Princess Agents, Drama Fenomenal yang Penuh Kontroversi

Princess Agents

Berawal dari media sosial yang menayangkan cuplikan sebuah drama China, saya langsung tertarik. Tentu saja bukan karena alurnya, karena cuplikan hanya beberapa menit, tetapi karena paras wajah para pemain yang cantik dan tampan. Saya jadi penasaran dong, sama dramanya. Jadi saya mencarinya dari episode pertama. Oh ya, saat itu akhir tahun 2019, pada saat saya sedang hamil, kecanduan banget sama Drama Princess Agents yang berakhir menggantung. Kemudian, beberapa minggu yang lalu saya menemukan kembali di WeTV. Berharap akan ada season duanya, tetapi masih sama. Masih season pertama yang hanya sampai 58 episode.

Tak bisa dipungkiri memang, meski drama ini sudah lama dan seharusnya sudah ada kelanjutnya, tetapi masih menggantung karena ada kontrovesi yang terjadi. Sebuah aib. Padahal drama ini merupakan drama terpopuler, tetapi di dalamnya penuh aib yang berujung di meja hijau. Iya, karena Drama Princess Agents ini terbukti memplagiat sebuah novel tanpa adanya izin.


Dugaan Plagiat yang Dilakukan Oleh Xiao Xiang Dong'er

Dugaan plagiat yang dilakukan oleh Xiao Xiang Dong'er terbukti sampai ke meja hijau dan dia harus membayarkan ganti rugi ke penulis aslinya. Kemudian Xiang Dong'er berjanji akan menghapus seluruh cerita yang diambil dari plagiat tersebut. Namun, sampai tahun 2021 dan drama Princess Agents tayang kembali di WeTV belum adanya kejelasan lebih lanjut mengenai drama tersebut.

Seperti halnya yang kita ketahui, Princess Agents hanya sampai 58 episode tapi dengan ending yang menggantung. Para fans, termasuk saya sudah menunggu-nunggu season dua untuk drama ini. Iya, kami semua penasaran bagaimana ending sebenarnya antara Yuwen Yue, Chu Qiao dan Yan Xun. Apakah benar seperti rumor yang banyak dibahas kalau Yuwen Yue ini merupakan kakak dari Chu Qiao namun berbeda ibu? Sementara mereka jatuh cinta. Terus bagaimana dengan Yan Xun? Berhasilkan mempertahankan Yan Utara (Yanbei) dan meneruskan kejayaannya seperti dulu? Atau malah kalah oleh pasukan Kerajaan Wei?

Semua itu masih berputar-putar di pikiran saya meski sudah menonton beberapa kali. Dan saya juga penasaran, bagaimana nasib kedua adik angkat Chu Qiao setelah ditinggal Chu Qiao ke Yan Utara?


Review Drama Princess Agents

Princess Agents

Sepanjang sejarah ketika saya menonton drama, Princess Agents merupakan drama yang paling bagus yang pernah saya tonton. Feel-nya dapat, antara kekuasaan, cinta, benci dan dendam lebur jadi satu. Para pemainnya juga membuat saya betah, karena mereka cantik dan tampan. Sehingga menarik penonton untuk melihatnya. Karakter yang dimainkan juga sangat kuat dan melekat. Benar-benar drama yang epic. Sayangnya ini mengandung unsur-unsur plagiat.

Rasa kecewa timbul karena drama ini plagiat, tapi menikmatinya dengan seksama juga iya. Benar-benar drama yang membuat galau. Terlebih ketika Chu Qiao tersadar ketika Yan Xun berubah menjadi kejam dan ambisius. Ingin kembali ke Yuwen Yue tidak mungkin, tapi juga tidak ingin bersama Yan Xun yang sudah hilang rasa percaya padanya.

Drama China ini karena mengandung unsur-unsur sejarah, juga harus didasarkan dengan sejarah yang benar terjadi pada saat itu. Meski banyak yang didramatisir, tapi untuk dinasti, kerjaaan dan lokasi, diceritakan semirip mungkin dengan sejarah yang terjadi.

