Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Drama Miss The Dragon: Tentang Kisah Cinta Raja Naga dengan Manusia Fana

Setelah baper melihat penampilan Wang He Di (Wang Dylan) di drama Love Between Fairy and Devil, saya jadi penasaran dengan drama lain yang diperankan olehnya. Ternyata, Wang Dylan memerankan beberapa drama yang cukup menarik. Di antaranya Meteor Garden (2018), Ever Night (2020), Miss The Dragon (2021), The Rational Life (2018 - 2020), dan lainnya.

Dari beberapa drama tersebut, saya tertarik dengan drama Miss The Dragon. Drama Fantasy juga seperti Love Between Fairy and Devil. Ini menambah daftar drama fantasy yang saya tonton, karena sebelumnya ada Drama The Untamed: Petualangan Wei Wu Xian Mencari Misteri Yin Tiger.

Miss The Dragon ini mengisahkan Sang Raja Naga yang jatuh cinta pada manusia fana. Dalam perjalan untuk hidup bersama dengan kekasihnya bukanlah hal mudah. Terlebih, wanita yang dicintainya itu memiliki jiwa yang unik dan banyak yang mengincarnya.



Profil Drama Miss The Dragon


Drama Miss The Dragon

Judul: Miss The Dragon (遇龙)
Country: China
Director: Min Guo Hui
Original network: Tencent Video
Network (Indonesia): WeTV
Episodes: 36
Duration: ± 30 minutes
Genre: Romance, Fantasy, Xianxia
Rating: 7.8/10 (My Drama List), 9.2/10 (Rakuten Wiki), 8.2/10 (IMBd)

Pemeran Utama:


Wang He Di (Dylan Wang) as Yuchi Longyan
Zhu Xu Dan as Liu Ying, Ruan A'yu, Feng Chenyue, and Gu Qingyan

Pemeran Pendukung:


Deng Wei as Xue Qian Xun (Kepala Paviliun Luofeng, Dewa Bintang Kesepian)
Pan Mei Ye as Qing Qing (Siluman Burung Hijau)
Zhu Zan Jin as Mingge Xingjun (Dewa Bintang Takdir)

Sinopsis Drama Miss The Dragon


Liu Ying
Liu Ying

Liu Ying, merupakan gadis biasa dan menjadi pelayan di kediaman Xia Hou, khususnya untuk menemani nona kediaman tersebut yaitu Xia Hou Xue. Mereka berdua tak tampak majikan dan bawahan, melainkan seperti suadari. Akrab dan saling menjaga. Bahkan mereka berdua membuat janji sehidup semati.

Tak nyana, janji itu diiyakan oleh Langit, namun mereka sebagai manusia biasa tidak mengerti.

Liu Ying ini memiliki jiwa yang unik. Penyayang binatang dan suka membaca buku tentang Kisah Raja Naga. Dia percaya bahwa di dunia ini ada Raja Naga yang baik dan gagah.

Berbeda dengan nona-nya yang tak percaya hal-hal begitu. Nona-nya sering meledeki Liu Ying nantinya akan menikah dengan naga.

Di sisi lain, ada Raja Naga yang sedah berlatih untuk menjadi Raja Naga sejati di Langit. Dia disemangati oleh temannya, Dewa Bintang Takdir. Dari dorangan Dewa Bintang Takdir membuat Raja Naga semangat mengambil baju zirah emas yang sudah dijaga ketat. Perlawanan yang sengit, membuat Raja Naga terluka dan terjatuh ke dunia fana.

Untuk menyamarkan identitasnya, dia mengubah dirinya menjadi ular putih kecil. Di tengah hutan bunga yang elok berwarna putih dan merah muda, Liu Ying dan nona-nya berjalan-jalan. Mendengar ada sesuatu yang terjatuh, mereka berdua menghampirinya.

Ternyata, ada seekor ular putih kecil yang terluka. Nona meminta Liu Ying untuk mengambil ular itu dan merawatnya. Awalnya Liu Ying menolak karena takut. Tapi lama-lama berani dan mau mengobati luka ular itu.

Liu Ying sendiri merupakan gadis yang suka menolong binatang. Di rumah, juga ada seekor burung hijau yang ia tolong. Kini tambah lagi ular putih.

Dengan ketulusan dan kepeduliannya, ular putih itu sehat kembali. Bahkan berani menampakkan wujud aslinya, Yuchi Longyan Sang Raja Naga.

