA tuh sungguh misterius, kadang-kadang rajin posting malah turun nilainya, eh giliran ga ngapa-ngapain naik sendiri hehehee... Tapi secara umum emang begitu triknya sih, rajin update, rajin bewe dan memperhatikan content. Semoga DAku segera naik lagi nih. Ngos-ngosan ya ternyata sekarang mau menaikkan DA.

    ReplyDelete
  21. Wah membantu banget nih mbak, buat usaha naikin DA punyaku. DA dan PA ku jomplang banget, kan sedih
    Hehehe

    ReplyDelete
  22. Mau tanya doonk, kak...
    Kalau nulisnya suka di back date, ngefeknya kemana yaa..?
    Hehhe...akutu biar keliatan konsisten, hobi banget nulis tapi aku backdate.

    Dan emm, DA ku ga naik-naik euuii...
    Stuck.

    ReplyDelete
  23. aku padahal udah diangak 33 lalu terjun bebas hingga kini 22 dan ga naik2 yang naik malah PA doang entah apa yang merasuki google hingga tega membuatku galau wkwkwk

    ReplyDelete
  24. Tahun lalu DA ku juga terjun bebas. Memang sih ada beberapa waktu aku ga aktif update karena lagi masa-masa ujian. Alhasil sekarang susah banget naiknya. Tapi yang jelas usaha dulu biar bisa naik sedikit demi sedikit lagi.
    Makasih kak infonya, akan aku terapkan nih biar bisa naikin DA lagi.

    ReplyDelete
  25. Tahun lalu target saya bisa mencapai DA 30 tapi pupus ditengah jalan gara-gara insiden DA massal itu, sekarang ini juga lagu berusaha naikkan DA kembali dengan cara2 yang Mbak sebutkan di atas , terutama untuk tetap konsisten ngeblog.

    ReplyDelete
  26. Aku salfok sama skrinsyut DA mu lho mbak... 17 wow... Banyak yg ngasih tips naikkan DA ini termasuk mbak. Sekarang tinggal bloggernya mau usaha dan all out gak?? Semangat blogging.

    ReplyDelete
  27. Wah tetep yaa.. rajin posting ituu yg bikin agak ngiluuu😜

    ReplyDelete
  28. Makasih ka i fonya sangat membantu buat blogger pemula kayak aku yg blm mikirin DA.. haha sampai saat ini upayanya hanya rajin posting dan sebar di medsos aja

    ReplyDelete
  29. Terima kasih infonya mb...menaikkan DA masih jadi PR saya nih..tapi memang sih, tulisan organik saya masih kurang banyak. Kalau dari blog gratisan terus kita tld kan, itu DA dimulai dari awal ya? Berarti umur blog dihitung dr kepindahan kita ke TLD atau gmn mb? Terus untuk tahu kualitas back link yang masuk ke ke blog kita, ngeceknya satu2? Ini tolok ukurnya spam score mb?

    ReplyDelete
  30. Sip, aku catat tipsnya...
    Aku juga lagi berusaha naikim domain

    ReplyDelete
  31. Wah iya memang tahun lalu DA-ku pun terjun bebas, sempat 28 langsung drop jadi 18, lalu susah banget naiknya. Memang harus rajin sih update, BW, dan yang pasti rajin maintenance juga blog-nya

    ReplyDelete
  32. Informasi yang ku butuhkan banget ini setelah da/pa Aku merosot drastis tetapi poin 6 agak susah dilakukan hiks

    ReplyDelete
  33. Hmmm, DA/ PA memang sebuah misteri yang hakiki. Sudah rajin posting, tapi belum naik-naik nih.. hiks. Semoga saja tahun ini bisa mencapai target wkwk. Apapun hasilnya nanti, tetap harus konsisten nulis yang bermanfaat :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)