Menikmati Serunya Liburan di Sanggaluri Park Purbalingga yang Bikin Nagih

by - 4:25:00 PM

www.erycorners.com
Sanggaluri Park | Photo by @aam_riyanto
Minggu kemarin, tanggal 28 April 2019, saya dan Pak Suami serta kawan-kawan berkesempatan untuk liburan tipis-tipis tapi mengesankan. Kami berkunjung ke salah satu destinasi wisata Purbalingga yang sudah cukup lama dan selalu memberikan tempat yang nyaman serta keistimewaan bagi pengunjung. Sebelumnya tempat ini dinamakan Reptile n Insect Park Purbalingga, yang diresmikan pada tanggal 13 Agustus 2007. Namun dengan perkembangan tempat wisata ini yang terus menambah wahana baru, sehingga pada awal tahun 2010, namanya resmi diganti menjadi Sanggaluri Park.

Sanggaluri sendiri merupakan bahasa Jawa, yakni berasal dari kata Sanggar yang berarti Tempat, Luru yang berarti Mencari, dan Ilmu yang berarti Pengetahuan. Sehingga tempat ini sangat cocok sebagai tempat wisata sekaligus tempat pembelajaran. Lokasinya terletak di Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Untuk menuju ke sini akses jalan yang dituju juga sangat mudah, baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Sedangkan lokasinya juga cukup luas, yakni 3,5 hektar. Sehingga sangat memungkin kita semua bisa berwisata keluarga di sini.

Kami berenam, yaitu Mas Bangkit, Aam, Aji, Tiara, Saya dan Suami, dari Generasi Pesona Indonesia regional Purbalingga, sangat takjub dengan perubahan-perubahan yang ada di Sanggaluri Park ini. Konsepnya memang masih sama yaitu wisata pendidikan tetapi tata ruang dan penambahan wahananya sudah semakin komplit. Bahkan saat ini sedang ditata, bahwa lokasi ini akan dijadikan sebagai pusat wahana Outbond Purbalingga untuk anak-anak. Saya sudah tidak sabar menunggunya nih, meskipun saya tidak bisa ikut, tetapi saya bisa mengajak adik saya yang kecil untuk bermain outbond di sini nantinya. Rencanya program itu akan dirampungkan sebelum lebaran tahun 2019. Yes, semoga segera selesai.

Terus, di Sanggaluri Park ini ada apa saja? Yuk, cek di bawah ini.

1. Museum Wayang dan Artefak
www.erycorners.com
Photo take by @aam_riyanto

Di tempat ini kita bisa belajar tentang wayang dan jenis-jenisnya serta batu-batu zaman pra sejarah. Koleksi wayang yang ada di sini juga cukup lengkap. Baik itu wayang golek, wayang suket, dan lainnya. Penempatan kelompok wayang ada di sisi bagian kiri gedung, sedangkan untuk benda-benda artefak ada di sisi kanan. Di ruang ini kita bisa menggali sejarah tentang kebudayaan dan kesenian serta benda-benda purbakala yang ada di Purbalingga.

www.erycorners.com
Salah satu koleksi wayang ada di di Museum Wayang | Photo take by @aam_riyanto
2. Museum Kupu-kupu dan Serangga
www.erycorners.com
Salah satu display kupu-kupu yang dipajang | Pnoto take by @aam_riyanto

Hah? Maksudnya? Di sini itu terdapat tempat di mana kupu-kupu yang sudah meninggal dan diawetkan dipajang dalam tempat yang atasnya terbuat dari kaca. Di sini harus hati-hati banget nih, karena kupu-kupu yang ada di dalam sini merupakan kupu-kupu yang sudah sangat lama, sehingga dilindungi dengan cara dimasukan dalam kotakan kaca. Untuk menyentuh kotakan kaca juga hati-hati, ya. Takutnya kacanya pecah berabeh pula.

Di sini banyak sekali jenis kupu-kupu yang dipajang. Sehingga anak-anak betah untuk berlama-lama ada di sini. Selain kupu-kupu yang diawetkan, di sini juga ada beberapa jenis serangga yang diawetkan pula.
Jadi, gimana? Seru, kan melihat isi di ruangan ini.

3. Taman Jepang
www.erycorners.com
Sakura buatannya cakep juga :D | Photo take by @aam_riyanto

Ini salah satu wahana baru yang kekinian dan mampu memikat hati para pengunjung, khususnya yang doyan selfie. Iyes, wahana ini dibuat dengan konsep ala-ala Jepang. Meskipun bukan bunga sakura benaran yang terpajang di sini, tetapi bisa untuk menjadi daya tarik tersendiri di sini. Di taman ini lokasinya tentu saja cukup luas. Kita bisa bersantai atau duduk-duduk di kursi kayu yang sudah disediakan.