Sebagai ungkapan terima kasih, Raja Naga akan membalas budi. Dia ingin membalas budi dengan tubuh dan hatinya, tentu saja Liu Ying menolaknya. Namun, semakin hari, justru Liu Ying semakin jatuh cinta.

Mereka berdua memadu cinta tanpa mengenal perbedaan dunia manusia dan siluman. Hingga suatu hari, nona-nya terluka diserang Siluman Serigala, Liu Ying turut sedih karena kondisi nona-nya kritis.

Yuchi Longyan Sang Raja Naga
Yuchi Longyan Sang Raja Naga

Tak pikir panjang, Raja Naga meminta obat ke temannya, Dewa Bintang Takdir. Dikasih cuma-cuma. Setelah nona meminum itu, kondisinya malah semakin buruk. Jiwanya sudah masuk ke Paviliun Luofeng.

Demi Liu Ying, Raja Naga masuk ke Paviliun Luofeng. Karena ketika nona-nya meninggal, Liu Ying juga meninggal. Sedangkan jiwa Liu Ying dibutuhkan oleh Xue Qian Xun untuk menambal jaring langit.

Pertarungan terjadi antara Raja Naga dan Xue Qian Xun. Dan akhirnya menyudutkan Raja Naga, boleh mengambil kembali jiwa Nona Xia Hou Xue dengan syarat harus menikahinya dan menjaganya sampai tiga kehidupan berikutnya.

Yuchi Longyan mengiyakan perjanjian itu. Dia menikah dengan Xia Hou Xue, nona dari Liu Ying.

Liu Ying dan Nonanya
Dengan wajah sedih, Liu Ying mengantar Nona Xia Hua Xue menikah dengan Raja Naga.

Betapa hancur hatinya Liu Ying. Melihat orang yang dicintai menikah dengan orang paling dekat dengannnya.

Untuk menghilangkan kesedihannya itu, Yuchi Longyan menghapus ingatan Liu Ying. Terutama kenangan bersama dengannya. Akhirnya Liu Ying mau menikah dengan Kakak Sepupu Xia Hou Xue.

Sampai meninggal Liu Ying tetap merindukan Yuchi Longyan, tuan Raja Naga-nya. Saat jiwanya di Paviliun Luofeng, Liu Ying bertemu kembali dengan Raja Naga. Ingatan yang sudah dihapus hadir kembali.

Akhirnya mereka berdua bisa mengobrol kembali sebelum Liu Ying melupakannya lagi. Lahir ke dunia manusia lagi.


Di sisi lain, Raja Naga membatalkan untuk tetap menjaga Xia Hou Xue. Perjanjian itu bisa dibatalkan dengan syarat, Raja Naga mengambil sisik naganya untuk dijadikan teman Xia Hou Xue di tiga kehidupan berikutnya.

Di kehidupan reinkarnasi pertamanya, Liu Ying lahir di Desa Yuchi. Dia diberi nama Ruan A'yu.

Qingqing Siluman Burung Hijau
Qingqing, Siluman Burung Hijau. Periang, baik hati dan lucu

Yuchi Longyan dan Qingqing si Siluman Burung Hijau mengikutinya. Mereka berdua menyamar menjadi saudara. Oh ya, Qingqing ini sahabat baiknya Liu Ying. Meskipun kini Qingqing harus jadi pelayan di Paviliun Luofeng, tapi dia bisa pergi-pergi dengan bebas terutama untuk urusan Liu Ying, atau kini jadi Ruan A'yu.

Ruan A'yu ketika dewasa menjadi pedagang. Pernah berjualan ikan segar dan jualan bunga. Dan ya, A'yu pun jatuh cinta pada Yuchi Longyan.

Tapi, Yuchi tidak boleh sering dekat dengannya. Karena Yuchi Longyan tubuhnya sakit, sering menerima hukuman Petir Langit akibat dari sering ikut campur urusan manusia. Belum lagi, sisik naga emasnya diberikan ke Dewa Bintang Takdir untuk menemani nona-nya Liu Ying di tiga kehidupan berikutnya.

Sehingga Yuchi Longyan ketika mendekati A'yu, badan A'yu menjadi lemah dan pusing. Di kehidupan ini Yuchi Longyan mencoba menjaga jarak dengan A'yu, memperhatikan saja ketika dia sedang mendapat masalah terus menolongnya. Seperti halnya ketika kekaisaran mencari seorang dewi hujan.

