Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

UMP, Universitas Swasta di Purwokerto yang Makin Mendunia

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Assalamu’alaikum wr wb.

Hallo, apa kabar, teman-teman? Di hari yang ceria ini akhirnya saya bisa menulis lagi di blog. Kali ini saya ingin menceritakan tentang universitas yang sudah terkenal yang terletak di Purwokerto. Hmm, sebentar. Purwokerto? Enggak salah? Iya, betul di Purwokerto.


Purwokerto merupakan kota di Jawa Tengah bagian barat. Kota yang cukup padat di wilayah Eks-Karesidenan Banyumas. Saya memang jarang ke kota ini. Ya, paling kalau weekend, saya ke kota yang sudah memiliki mall ini. Selain itu, saya juga punya suami asli orang Purwokerto. Jadi, kadang nyicipin kuliner atau jalan-jalan di tempat wisatanya.

Di Purwokerto selain kuliner dan tempat wisata atau tempat untuk sekadar nongkrong, juga ada universitas, salah satunya Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang saat ini makin eksis dan sangat baik di dunia pendidikan Indonesia yang merupakan perguruan tinggi swasta  terbesar di Jawa Tengah bagian barat dan sudah Terakreditasi B. Mantap abis, bukan?

Bagi yang penasaran dengan UMP seperti apa, saya akan berbagi tentang beberapa hal penting mengenai UMP, biar adik-adik yang masih galau mencari universitas makin mantap dan yakin untuk kuliah di UMP. Simak di bawah ini, ya.

Sejarah Singkat UMP
Sebelum berubah nama menjadi ‘universitas’ dulunya merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Purwokerto yang berdiri pada tanggal 05 April 1965. Awalnya ini merupakan cabang IKIP Muhammadiyah Surakarta, yang dulunya hanya ada dua fakultas, yakni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Pendidikan Umum. Namun pada tahun 1968, IKIP Muhammadiyah Purwokerto memisahkan diri dari induknya yang ada di Surakarta.

www.erycorners.com
Kampus UMP | dokumen pribadi, foto from Tarjo.

Seiring perkembangan zaman dan perkembangan pendidikan yang terus makin meningkat, fakultas di IKIP Muhammadiyah Purwokerto makin banyak. Sehingga bisa menjadi banyak pilihan calon-calon mahasiswa yang ingin menimba ilmu.

Dan pada tahun 1995 dengan adanya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 345/DIKTI/Kep/1995 yang tertanggal 26 Juli 1995 tentang Perubahan Bentuk Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammdiyah Purwokerto di Purwokerto menjadi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

www.erycorners.com
Kantor Pusat UMP | dokumen Pribadi, foto from Tarjo.

Perjalanan yang cukup panjang memang, setelah berdiri sejak 1965, tiga puluh tahun kemudian berubah menjadi sebuah universitas. Tentunya ini sebagai bukti bahwa Universitas Muhammadiyah Purwokerto dari awalnya memang terus melakukan peningkatan dan perbaikan serta kualitas di segala sektor. Dan tak heran, mulai tahun 2017, UMP memiliki 11 Fakultas dengan 33 Program Studi. Dengan makin banyaknya program studi yang ada, tentunya jumlah mahasiswa terus meningkat serta sarana dan prasarana makin mendudukng. Ini memandakan bahwa UMP sangat memadai untuk membekali para mahasiswa dengan ilmu pengetahun yang dikemas dalam jiwa Islam yang baik. Sehingga, diharapkan nantinya para alumni UMP bisa mengamalkan ilmu dengan baik serta tetap di jalan agama Islam yang baik dan benar pula.

