Friday, May 31, 2019

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Liburan di Malioboro

www.erycorners.com
Libur telah tiba, libur telah tiba. Betapa senangnya hati saya ketika per hari ini, tanggal 31 Mei 2019 di kantor saya mulai libur sampai tanggal 11 Juni 2019. Ini adalah libur lebaran terpanjang yang saya rasakan selama bertahun-tahun kerja. Biasanya hanya tujuh hari saja. Alhamdulillah banget, bisa libur panjang dan bisa merencanakan liburan ke berbagai tempat. Wacananya sih ke berbagai tempat kalau kami ingin liburan. Tapi kenyataannya, ya tempatnya itu-itu saja. Iya, ketika kami libur, ujung-ujungnya Jogja lagi, Jogja lagi. Sampai-sampai teman ada yang bilang, “Emang gak bosan ke Jogja mulu?” Lah, gimana mau bosan, ya. Di Jogja itu tempat yang indah dan romantis, apalagi liburannya sama suami. Ya sudah, betah banget.

Meskipun saya sudah sering ke Jogja, namun setiap kali ada waktu libur panjang atau harpitnas (hari kecepit nasional), kami memanfaatkan untuk singgah di Jogjakarta yang penuh pesona. Iya, dari jaman masih single, saya bersama teman-teman menikmati liburan di Jogja. Giliran sudah menikah, kami juga datang ke Kota Gudeg ini. banyak alasannya sih sebenarnya main ke daerah istimewa ini. Karena di setiap sudut Jogja itu memberikan kesan yang sangat menawan. Entah itu wisata alamnya seperti pantai yang masih eksotik atau juga dari kerajinan yang sangat memikat. Bahkan bisa juga hanya untuk menikmati Malioboro yang syahdu.

www.erycorners.com
Jaman masih single :D

Setiap kali datang ke Jogja, salah satu yang tidak dilewatkan ialah Malioboro. Pusat wisata belanja yang sangat menarik dengan harga yang sangat terjangkau dan bisa dikatakan apa-apa ada di sini. Dari belanja kain baik, makanan, souvenir dan lainnya. Apalagi saat ini Malioboro sangat bagus setelah beberapa kali direhab/dibangun kembali. Tatanannya lebih rapi, parkir kendaraan sudah tidak boleh asal di pinggir jalan, tetapi sudah ada tempat parkir di ujung jalan Malioboro. Untuk sepeda motor parkir di lantai atas, sedangkan mobil di bawah.

Terus, di Malioboro bisa ngapain aja, sih? Kok bisa ya, jadi favorit kebanyakan orang, bahkan sering saya melihat turis asing yang mondar-mandir di jalan menyusuri Malioboro. Karena sesungguhnya, banyak hal yang bisa kita lakukan di Malioboro, di antaranya:

1. Wajib foto di plang Jalan Malioboro
Foto di sini itu sudah kayak ngantri sembako (sungguh lebay saya). Menunggu foto di sini, waktu itu saya sama suami harus benar-benar sabar. Mau nyerobot duluan enggak enak. Tapi mereka rombongan dan satu-satu foto. Alhasil, untuk berfoto di sini, kami menunggu sampai tiga puluh menitan. Kalau lagi buru-buru mah saya ogah, tapi demi kekinian dan bisa masuk feed Instagram, ya saya jabanin. OMG, saya pengabdi feed Instagram, tapi followers kagak nambah-nambah.

www.erycorners.com
Sebelum foto di sini, pantang untuk pergi ke mana-mana, wkwkwk


2. Duduk santai di kursi trotoar Jalan Malioboro
Selain foto di plang Jalan Malioboro, hal wajib lainnya yang harus kita lakukan saat berkunjung ke sini ialah duduk santai di kursi yang unik. Sepanjang trotoar Malioboro kini sudah ada tempat duduk yang instagramable dan kece. Ada yang kursi standard (maksudnya kursi pada umumnya), ada juga kursi yang mirip bola-bola raksasa (mungkin terbuat dari semen, terus dibuat kursi). Di sini juga harus punya stock sabar, sebab pas pengen duduk, kadang sudah ramai diduduki orang lain.

www.erycorners.com
Pengen foto kayak orang-orang, tapi tetep aja ramai :D

www.erycorners.com
Di dekat 0 KM Jogjakarta malah makin ramai

3. Belanja murah di Pasar Bringharjo
Mau memborong kain batik khas Jogja? Pasar Bringharjo tempatnya. Di sini banyak banget model-model baju batik yang sangat modis. Dari harga yang murah, sampai harga selangit ada. Terserah mau beli yang mana, sesuaikan dengan uang saku kita, yes. Jadi, tak heran Pasar Bringharjo selalu ramai dan tak pernah sepi.

4. Menikmati lagi bagaimana sensasinya naik becak
Yupz, saya sudah lama sekali tidak naik becak. Pas di kawasan Malioboro, kami memanfaatkan untuk naik becak. Aslinya memang kami sudah kecapekan jalan menuju pusat oleh-oleh khas Jogja, yaitu Bakpia Pathok. Mau jalan lagi, ogah dong, capek banget. Suami juga udah menggerutu karena capek dan pegal-pegal kakinya. Jadi ya sudah, kami naik becak. Deal harga awalnya Rp 25.000, eh ternyata kami diajak keliling menikmati kawasan di sekitaran Malioboro yang sangat menawan. Jadi pas kami sampai di titik awal (tempat duduk di trotoar Malioboro), kami membayarnya lebih dari deal harga pertama. Ya, enggak tega gitu, bapak-bapak ngayuh becak isi dua orang yang gede-gede ini.

www.erycorners.com
Abaikan wajah kami yang sudah kucel :D

5. Istirahat di kawasan Malioboro
Setelah capek, muter-muter mencari ini dan itu, jangan lupa kembali ke hotel untuk istirahat. Pilihan hotel di dekat Malioboro ini banyak banget lho. Dari penginapan yang biasa, ataupun hotel berbintang sudah banyak di kawasan Landmark Malioboro. Jadi kalau jalan-jalan di Malioboro itu enggak bingung mau tidur di mana, istirahat di mana atau makan di mana. Selain itu, untuk booking hotelnya saat ini sudah sangat mudah. Tinggal menggunakan ponsel pintar, kita semua bisa memesan kamar di hotel sesuai dengan pilihan kita. Karena saat ini sudah ada Traveloka yang melayani pemesanan kamar hotel.

www.erycorners.com
Hotel di Landmark Malioboro

Dengan adanya Traveloka, kita semua bisa menikmati liburan bebas hambatan, karena urusan booking hotel dan tiket lainnya sudah bisa dipesan melalui Traveloka. Jadi, yang mau liburan ke Jogja, yuk, segera buka aplikasi Traveloka. Biar kita bisa liburan dengan nyaman dan tenang.