Dan karena taman ini sangat kekinian dan bisa dibilang cukup berani, tak heran, di sini banyak pengunjung yang berlama-lama di sini untuk berswafoto.

Baca juga: 5 Negara Impian untuk Liburan yang Hakiki

4. Kolam Terapi Ikan
www.erycorners.com
Terapi ikan, berani coba? | Photo take by @aam_riyanto

Buat yang penasaran gimana rasanya digigitin sama ikan yang kecil-kecil, kita bisa masuk ke kolam terapi ikan. Kita bisa merasakan sensasi geli tapi seperti ditusuk-tusuk jarum pada kaki tetapi tidak sakit. Untuk masuk ke sini kita bayar Rp 5.000 per orang.

5. Kolam Renang Anak
www.erycorners.com
Airnya jernih banget, saya juga jadi pengen nyemplung | Photo take by @aam_riyanto

Rasanya kurang lengkap ketika kita keliling wisata tidak ada yangmenyegarkan, terlebih untuk anak-anak. Nah, di Sanggaluri Park ini juga ada kolam renang untuk anak-anak. Tinggi airnya hanya 80 cm, sehingga orang tua yang menemaninya tidak terlalu khawatir anak akan tenggelam  (kecuali masih balita). Untuk masuk ke sini juga murah, hanya Rp 5.000 per orang.

6. Taman Kelinci
www.erycorners.com
Pengunjung bisa memberi makan ke kelinci | Photo take by @aam_riyanto

Ini juga wahana baru yang berhasil memikat hati pengunjung terutama anak-anak. Dengan hadirnya Taman Kelinci, pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan kelinci, salah satunya memberikan makan yang sudah disediakan oleh petugas taman ini. Ada beberapa kelinci yang dilepas, ada pula yang masih dikandang. Jadi, kalau ingin kejar-kejaran sama kelinci, kita coba kasih makan yang di luar kandang. Pasti seru.

7. Museum Uang
www.erycorners.com
Tiara fokus banget sama uang yang terpajang | Photo take by @aam_riyanto

Di tempat ini kita bisa melihat koleksi uang Negara Indonesia dan beberapa mata uang asing pada zaman dulu. Semuanya tertata rapi dalam kotak kaca sehingga pengunjung bisa melihat-lihat dengan teliti seperti apa mata uang kita di tahun-tahun lalu. Selain itu di ruangan ini ada miniatur kapal penisi zaman Kerajaan Sriwijaya dulu. Ditambah ada beberapa potret sejarah Purbalingga dan Indonesia yang terpampang di beberapa figura.

www.erycorners.com
Sumpah ini pencitraan | Photo take by @aam_riyanto

8. Taman Kucing
www.erycorners.com
Okay-lah, mereka terlalu bahagia bertemu dengan kelompoknya :v | Photo take by @aam_riyanto

Ini juga wahana baru yang ada di Sanggaluri Park Purbalingga. Di tempat ini kita bisa bermain dengan kucing-kucing yang lucu dan menggemaskan. Pas masuk ke sini yang paling gembira tentu suami saya, karena beliau pecinta kucing.

www.erycorners.com
Smileeee, kucingnya malu-malu | Photo take by @aam_riyanto

9. Taman Reptil
Fine, berani | Photo take by @aam_riyanto

Mau bercengkerama dengan binatang? Yuk, masuk ke ruangan ini. Ada beberapa jenis binatang reptile seperti kadal, ular, buaya dan lainnya. Ada ular yang cukup besar dan kita bisa berfoto bersama ular piton tersebut. Tenang, kagak usah takut, karena ada pawangnya (tapi saya tetep enggak berani). Yang berani foto di sini suami saya dan Aam. Sedangkan yang lainnya foto sama burung hantunya saja.

Okay, sama foto sama burung hantunya saja | Photo take by @aam_riyanto

10. Wahana Profesi dan Cita-cita
www.erycorners.com
Yuk, buat Ice Cream | Photo take by @rizkyallnetcrew

Tempat ini merupakan tempat untuk belajar anak-anak sesuai dengan yang dicita-citakan. Di sini ada profei chef, photographer, reporter, designer, make up beauty, dan lainnya. Biasanya tempat ini dijadikan ajang untuk mengasah bakat anak-anak. Dan prakteknya beneran lho, kalau pengen jadi chef dan bikin cake atau ice cream, ya beneran bikin. Dan biayanya Rp 25.000 per anak per profesi. Jadi, bisa untuk menggali potensi anak itu bakat dan minatnya di mana. Untuk menggunakan wahana ini, sebaiknya booking dulu sebelum datang, bisa H-1, agar keperluannya bisa disiapkan, terlebih untuk profesi chef.