Ruan A'yu dan Yuchi Longyan
Ruan A'yu dan Yuchi Longyan

Dengan congkaknya A'yu mengatakan bisa menurunkan hujan. Tentu saja hal itu tidaklah mudah. Kalau berpura-pura A'yu akan dipenggal oleh pejabat kekaisaran. Dengan sekuat tenaga, Yuchi Longyan bersama Kepala Paviliun Luofeng mencoba mewujudkannya, agar Desa Yuchi turun hujan.

Namun, siapa yang menyangka, karena A'yu berhasil menurunkan hujan, imbalannya ialah kekayaan dan menjadi selir di istana. Untuk terakhir kalinya Yuchi Longyan menemuinya. Berjanji akan mengunjungi. Walau pada akhirnya tak mampu, karena istana dijaga ketat oleh Jenderal Surgawi dari Langit. Sang Raja Naga tak mampu menembusnya.

Beruntungnya A'yu memiliki sahabat setia, Qingqing. Menjadi teman bercerita dan suka menolong.

Qingqing ini juga memkliki kisah cinta yang unik. Berbeda dengan nasib A'yu, Qingqing masih bisa bertemu dengan Kepala Paviliun Luofeng, si pria yang berwajah kaku, Xue Qian Xue.

A'yu sampai meninggal tetap berada di istana. Hingga akhirnya jiwa mereka bertemu kembali di Paviliun Luofeng. Seperti sebelumnya, Raja Naga mengantarnya, melihat A'yu memasuki dan lahir ke dunia manusia lagi.

Di kehidupan berikutnya ia lahir di keluarga Jenderal Feng. Jenderal kuat dan perkasa. Membawahi pasukan dan mengamankan perbatasan. Keahliannya itu tentu saja turun ke putrinya, Feng Chenyue. Reinkarnasi dari Ruan A'yu. Seperti biasa juga, Qingqing dan Yuchi Longyan menemaninya.


Kali ini mereka berdua menyembunyikan identitasnya. Yuchi Longyan turut membantu perang Feng Chenyue. Dan ya, bagaimana musuh akan menang kalau yang dilawannya itu Raja Naga, dengan sihir sederhana saja pun para lawan sudah tumbang.

Jenderal Feng Chenyue
Jenderal Feng Chenyue

Di sisi lain, Chenyue selalu mengingat bahwa Raja Naga adalah kekasihnya. Dulu di Paviliun Luofeng dia tidak meminum air mata pelupa untuk melupakan segala jenis masa lalu. Dan itu menyalahi aturan sesungguhnya.

Chenyue terus curiga bahwa orang yang menyamar menjadi prajurit, dan kini menjadi asistennya adalah kekasihnya. Meski Yuchi Longyan menjaga jarak terus dan tak ingin membuat kesalahan lagi, pada akhirnya mereka saling mengakui.

Setelah Chenyue meninggal, seperti biasa ke Paviliun Luofeng, tapi tiba-tiba mengajaknya untuk menikah. Tentu saja Raja Naga bahagia sekali. Membawanya ke istananya, mempersiapkan pernikahannya yang bisa dilakukan dengan cepat dan singkat.

Pada dasarnya mereka sudah memiliki tanda cinta, selain itu tidak serepot di kehidupan manusia. Para dewa lainnya juga datang mengucapkan selamat. Qingqing juga datang dan merasa bahagia.

Giliran di saat ritual terakhirnya, meminum arak pernikahan, pernikahan tersebut digagalkan oleh Dewa Bintang Takdir dan Kepala Paviliun Luofeng. Mereka menjelaskan bahwa hidupnya Chenyue sangat singkat, harus menjalani kehidupan sekali lagi agar bisa menjadi seorang dewi.

Dewa Bintang Takdir
Dewa Bintang Takdir

Dengan ucapan manisnya Dewa Bintang Takdir mampu meyakinkan Chenyue. Bahwa nantinya setelah menikah, dirinya tak mau terus menerus merepotkan Raja Naga. Harus bisa mandiri.

Di kehidupannya terakhir, dia lahir menjadi Gu Qingyan. Belajar ilmu sihir dan lainnya di Gunung Kunlun. Ini adalah jalan terakhir untuk menjadi seorang dewi. Guru dan kakak senior Qingyan tahu dan mampu mencium hawa siluman naga yang terus membuntuti Qingyan.