Lulusan UMP Dibekali Ilmu dan Keterampilan yang Mumpuni
Salah satu yang sering menjadi permasalahan ialah ketika sudah menjadi sarjana, mau ngapain? Kerja atau buka usaha atau melakukan apa? Saya pun dulu begitu, setelah lulus D3, bingung mau ngapain, kelamaan di rumah diomongin terus, dari rumah iya, dari tetangga juga, malah lebih parah. “Udah lulus kuliah kok nganggur.” Kalimat seperti itu sering terdengar ketika kita sudah diwisuda atau lulus kuliah, tapi tidak melakukan aktivitas yang bisa menghasilkan materi atau membuka usaha. Mungkin mereka berpikir setelah lulus kuliah pekerjaan juga langsung disodori, begitu, kali ya? Ya, memang sebagian ada yang mudah, namun tak sedikit juga yang menjadi 'Sarjana Nganggur'.

www.erycorners.com
Wisuda UMP | Sumber : www.ump.ac.id

Akan tetapi, hal itu tidak akan terjadi setelah lulus dari UMP. Insya Allah, seluruh lulusan UMP mendapatkan bekal ilmu, keterampilan dan karakter yang sangat bermanfaat. Sehingga setelah lulus mereka bisa mengabdi di masyarakat sesuai dengan bidangnya masing-masing. Terlebih lagi, untuk keahlian non-akademik dilengkapi dengan Sertifikasi Kompetensi sehingga sangat membantu bagi lulusan yang ingin mencari pekerjaan di multinasional ataupun internasional.


Sedangkan lulusan yang ingin berwirausaha, mereka juga sudah mendapatkan Pelatihan Motivasi dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yang mana ketika masih menjadi mahasiswa dituntut untuk membuat sebuah program kreativitas yang memiliki nilai jual di pasaran atau cocok untuk peluang usaha. Selain itu, mahasiswa juga terlibat dalam Seminar atau Konferen Internasional. Sehingga mereka yang akan terjun ke dunia bisnis, mental dan perbekalan mereka siap.

www.erycorners.com
Salah satu konferen internasional, CoTEFL (Conference on Teaching as Foreign Language) | Sumber : www.ump.ac.id

Dengan begitu, lulusan dari UMP tidak perlu khawatir setelah lulus mau ke mana atau akan melakukan apa. Karena bersama UMP, kita semua bisa Start Here Go Anywhere. Dari mulai belajar di UMP, selanjutnya kita bisa mengembangkan sayap ke mana saja untuk menggapai cita-cita dan mimpi.

UMP Bekerjasama dengan Universitas di Luar Negeri
Salah satu hal yang menarik dari UMP ialah karena sudah menggandeng beberapa universitas di luar negeri sebagai tujuan Study Banding atau tujuan belajar tingkat lanjutan. UMP beberapa kali mengirimkan mahasiswa dan atau staffnya ke luar negeri seperti Malaysia, Singapore, China, Libya dan lainnya. Selain itu, UMP juga mendatangkan dosen dari luar negeri, salah satunya Dr Aqeel Khan Dosen Psikologi Sosial Universitas Teknologi Malaysia yang berkesempatan untuk menyampaikan kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Psikologi UMP yang diselenggarakan pada tanggal 28 Oktober 2017 di Ruang Sidang Psikologi lantai 5 Gedung J UMP.


www.erycorners.com
Staff dan Mahasiswa UMP goes to China untuk Study Banding | Sumber : www.ump.ac.id

Dengan begitu UMP semakin mendunia dan siap untuk menghadapi tantangan global di dunia internasional. Lulusan dari UMP juga siap mengajar di luar negeri. Ini bukti bahwa totalitas dan kualitas dalam proses belajar mengajar di UMP tidak diragukan lagi.

www.erycorners.com
UMP Teken Kontrak Kerjasama dengan Universitas di Libya | Sumber : www.ump.ac.id

UMP Menjadi Pilihan Siapa Saja
UMP Pilihanku dan pilihan kita semua. Ya, saya sangat setuju itu, karena setiap lulusan SMA/SMK/Sederajat bisa masuk ke UMP untuk belajar dan menimba ilmu. Dengan lokasinya yang strategis karena di Purwokerto, UMP bisa dijangkau dari arah mana saja dengan mengunakan transportasi umum. Ditambah lagi kualitas dari dosen dan sarana prasarana yang sangat memadai tentu saja UMP menjadi pilihan bagi siapa saja, tak terkecuali saya. Sehingga belajar di UMP merupakan pilihan yang tepat untuk mewujudkan mimpi meraih kesuksesan dan tujuan hidup yang tentunya diimbangi dengan jiwa Islam sebagai bekal akhirat kelak.

Kampus UMP, tempat belajar yang nyaman | dokumen pribadi, foto from Tarjo.