11. Istana Balon dan Trampolin
www.erycorners.com
Ayo kita main di sini, eh, memang saya masih boleh? | Photo take by @aam_riyanto

Tak habis rasanya bermain di Sanggaluri Park, hampir seluruh wahana itu disukai oleh anak-anak. Apalagi yang ini. Istana boneka dan trampoline. Anak-anak bisa betah banget main di sini seharian. Untuk biayanya Rp 5.000 per orang per wahana.

12. Lorong Kereta
www.erycorners.com
Tut, tut, gujes-gujes | Photo take by @aam_riyanto

Nah, yang mau muter-muter Sanggaluri Park tapi enggak capek, bisa banget naik kereta mini. Tapi ini untuk anak-anak juga, ya. Karena kereta yang digunakan juga kereta mini. Tiket naik kereta juga murah, hanya Rp 5.000 per orang.

13. Tempat Pendidikan Lalu Lintas Anak
www.erycorners.com
Balapan kita, Dek? | Photo take by @aam_riyanto

Biasanya tempat ini dijadikan tempat untuk pembelajaran sejak dini kepada anak-anak tentang peraturan dan pemahaman berkendara dengan baik. Seringnya digunakan oleh sekolah-sekolah TK atau SD yang akan mengajarkan kepada murid-muridnya tentang peraturan berkendara.

14. [Coming Soon] Pusat Outbond Anak-anak

Sudah saya sebutkan sebelumnya di atas, kalau Sanggaluri Park akan dijadikan sebagai pusatnya outbond untuk anak-anak yang ada di Purbalingga. Jadi, makin seru dan ramai kalau bermain ke sini.

Selain spot-spot yang banyak, di sini juga tersedia kedai ala resto yang menjual berbagai macam makanan. Kami kemarin sempat beli ice cream juga dan makan bakso, namun karena kami lapar jadi tidak sempat untuk diabadikan (langsung gagal jadi food blogger). 




Dengan banyaknya spot yang ada, tentu saja Sanggaluri Park ini sangat cocok bagi siapa saja untuk berwiata dan belajar, terutama bagi anak-anak. So, buat teman-teman yang sedang merencakan liburan ke Purbalingga, jangan lupa ya, untuk berkunjung ke Sanggaluri Park, dijamin seru dan ingin balik lagi ke sini.

Informasi harga Tiket.
Senin – Jumat : Rp 15.000 per orang.
Sabtu – Minggu dana tau libur nasional : Rp 20.000 per orang.
Tiket masuk wahana (tidak semua wahana berbayar) : Rp 5.000 per orang.
Tiket ikut wahana profesi : Rp 25.000 per anak per profesi.

Reservasi dan atau booking
Telepon : 0281 - 7664758, 0281 - 6599238
Fax : 0281 - 6599296

You May Also Like

48 comments

  1. ada museum dan taman jepang, duh jadi pingin ke sana deh. museum wayangnya bikin penasaran, aku soalnya suka wayang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Tira.. main ke sini.. wayangnya banyak banget.

      Delete
  2. Menarik nih ada taman kucing hehe, biasanya yang ada taman kelinci.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini juga ada taman kelincinya, ceritanya paket komplit, hehee

      Delete
  3. Cocok nih iyah mba Erry buat liburan ga cuman liburan tapi juga dapat pembelajaran sampe ada kolam renang segala :) komplit banget nih kalau main ke sini apalagi HTM-nya murah pas kalau bawa rombongan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Herva, jadi makin seru kalau liburan bawa rombongan gitu. Dan yang penting enggak menguras kantong, hihiih

      Delete
  4. Waah lucu banget sih tempatnya terutama yang taman Jepang itu kayaknya sempat bertebaran di instagram dan bikin aku penasaran. Sekarang di kota2 di jateng pada punya wisata menarik gini yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. di Instagram memang lagi hits banget. Ya, buat menarik kunjungan wisatawan biar enggak monoton alam lagi, alam lagi, jadi perlu inovasi yang bagus.

      Delete
  5. Wiii, asik asiiik, kalo ke Purbalingga wajib banget mampir ke mari niih. Sanggaluri! Cateeettt
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Aku suka ketuker Purbalingga sama probolinggo padahal itu dua daerah yang beda...suka diketawain suamiku. Tapi aku tertarik sama museum wayangnya, keren dan khas buadaya Jawa banget, mudah-mudahan kalau mudik ikut suami bisa mampir dan menikmati wisata di Purbalingga...biar enggak ketuker lagi hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, iya, kadang ada yang ketuker gitu. Wah, suami Mbak orang Purbalingga toh? Ayo kapan mudik, kali aja bisa ketemuan kitahh.