Okay, itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan di Malioboro. Sebab itu, saya selalu merindukannya lagi dan lagi. Tidak akan pernah bosan untuk menikmati keramaian dan keindahan setiap sudut kota yang sangat indah. Selalu ada tawa dan ceria ketika menginjakan kaki di Malioboro. Semakin enggak sabar nih saya jadinya, ingin segera ke Malioboro. Yuk, siap-siap. ^_^

Tuesday, May 28, 2019

5 Trik Jual Rumah Cepat Lewat 99.co Indonesia

www.erycorners.com
99.co Indonesia, Your Way Home
Modernisasi sudah terjadi ke bagian-bagian terkecil dari kehidupan kita. Termasuk untuk jual beli rumah sekalipun, saat ini sudah ada cara baru untuk melakukannya. Cara baru ini jauh lebih mudah dan cepat baik untuk para penjual atau pembeli. Lewat 99.co Indonesia, jual beli rumah bukan lagi masalah besar yang harus pusing-pusing dipikirkan.

Tapi, bukan berarti kita bisa sembarangan dalam memanfaatkan situs properti ini. Jika memang berniat menjual rumah di situs www.99.co/id, ada beberapa trik yang bisa kita lakukan agar iklan di situs tersebut tidak tenggelam di antara ribuan iklan lainnya.

Hmm, bagaimana, ya, caranya? Di sini, ada 5 trik yang perlu dilakukan. JIka bersungguh-sungguh dalam melakukannya, dijamin, rumah akan laku dengan cepat lewat 99.co Indonesia.

1. Sertakan Foto Rumah Yang Bagus dan Menyeluruh
Aturan paling utama dalam menjajahkan apapun secara online adalah kita harus mengoptimalkan daya tarik visual. Sama halnya ketika kita ingin menjual rumah di 99.co Indonesia. Kita harus menyertakan foto rumah yang bagus dan tidak asal-asalan.

Masalah foto ini sering kali dianggap sepele oleh para penjual. Jangan sampai kita menjadi salah satunya. Jika kita berniat menjual rumah lewat 99.co Indonesia dan berharap rumahnya cepat laku, ini benar-benar harus anda perhatikan.

www.erycorners.com
Foto from: www.pixabay.com

Mengapa? Jika kita menempatkan diri sebagai calon pembeli yang mencari rumah dijual lewat internet, hal pertama yang akan kita nilai tentunya adalah bagaimana tampilan rumah itu sendiri.  

Berhubung kita tidak berada di lokasi rumah secara langsung dan tidak bisa berjalan mengelilinginya untuk melihat-lihat, tentu hanya potongan-potongan foto saja yang bisa kita andalkan. 

Lalu, mungkin kita yang akan menjual bertanya-tanya nih, sebetulnya bagaimana sih cara mengambil foto rumah yang bisa memikat para calon pembeli di 99.co Indonesia pada pandangan pertama? Cek tips mengambil foto rumah ini, ya!

  • Hal yang penting adalah foto rumah tampak depan harus ada. Usahakan juga halaman rumah ikut terlihat.
  • Gunakan kamera yang mumpuni. Untuk zaman sekarang, sepertinya kebanyakan kamera ponsel sudah cukup.
  • Usahaan foto jangan sampai blur atau buram karena tangan kita yang bergerak saat mengambil foto.
  • Lakukan pengambilan foto hanya pada siang hari. Hal ini dikarenakan foto pada malam hari kurag mendapatkan pencahayaan sehingga hasilnya tidak bagus jika dibandingkan foto yang diambil saat pagi hingga sore hari.
  • Usahakan menangkap setiap sisi ruang rumah dalam foto. Fokuskan pada sisi-sisi yang terlihat menarik atau unik.
  • Ambilah foto dalam bentuk landscape atau horisontal karena dapat menangkap lebih banyak ruang ketimbang bentuk portrait atau vertikal.
  • Semakin banyak foto akan semakin baik
  • Pastikan rumah dalam keadaan bersih dan rapi ketika difoto
  • Tambahan, sertakan foto halaman dan pemandangan di sekitar rumah juga jalan akses menuju rumah jika sekiranya menjual. Misalnya, kondisi jalan yang tidak rusak, lebar bisa dilalui dua mobil, dan sebagainya.


2. Isi Deskripsi Rumah Selengkap dan Semenarik Mungkin
Trik kedua untuk jual rumah di 99.co Indonesia adalah dengan menulis deskripsi rumah selengkap dan semenarik mungkin. Mengapa demikian? Coba banyangkan jika kita berada di posisi pencari rumah. 

Apakah kita akan tertarik pada iklan atau listing di 99.co Indonesia yang hanya mencantumkan spesifikasi dasar rumah seperti tipe, jumlah kamar, listrik, dan kawan-kawannya? Saya, sih, akan langsung pindah ke iklan berikutnya. 

www.erycorners.com
Foto form: www.pixabay.com

Tapi, kalau di kolom deskripsi saya temukan penjelasan lengkap mengenai rumah, saya pasti akan beranggapan orang yang menjual ini bersungguh-sungguh dan profesional. Jadi, saya tidak akan ragu lagi untuk mempertimbangkan rumah ini saya pilih atau tidak.

Nah, memangnya deskripsi seperti apa sih yang menarik dan lengkap itu? Setidaknya, kita harus bisa menyediakan informasi yang membuat calon pembeli kita tidak perlu mencari informasi di luar lagi. 

Misalnya, kita bisa menyertakan transportasi umum apa saja yang melewati kawasan rumah yang dijual untuk menjelaskan aksesbilitasnya. Dengan seperti itu, calon pembeli tidak perlu mencari tahu lagi, dan pastinya akan lebih yakin dengan rumah yang kita jual di 99.co Indonesia. 

Aspek-aspek lain yang harus ada pada deskrispi rumah di 99.co Indonesia selain spesifikasi rumah dan aksesbilitas termasuk kondisi lingkungan, kerawanan bencana, kestrategisan lokasi, hingga prospek kawasan rumah ke depannya. 

3. Fokus Pada Kelebihan dan Prospek Rumah
Trik selanjutnya adalah dengan fokus pada kelebihan dan prospek rumah. Dengan kata lain, saat kita menjual rumah, kita harus mengerti bahwa hal yang kita jual ini sifatnya jangka panjang. Jadi, semua orang yang hendak membelinya bukan hanya mempertimbangkan rumah ini di masa sekarang, tapi juga masa depan.

Itulah mengapa penting untuk menjelaskan prospek rumah kita ini, terutama terkait dengan lokasinya. Kita dapat bicara tentang bagaimana pembangunan di lokasi rumah yang dijual itu tengah berkembang pesat. Selain itu, kita juga bisa bicara soal bagaimana membeli rumah ini adalah bentuk investasi yang sangat menggiurkan.

www.erycorners.com
Foto from: www.pixabay.com

Untuk kelebihan bangunan rumahnya, kita juga bisa jelaskan dalam deskripsi. Tidak semua orang dapat menangkap atau menyadari kelebihan-kelebihan ini. Sehingga tugas kita sebagai penjual untuk menjelaskan pada calon pembeli. Kita bisa bicara soal orientasi bangunan, sirkulasi udaranya, atau bagian-bagian rumah yang memiliki nilai lebih tersendiri karena letak atau bentuknya.