Princess Agents ini mengacu pada Dinasti Wei di Kerajaan Wei Barat yang saat ini sedang kacau. Karena rajanya sendiri mengalami krisis kepercayaan dan orang-orang di dekatnya penuh sekali intrik dan kelakukan keji. Banyak di antara mereka yang bekerjasama dengan kerajaan musuh, memperjualbelikan orang dijadikan budak, pembantaian semena-mena tanpa adanya rasa belas kasihan. Termasuk Chu Qiao yang identitasnya hilang pun ditangkap dan dijual oleh para pedagang manusia yang kemudian bertemu dengan Yan Xun dan Yuwen Yuai. Kemudian dijadikan budak, namun tak disangka, budak itu malah menjadi galau antara Yuwen Yue atau Pangeran Yan Utara, Yan Xun.

Profil Drama

Judul: Princess Agents
Judul Novel: 11 Chu Tegong Huangfei
Penulis: Xiao Xiang Dong'er
Sutradara: Wu Jinyuan
Pemeran Utama:
Zhao Liying (Zanilia Zhao) as Chu Qiao/Jing Xiaoliu/Xing'er
Lin Gengxin (Kenny Lin) as Yuwen Yue
Shawn Dou as Yan Xun
Li Qin as Yuan Chun/Chun'er
Genre: History, Romance
Network: WeTV (On Januari 2021)
Episode: 58

Kisah Pemain

1. Zhao Liying as Chu Qiao/Jing Xiaoliu/Xing'er
Princess Agents

Berperan sebagai putri rahasia dari seorang mata-mata wanita yang ditakuti oleh jagat dunia persilatan, membuat dirinya harus menderita sejak dari kecil. Di usianya yang sangat belia, dia harus belajar bela diri dan harus mampu menerima ilmu sedingin salju tingkat tinggi diri dari ibunya, Luo Hee - seorang perempuan sebagai Pemimpin Mata-mata Fengyun. Karena terlahir sebagai putri yang dirahasiakan Chu Qiao dari kecil harus pergi sendiri ke keluarga Jing. Dan di situ dia dianggap sebagai anak seayah tapi beda ibu. Namanya pun diganti menjadi Jing Xiaoliu.

Dia tumbuh bersama saudara-saudara di keluarga Jing, tapi dia sering menyendiri. Hingga pada akhirnya, ayah angkatnya itu mengatakan kalau ibunya akan dihukum mati. Jing Xiaoliu pergi untuk membebaskan ibunya ke penjera kerajaan. Di sana banyak perlawanan, untung saja bisa berhasil kabur, karena ada sosok wanita lain yang menolong dirinya.

Princess Agents

Sampai di siang hari ketika dia berada dalam kereta kuda yang dikendarai Gadis Ular, dia disergap oleh Jenderal Hao dari Kerajaan Wei Barat. Pertempuran terjadi, yang membuat sang jenderal meninggal dan Chu Qiao jatuh ke sungai kuning.

Namun sayang, beberapa hari setelah jatuh ke sungai kuning Chu Qiao hilang ingatan, dia tidak sadarkan diri dan ditemukan tergeletak di semak-semak pinggir sungai. Lebih naas lagi, yang menemukan dia ialah pedagang manusia. Dibawa ke sebuah ladang perburuan manusia, beruntungnya ada Pangeran Yan Xun yang menolongnya jadi dia terselematkan agar tidak dihukum lebih berat.

2. Kenny Lin as Yuwen Yue
Princess Agents

Cucu tertua dari Keluarga Yuwen, pewaris tunggal mata-mata negara Mata Dewa. Memiliki ilmu bela diri yang tinggi dan banyak sekali musuh, termasuk dari sepupunya sendiri - Yuwen Huai. Yuwen Yue sendiri memiliki sifat pendiam dan orang yang berhati dingin. Tetapi, lama kelamaan dia luluh semenjak Xing'er menjadi pelayan pribadinya.