Itulah sekilas tentang UMP yang merupakan universitas swasta di Purwokerto yang makin mendunia. Jadi, untuk adik-adik yang saat ini berada di bangku kelas XII SMA/SMK/Sederejat, yang nantinya bingung mau melanjutkan kuliah di mana, bisa langsung mendaftar ke kampus UMP. Untuk lokasi kampus ada dua yakni, Kampus I terletak di Jl. Raya Dukuhwaluh PO. BOX 202 Purwokerto 53182. Sedangkan Kampus II terletak di Jl. Letjen. Soepardjo Roestam Km. 7 PO. BOX 229 Purwokerto 53181.

Dan bagi orang tua yang sedang memikirkan putra-putrinya nanti kuliah di mana, tidak perlu khawatir, karena ada UMP yang bisa menjadi tempat belajar putra-putri Anda semua.

www.erycorners.com
Start Here Go Anywhere | dokumen pribadi, foto from Tarjo.

Jadi, bagaimana? Sangat menarik, bukan, kuliah di UMP? Pasti bangga dan asyik kuliah di UMP, selain fasilitas yang lengkap, proses belajar mengajarnya juga bagus. Saya juga jadi ingin kuliah di UMP. Tapi apa daya, umur dan kesibukan saya tidak bisa membohonginya. Hihihi, tapi siapa tahu ya, ada kesempatan untuk kuliah lagi. Kalau begitu, bolehlah, minta tolong diaminkan #2019EryKuliahLagi. Hehehe….

Okay, tak terasa saya sudah menulis tentang UMP cukup panjang juga, padahal itu masih penjelasan singkat tentang Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Sebenarnya masih banyak tentang keunggulan-keunggulan ketika kita kuliah di UMP. Dari saya sekian dulu ya, semoga ada kesempatan untuk menulis lagi tentang UMP. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, khususnya untuk adik-adik yang sedang galau mau melanjutkan kuliah di mana.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr wb.

---
Sumber referensi : https://www.ump.ac.id/
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

69 comments for "UMP, Universitas Swasta di Purwokerto yang Makin Mendunia"

  1. gedungnya juga bagus ya mbak, kemarin minggu aku baru saja ke purwokerto tp gak melihat gedung ini

    ReplyDelete
  2. iya, Mbak, wah, Mba Tira udah main ke Purwokerto, kapan-kapan main lagi ya, Mbak, terus kabar-kabar, kali aja saya bisa nemenin (ngarep banget oey) ahahahha

    ReplyDelete
  3. Universitas muhamadiyah di kota manapun pasti keren yaa, gedungnya gede & megah, fakultas dan jurusannya juga banyak. Yang di purwokerto ini juga megah gedungnya, semoga bisa makin banyak mencetak lulusan yang tangguh dan bermanfaat untuk Indonesia yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di manapun keren. Di Purwokerto juga gedungnya keren. Iya, berharap semoga bisa mencetak generasi penerus bangsa yang keren-keren juga.

      Delete
  4. Khas banget yah mbak Univesitas Muhammadiyah gedungnya berwarna putih hheee
    Semakin bertansformasi yah mbak Universitasnya. Membantu banget lah nih buat adik-adik yang kepengen cari Universitas di kota Purwokerto, hhee
    Banyak fakultas dan programstudi mana gedungnya tinggi pisan heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. dengan adanya UMP ini diharapkan adik-adik yang sudah lulus tingkat SLTA bisa melanjutkan kuliah di UMP. Fasilitas dan prodinya juga banyak.

      Delete
  5. UMP...kok sama dengan singkatan Universitas Muhammadiyah Palembang, hehehehe...Baca artikel ini jadi teringat masa kuliah. Gedungnya bagus dan lokasinya terlihat adem :))

    ReplyDelete
  6. Wah ada Universita Muhammadiyah yang keren ya di Purwokerto. Baru tahu saya. Yang saya pernah dengar yang di Jogja dan Malang.

    Mantap. Semoga semakin berkembang dan membanggakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di Purwokerto juga ada Universitas Muhammadiyah yang keren..

