4 Hal yang Membanggakan Menjadi Seorang Narablog

by - 8:47:00 PM

4 Hal yang Membanggakan Menjadi Seoarng Narablog | sumber : www.pexels.com
Halo 2019. Semoga di tahun yang baru ini semangat menulis saya makin bagus, tidak angin-anginan lagi. Menulis bagi saya mampu mengobati keluh kesah dan gundah gulana. Saya bisa mengeluarkan segala beban pikiran menjadi salah satu tulisan yang bisa dibaca. Dimulai dari itu, saya tertarik menulis di blog

Untuk tetap konsiten menulis di blog bagi saya juga tidak mudah. Saya harus mengumpulkan banyak inspirasi dan curi-curi waktu menulis agar tidak berbenturan dengan pekerjaan. Maklum, saya masih seorang Part Time Blogger. Namun saya tetap berusaha untuk memposting tulisan agar bisa bertengger di dunia maya ini.

Karena saya sering memposting tulisan di blog, maka teman-teman banyak berkomentar, "Apa sih untungnya nulis kek gitu? Cuma bikin capek doang,"

Mmm, mendengar kalimat seperti itu, dulu cuma mengernyitkan alis saja. Karena tulisan saya masih cuma curhatan atau fiksi kisah nyata yang saya bumbui dengan berbagai macam drama dan konflik di dalamnya.

Kemudian di tahun 2015 saya mulai memahami bahwa dari blog juga bisa mendapatkan uang. Huah, langsung deh yang ada di dalam otak saya berkata, "Uang, uang, uang, dan uang!"

Dan tahun 2016, Alhamdulillah saya berhasil mendapatkan uang dari tulisan yang saya publish di blog. Bahagia pastinya, apalagi pas dapat menang lomba, pernah dapat smartphone, pernah dapat uang dan bingkisan cantik lainnya.

Terus semenjak saya dapat hadiah, terutama uang tunai, teman yang dulunya komentar apa untungnya nulis, sekarang komentarnya berbeda lagi, "Mba Ery, traktir dong, kan udah dapat hadiah," Kalau urusan traktir selama masih dalam nominal wajar saya iyain saja. 

Selanjutnya saya terus membuat artikel lagi dan lagi. Terus belajar dan mencoba lagi, hingga pada akhirnya membawa saya ke suatu hal yang membanggakan menjadi seorang Narablog. Mungkin bagi orang lain hal biasa, tapi bagi saya tentu hal yang istimewa.

Adapun hal-hal yang sangat membanggakan dalam dunia blogging saya seperti :

1. Turut Serta dalam Juguran Bareng dengan Sisditjen Kominfo

www.erycorners.com
Dengan Ibu Mariam F Barata

Awal tahun 2017 saya yang tergabung sebagai Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Purbalingga, berksempatan untuk berkumpul bersama dalam acara Juguran Bareng dengan Ibu Mariam F Barata selaku Sisditjen Kementrian Komunikasi dan Informasi Indonesia. Di sini membahas bersama tentang berita hoax yang mudah menyebar dan bagaimana cara menanggulanginya. Serta dijelaskan tentang nawacita Pemerintah Indonesia untuk memajukan bangsa, khususnya memalui dunia digital.


Selain itu saya juga berksempatan memberikan beberapa kata tentang dunia blogging yang saya jalani selama ini. Jujur saja, saya gemeteran, karena kali pertama berbicara di depan banyak orang. Terlebih langsung ada Ibu Sisditjen Kominfo, Kepala Dinas Dinkominfo Purbalingga, Kepala Desa setempat beserta perangkatnya, dan beberapa pejabat, serta teman-teman RTIK Purbalingga yang hadir di situ. Untung saja saya tidak pingsan, hanya berkeringat dingin saja.


2. Mengisi Acara Workshop Blogging

www.erycorners.com
Asli grogi :D

Acara ini terselenggara oleh teman-teman Komunitas MIRC Allnetwork #Purwokerto yang ingin belajar tentang promosi digital serta dunia blog. Perasaan saya saat itu tentu grogi, karena saya sadar, saya masih sebagai blogger level recehan, ilmu saya masih setipis kulit ari. Di sini sebagai pembicara saya menjelaskan tentang apa itu blog, bagaimana untuk menunjang promosi penjualan dan bagaimana cara membuat blog. Dan Alhamdulillah lancar. Saya bisa berbagai besama dengan mereka yang ingin belajar sebagai Narablog.