Xing'er ini Chu Qiao yang dibawa ke kediaman Yuwen, dijadikan budak. Di sana bertemua dengan keluarga Jing lainnya. Sehingga di kediaman Yuwen, Chu Qiau yang hilang ingatan menggunakan nama keluarga Jing, Jing Xiaoliu. Untuk melindungi dirinya dan adik-adiknya, dia bertekad menjadi pelayan pribadi Yuwen Yue meski banyak rintangan. Tak disangka, dia berhasil mengikuti serangkaian ujian, dan menjadi pelayan pribadi. Kemudian Yuwen Yue mengganti namanya menjadi Xing'er.

Princess Agents

Alih-alih Yuwen Yue memiliki pelayan pribadi, ternyata melatih Xing'er ilmu bela diri dengan sangat keras. Bertujuan untuk menjadikan Xing'er sebagai teman mata-mata. Sampai dia diberi Pedang Pelangi. Setiap hari bertemu, diam-diam Yuwen Yue jatuh hati pada Xing'er. Namun perbedaan kasta membuatnya ragu. Terlebih kakeknya selalu mewanti-wanti, "Jangan pernah jatuh hati pada seorang pelayan!"

Meski demikian, Yuwen Yue selalu menjadi 'dewa penyelamat' Xing'er di mana pun berada. Termasuk ketika Xing'er pergi ke Yanbei mengikuti Yan Xun.

3. Shawn Dou as Yan Xun
Princess Agents

Pangeran Yan Xun merupakan pangeran sandera di Kota Cang'an dalam kekaisaran Dinasti Wei Barat. Yan Xun berasal dari Yanbei . Dia termasuk orang yang sangat santai di Ibukota Wei. Rendah hati, murah senyum dan baik kepada siapapun. Merupakan anak dari Bai Sheng-putri angkat dari Ibu Suri Dinasi Wei Barat. 

Yan Xun juga salah seorang pria yang tertarik pada Xing'er. Hampir setiap hari dia masuk ke Istana Qingsan (kediaman Yuwen Yue) untuk bertemu atau melihat Xing'er. Walau ketika berusaha untuk bertemu dengannya, tak jarang Yuwen Yue juga melarang dan memberi alasan kalau Xing'er sedang sibuk dan lain sebagainya.

Princess Agents

Pada akhirnya Yan Xun dan Xing'er berhasil kabur dari Kota Chan'an, yang kemudian membuat mereka tertangkap. Saat itu Yan Xun masih tenang. Namun, ketika hadir di aula, dia menjadi tahu, bahwa ayah dan saudara-saudaranya telah dibantai semua. Bahkan dia menyaksikan ibunya bunuh diri. Sejak saat itu, Yan Xun berubah menjadi seorang yang pendendam, ambisius dan tidak kenal belas kasih.

Lama-lama hubungan Yan Xun dan Xing'er pudar. Terlebih ketika Yan Xun mulai kurang percaya padanya, karena Xing'er masih peduli pada Yuwen Yue.

4. Li Qin as Yuan Chun/Chun'er
Princess Agents

Yuan Chun, putri dari Dinasti Wei Barat. Berwajah cantik dengan hidung mancung, yang merupakan putri kesayangan dari Selir Agung Wei. Gadis ini dari kecil sudah jatuh cinta ke Yan Xun. Ke mana Yan Xun pergi inginnya ikut. Bahkan gaya rambutnya beberapa kali dibuat seperti Yan Xun. Dia tidak pernah menyadari betapa Ayahandannya, Kaisar Wei Barat, membenci Yan Xun dan ingin membunuhnya. Kepolosan Chun'er terbilang membawa petaka bagi Yan Xun juga bagi kerajaannya.