Tapi ingat, fokus pada kelebihan bukan berarti berbohong, ya! Kita boleh mempermanis kata-kata supaya iklan rumah lebih menarik di mata calon pembeli. Tapi, bukan berarti kita boleh memasukan detail-detail yang tidak benar keberadaannya. 

4. Cantumkan Kontak Yang Mudah Dihubungi
Hal selanjutnya yang tidak boleh luput dari listing 99.co Indonesia adalah kontak yang mudah untuk dihubungi. Ini mungkin terdengar sepele, tapi kita pasti tidak mau calon pembeli tidak jadi membeli rumah karena teleponnya tidak diangkat di kali pertama.

Biasanya, saat telepon pertama tidak diangkat, calon pembeli akan langsung beralih ke kandidat berikutnya. Kecil kemungkinan ia akan mencoba menelpon kita lagi di lain kesempatan.

Selain itu, usahakan untuk tidak mencantumkan sekedar nomor telepon. Kita juga perlu mencantumkan kontak seperti Whatsapp atau LINE agar lebih memudahkan calon pembeli menghubungi kita.

5. Gunakan Fitur Premium 99.co Indonesia
Trik terakhir agar rumah yang dijual laku cepat di 99.co Indonesia adalah dengan menggunakan fitur premium. Apakah fitur premium itu? Jadi, 99.co Indonesia menawarkan fitur premium pada para penjual propertinya. 

Fitur premium ini dapat membuat iklan rumah dijual yang kita pasang menjadi prioritas. Artinya, iklan kita akan selalu muncul di laman 99.co Indonesia sebagai rekomendasi. Iklam ditampilkan di halaman utama website dan halaman pertama hasil pencarian. Dengan demikian, peluang rumah dijual kita cepat laku akan semakin besar. 

Nah, itu dia 5 trik supaya rumah cepat laku lewat 99.co Indonesia. Bagi teman-teman yang ingin menjual rumahnya, atau mungkin bisnis properti di jelang lebaran seperti ini, bisa menggunakan trik tersebut. Silakan diikuti, ya! Semoga berhasil. Terima kasih.

Thursday, May 16, 2019

Cara Simpel Menggunakan Panci Presto

Image from: https://resepkoki.id
Panci Presto? Mmm, bagaimana cara memakainya, ya? Jujur saja saya belum pernah memasak menggunakan Panci Presto. Padahal di rumah ada, tapi saya belum berani coba menggunakan Panci Presto tersebut. Yang memakai tentunya Mama saya, dong. Hihihihi.. Jangan tertawa, ya. Saya emang suka begini kadang-kadang. Pengen pintar masak tapi malas menggunakan peralatannya. Sungguh contoh perbuatan yang tidak boleh ditiru. Padahal cita-cita saya pengen jadi chef yang andal (mimpi ikut kontes masak biar ketemu Chef Juna). Halu sekali saya… wkwkkw 

Tetapi, meskipun saya belum pernah menggunakan Panci Presto sekalipun, setidaknya saya melihat dan menonton Mama saya ketika beliau masak menggunakan panci tersebut. Sebenarnya simple sih, seperti panci-panci pada umumnya. Hanya perlu dititikberatkan, bahwa menggunakan Panci Presto itu harus hati-hati dan menutup pancinya dengan sangat rapat. Cara menggunakannya juga sangat mudah, kok. Yuk, simak di bawah ini:

  1. Isi air pada Panci Presto secukupnya atau sesuaikan dengan banyaknya daging atau ikan yang akan dipresto.
  2. Masukan daging atau ikan yang akan dipresto ke dalam panci.
  3. Tutup rapat-rapat panci, jangan lupa kaitkan (kunci) tutup panci tersebut.
  4. Taruh di atas kompor yang menyala. Biarkan saja sampai daging atau ikan matang. Waktunya kita yang tentukan.
  5. Setelah waktu dirasa cukup, matikan kompor. Dan perlu diingat, jangan langsung membuka tutup panci. Biarkan dulu sampai keadaan panci dingin. Jadi, tunggu lima sampai sepuluh menit.
  6. Setelah panci dingin, kait panci dibuka, angkat daging atau ikan yang sudah dipresto.

Nah, mudah, kan menggunakan Panci Presto? Kata Mama saya itu, yang paling penting nutupnya harus rapat sempurna dan pas membukanya, tunggu sampai dingin (paling tidak jangan masih panaslah, begitu).

Panci Presto ini memang sangat berguna sekali untuk membuat masakan daging lebih empuk tanpa lama-lama memasak. Atau untuk membuat duri ikan menjadi lunak, seperti contoh: Bandeng Presto yang sering saya nikmati. Dengan begitu, ketika kita makan, bisa menikmatinya lebih enak tanpa harus susah-susah membuang duri ikan atau memakan daging yang masih alot. Itu sepengetahuan saya, kalau teman-teman bagaimana nih tentang fungsi dan cara menggunakan panci prestonya? Share dong di kolom komentar, kali aja ada yang lebih baik.

SPOTS, Mesin Kasir yang Memudahkan Pembukuan Bagi Pelaku UMKM

www.erycorners.com
SPOTS, Aplikasi Kasir kekinian yang wajib dipakai oleh pelaku UMKM
Saat ini pengembangan usaha kuliner makin pesat. Dari yang baru merintis atau mereka yang sudah terbiasa bergelut di bidang olahan makanan. Seperti halnya teman saya, yang satu buka café yang cukup kekinian yang sering dijadikan sebagai tempat untuk nongkrong anak-anak muda baik untuk diskusi maupun untuk nonton bareng pertandingan sepak bola. Dan yang satunya mencoba membuka usaha menjual makanan camilan yang digandrungi oleh anak-anak hingga remaja.

Kadang saya berpikir, kok mereka bisa, ya? Apa enggak repot? Padahal kedua teman saya itu enggak full loh. Keduanya seorang pekerja kantoran yang dari pagi hingga sore full di kantor seperti saya. Malah yang jualan camilan itu satu kantor dengan saya. Kadang dia cerita rasanya luar biasa capeknya, ya ngantuknya, ya pusingnya dan ruwetnya merintis bisnis kuliner. Tapi dia bahagia bisa melakukannya.