      Delete
  7. Gedungnya bagus yah, di Purwekerto juga ada universitas Muhamadiyyah yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi enggak bingung mau kuliah di mana, karena yang deket juga ada, hehehe

      Delete
  8. Wah, bahagianya siswa/i SMA/SMK gak perlu khawatir bersaing utk mendptkan or memasuki Univ.berkualitas - sdh ada di Purwokerto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bunda.. tinggal mendaftar saja sesuai dengan jurusan yang mereka impikan..

      Delete
  9. Sepertinya Universitas Muhammadiyah di mana2 makin maju deh. Itu yg di Malang juga kece. Banyak prestasi dari mahasiswanya yg tertoreh hingga luar negri. Walau swasta, tetap bergengsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap. Ikut bangga ada universitas di Indonesia yang mendunia begini. Prestasi luar biasa ini patut kita acungi jempol. Keren! Semoga makin banyak lagi kampus yang berprestasi seperti UMP ini.

      Salm manis,
      Artha

      Delete
    2. Iya, Mba Artha, Universitas Muhammadiyah ini memang luar biasa gedung dan kualtiasnya. Emang jempolan nih UMP.

      Delete
  10. Keren banget ih. Kalau setiap mahasiswanya diberi bekal ketrampilan begini ya Insya Allah nanti kalau sudah berada di tengah masyarakat akan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enggak bingung setelah lulus kuliah nanti mau ngapain. Yang mau buka usaha pun dibekali ketrampilan.

      Delete
  11. Alhamdulillah ada UMP di Purwokerto yang bisa memfasilitasi siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi dengan kualitas yang tidak kalah dengan universitas di kota besar.
    Semoga makin maju UMP!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. iya, Mba Dian.. meskipun Kota Purwokerto tak sebesar kota besar lainnya. Tapi di sii ada universitas yang keren.

      Delete
  12. Bangunan universitas Muhammadiyah Purwokerto yang foto no 2 mirip sama yang di UMM Malang. Apa khas ya gedungnya.
    Wah, bagus juga ya bekal yang diberikan kampus ke mahasiswanya. Ada program kreativitas mahasiswanya, keren banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin salah satu ciri khas dari gedung Universitas Muhammadiyah begitu,Mbak.. hehehe

      Iya, bekal yang diberikan dari kampus banyak sekali.

      Delete
  13. khas banget ya gedung universitas Muhammadiyah itu...fasilitas udah lengkap pula ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gedung dan fasilitasnya mantep banget, bikin betah belajar.

      Delete
  14. Ada program beasiswanya ngga mba? Dulu KK saya di Muhamadiyah yg di Malang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada. Program Beasiswa di UMP juga ada, Mbak.. Baik untuk yang siswa kurang mampu, maupun yang berprestasi.

      Delete
  15. Jadi inget jaman kuliah juga nih. Kampus yang nyaman dan kondusif bikin proses belajar lebih menyenangkan. Pastinya lulusan UMP sudah disiapkan untuk persaingan global ke depan ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi sering melakukan study banding ke luar negeri. Kan mantep banget.

      Delete
  16. Keren ya Mba, alhamdulilah ini Universitas Muhammadiyah Purwokerto banyak mencetak prestasi
    Bangunannya keren ya, aku belum pernah main ke sini. Dapet beasiswa pastiidaman banget ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak.. kuliah di UMP makin asyik dan nyaman.. syukur-syukur dapat beasiswa, hihihi

      Delete
  17. Purwokerto ini kampungnya sepupu aku, malah ku belum pernah ke sini. Dan baru tau ternyata ada universitas swasta yang cukup bagus ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..

      Walah, main ke Purwokerto, mbak.. siapa tahu kita bisa ketemuan, hehehe

      Delete
  18. Disini banyak banget ya prodinya, ada pascasarjana dan program profesi pula

    ReplyDelete
  19. Start here go anywhere, suka banget sama taglinenya... Bagus ya, keren, jd ga usah jauh2 kuliah ke jakarta hehe...