Hingga suatu hari dia meminta untuk menikah dengan Yan Xun karena menolak dijodohkan dengan Pangeran Negeri Liang. Kaisar Wei tentu saja ini merupakan kesempatan emas untuk menjebak Yan Xun dan membunuhnya. Namun, Yan Xun sudah tahu itu, tak-tik licik apa yang direncanakan oleh Kaisar. Dia pun tidak mau kalah. Bekerja sama dengan Xing'er, Nona Yu dan beberapa prajurit, dia akan kembali ke Yanbei.

Princess Agents

Hari pernikahan tiba, tapi malang, bukan hari yang bahagia, merupakan hari yang menyedihkan. Yan Xun dianggap memberontak-yang padahal juga memang dijebak dan dipaksa untuk memberontak. Pernikahan batal, yang sakit hati tentu Chun'er. Dia merengek-rengek melihat kepergian Yan Xun bersama beberapa pasukannya ke Yanbei.

Akan tetapi Chun'er tidak patah semangat, dia terus mengejar pengantin laki-lakinya. Menerobos menyusuri hutan hingga sampai pada camp peristirahatan sementara. Kejadian tak terduga terjadi, kakaknya-Yuan Song, juga mengikuti Yan Xun. Dia tiba-tiba menusukan pisau ke perut Yan Xun. Naas, Yan Xun mengambil pedang langsung mematahkan tangan Yuan Song sebelah kiri.

Melihat itu, Chun'er menangis histeris, memeluk kakaknya. Mereka berdua tertahan di camp itu, tapi Yan Xun memaafkan mereka. Menyuruh beberapa orang untuk mengantarkannya. Namun hal lain tak terduga menerpa Chun'er. Dia diperkosa oleh orang-orang yang mengantarkannya di depan kakaknya sendiri. Yuan Song tak berdaya karena dia sedang terluka.

Sakit hati, marah, dendam, perih, sedih dan lainnya, berkecamuk di hatinya. Hingga sampai di istina, Chun'er menajdi gadis pendendam dan licik. Bahkan ia tega mencoba memberi racun ke ayahnya. Iya, ayahnya. Dalang dari semua kekacauan ini adalah ayahnya. Andai saja ayahnya tidak terlalu curiga ke Yanbei, semua ini tidak terjadi. Tidak akan ada pemberontakan. Tidak ada kehilangan kehormatan dan lainnya.

Padahal, Dingbei-Ayah Yan Xun, teman akrab Kaisar Wei. Dan Bai Sheng-Ibu Yan Xun, anak angkat dari Ibu Suri Wei. Tapi malah keluarga Yan dibantai seluruhnya, tersisa satu, Yan Xun, yang tak kan pernah memaafkan kekejaman dari Kaisar Wei.

Ah, menceritakan kembali tentang kisah Princess Agents hanya dari sisi empat pemain saja itu kurang komplit, karena masih banyak sekali intrik dan hal-hal menarik lainnya. Mengisahkannya di dalam postingan satu halaman blog juga tidak cukup. Apalagi untuk mengobati rasa rindu. Untungnya saat ini tayang di WeTV Indonesia. Bisa nonton full 58 episode secara gratis.

Kalau teman-teman penasaran kisahnya, bisa langsung menontonnya. Ini drama yang fenomenal dan begitu menarik bagi saya. Semoga yang season 2 segera rilis. Kasihan Yuwen Yue yang tertinggal di dasar danau kalau tidak rilis-rilis. Huhuhu, sedih.

50 Comments

  1. Waaahhhh, serius juga ya kasusnya. Aku belum pernah nonton drama china lagi sih belakangan ini, tapi kalau drama sejarah gini biasanya menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, kasusnya berat juga. saya juga nonton drama China ya karena gara-gara muncul cuplikannya di FB. ehehhe

      Delete
  2. Aaaa rindu sekali nonton drama kolosal china seperti ini, jadi ingat dulu waktu kecil ada tetangga yang hobi banget nonton ini, jadi aku juga ikut nonton sampe ingat banget jalan ceritanya karena diulang ulang hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, drama kolosal China itu menarik banget, tapi episodenya cukup panjang. hehehe

      Delete
  3. Sedih penceritaannya Chu Qiao, bikin penasaran karena ketemu sama pedagang manusia. Sepertinya bisa dijadwalkan untuk masuk wishlist

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal nonton saya sempet ragu lho. karena banyak peperangan dan kejadian yang ngeri banget. sampai saya tutup mata, hiks..