Dan untuk menjangkau pangsa pasar makin luas, dia juga menjual makanan secara online melalui GO-FOOD. Dari penjualan online ini dia mengaku banyak mendapatkan pembeli terutama anak-anak yang jauh dari lokasi jualannya, terlebih ketika hujan turun (udah pasti dijamin mager kayak saya). Namun, seiring dengan banyaknya pembeli, dia juga bingung bagaimana cara melakukan pembukuanya. Bagaimana cara merekap laporan omzet penjualannya, karena dia sendiri di kantor dan penjualan dilakukan oleh anak buahnya. Kadang dia suka galau, karena anak buahnya juga kurang mengerti pembukuan, hanya mencatat saja yang terjual berapa porsi dan sisa berapa. Mau memaksanya untuk mengurus pembukuan juga tidak mungkin, karena yang ditugaskan juga tidak menguasi bidang pembukuan. Jadi teman saya itu suka curhat dengan saya masalah pembukuan baiknya gimana.

Bukan apa-apa, karena dia itu menganggap saya mengerti pembukuan seperti yang saya jalani saat ini, jadi saya suka dimintai pendapat dari dia. Tetapi tidak segampang itu ternyata mengaplikasikan akuntansi di dunia bisnis kuliner. Apalagi baru memulainya. Harus punya banyak stock sabar. Beberapa kali dicoba saran saya, ada saja yang bikin gagal dan kurang efektif (lah ya saya mah apa atuh, bkan konsultan). Saya jadi ikut pusing. Setiap hari teman saya ke ruangan saya untuk mencari solusi yang terbaik. Akhirnya saya baca-baca dong di internet. Mencoba mencarikan solusi yang tepat. Eh ternyata ada juga, yakni SPOTS.

www.erycorners.com
SPOTS, Aplikasi Kasir kenian

Apa itu SPOTS?
Yuk, cari tahu dulu apa itu SPOTS.

SPOTS adalah perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dari terima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan. Ya, bisa dikatakan juga, SPOTS ini merupakan aplikasi kasir yang simple dan mudah digunakan oleh siapa saja sebagai pelaku UMKM. Baik itu mulai dari pedagang kaki lima, gerobak keliling atau bahkan restoran yang sudah besar sekalipun.


Bagusnya lagi, SPOTS merupakan grup perusahaan GO-JEK. Sehingga kualitas dan layanannya juga tidak diragukan lagi. Kerennya SPOTS ini juga banyak memiliki keunggulan-keunggulan yang sangat menguntungkan bagi penjual. Dan berikut merupakan keunggulan SPOTS yang bisa dinikmati oleh pelaku UMKM:

www.erycorners.com
SPOTS, Aplikasi Kasir kekinian

  • Kenyamanan memonitor usaha
  • Lihat dalam satu perangkat pesanan GO-FOOD dan makan di tempat
  • Mudah dan aman menerima pembayaran
  • Terima pembayaran GO-PAY dan metode lainnya tanpa ribet
  • Tidak perlu melakukan perhitungan manual
  • Pantau omzet lebih praktis dengan rekap transaksi yang dikirim tiap hari

Selain keunggulan, hal yang sangat menarik dari mesin kasir ini ialah fiturnya. Karena bisa dengan mudah untuk melakukan beberapa hal yang sangat membantu pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya. Untuk lebih jelasnya, yuk, lihat saja fitur SPOTS yang sangat bermanfaat di bawah ini:

  • Mengatur menu
  • Terima pesanan GO-FOOD
  • Terima pembayaran GO-PAY dengan kode QR
  • Mencatat ragam tipe pembayaran
  • Cetak tanda terima
  • Mendapat laporan harian


Dari keterangan di atas ini, SPOTS sepertinya menjawab kebutuhan pembukuan yang diperlukan oleh teman saya dan semua pelaku UMKM yang ada di Indonesia. Mesin kasir ini bisa melakukan berbagai macam yang diperlukan oleh penjual termasuk membuat laporan harian. Sangat simple, bukan?

Untuk biaya menggunakan aplikasi SPOTS juga tidak mahal. Hanya Rp 490.000 untuk biaya pendaftaran dan Rp 4.900 per hari untuk pemeliharaan. Dan yang paling menyenangkan nih, biaya segitu sudah termasuk perangkat yang dilengkapi dengan printer resi. Mudah sekali, bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera mendaftarkan di website SPOTS. Sudah banyak juga loh yang menggunakannya. Seperti Bapak Hilmy Fauzy, Pemilik Thaiyo booth 18, Warakas, beliau berkata, “Dari pengalaman saya, tim SPOTS sangat membantu memperlancar usaha kami. Hal yang paling membantu kami adalah pembukuan otomatis. Jumlah rupiah dan item sudah tercatat dengan jelas, kami tidak perlu pembukuan manual lagi. Semua outlet franchise kami juga wajib memakai SPOTS. Saat saya menghubungi tim CS SPOTS mengenai kendala dengan perangkat versi lama, alhamdulillah langsung di follow up. Kurang dari dua hari, tim maintenance datang untuk instalasi perangkat baru. Terima kasih SPOTS.”


Semoga dengan adanya SPOTS, teman saya tidak pusing lagi bagaimana cara untuk mengurusi pembukuannya. Sehingga saya tidak perlu dicurhati setiap saat, saya kan jadi pusing juga. Mau dibiarin dia teman saya, didengerin, kepala saya ikut nyud-nyudan. Terima kasih SPOTS, engkau sudah hadir. Secara tidak langsung, kamu menyelamatkan saya dari kecerewetan teman saya itu.


Wednesday, May 15, 2019

4 Penyebab Bau Mulut yang Sangat Umum

www.erycorners.com
Bau mulut, salah satu hal yang sangat mengganggu ketika kita sedang berkomunikasi dengan orang lain. Karena hal ini akan menggangu lawan bicara kita. Apalagi saat kita puasa seperti ini, bau mulut sukanya datang sesuka hati meski tak diinginkan ketika di siang hari. Mau ketawa-ketiwi kadang enggak pede.

Tidak bisa kita pungkiri lagi, karena kita di siang hari tidak makan ataupun minum, tentu saja mulut kita berasa asam atau kurang sreg. Jadilah bau mulut itu hadir dengan sendirinya. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bau mulut seperti:

1. Tidak menggosok gigi dan lidah
Penyebab paling umum ialah ketika kita tidak menyikat gigi dan ataupun lidah kita. Sehingga bau mulut akan muncul karena keadaan mulut kita kurang bersih. Banyak sisa-sisa makanan yang menyebabkan bau tak sedap itu hadir. So, biar bau mulut hilang, jangan lupa setelah makan menyikat gigi dengan baik dan benar.

www.erycorners.com
Yuk, rajin gosok gigi

2. Kurang minum
Hal ini menyebabkan produksi air liur di dalam mulut berkurang, dan berakibat menimbulkan bau tak enak itu muncul. Jadi, alangkah baiknya ketika sedang berpuasa, jangan lupa pas sahur, buka puasa, atau bahkan di malam hari, cukupi kebutuhan air minum kita. Sehingga bisa memperkecil produksi bau mulut kita.

