4 Penyebab Bau Mulut yang Sangat Umum

www.erycorners.com
Bau mulut, salah satu hal yang sangat mengganggu ketika kita sedang berkomunikasi dengan orang lain. Karena hal ini akan menggangu lawan bicara kita. Apalagi saat kita puasa seperti ini, bau mulut sukanya datang sesuka hati meski tak diinginkan ketika di siang hari. Mau ketawa-ketiwi kadang enggak pede.

Tidak bisa kita pungkiri lagi, karena kita di siang hari tidak makan ataupun minum, tentu saja mulut kita berasa asam atau kurang sreg. Jadilah bau mulut itu hadir dengan sendirinya. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bau mulut seperti:

1. Tidak menggosok gigi dan lidah
Penyebab paling umum ialah ketika kita tidak menyikat gigi dan ataupun lidah kita. Sehingga bau mulut akan muncul karena keadaan mulut kita kurang bersih. Banyak sisa-sisa makanan yang menyebabkan bau tak sedap itu hadir. So, biar bau mulut hilang, jangan lupa setelah makan menyikat gigi dengan baik dan benar.

www.erycorners.com
Yuk, rajin gosok gigi

2. Kurang minum
Hal ini menyebabkan produksi air liur di dalam mulut berkurang, dan berakibat menimbulkan bau tak enak itu muncul. Jadi, alangkah baiknya ketika sedang berpuasa, jangan lupa pas sahur, buka puasa, atau bahkan di malam hari, cukupi kebutuhan air minum kita. Sehingga bisa memperkecil produksi bau mulut kita.

3. Makan makanan yang berbau menyengat
Di sini siapa yang doyan makan jengkol, pete atau terasi? Kalau saya jawabnya iya pakai banget. Jujur saja, saya pecinta makanan dari jengkol, pete dan terasi. Rasanya memang nikmat, gurih dan bikin bablas. Maunya nambah nasi terus. Enak banget pokoknya. Tapi, perlu diketahui juga, makanan tersebut bisa berakibat panjang setelahnya. Karena dari hal itu, mulut kita akan bau, bahkan sangat bau. Sehinga dituntut banget, setelah makan jengkol, pete atau terasi, kita wajib gosok gigi sebersih mungkin. Kalau perlu pakai mouth wash, dah, biar napas kita segar lagi.

Selain itu, makan jengkol dan pete juga bukan hanya menyebabkan bau mulut juga, tetapi ketika kita buang air kecil, di toilet juga akan tersisa aroma yang menjengkelkan. Jadi, jangan lupa juga, siram toilet sampai bersih banget.

4. Tidur terlalu lama
Tidur itu menyenangkan, apalagi kalau lagi libur panjang dan tidak ada kegiatan apapun, pasti saya menghabiskannya untuk tidur. Namun, perlu diketahui sama teman-teman nih, tidur terlalu lama ini mengakibatkan mulut menjadi bau loh. Penjelasan secara ilmiah memang saya tidak tahu pasti, ya. Tetapi kenyataannya begitu, tidur terlalu lama itu bikin napas bau. 

Nah, itulah empat penyebab bau mulut yang sering kita lakukan. Sebenarnya masih banyak banget jenis, tetapi saya tulis empat saja, yang merupakan paling umum terjadi di dalam kehidupan sehari-hari kita. Kalau menurut teman-teman bagaimana nih? Apa saja penyebab bau mulutnya? Jangan lupa share di kolom komentar, ya. Terima kasih.

36 comments

  1. iya nih Mak. Kudu banget jaga kesehtan yaaa, biar ngga bau mulut ataupun bau badan :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  2. Baru tau tidur terlalu lama dan kurang minum bisa bikin bau mulut. Baru tau Mak, mau banyakin minum deh ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, Mak...tidur terlalu lama bisa menyebabkan produksi air liur yang banyak, otomatis jadi bau. Terus kurang minum air putih, mulut kering, jadi bisa memicu bau mulut.

      Delete
  3. katanya sih bau mulut juga mengindikasikan ada penyakit dalam tubuh. cuma penyakitnya apaaaa, nah ituu...akunya juga blm cari2 tau lagi sik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, saya juga belum tahu penyakit apa yang salah satu akibatnya bau mulut.