Qingyan memang banyak sekali yang mengincarnya, termasuk Dewa Bintang Takdir, sahabat Raja Naga sendiri. Di reinkarnasi ketiganya ini, Qingyan akan menjadi kuat dan siapa pun yang menyerap jiwanya maka akan menjadi Penguasa Tiga Dunia.

Di bagian ini pula kebusukan Dewa Bintang Takdir terbongkar. Membuat Qingqing sakit, mengadu domba Xue Qian Xun dengan Raja Naga. Kemudian dengan penuh triknya, Dewa Bintang Takdir memperalat Xue Qian Xun untuk membunuh Raja Naga.

Xue Qian Xun dan Qingqing
Xue Qian Xun dan Qingqing, kisah cinta mereka juga tak kalah menarik

Padahal ya, meskipun Xue Qian Xun dan Raja Naga merupakan rival, tapi mereka tidak ingin saling membunuh. Bahkan pada dasarnya mereka saling membantu. Meskipun, mereka merupakan rival dan penuh persaingan, tapi mereka bersaingnya dengan sehat. Persaingannya mereka karena peraturan yang sudah ditetapkan oleh Langit. Siapa yang melanggar ya harus dihukum.

Berbeda dengan Dewa Bintang Takdir, merupakan sahabat dekatnya Raja Naga, tapi diam-diam menusuk dari belakang.

Ending Drama Miss The Dragon


Drama Miss The Dragon

Jujur, tak sesuai dengan harapan. Qingyan meninggal karena melindungi Raja Naga dari serangan Dewa Bintang Takdir. Pada saat jaring pengikat jiwa diaktifkan, Qingyan akan terserap, tapi dia masih sadar, bahwa selama di kehidupan fana ini, hanya Raja Naga yang ada di hatinya.

Jiwanya sendiri yang mendekati Raja Naga, dan menjadikannya kuat. Mengalahkan Dewa Bintang Takdir dengan sekejap. Namun, hal itu membuat Kaisar Langit murka, Raja Naga telah menyerap Jiwa Yin Mutlak. Akhirnya mereka pun hancur oleh Guntur Wujun.

Yang berbahagia justru Xue Qian Xun dengan Qingqing. Akhirnya mereka kembali bersatu. Xue Qian Xun tak lagi jadi Kepala Paviliun Luofeng, melainkan kembali menjadi Dewa Bintang Kesepian. Takdir mereka unik dan membahagiakan.

Walaupun Qingqing sedih atas hancurnya Raja Naga dan Qingyan, tapi tak mengapa. Jiwa mereka sudah tertangkap di Jaring Langit. Mereka berdua yang menjaga Jaring Langit agar tak ada iblis yang kabur. Selain itu, Xue Qian Xun tak perlu lagi susah payah menambal Jaring Langit.

Kesan pada Drama Miss The Dragon


Entah mengapa saya kurang merasakan gregetnya Wang He Di di drama ini. Pantas saja, netizen di China banyak yang mengkritik kala itu. Beruntungnya di Drama Love Between Fairy and Devil dia berhasil memperbaiki citranya, bahkan menjadi viral.

Drama Miss The Dragon ini meskipun xianxia, tapi drama yang ringan. Hanya persoalan cinta dengan alur yang lambat. Mungkin karena ujung-ujungnya itu lagi, itu lagi.

Penutup


Okay, sekian review dari saya tentang Perjalanan Cinta Raja Naga, Yuchi Longyan yang jatuh cinta ke manusia fana, Liu Ying. Seberat apa pun rintangannya terus dihadapi untuk menjaga dan melindungi orang yang dicintainya. Meski harus terluka dan bahkan hancur.

Begitulah cinta, deritanya tiada akhir. Hahahaha ....
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

19 comments for "Review Drama Miss The Dragon: Tentang Kisah Cinta Raja Naga dengan Manusia Fana"

  1. Memang cinta butuh pembuktian dan pengorbanan yaaa
    Apaapuuun pasti akan dilakukan utk sosok yg dicinta

    Keren nih 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. dan jalan menuju bersama dengan yang dicintai itu tidaklah mudah.

      Delete
  2. Cinta memang gitu perlu perjuangan dan tantangan buat pembuktian bahwa kita cinta mati. Halangan apapun pasti bisa di lalui

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan terkadang, halangan itu begitu berat untuk disingkirkan..