3. Makan makanan yang berbau menyengat
Di sini siapa yang doyan makan jengkol, pete atau terasi? Kalau saya jawabnya iya pakai banget. Jujur saja, saya pecinta makanan dari jengkol, pete dan terasi. Rasanya memang nikmat, gurih dan bikin bablas. Maunya nambah nasi terus. Enak banget pokoknya. Tapi, perlu diketahui juga, makanan tersebut bisa berakibat panjang setelahnya. Karena dari hal itu, mulut kita akan bau, bahkan sangat bau. Sehinga dituntut banget, setelah makan jengkol, pete atau terasi, kita wajib gosok gigi sebersih mungkin. Kalau perlu pakai mouth wash, dah, biar napas kita segar lagi.

Selain itu, makan jengkol dan pete juga bukan hanya menyebabkan bau mulut juga, tetapi ketika kita buang air kecil, di toilet juga akan tersisa aroma yang menjengkelkan. Jadi, jangan lupa juga, siram toilet sampai bersih banget.

4. Tidur terlalu lama
Tidur itu menyenangkan, apalagi kalau lagi libur panjang dan tidak ada kegiatan apapun, pasti saya menghabiskannya untuk tidur. Namun, perlu diketahui sama teman-teman nih, tidur terlalu lama ini mengakibatkan mulut menjadi bau loh. Penjelasan secara ilmiah memang saya tidak tahu pasti, ya. Tetapi kenyataannya begitu, tidur terlalu lama itu bikin napas bau. 

Nah, itulah empat penyebab bau mulut yang sering kita lakukan. Sebenarnya masih banyak banget jenis, tetapi saya tulis empat saja, yang merupakan paling umum terjadi di dalam kehidupan sehari-hari kita. Kalau menurut teman-teman bagaimana nih? Apa saja penyebab bau mulutnya? Jangan lupa share di kolom komentar, ya. Terima kasih.

Tuesday, May 14, 2019

Waktu Terbaik untuk Menyikat Gigi di Saat Puasa

Menyikat gigi di bulan puasa? Batal enggak, sih? Sering kali kita mendengar pertanyaan yang seperti itu. Tentang hukum atau tata cara dalam membersihkan gigi (mulut) di saat puasa. Ya, kita tahu, orang yang berpuasa tentu saja dari waktu subuh tidak boleh makan dan atau minum sampai maghrib tiba. Ataupun kita juga dilarang sengaja memasukan benda ke mulut yang takutnya akan membatalkan puasa.

Lalu bagaimana dengan menyikat gigi?

Sepanjang sepengetahuan saya, tentang menyikat gigi di siang hari pada saat puasa itu tidak membatalkan puasa, melainkan hukumnya makruh. Maksudnya, ya karena kita sudah sengaja memasukan benda ke mulut kita, belum lagi kalau pakai pasta gigi, ada rasanya, kan? Kalau dipastikan baik air, pasta gigi dan bulu-bulu sikat tidak masuk ke tenggorokan, Insya Allah puasanya tidak batal (hanya makruh). Tetapi kalau ada setitik air atau pasta gigi, bahkan bulu-bulu sikat yang masuk tenggorokan, puasa kita batal. Ya Allah saya menulis begini, jika ada yang lebih baik, semoga bisa meluruskan di kolom komentar, ya. Sungguh saya masih sangat kurang ilmu agama.

www.erycorners.com
Yuk, sikat gigi dengan rajin

Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (membatalkan puasa), lebih baik, ketika puasa kita menyikat gigi di waktu-waktu tertentu, seperti:

1. Sehabis Sahur
Jelang Subuh sebaiknya kita menyikat gigi biar lebih segar napasnya. Sehingga bisa lebih PD di siang hari.

2. Setelah Berbuka Puasa atau Sebelum Salat Taraweh
Selanjutnya kita bisa menggosok gigi setelah berbuka puasa atau sebelum Salat Taraweh. Ini perlu banget, kan? Karena di waktu buka puasa kita sudah makan ini dan itu, sebaiknya sebelum Salat Taraweh menggosok gigi dulu.

3. Sebelum Tidur
Ini sih puasa enggak puasa emang harus, ya. Gosok gigi sebelum tidur, biar tidurnya juga nyaman, dan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut ketika tidur. Sehingga gigi bisa lebih sehat.

4. Sebelum Sahur
Mau makan sahur dengan lebihnikmat? Coba deh, sebelum sahur itu gosok gigi terlebih dahulu, terus cuci muka, dijamin sahurnya enggak ngantuk.


Okay, itulah cara terbaik untuk menggosok gigi di waktu puasa. Kalau teman-teman, bagaimana?

Galang Dana Online, Solusi Tepat untuk Meringankan Beban Sesama yang terkena Penyakit Kritis

www.erycorners.com
Galang dana online bersama Peduli Sehat
Galang Dana Online, Solusi Tepat untuk Meringankan Beban Sesama yang terkena Penyakit Kritis. Sering saya melihat dan mendengar tentang iuran untuk membantu mereka-mereka yang tidak mampu yang sedang sakit. Sedangkan biaya pengobatan memerlukan biaya yang cukup mahal, bahkan sering kali biaya tersebut sangat mahal. Tak sedikit dari kita yang tergugah hatinya untuk melakukan aksi cepat tanggap untuk menyalurkan bantuan kepada mereka melalui donasi online. Berawal dari media sosial, seringnya kita langsung menghubungi contact person dari keluarga terdekatnya. Ada yang tertolong, ada pula yang memang sudah kehendak Ilahi harus kembali kepada-NYA. Semuanya memang takdir.

Dengan melihat kejadian-kejadian seperti itu, saya terus berpikir, bahwa sebenarnya sehat itu sangat murah dan sakit sangat mahal. Iya, sehat murah, kita bisa melakukan apa saja ketika sehat, sedangkan ketika sakit, pasti kita kurang optimal dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Atau bahkan malah tergeletak di rumah sakit.

Dengan kondisi badan yang masih sehat alangkah baiknya kita selalu bersyukur dan terus menjaga kesehatan badan agar terhindar dari penyakit. Salah satu cara untuk menjaga agar tetap sehat ialah dengan makanan makanan yang sehat, olahraga dan mengelola pikiran jangan sampai stress. Ya, kita berusaha jangan sampai terkena penyakit, karena sakit itu sungguh tidak enak.

Mereka-mereka yang terbaring lemah dengan menderita suatu penyakit tentulah sangat ingin sehat, ingin berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga, menyapa teman atau melakukan aktivitas lainnya. Namun, kondisi pula lah yang menyebabkan mereka tak berdaya. Belum lagi ditambah biaya pengobatan yang tinggi. Hal itu membuat mengiris hati kita yang masih sehat untuk melakukan galang dana secara bersama-sama melalui online.

Bantu mereka dengan bersama Peduli Sehat.
Di zaman digital seperti sekarang ini sudah tidak asing lagi menggalang dana secara online. Iya, karena melalui Peduli Sehat, galang dana online bisa dilakukan untuk meringankan beban mereka yang sedang berjuang untuk melawan sebuah penyakit.