      Delete
  4. Lidah sering kali luput untuk disikat. Ketika ada sosialisasi tentang kebersihan mulut pun biasanya hanya diajarkan bagaimana menyikat gigi yang tepat. Padahal lidah juga harus dibersihkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga suka kelewat tidak menyikat lidah. padahal itu perlu

      Delete
  5. Aku pernah beli sikat untuk lidah...tapi karena ndak biasa, malah berasa mau muntah itu mba :-)

    Gigi berlubang,itu pengaruh juga mba. Makanya, sekarang aku langsung ke drg klo ada tambalan gigi yang lepas

    ReplyDelete
  6. Memang nggak bikin pede ya kalo pas bau mulut. Ternyata banyak sebabnya ya, termasuk suka lupa sikat lidah nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, Mbak. Bau mulut itu sangat mengganggu.

      Delete
  7. Duren juga menyengat mba bau nya hehehe.. tidur kelamaan juga bikin bau mulut ga sedap apalagi pas bulan puasa tidur melulu hehee tfs ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa duren, pete, jengkol, makanan enak tapi bikin bau mulut.

      Delete
  8. Kalau sikat gigi mah bisa tiga kali sehari hihihi...tapi lidahnya termasuk jarang dibersihkan soalnya belum umum sih membersihkan lidah. Karena bisa mempengaruhi kesehatan next mulai memperhatikan lidah nih, biar lebih sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz..harus memperhatikan kebersihan lidah juga

      Delete
  9. Abis ini aku buruan minum, berasa banget kurang minum hahaha

    ReplyDelete
  10. Ternyata pas sikat gigi itu lidah juga harus disikat ya, suka lupa euy....

    ReplyDelete
  11. Tidur terlalu lama emang bikin mulut beraroma nggak enak. Aku makanya suka langsung sikat gigi kalo bangun tidur meski tidur siang sekali pun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mba Wati. Kebanyakan tidur memang bikin bau mulut.

      Delete
  12. konon makan makanan yang punya bau menyengat juga bisa menyebabkan bau mulut, seperti jengkol.

    Oia, kurang minum memang salah sumber bau mulut (pernah ngalami soale)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jengkol, pete dan durian, udah pasti bikin bau mulut. Iya, kurang minum memang bikin bau mulut.

      Delete
  13. Bener semua nih karena aku ngalamin hehehe. Makanya karena udah tau sebabnya maka tau juga cara mencegah dan mengatasinya. Yang suka lupa itu sikat lidah. Karena dari situ juga biaa jadi sumber bau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz, setuju, mba Dona. Menyikat lidah itu seringnya lupa

      Delete
  14. Aku baru tau kalo tidur terlalu lama bisa nyebabin bau mulut

    ReplyDelete
  15. Kudu jaga kesehatan dan rajin sikat gigi, pete nih makanan favoritku. Tapi suka mrnghindari karena takut bau mulut pas kerja. Heheh

    ReplyDelete
  16. Makanan berbau menyengat penyebab bau mulut ya tp enak sih makanan berbau spt pete hehe. Sy klo mampir k resto sunda rasanya ga afdol.klo ga makan pete hehe. Tp abis itu nyari permen hehe

    ReplyDelete
  17. Ya ampuun tidur lama ternyata bisa bikin bau mulut ya. Baru tau nih. Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  18. Aku baru yahuba kalau tidur terlalu lama sama kurang minum bikin bau mulut. Makasih sharingnya mba

    ReplyDelete
  19. Loalah aku juga ingat saat pertama kali lulus kuliah
    Tidur lebih lama bikin napas dan bau mulut bau hingga ditegur Mama untuk ubah kebiasaan

    ReplyDelete
  20. Tidur terlalu lama bikin bau mulut juga toh?! Apalagi klo belom sikat gigi ya sebelum tidur, double dah baunya, hahaha.

    ReplyDelete
  21. Bau mulut parah selain gigi rusak, bener ya ada penyakit tertentu. Jadi penasaran banget penyakit apa? Terus ini ternyata tidur lama bikin bau mulut ya

    ReplyDelete
  22. Aku suka sedia permen mint juga buat mengatasi ketidakpedea bau mulut. Mungkin sebenernya engga bau mulut tapi rasanya sering gak pede aja.

    ReplyDelete
  23. Wah ternyata kebanyakan tidur bikin bau mulut. Lah aku tidurnya kuat banget nih wkwk

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)