    ReplyDelete
  20. Gedungnya banget dan keren nih lulusannya dibekali keterampilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu um, Mbak.. kalau saya masih muda saya juga akan lanjut kuliah di sini, ahahhaa

      Delete
  21. Kampusnya benar-benar terlihat nyaman kalo melihat dari lokasinya. Gedungnya megah dan terlihat banyak pepohonan ya Ri

    ReplyDelete
  22. Walaupun adikku masih 2 tahun lagi lulus SMA, tapi UMP bisa jadi pertimbangan nih buat nanti dia kuliah ��

    ReplyDelete
  23. Purwokerto memang skarang menyediakan fasilitas oendidikan yang semakin baik. Keren nih UMP bisa kerjasama dengan universitas luar negeri euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya aja enggak nyangka UMP bisa kerjasama dengan universitas luar negeri.

      Delete
  24. Range biaya pendidikannya sama dengan Universitas Muhammadiyah pada umumnya atau lebih murah, Mbak? Hihihi, kali lebih murah daripada UM lainnya. ��

    Ada beasiswanya kah, Mbak? Kalau ada, info yaaa. Kali sodara yy kurang mampu pengen kuliah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beasiswa ada, Mbak.. untuk range biaya sepertinya beda juga, menyesuaikan daerahnya juga, Mbak..

      Delete
  25. Aku juga lulusan Universitas Muhammadiyah tapi yg di Magelang, mb Ery. Dulu aku ambil S1 PG PAUD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ada salah satu alumni Universitas Muhammadiyah juga niih... hehe

      Delete
  26. Naaahhh penting tuh bekal skills. Karena setelah lulus, seringnya bingung mau ngapain karena gak punya skills, cuma ilmu aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jaman makin modern, mahasiswa juga harus punya skill.. biar enggak bingung abis lulus mau ngapain.

      Delete
  27. Keterampilan di bangku kuliah penting banget jadi setelah lulus alumninya bisa menyalurkannya langsung ya gak cuma belajar secara teori aja

    ReplyDelete
  28. Temenku pulkam ke Purwokerto dan sekarang udah tinggal di sana..bagus ya mba fasilitas dan gedungnya.. terus goes to China, waah asyik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, main ke Purwokerto, Mbak..

      Iya UMP sudah goes to China..

      Delete
  29. Pingin banget ngajakin studi banding mahasiswa ke UMP ini. Pastinya banyak banget ilmu yang didapat. Semoga bisa terwujud. Dekat juga lokasinya Jogja-Purwokerto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah perlu juga tuh studi banding.. biar bisa sama-sama saling belajar untuk memperbaiki kualitas masing-masing.

      Semoga bisa terwujud ya, Mba Nunung.. aamiin aamiin..

      Delete
  30. Di mana2 Universitas Muhammadiyah itu maju dan eksis ya, baik itu di kota kecil maupun di kota besar yg ada di Indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Rita.. di mana-mana sudah keren kalau Universitas Muhammadiyah.

      Delete
  31. Keren dan membanggakan ya Purwokerto punya UMP yg bekerjasama dengan Universitas Luar Negeri. Tambah keren udsh Goes to China pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bunda Yati.. saya juga salut sama UMP bisa goes to China

      Delete
  32. Nah, ini kemaren direkomendasikan sama kakak ipar saya

    Ternyata ulasannya beneran bagus. Insya Allah ada rejeki buat bang Dio nih,sebentar lagi mau lulus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Tanti.. semoga ada rezeki lebih dan bang Dio bisa masuk universitas impiannya..

      Wah, Kakak Ipar Mba Tanti tahu UMP juga nih..

      Delete
  33. Purwokerto keren yah...sudah punya institusi pendidikan skala global soalnya pernah baca kalau ada beberapa mahasiswa dari luar. Ternyata setelah baca artikel ini baru tahu kalau UMP sudah bekerja sama dengan universitas berkualitas di luar negeri. Cocok nih buat referensi anakku nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Mutia.. UMP sudah bisa menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di luar negeri. Makin mantep uey..

      Delete
  34. Wah Purwokerto ternyata punya universitas keren ya, memang kampus Muhammadiyah dimana-mana terkenal bagus kualitasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Dewi.. kampus Muhammadiyah memang bagus di mana-mana.

      Delete
  35. keren ya mba salah satu univ swasta yang mantab buat pilihan adik2 yang galau mau nerusin kemana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mba Herva, meskipun swasta, tapi kualitas jempolan.

      Delete