Sebelum kita membahas lebih jauh, ayo kita kenalan dulu dengan Peduli Sehat. Ialah merupakan platform donasi kesehatan nomor satu yang ada di Indonesia. Dan sebagai wadah penggalangan dana berbasis online yang disebarkan melalui media sosial. Tujuannya untuk membantu mereka yang terkena penyakit kritis namun tidak memiliki biaya untuk berobat. Dengan begitu, uluran bantuan kita #BersamaRingankanLara mereka.

www.erycorners.com
Galang dana online, kampanye yang sedang berlangsung

Kenapa kita perlu membantu mereka melalui Peduli Sehat? Bukankah warga kurang mampu untuk biaya pengobatan tercover oleh Pemerintah?

Karena tidak semua penyakit dan pengobatan itu masuk dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Badan Pemeliharan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Iya, terlebih untuk penyakit-penyakit kritis yang perlu penanganan lebih serius dan khusus serta biaya pengobatan sangat mahal.

Lalu bagaimanakah cara membantu mereka? Dan apakah aman membantu mereka yang sedang terkena penyakit kritis melaui Peduli sehat?

Caranya membantu/memberikan dana.

www.erycorners.com
Galang dana online, cara untuk memberikan donasi kesehatan

Hal yang pertama perlu kita lakukan tentunya masuk ke pedulisehat.id atau bisa mendownloadnya di Google Play. Selanjutnya kita memilih kampanye yang sedang berjalan. Di bagian bawah kita akan menemukan pilihan ‘Donasi’. Kemudian membawa kita untuk melakukan pengisian dana yang akan kita sumbangkan. Pemilihan transaksi donasinya juga banyak macamnya. Dari menggunakan virtual account bank, menggunakan e-money seperti OVO dan GOPay. Selain itu, bagi donator yang namanya tidak ingin disebutkan, bisa menggunakan pilihan ‘Anonim’. Iyes, nama kita tidak akan disebutkan melainkan menggunakan ‘Anonim’. Sehingga tidak akan tersiar ke publik kita membantu siapa, berapa nominalnya dan lainnya. 

www.erycorners.com
Galang dana online bisa melalui beberapa account bank, e-money dan lainnya

Dengan cara yang sangat mudah begitu, para donator juga akan mudah untuk menyumbangkan donasi kesehatan untuk menolong sesama. Nah, yang sering jadi pertanyaan, amankah? Jawabannya tentu aman. Galang dana online bersama Peduli Sehat ini dimonitori oleh Kementrian Sosial (Kemensos) dan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia. Serta hasil yang diperoleh dishare secara transparan. Kita bisa melihat list donatur yang berbagi. Di situ tertera lengkap berapa sumbangan yang sudah terkumpul dan dari mana saja termasuk yang anonim. Ditambah lagi nih ya, sudah tercatat juga di Kemenkumham. Jadi, menyumbangkan sebagian rezeki kita, Insya Allah aman dan tepat sasaran kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

www.erycorners.com
Beberapa galang dana online yang sudah masuk

Kemudian, bagi yang ingin mengkampanyekan galang dana online. Bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Kita masuk saja dulu ke pedulisehat.id. Kemudian hanya melakukan empat langkah sederhana seperti berikut:


www.erycorners.com
Galang dana online, panduan untuk menggalang dana secara onine

1. Daftar di website Peduli Sehat.
Bisa mendaftar melalui google account ataupun jejaring sosial facebook. Kemudian masukan nomor ponsel kita untuk verifikasi data. Selanjutnya masuk ke halaman profil dan ubah foto kita serta keterangan lainnya.

2. Memulai galang dana online
Penggalangan dana dilakukan ketika ada keluarga/kerabat terdekat terkena penyakit kritis dan terbentur dengan biaya yang mahal.

3. Membuat deskripsi bantuan
Selanjutnya membuat judul yang mudah dipahami oleh masyarakat luas. Sertakan isi tentang penyakit yang diderita, biaya, rumah sakit mana dan foto.

4. Sebarkan kampanye
Setelah kampanye selesai dibuat, saatnya sebarkan tautan kampanye tersebut sebanyak-banyaknya di media sosial untuk galang dana online.

Dan dari link yang disebarkan, tentunya akan menggarakan kita yang peduli terhadap sesama untuk memberikan sebagian rezeki kita melalui galang dana online. Iya, karena yang bisa membantu ialah kita yang memiliki kepedulian, bukan hanya memiliki harta melimpah. Karena peduli terhadap sesama merupakan jalinan kasih sayang yang tak kan terputus yang bisa dilakukan oleh siapa saja.


Jadi, bagi kita yang ingin membantu sesama, yuk, ikut menyisihkan sebagian dari penghasilan kita melalui galang dana online bersama Peduli Sehat. Sedikit tidak masalah, karena meskipun sedikit ketika saling bahu membahu juga nantinya akan banyak. Okay, sampai di sini dulu,ya, terima kasih, semoga bermanfaat dan kita menjadi orang yang saling peduli.

Monday, May 13, 2019

Cara Mudah untuk Menghilangkan Jerawat

www.erycorners.com
Sebagai kaum perempuan tentunya kita memiliki masalah yang kompleks. Bukan hanya persoalan mode fashion, traveling atau cara mengasuh anak dan yang lainnya. Tetapi ada hal yang lebih penting bagi kita yang sangat menonjol, yakni wajah alias muka. Kita tentunya ingin selalu terlihat cantik dan memesona. Namun terkadang itu tidak menjadi nyata karena ada noda di wajah kita (maksudnya saya). Suka sebal sendiri kalau lagi ada jerawat yang muncul di pipi. Kan kecantikan saya jadi tergores. Wekekekek

Iya, jerawat ini musuh kita semua. Sudah bikin muka kurang segar, bikin enggak pede kalau pergi ke mana-mana, terus sakit juga itu jerawat. Sangat menggaggu deh jerawat itu. Inginnya langsung dipencet aja biar kelar, tapi nyatanya tak segampang itu, Ferguso! Mencet jerawat akan berakibat buruk nantinya. Seperti luka di wajah, terus luka itu membekas dan susah untuk menghilangkannya. Nah itu masalah baru lagi deh kalau timbul bekas jerawat.

Terus, bagaimana cara menghilangkan jerawat? Kalau saya sih memang tidak memiliki cara khusus untuk menghilangkan jerawat. Kalau lagi mau ya pakai cara alami untuk menghilangkan jerawat, itu juga bisa, meskipun hasilnya tidak langsung, ya. Karena kalau yang alami perlu perawatan rutin secara bertahap. Dan untuk menghilangkan jerawat ala saya, bisa dilakukan hal-hal berikut ini:

1. Menggunakan facial foam anti acne
Ini saya pakai rutin, karena saya sadar diri muka saya itu gampang banget berjerawat, jadi langkah yang saya ambil tentu membersihkan wajah dengan facial foam anti jerawat. Saya pakai produk dari Pixy. Saya juga suka wanginya, enak dipakai dan tidak membuat kulit wajah kering.

www.erycorners.com

2. Menggunakan cleanser anti acne 
Ya sepaket sih sama facial foamnya, cleansernya juga dari Pixy.  Cukup efektif juga loh menghilangkan jerawat dan kotoran lainnya dengan cleanser ini. Jadi, sebelum jerawat timbul dan tumbuh semakin besar, saya cegah pakai cleanser setiap hari. Apalagi kalau sudah traveling ke mana-mana gitu, kan? Pasti wajah kucel enggak karuan. Setelah istirahat beberapa menit, saya langsung membersihkan wajah dengan cleanser anti acne dari Pixy. Ini juga cocok banget untuk menghapus make up.