      Delete
  3. Ya ampuuunn... closingnya tuh lho kok pedih amat. Derita tiada akhir huhuuyy... mau dong yang endingnya manis gitu lah. ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Uniek, saya juga kaget, lhaa kok endingnya gini. Mau protes tapi ya gimana lagi. Kupikir mereka akan bahagia dengan sesungguhnya, tapi mereka malah berdua tapi tak kasat mata.

      Delete
  4. udah lama banget aku gak nonton serial ataupun film drama yang berlatar imperial kerajaan seperti ini

    ReplyDelete
  5. Ini drama ringan ya itungannya. Ada kisah percintaan, ada persaingan, persahabatan, hukuman, pembunuhan, pengkhianatan dan sebagainya. Aih, nama-nama tokohnya sudah ya hihihi. Harapan yang sudah lama diimpikan jadi pupus dan campur tangan manusia pun terjadi. Ini namanya tiada cinta tanpa derita :D

    ReplyDelete
  6. Hihi drama Cina tuh banyak ya yang genrenya fantasi2 gitu sejak zaman kita kecil dulu :D
    Tapi itu menjadi ciri khas mereka dan merupakan hiburan sekali.
    Bayangin ada air yang bikin lupa, wah untug itu si mbaknya gak minum :D
    Ternyata nitijen sana juga ceriwis soal drama2 yaa sampai mengkitik juga :D

    ReplyDelete
  7. Wahh aku udah lama nggak nonton drama kerajaan seperti ini, banyak friksi ya dalm kisah cinta mereka. Tragis juga kisah cinta Qingyan, demi melindungi kekasih hati dia sampai rela mati

    ReplyDelete
  8. Eh, iya.. Aku jadi ingat kisah cinta serupa dengan Perjalanan Cinta Raja Naga, karena saking cintanya, malah ia menikahi oranglain. Agak gak bisa diterima dengan akal sehat ya..
    Tapi karena ini drama Fantasy dan Xianxia, maka segala yang gak mungkin jadi terasa bitter sweet ending yang akan terkenang di hati pemirsa.

    **drama Koreanya persis Scarlet Heart Ryeo, meski gak sampai 3 kehidupan juga sih yaa..

    ReplyDelete
  9. Oh ternyata Drama Cina ya mbak, pantesan kurang familiar. Tapi lihat jalan ceritanya bagus juga ya meskipun bertema cinta yang seperti itu-itu aja. Cuma harus membiasakan dulu nih buat nontonya aku

    ReplyDelete
  10. Aku pernah nonton cuplikan Miss The Dragon ini di YouTube. Waktu itu adegan saat LF nolong LM yang jadi ular. Karena kurang tertarik, ya gak nyari tahu sih. Well aku lebih tertarik sama Dylan di Love Between Fairy and Devil

    ReplyDelete
  11. Langsung googling pemain utamanya deh akuh. Suka penasaran kao ada review drama yang bagus tu. Selain drakor suka juga ama dracin. Gak kalah cakep juga pemainnya. huhu...

    ReplyDelete
  12. Ketauan nih seangkatan kita....ada meteor garden yang booming dijamannya dulu.
    Film diatas memiliki kandungan pesan bahwa hidul.itu penuh perjuangan kita harus selalu uodate ilmu.

    ReplyDelete
  13. wah lama ga nonton Drama Cina. Suka kalau nonton dracin yang versi klasik gini. ada adegan melayang2 di atas genteng hehehe

    ReplyDelete
  14. Sampai sekarang, entah mengapa, mau drama china, korea, dan lainnya, kalau yang temanya kerajaan-kerajaan gini, sayanya sulit nangkap dan gak betahan nonton. Huhuhu. Salut banget sama yang enjoy nonton genre gini.

    ReplyDelete
  15. Wah, ceritanya panjang ya, Mbak. Genre fantasy jadi sangat luas ya imajinasinya. Hehe. Ada manusia biasa, siluman, reinkarnasi, dsb. Tapi menarik pastinya kalau sudah mengikuti beberapa episode awal, ya :)

    ReplyDelete
  16. rumit banget ya kisah cintanya. sampai beberapa kali reinkarnasi. film cina kayaknya banyak ide ceritanya seperti ini yaa. cinta antara siluman dan manusia

    ReplyDelete