      Delete
  4. Kupikir drakor sudah mendominasi tayangan di media streaming, ternyata masih ada dracin alias drama dari Cina. Sayang banget ya kalau sampe ceritanya ternyata plagiat padahal penggarapan film dan wardrobe udah lengkap banget dan serius. Ini nontonnya di WeTv ya Kak? Dari kemarin maju mundur mau instal WeTV, soalnya space memori kurang hihi. Thx ya infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drama China di WeTV banyak banget, Kak. Cerita kolosal sampai yang fun dan ringan juga ada. Ayo donlod WeTV. ��

      Delete
  5. Wah.. saya langsung penasaran ingin nonton, Mbak. Kebetulan di TV android saya ada WeTV. Hanya harusnya endingnya jangan menggantung ya Mbak. Karena saya tidak suka di-PHP dan digantung hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ending yang menggantung itu bikin gregeten, apalagi pemeran utama tersungkur di dalam danau. itu nasibnya nanti gimana. huhu

      Delete
  6. Wah sudah lama saya tidak nonton drama China nih terakhir yang remake meteor garden itu, liat para pemainnya emang cantik2 dan ganteng ya, settingannya jaman dahulu begitu jadi penasaran sama aktingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gara-gara pemainnya yang cantik dan ganteng-ganteng itu saya jadi suka banget.

      Delete
  7. Paras wajah pemain yang tamvan ruvawan dan cantiq jelitah, ternyata bisa menarik minat seseorang untuk menonton film tersebut ya. Belum lagi pas cuplikan ditayangkan, biasanya diambil dari adegan terbaik di film tersebut.

    Kata istri saya, bintang pelem China jauh lebih cantik dan tamvan ketimbang bintang pelem Korea.

    Apalagi istri saya sudah install WeTV dan VIU buat nonton film dari kedua negara tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget sama istri Mas Hendra, dari China itu memang parasnya wow banget. Wah mantep tuh, install WeRV dan VIU. Mantaap.

      Delete
  8. Ternyata selain drakor, drama china ini menarik juga dijadikan tontonan.

    Tapi nontonnya dimana, mbak? Donwload bebas atau pakai aplikasi?

    ReplyDelete
  9. wah season satu sudah tamat ya mbak, pasti penasaran ya
    berharap season dua akan segera tayang, ceritanya sangat menarik

    ReplyDelete
  10. Sepertinya menarik ya dramanya. Apalagi kalau endingnya menggantung kayak gitu. Bikin penasaran deh...
    Setting kerajaan kayak gitu aku paling suka lho. Jadi kayak belajar sejarah gitu, walaupun fiksi sih...

    ReplyDelete
  11. Drama China sekarang jugaa mulai banyak penggemarnya ya, Mbak. Kalau di Indonesia malah duluan populer drama China dari Drakor ya.

    ReplyDelete
  12. wah sudah mau session 2. Terbukti nih drama ini ceritanya bagus dan punya banyak penggemar.

    ReplyDelete
  13. Nonton ah
    Siapa tahu ada teman untuk menanti sahur tiba
    Apalagi pemainnya good looking semua

    ReplyDelete
  14. Seru banget nih dramanya harus nnton dari awal karena baru on januri 2021 jadi dikatakan masih fresh dan kelanjutannya juga masih panjang

    ReplyDelete
  15. Ya ampuuuun pemainnya cantik2 bangetttttt. Aku hrs akuin pemain China itu lebih menarik memang drpd Jepang ato Korea , trutama cewenya :).