      Delete
  7. Wah taman jepang, taman kelinci, taman kucing semuanya bikin penasaran...museum wayangnya aduh bikin ingin ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, serasa komplit banget tamannya.. bikin betah..

      Delete
  8. Bagus nih mba.. aku suka deh klo tempat kayak gini. Anak2 pasti happy jg.
    Itu sakura buatannya cakep ih.
    Harganya jg terjangkau ya, htmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak, anak-anak bisa betah kalau main di sini

      Delete
  9. Wah asik yah bisa menikmati liburan di Sanggaluri ini, banyak spot kece pula. Ah jadi ingin berlibur kesana deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, banyak spot yang kece dan instagramable.

      Delete
  10. Belom pernah ke purbalingga.. Padahal aku orang jawa juga. Hehehe ternyata tempatnya banyak wisatanya ka...

    ReplyDelete
  11. Bakal bahagia banget kalau ajak anak ke sini. Komplet isinya, bisa main air, bisa belajar wayang juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. bisa mengenal banyak wayang di sini

      Delete
  12. Uwow, ularnya gede banget mbk. nggak takut apa mbk? ngeri aku mbk.

    Tapi, banyak juga ya destinasinya di Sanggaluri Park Purbalingga. Keren deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih juga takut, tapi itu Pak Suami berani aja.. Saya ditawari foto sama ular juga ogah-ogahan, hiii merinding saya..

      Delete
  13. Cocok buat liburan sama anak-anak. Wahananya banyak juga. Kira-kira seharian rampung nggak ya, mencoba semua wahana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari pagi bisa full, mencakup semuanya, Mbak. Tapi kalau dah siang, kayaknya susah untuk menjelajahi semua. Karena enggak keburu waktu.

      Delete
  14. Belum pernah ke Purbalingga. Boleh juga nih masukn Sanggaluri Park ke dlm itinerary kalau nanti berencana liburan ke Purbaingga. Makasih infonya ya mbak, tempatnya menarik sekali untuk dikunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba, semoga bisa main ke Purbalingga, ya..

      Delete
  15. Wah...Purbalingga punya tempat sekeren ini ya. Aku penasaran taman jepangnya. Bisa deh pepotoan ala2 si incess di sini. Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk, wah saya malah enggak kepikiran kayak incesss. Boleh banget ya kalau gitu :D

      Delete
  16. Pengen kesiniiii, ih. Pengen liat kupu-kupu yang diawetkan dan wahana yang lain juga. Semoga bisa ajak anak-anak kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kupu-kupunya bagus bagus. Banyak macamnya juga..

      Delete
  17. Ini liburan sambil menambah wawasan yah mbak hehehe
    Btw aku naksir sama taman Jepangnya, mbak. Mirip loh sekilas kalau dari gambarnya hehhee
    Maacih sharingnya Mbak Ery ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. emang bagus yang Taman Jepangnya Hehehehe

      Delete
  18. Wah kalau datang ke sini bisa nambah pengetahuan ya Mak. Apalagi buat anak-anak bisa jadi nambah wawasan.

    ReplyDelete
  19. This would be a perfect place for families who like to go out and enjoy their time. If I am around I will be interested to try visiting this place as well

    ReplyDelete
  20. Lengkap bngt mba fasilitaa wisatanya tambah betah ini anak2 ku explore bnyak Jenis tamanny mau bngt kessna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. fasilitas komplit plit.. jadi menyenangkan.

      Delete
  21. Wah, banyak banget ya venue-nya. Bisa puas main seharian nih kalo ke sini. Anak-anak seneng banget kayaknya ya kalo diajak ke sini. TIket masuknya juga tejangkau.

    ReplyDelete
  22. uwooow ini lengkap banget, dari anak balita sampai dewasa bisa belajar di Sanggaluri Park. Ku tertarik dengan mengenal profesi dan taman lalu lintasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang wahana profesi itu kayaknya seru banget. Bisa menjajal sebagai apa gitu.

      Delete
  23. Waaaaah, luasnya lumayan, 3,5 hektar euy. Karena luas segitu, jadi banyak variasi tempat wisata di dalamnya dan ada museum juga. Noted.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz.. lokasinya luas banget sampai 3.5 hektar.. jadi bisa banyak wahana dan tempat yang bisa dinikmatinya.

      Delete
  24. Saya penasaran banget dengan museum wayangnya. Saya kan pencita wayang. Purbalingga mantap juga ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sini sekali-kali main ke Purbalingga, nanti bisa main ke Sanggaluri Park, bisa puas melihat koleksi wayang-wayang yang ada.

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of