3. Mengikuti Famtrip Media dan Blogger, Explore Banjarnegara

www.erycorners.com
Sampai juga di Candi Arjuna

Ini kali pertama diundang oleh Dinas Pariwisata Banjarnegara untuk turut mengexplore wisata di Banjarnegara. Saya bersama teman-teman media, blogger dan lainnya mendapatkan pengalaman yang luar biasa di sini. Acara dilaksanakan pada tanggal 16 - 18 November 2018. Selama 3 (tiga) hari di Banjarnegara, sangatlah memanjakan kami dengan pesona wisatanya yang sangat memukau. Salah satu pesona yang sangat memukau tentunya Dieng, Negeri di Atas Awan. Dan saya ingin balik lagi ke sana tentunya.


4. Turut Bergabung dalam Safari Jurnalistik 2018

www.erycorners.com
Safari Jurnalistik 2018

Kalau di bulan November 2018 saya mengexplore wisata Banjarnegara, di akhir tahun kemarin saya bergabung Safari Jurnalistik 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga. Kami selam 2 (dua) hari dari tanggal 29 - 30 Desember 2018 menyusuri Se-Ku-Go. Eh, apa itu Se-Ku-Go? Merupakan akronim dari Serang, Kutabawa dan Goalawa.


Kami juga turut serta dalam sharing bareng tentang wisata Purbalingga. Harapannya, ke depan, wisata di Purbalingga makin maju dan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan dari luar wilayah Purbalingga. Selain itu kami juga diajak mengunjungi Sentra Olahan Nanas, yang meruapakan oleh-oleh khas dari Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.

Keempat hal tersebut merupakan pengalaman yang sangat berharga dalam hidup dan tak kan tergantikan. Bisa menjadi bagian untuk mengisi konten yang positif, berbagi ilmu dan support tentang dunia pariwisata, bagi saya tentu sangat membanggakan. Dan semua itu terjadi karena saya seorang Blogger.

Namun dengan pencapaian yang telah saya dapatkan, harus diimbangi dengan semakin giat memposting tulisan di blog serta memperbaiki kualitas tulisan. Terlebih di akhir tahun 2018 ditutup dengan sangat manis, tentunya saya harus lebih baik lagi di tahun 2019. Saya berharap di tahun 2019, blog saya makin maju dan lebih bermanfaat lagi.

www.erycorners.com
Blog harus semakin baik | sumber : www.pexels.com

Untuk mencapai semua itu, tentunya ada proses dan saya rangkum dalam bentuk resolusi blogging tahun 2019. Apa sajakah itu?

1. Menaikan DA dan PA Blog
Seroang blogger tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Yang mana kualitas blog bisa dilihat dari semakin tingginya DA dan PA. Saat ini, blog saya masih mentok di angka 21 untuk DA dan 31 untuk PA. Tahun 2019 saya menargetkan DA menjadi 25 dan PA 35. Bissmillah, semoga bisa.

2. Meningkatkan Kunjungan ke Blog
Ini harus, kalau DA dan PA mau naik, kunjungan juga harus naik, terutama dari backlink dofollow yang mengarah ke blog ini. Semoga bisa, dan harus bisa.

3. Posting Tulisan Minimal 5 Setiap Bulan
Kalau saya lagi malas nulis, biasanya sebulan hanya ada satu tulisan yang terpanjang di blog. Di tahun 2019 tidak boleh seperti itu lagi. Harus lebih rajin, setidaknya ada lima artikel yang dipublish. Selain untuk menambahkan kunjungan, biar blog terlihat hidup karena artikelnya update terus, jadi yang berkunjung tidak bosan. Doakan semoga sukses ya!

Dengan tiga resolusi tersebut, semoga blog www.erycorners.com semakin baik dan maju. Tidak ada  yang tidak mungkin selama ada usaha, kan? Jadi, yuk, tetap semangat menjadi seorang blogger yang membanggakan. Karena dengan tetap menulis, nama kita akan tetap dikenang.

Okay, terima kasih sudah berkunjung dan membaca cerita tentang yang hal yang membanggakan menjadi Narablog versi saya. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

32 comments

  1. akupun bangga jd seorang blogger :D.. apalagi kalo ada temen2 yg bertanya ttg blogku, ato ttg hal2 yg berkaitan dgn traveling dan kuliner. kyk temen2 kantor, mereka srg bilang kalo biasanya membaca blogku dulu untuk tau tempat2 wisata dan kuliner yg srg aku tulis :D..rasanya seneng aja kalo apa yg kita tulis bisa berguna buat org lain :).