    Tapi aku sendiri udh lamaaa ga nonton drama China mba. Terbius Ama drakor wkwkwkk. Mungkin Krn eps nya yg terlalu panjang itu loh -_-, bikin ga sabar. Mana kdg pake season2 hihihi... Jd LBH suka nonton film nya, drpd drama nya :D.

    ReplyDelete
  16. Jadi Mbak tertarik nonton drama China karena pemainnya ya? Kalau saya nggak tahu kenapa nggak tertarik sama sekali mau nonton drama China. Tapi mungkin kalau udah nonton dramanya bakal keasyikan juga kali ya. Apalagi kalau jalan ceritanya seru dan gak membosankan.

    ReplyDelete
  17. wah bagus juga ya ceritanyaaa.. cuma sekarang ini belum ada niatan nonton drama cina, masih fokus sama kore :D

    ReplyDelete
  18. wah seru juga ya mbak critanyaa.. cuma skrg lagi gada niatan buat nonton cina, masi fokus korea

    ReplyDelete
  19. Aku jarang nih nonton drama cina, tapi kayanya oke nih mak princess agent iniii. Nanti mau cobain nonton aaaah

    ReplyDelete
  20. salfok sama pemain Zhao Liying as Chu Qiao kok mirip Natasha Wilona ya mba hehhee ga pernah nonton drama China jadi pengen coba nonton ah

    ReplyDelete
  21. makin banyak deh pilihan buat nonton serial drama, gak hanya drama korea aja tapi sudah merambah ke drama cina, jepang, taiwan, thailand juga mungkin ya.

    ReplyDelete
  22. Kayaknya aku ga tertarik sama drama Cina hihihi :D Drakor aja aku cuma ngikutin endless Love udah lama banget dan Penthouse wkwkwkwk. Kalau Andy Lau dulu ular putih termasuk ga yach? Tapi kapan2 bolehlah dicoba nonton supaya ada variasi hiburan di rumah. TFS.

    ReplyDelete
  23. iyayah ini cantik dan tampan, kalau ada unsur plagiat, sayang banget ya.
    kalau settingan kayak gini jadi inget putri huan zhu yaampun aku jadul banget...
    episodnya panjang juga ya mba, langsung klik lagi dan lagi deh penasaran kalau udah ngikutin jalan ceritanya

    ReplyDelete
  24. owala ternyata kena kasus plagiat, sayang ya.
    aku belum lirik lagi dracin. sama drakor aja masih kewalahan hihihi

    ReplyDelete
  25. Hadudu meski empat pemain tapi gilaaak, menawan semuaaanyaa dan pastinya menarik hati para penontonnya. Drama China yang menggugah dan fenomenal ini apalagi dilatarbelakngi oleh sejarah, jadi kepooo.Ku sukaa kalo drama2 kek giniii.

    ReplyDelete
  26. Episodenya banyak juga ya ada 58 episode, dan bakal ada session 2 nya. Ceritanya menarik nih, sepertinya meskipun episodenya panjang, bakal gak terasa nontonnya, apalagi pemainnya cantik dan ganteng2 hahaha.

    ReplyDelete
  27. Drama China ini makin happening ya Mba
    Banyak banget potongan adegannya seliweran di IG.
    AKu juga penasaran buat nonton

    ReplyDelete
  28. Kalau baca sinopsinya Mbak Ery ini konfliknya rumit ya. Latar belakang kerajaan gini emang asik dijadikan drama karena banyak konflik yang bisa diulik.

    ReplyDelete
  29. Lama nggak nonton drama China yg pake hanfu. Seneng sih lihat hanfu itu, kayak gimana gitu ya. Jadi penasaran juga sama drama Princess Agents nih, semoga mereka bisa dapat win-win solution ya soal plagiasi novelnya itu.

    ReplyDelete
  30. Kalau pengen cerita yg kompleks, nonton drama serial memang sangat mungkin bisa dapet yaaa... Karena durasinya kan panjang. Tapiii....aku ini malah suka nyerah duluan kalau lihat episode yg panjaaang. Tiap mau nonton drama, lihat dulu episodenya. Kalau panjang, skip skip pilih yg serialnya pendek :D

    ReplyDelete
  31. Ending menggantung itu suka bikin gregetan hehehe. Trus, kelanjutan kasus plagiatnya itu belum ada lagi ya sampai sekarang?

