4 Penyebab Bau Mulut yang Sangat Umum

by - 8:19:00 PM

www.erycorners.com
Bau mulut, salah satu hal yang sangat mengganggu ketika kita sedang berkomunikasi dengan orang lain. Karena hal ini akan menggangu lawan bicara kita. Apalagi saat kita puasa seperti ini, bau mulut sukanya datang sesuka hati meski tak diinginkan ketika di siang hari. Mau ketawa-ketiwi kadang enggak pede.

Tidak bisa kita pungkiri lagi, karena kita di siang hari tidak makan ataupun minum, tentu saja mulut kita berasa asam atau kurang sreg. Jadilah bau mulut itu hadir dengan sendirinya. Selain itu, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan bau mulut seperti:

1. Tidak menggosok gigi dan lidah
Penyebab paling umum ialah ketika kita tidak menyikat gigi dan ataupun lidah kita. Sehingga bau mulut akan muncul karena keadaan mulut kita kurang bersih. Banyak sisa-sisa makanan yang menyebabkan bau tak sedap itu hadir. So, biar bau mulut hilang, jangan lupa setelah makan menyikat gigi dengan baik dan benar.

www.erycorners.com
Yuk, rajin gosok gigi

2. Kurang minum
Hal ini menyebabkan produksi air liur di dalam mulut berkurang, dan berakibat menimbulkan bau tak enak itu muncul. Jadi, alangkah baiknya ketika sedang berpuasa, jangan lupa pas sahur, buka puasa, atau bahkan di malam hari, cukupi kebutuhan air minum kita. Sehingga bisa memperkecil produksi bau mulut kita.

3. Makan makanan yang berbau menyengat
Di sini siapa yang doyan makan jengkol, pete atau terasi? Kalau saya jawabnya iya pakai banget. Jujur saja, saya pecinta makanan dari jengkol, pete dan terasi. Rasanya memang nikmat, gurih dan bikin bablas. Maunya nambah nasi terus. Enak banget pokoknya. Tapi, perlu diketahui juga, makanan tersebut bisa berakibat panjang setelahnya. Karena dari hal itu, mulut kita akan bau, bahkan sangat bau. Sehinga dituntut banget, setelah makan jengkol, pete atau terasi, kita wajib gosok gigi sebersih mungkin. Kalau perlu pakai mouth wash, dah, biar napas kita segar lagi.

Selain itu, makan jengkol dan pete juga bukan hanya menyebabkan bau mulut juga, tetapi ketika kita buang air kecil, di toilet juga akan tersisa aroma yang menjengkelkan. Jadi, jangan lupa juga, siram toilet sampai bersih banget.

4. Tidur terlalu lama
Tidur itu menyenangkan, apalagi kalau lagi libur panjang dan tidak ada kegiatan apapun, pasti saya menghabiskannya untuk tidur. Namun, perlu diketahui sama teman-teman nih, tidur terlalu lama ini mengakibatkan mulut menjadi bau loh. Penjelasan secara ilmiah memang saya tidak tahu pasti, ya. Tetapi kenyataannya begitu, tidur terlalu lama itu bikin napas bau. 

Nah, itulah empat penyebab bau mulut yang sering kita lakukan. Sebenarnya masih banyak banget jenis, tetapi saya tulis empat saja, yang merupakan paling umum terjadi di dalam kehidupan sehari-hari kita. Kalau menurut teman-teman bagaimana nih? Apa saja penyebab bau mulutnya? Jangan lupa share di kolom komentar, ya. Terima kasih.

You May Also Like

0 comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of