    ReplyDelete
  2. iya, temen kantorku juga gitu, kalau mau liburan ke mana biasanya tanya ke aku ada tempat wisata baru enggak, udah ditulis di blog belum ihhihihi

    ReplyDelete
  3. rika aktif disemua bidang ya lik

    ReplyDelete
  4. Wah aku juga pernah ikutan famtrip Banjarnegara tapi kita di beda tahun ya. Seru kok jadi blogger ya bis adapet banya hal mulai dari teman, ilmu dan lain-lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. Wah, semoga bisa bertemu di lain kesempatan, Mbak Lidya..

      Delete
  5. Alhamdulillah, sudah lumayan banyak pencapaiannya berkat ngeblog ya. Semoga Resolusi 2019 tercapai semua ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Mbak. Semoga thn 2019 resolusi bisa tercapai. Aamiin..

      Delete
  6. Alhmdulillah semoga rejekinya semakin berlimpah dari profesi blogger ya... semangat terussss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Mbak Diane.. Sukses juga untul Mba Diane.. Aamiin aamiin..

      Delete
  7. Keren bangettt...
    Pasti bahagia yaa...bisa sukses di dunia yang dicintai.

    Semoga makin banyak karya yang diukir dan bermanfaat untuk masyarakat.
    Aamiin~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, ternyata begini rasanya ngeblog hahaha. Bahagia tapi kayak dikejar apa kalau udah deadline..

      Aamiin.. Sukses juga buat mba Lendy yang rajin mengupdate Drama Korea. 😍😍

      Delete
  8. wah keren mba, saya ngeblog masih gini2 aja soalnya sambil ngasuh anak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaah, saya juga masih baru, masih nyambi kerja juga.


      Masih belajar intinya..


      Semoga mba Kania makin sukses juga ngeblognya, semangat menulis. 😉

      Delete
  9. Seru ya Mbak menjadi narablog. Banyak hal menyenangkan terjadi.

    ReplyDelete
  10. Banyak banget keuntungannya jadi seorang blogger. Kalo saya sih bukan cuman soal materi atau reward yang didapat, tapi juga kepuasan hati setelah menulis, berbagi cerita dan informasi, itu yang rasanya bikin hatiku puas.

    ReplyDelete
  11. Ngeblog emang asyik ya. Bersyukurlah kita yang hidup di era digital ini, karena melalui blog jadi bisa dapet banyak kesempatan dan kenalan. Hehehe. Sukses terus ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. terima kasih Mba Wiwied. Alhamdulillah kita hidup di zaman teknologi modern.

      Delete
  12. Waaah keren, jadi banyak kegiatan positif & pertemanan meluas ya. Memang asik jadi blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Lusi.. bersyukur banget kita jadi blogger

      Delete
  13. Keren, Teh. Memang bikin bangga, plus jadi kenangan dan dapet ilmu baru juga.
    Sukses selalu, Teh..

    ReplyDelete
  14. Baca postingan ini jadi semangat ngeblog lagi. Sukses selalu Mbak. Semoga target DA 25 tercapai di tahun ini. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Semoga berhasil juga ya, Mbak. Dan harus semangat..

      Delete
  15. Penasaran pengen ikut yang juguran blogger, Kemarin-kemarin diajak sama Pradna, Blogger Banyumas, tapi waktunya nggak cocok. Moga tahun 2019 bisa datang ke juguran blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. semoga bisa ketemu sama Mak Indah.

      Iya, Mas Pradna suka ngadain acara blogger juga

      Delete
  16. Kadang suka sedih juga kalau ada orang yang belum tahu apa itu nge-blog. Apalagi kalau sambil mengernyitkn alis, hahaha.
    Aku sih cuma bisa bilang (dalam hati sih), "Hmmm, dari mana aja ya...?' hahaha
    Tapi jujur lho, sampai saat ini masih ada yang belum tahu apa itu narablog.

    Insya Allah, aku akan terus jadi narablog sepanjang usia.
    Nge-blog bikin hidup makin hidup!

    Eeeaaa... :)

    Meski mood masih suka up and down, hahaha
    Ini PR banget!
    Membuat nge-blog menyenangkan seperti saat pertama dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama Mbak Rosa. Apalagi saya tinggal di desa, ya tetangga saya juga pada enggak tahu apa itu blog


      Aamiin.. semoga bisa. Saya juga rindu menulis di blog dengan sangat menyenangkan.

      Delete
  17. Jika dijalani sepenuh hati dan tidak meluli terpaku pada materi, menjadi bloger emang semenyenangkan ini ya. Saya juga senang dan bangga ngaku sebagai bloger. Semoga tahun 2019 blognya semakin bersinar ya, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pengalaman yang tak tergantikan dan bertemu dengan banyak orang. Itu sungguh luar biasa.


      Aamiin.. semoga di tahun 2019 makin semangat menulis..

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of