3. Lidah buaya dan madu
Lidah buaya ini banyak banget manfaatnya untuk kecantikan. Selain bisa mengurangi ketombe, juga bisa menghilangkan jerawat ketika dicampur madu. Untuk menghilangkan jerawat, yang diambil itu lendir dari lidah buaya kemudian dicampur madu, aduk-aduk, dan jadikan sebagai masker wajah. Biarkan sampai lima belas menitan, setelah itu bilas dengan air hangat. Kalau mau hasil maksimal, bisa dilakukan setiap hari biar kulit wajah cantik.

Bagaimana? Apakah teman-teman tertarik untuk mencobanya? Kalau membahas soal kecantikan begini saya memang sangat kurang, ya. Tapi setidaknya, kita sebagai perempuan harus mampu merawat diri, apalagi merawat wajah, itu sangat penting bagi saya.

Okay, terima kasih, semoga bermanfaat. :)

Sunday, May 12, 2019

Cara Efektif untuk Mengusir Ketombe yang Menjengkelkan

www.erycorners.com

Ketombe? Apakah ada teman-teman yang sedang mengalami masalah kulit kepala yang menyebalkan ini? Saya dari kecil mengalaminya. Pernah saya garuk-garuk di kepala, saking gatalnya saya menggaruknya terlalu kasar dan keras, sampai-sampai kulit kepala saya luka dan lecet. Pas keramas, ampun perihnya kena air. Kulit kepala saya merasa gatal karena ketombe. Iya, saya ketombean dari kecil. Sungguh hal yang sangat menyebalkan.

Makin beranjak remaja saya malu dong, karena rambut saya ketombean. Jadi waktu itu saya coba mencari sampo anti ketombe yang manjur dan ampuh untuk membasmi ketombe. Dulu saya enggak kepikiran kalau sampo anti ketombe itu ada yang cocok untuk rambut atau enggak. Di dalam pikiran saya yang terpenting ketombe saya hilang dan kulit kepala tidak gatal-gatal lagi. Okay, fix, saya waktu itu langsung menemukan sampo yang cocok untuk kulit kepala saya. Sejak pemakain pertama (wkwkwk kayak iklan sampo aja), ketombe langsung berkurang, jadi saya tetep makai sampo itu.

Namun lambat laun, saya baru menyadari, efek dari sampo tersebut membuat rambut saya tidak lembut lagi. Haduh, masalah lagi. Ketombe hilang rambut kaku, kusam dan embuh banget. Akhirnya saya mencari sampo lainnya lagi, coba merk A, terus B dan seterusnya. Merk-merk yang muncul di TV sudah saya pakai semuanya. Hahahaha, asli saya korban iklan di TV.

Setelah bergonta ganti shampoo rambut saya justru makin parah. Akhirnya saya mencoba mencari sampo yang benar-benar untuk mengembalikan kelembutan rambut saya. Bukan Cuma itu saya sampai creambath, untuk mengusir ketombe dan membuat rambut saya lebih baik lagi. Ya, meskipun enggak seindah rambutnya Raisa dan Isyana pas lagi ngiklanin sampo, tapi lumayan lah. Setidaknya rambut saya tidak kaku lagi dan saya jarang garuk-garuk kepala akibat gatal karena ketombe.

Nah, buat teman-teman yang belum terlanjur parah ketombenya, atau juga bisa untuk pencegahan, bisa banget menggunakan bahan alami dari lingkungan kita. Ada beberapa bahan memang, tapi buat saya yang paling mudah dicari dan digunakan ya lidah buaya dan jeruk nipis. Selain itu, ada beberapa tips simple nih biar ketombe enggak balik lagi. Yuk, cek di bawah ini:

www.erycorners.com

1. Keramas seminggu dua atau tiga kali
Mengusir ketombe itu asli bikin gregeten juga. Kalau enggak keramas, ketombe balik lagi, keseringan keramas, ketombe juga mudah datang. Jadi ya harus pinter-pinternya kita untuk mengatur jadwal keramas yang enggak terlalu sering, tapi enggak jarang juga.

2. Sehabis keramas jangan langsung menutup kepala
Ini saya khususkan buat wanita-wanita yang berhijab, kalau setelah keramas, alangkah baiknya memakai jilbabnya setelah rambut benar-benar kering. Kalau buru-buru emang kadang suka khilaf ya, tapi ya itu, bikin ketombe balik lagi kalau rambut belum kering terus langsung pakai kerundung. Jadi kulit kepala kayak kurang napas gitu. Masih basah langsung ditutup.


3. Gunakan vitamin kulit kepala
Ini bisa membantu banget loh, biar kulit kepala tetap sehat, kita perlu menggunakannya. Jadi, bisa mengusir ketombe yang menjengkelkan.

Nah, menurut saya hanya itu, cara efektif untuk mengusir ketombe yang suka mengganggu dan bikin malu. Semoga bermanfaat ya. Dan jangan lupa juga, share pengalaman teman-teman mengusir ketombe, di kolom komentar, ya. Terima kasih.

Saturday, May 11, 2019

Cara Mengendalikan Diri dari Godaan Promo Belanja Online

www.erycorners.com
Promo belanja online? Siapa yang tidak suka kalau ada promo belanja online? Pasti suka, kan? Saya juga suka kalau ada promo yang gede-gedean diskonnya. Nah, di bulan Ramadhan ini sering kita mencari promo belanja online untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari atau mungkin untuk persiapan lebaran.

Berhubung sering muncul promo belanja online di bulan puasa ini, kita juga perlu hati-hati dan jangan sampai kalap membeli semua  yang ada di daftar promo. Ya kalau kita orang tajir melintir atau penghasilan kita macam artis Syahrini, setiap detik mau belanja tidak masalah lah ya. Tapi kalau pas-pasan macam saya, ya perlu diperhatikan benar-benar apa saja yang perlu dibeli, jangan sampai lagi diskon terus langsung belanja seenaknya.


Untuk mensiasati promo belanja online yang super duper menggoda, saya sering membuat beberapa pertimbangan seperti berikut:

1. Beli yang memang dibutuhkan
Yupz, seperti yang sudah saya sebutkan tadi, jangan mentang-mentang lagi promo habis-habisan, semuanya dibelanjakan. Kalau saya berusaha belanja yang memang sedang dibutuhkan dan mencari harga promo di beberapa toko online yang ada.