    ReplyDelete
  32. Ya ampun bener juga ya...drama yang fenomenal dan begitu menarik yang ditunggu-tunggu season 2nya. Semoga segera rilis, kasihan Yuwen Yue yang tertinggal di dasar danau kalau kelamaan. Hiks

    ReplyDelete
  33. Aku baru nonton ep.9. Ep.1 udah tegang aja euy, karena para wanita dijadi'in bulan-bulanan dikejar-kejar banyak serigala. Xing'er termasuk salah 1 wanita yang dikejar juga. Meski itu 'permainan' yang diadakan oleh para pangeran dan anak bangsawan tapi permainan yang edan karena nggak menghargai nyawa manusia. Seenaknya aja kan mereka memanah, bunuhin serigala or para wanita yang udah dipakein baju dengan nama masing-masing para pangeran dan anak bangsawan itu. Tapi Yuwen Yue justru nyelamatin Xing Er meski dari jauh..ciee. Kalo Yan Xun mah terang-terangan nih nyelametin si Xing Er.

    ReplyDelete
  34. Sayang banget ya kalau bisa digarap bagus begini tapi plagiat. Menurutku bisa diatasi dengan memberi kompensasi ke penulis dan mencantumkan namanya dalam kredit.

    ReplyDelete
  35. Waaah penyuka drama Cina ya mbak?
    Sepintas aktor Cina mirip aktor Korea ya, mungkin krn mereka serumpun ya hehe
    Wah menarik nih udah ada agen di zaman kaisar2an gtu ya? Strategi bagus krn biasanya mata2 kan cowok gtu :D
    We TV itu aplikasi gtu ya mbka? Langganannya berapaan? Bulanan?

    ReplyDelete
  36. Pelum nyoba nonton drama cina atau sejak TV swasata enggak menanyangkan lagi, jadinya enggak tahu infonya. Ikutan penasaran dengan jalan ceritanya.

    ReplyDelete
  37. Pada satu masa aku pernah suka nonton drama China, karena ketularan suami yang suka nonton film China di bioskop. Nah aku dulu suka sewa video nya untuk drama serial, aku suka yang menceritakan putri kerajaan.

    Untuk drama Princess Agent ini bener juga ya pemainnya cantik dan ganteng semua. Kisahnya menarik meski ternyata plagiat dari novel. Mungkin itu penyebab drama ini hanya sesion satu aja ya Ry

    ReplyDelete
  38. Hwaaaa...akhirnya ada juga yang nonton drama ini. Sumpah memang bagus banget. Di luar kekecewaan ada unsur plagiatnya saya juga merasa drama ini drama paling seru sepanjang sejarah saya nonton drama manapun termasuk sinetron Indoensia, drama Korea atau drama barat. Lewat semua. Princess Agent ini paling seru. Penonton masih menunggu season duanya namun sayangnya para pemainnya sudah menyebar main di drama-drama lainnya sehingga masih harus menunggu mereka menyelesaikan kontraknya.

    ReplyDelete
  39. Kok sama sih saya juga kalau mau nonton drama liat pemainnya dulu, cantik dan tampan wkwkwkw. Nonton ah, seru bangettt ini, mulai suka juga sama fil cina hehe

    ReplyDelete
  40. aku lagi nonton draacin love scenery
    filmnya anak muda game gitu. walau ga suka gamenya tapi filmnya bagus
    princess agent ini belum nonton cobaa ah nonton juga

    ReplyDelete
  41. Lagi lagi kasus plagiat, ya. Dan sekarang masuk ke dunia perfilman juga. Duh! Sayang sekali. Padahal kalau baca review-nya film ini menarik. Semoga saja bisa berlanjut hingga the end.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)