Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waktu Terbaik untuk Menyikat Gigi di Saat Puasa

Menyikat gigi di bulan puasa? Batal enggak, sih? Sering kali kita mendengar pertanyaan yang seperti itu. Tentang hukum atau tata cara dalam membersihkan gigi (mulut) di saat puasa. Ya, kita tahu, orang yang berpuasa tentu saja dari waktu subuh tidak boleh makan dan atau minum sampai maghrib tiba. Ataupun kita juga dilarang sengaja memasukan benda ke mulut yang takutnya akan membatalkan puasa.

Selain itu, kadang ketika berpuasa ada bau mulut yang timbul, sehingga kita kurang percaya diri ketika berdiskusi dengan teman atau rekan kerja. Salah satu untuk mengatasi bau mulut ialah dengan sikat, tapi, apakah sikat gigi tidak membatalkan puasa?


Sepanjang sepengetahuan saya, tentang menyikat gigi di siang hari pada saat puasa itu tidak membatalkan puasa, melainkan hukumnya makruh. Maksudnya, ya karena kita sudah sengaja memasukan benda ke mulut kita, belum lagi kalau pakai pasta gigi, ada rasanya, kan? Kalau dipastikan baik air, pasta gigi dan bulu-bulu sikat tidak masuk ke tenggorokan, Insya Allah puasanya tidak batal (hanya makruh). Tetapi kalau ada setitik air atau pasta gigi, bahkan bulu-bulu sikat yang masuk tenggorokan, puasa kita batal. Ya Allah saya menulis begini, jika ada yang lebih baik, semoga bisa meluruskan di kolom komentar, ya. Sungguh saya masih sangat kurang ilmu agama.

www.erycorners.com
Yuk, sikat gigi dengan rajin

Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (membatalkan puasa), lebih baik, ketika puasa kita menyikat gigi di waktu-waktu tertentu, seperti:

1. Sehabis Sahur
Jelang Subuh sebaiknya kita menyikat gigi biar lebih segar napasnya. Sehingga bisa lebih PD di siang hari.

2. Setelah Berbuka Puasa atau Sebelum Salat Taraweh
Selanjutnya kita bisa menggosok gigi setelah berbuka puasa atau sebelum Salat Taraweh. Ini perlu banget, kan? Karena di waktu buka puasa kita sudah makan ini dan itu, sebaiknya sebelum Salat Taraweh menggosok gigi dulu.

3. Sebelum Tidur
Ini sih puasa enggak puasa emang harus, ya. Gosok gigi sebelum tidur, biar tidurnya juga nyaman, dan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut ketika tidur. Sehingga gigi bisa lebih sehat.

4. Sebelum Sahur
Mau makan sahur dengan lebihnikmat? Coba deh, sebelum sahur itu gosok gigi terlebih dahulu, terus cuci muka, dijamin sahurnya enggak ngantuk.


Okay, itulah cara terbaik untuk menggosok gigi di waktu puasa. Kalau teman-teman, bagaimana?
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

Post a Comment for "Waktu Terbaik untuk Menyikat Gigi di Saat Puasa"