2. Membandingkan harga promo dari toko yang satu dengan yang lainnya
Ini kebiasaan saya di tempat kerja. Kebetulan saya yang suka belanja-belanja untuk keperluan perusahaan. Jadi, saya suka membandingkan harga atau halinnya pada suatu barang di beberapa toko. Nah, di kehidupan sehari-hari saya, kalau lagi perlu belanja sesuatu, saya jadi suka begitu. Mengecek promo belanja online dari toko yang satu dengan toko-toko lainnya. Yang saya cek bukan hanya harga, melainkan ada hal lainnya juga seperti: sistem pembayaran, ongkos kirim, kecepatan pengiriman, keaslian barang dan feedback dari penjual. Ya, gitu deh, kalau dijelaskan satu per satu memang agak njlimet untuk urusan belanja bagi saya.

www.erycorners.com


3. Belanja sesuai dengan budget yang dimiliki
"Kan lagi promo, barang murah-murah, masa enggak boleh belanja banyak?" Sebenarnya boleh kok, mau diborong juga boleh, enggak ada yang melarang. Tapi perlu diingat juga, bahwa kita belanja, perlu melirik dana yang akan kita gunakan. Seberapa besar sih budget yang kita miliki untuk belanja di toko online? Dengan melihat keuangan yang saya punya, tentu saya bisa mengontrol apa saja yang akan saya beli dari promo belanja online. Sehingga tidak akan membuat kita kebablasan belanja. Dan ini ialah salah satu trik hemat saya untuk mengendalikan diri dari promo belanja online. Hahaha…


Saya rasa itu hanya point-point di atas yang bisa saya share tentang bagaimana cara mengendalikan diri dari promo belanja online. Kita boleh belanja apa saja, tapi kita juga harus melihat, apa sih yang sebenarnya kita butuhkan? Kalau teman-teman bagaimana nih untuk menanggapi tentang promo belanja online? Mau belanja sepuasnya atau mencoba mengendalikannya seperti saya? Atau malah enggak pernah peduli sama promo belanja online? Yuk, ceritakan di kolom komentar. Terima kasih. ^^

Friday, May 10, 2019

Semangkuk Cilok Kuah Penuh Cinta Ala Ery Udya

www.erycorners.com
Semangkuk Cilok Kuah Penuh Cinta
Hallo, kawans, akhirnya saya bisa melanjutkan menulis di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Bagaimana puasanya? Lancar, kan? Harus dong ya. Di bulan puasa seringnya kita mencari makanan untuk berbuka puasa. Entah yang manis-manis, entah yang gurih, suka banget ya ngumpulin makanan, meskipun pas buka tiba yang dimakan cuma satu atau dua jenis makanan saja karena perut tidak sanggup lagi untuk menampunya. Hahaha.


Berbicara tentang makanan di bulan puasa, ternyata banyak juga loh yang menjual cilok di daerah saya. Di Alun-alun Purbalingga penjual cilok itu berderet banget. Tinggal pilih. Selain cilok juga mau nyari makanan apapun tersedia kalau di alun-alun, karena banyak sekali pelaku UMKM yang berjualan di sini. Namun sayangnya pas saya ingin beli harus ke arah alun-alun, padahal itu tidak sejalan dengan tujuan saya ke rumah. Jadi gagal lagi deh makan ciloknya.


Untuk mengobati rasa kecewa cilok yang tidak bisa dibeli, sebaiknya memang saya buat sendiri, toh bahan-bahannya tidak terlalu sulit. Dan ini untuk menguji diriku juga, seberapa pantaskah diriku menjadi seorang chef di keluarga? Wkwkwkwk.

Okay, berkat resep minta temen akhirnya saya buat cilok dengan sedikit improvisasi dan modifikasi (halah, lebay banget gue!).  Akhirnya jadi deh, Cilok Kuah yang Dibuat Penuh Cinta oleh Ery Udya. Bagaimana resep dan cara membuatanya? Yuk, simah dan perhatikan baik-baik resep cilok di bawah ini.

Bahan-bahan:
100 gram tepung tapioka
100 gram tepung terigu
3 siung bawah putih
Lada bubuk secukupnya
150 ml air
4 batang daun bawang atau sesuai selera
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Bahan bumbu/saos cilok:
Kacang tanah secukupnya
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Cabai sesukanya (kalau saya tidak pakai cabai, karena tidak suka pedas)

Cara membuat:

www.erycorners.com
Adonan cilok

Pertama, haluskan bawang putih dan garam. Kemudian masukan 150 air ke dalam panci kecil dan panaskan. Masukan bawang putih yang sudah dihaluskan dan lada bubuk. Biarkan sampai mendidih.

Kedua, siapkan wadah untuk membuat adonan. Campurkan 100 gram tepung terigu dan tapioka di dalam satu wadah itu. Tambahkan daun bawang yang sudah diiris ke dalam wadah tersebut.

Ketiga, setelah air mendidih, tuang sedikit demi sedikit ke dalam wadah campuran tepung. Aduk-aduk hingga merata sampai air habis. Aduk terus sampai adonan menyatu dan tidak lengket lagi di tangan.

Keempat, selanjutnya buat bola-bola dari adonan tersebut. Kebetulan kemarin saya punya stock telur puyuh beberap butir, jadi cilok yang saya buat sebagian ada isi telur puyuhnya.

Kelima, siapkan air dalam panci dan masak sampai mendidih. Setelah mendidih, masukan bola-bola cilok ke dalamnya. Biarkan beberapa menit sampai cilok matang, tandanya cilok itu mengapung di air. Setelah masak, tiriskan.

www.erycorners.com
Okay, bentar lagi kita masak, yang adonannya gede itu isi telur puyuh

Cara membuat bumbu:
Goreng kacang tanah, bawang merah dan putih sampai matang (kalau doyan pedas ya pakai cabai juga). Setelah matang. Tiriskan kemudian uleg kacang, bawang merah dan putih sampai halus. Berikan garam secukupnya dan gula merah agar rasanya makin enak. Nah, bumbu kacangnya dah siap. Kalau ingin lebih praktis, bisa banget pakai selai kacang. Jadi enggak perlu nguleg di cobek. Saya niatnya juga gitu, eh ternyata Skippy Peanut Butter saya sudah habis karena sering buat Roti Bakar.


Selanjutnya ambil mangkok, masukan bumbu kacang seperlunya yang sudah jadi. Tambahkan air panas sedikit sampai cocok jadi kuah, kemudian masukan cilok yang sudah matang. Taraaaa.. Cilok kuah sudah siap untuk disajikan. Bagaimana? Mudah bukan buatnya. Selain itu juga lebih sehat karena dibuat sendiri. Soal rasa dijamin maknyus.

www.erycorners.com
Okay, plating kurang cantik

Apakah teman-teman punya resep cilok juga? Yuk, share di kolom komentar.