Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kuliah Online Akuntansi: Cara Belajar Akuntansi yang Menjangkau Semua Orang

Kuliah Online Akuntansi

Jurusan akuntansi adalah salah satu jurusan yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Baik perusahaan skala besar ataupun yang masih kecil sekalipun membutuhkan kemampuan seorang akuntan untuk mengatasi berbagai masalah keuangan perusahaannya. Meski begitu sepengetahuan saya banyak mereka yang bekerja sebagai akuntan namun masih belum memiliki gelar sarjana. Dan akhirnya kuliah online akuntansi pun jadi pilihan. 

Memiliki gelar sarjana akuntansi atau S. Ak. tak hanya memiliki kelebihan dalam keilmuan melainkan memiliki dampak positif untuk peningkatan jenjang karir dan juga gaji. Oleh karena itulah banyak mereka yang sudah bekerja nyambi kuliah. 

Namun karena kuliah reguler mayoritas memiliki jadwal masuk pagi yang sama dengan jadwal kerja, maka opsi terbaik adalah kuliah online. Kuliah online akuntansi ini seakan menjadi jalan pintas untuk menjangkau semua orang yang ingin belajar akuntansi.

Baca juga: Beberapa Prospek Pekerjaan dari Lulusan Manajemen Bisnis



Bagaimana Kuliah Online Akuntansi Bisa Menjangkau Banyak Orang?

Kuliah Online di BINUS ONLINE

Kuliah online, misalnya di BINUS ONLINE dari sepengetahuan saya menawarkan banyak kemudahan bagi para mahasiswanya. Selain dari sisi kepraktisan dan kecepatan akses, ada beberapa hal lain yang membuat kuliah online akuntansi lebih tak kalah kualitasnya dibandingkan kuliah reguler. 

Berikut diantaranya:

1. Pendekatan yang fleksibel

Meskipun tidak ada tatap muka langsung, namun dengan menggunakan pendekatan teknologi memungkinkan mahasiswanya untuk lebih cepat memahami materi. Tak hanya itu, agar tidak kaku banyak kampus yang menggabungkan teknik formal dan informal dalam kelas virtual yang membuat mahasiswa bisa lebih cepat tanggap terhadap materi meskipun tanpa tatap muka langsung. 

2. Lebih personal dan lebih fokus

Beberapa materi dalam kuliah online akuntansi menyediakan komunikasi dua arah yang akan membuat mahasiswa bisa lebih fokus dan tidak gampang bosan dengan materi yang disampaikan. 

3. Waktu yang lebih singkat

Sebenarnya kuliah online akuntansi memiliki waktu tempuh yang sama dengan kuliah reguler yakni 8 semester. Namun di BINUS ONLINE ada program RPL (Rekognisi Pembelajaran lampau)  yang membuatmu bisa memangkas maksimal 15 mata kuliah melalui asesmen, pelatihan bersertifikasi, dan pencapaian pembelajaran dari pengalaman kerja. Nah, menariknya ketika kamu memangkas waktu kuliah, artinya kamu juga memangkas biaya kuliah. Jadi lebih hemat, bukan? 

Namun ingat, tidak semua kampus terdapat RPL. Kamu perlu mencari tahu kampus mana saja yang memiliki program ini. Jika program ini terdapat di kampus tujuanmu jelas sangat menyenangkan bukan? 

4. Jadwal yang fleksibel

Salah satu kemudahan dari kuliah online akuntansi di BINUS ONLINE adalah kemudahan pemilihan jadwal. Jadi kamu diberi kebebasan menentukan jadwal mata kuliah yang hendak diikuti di semester tersebut. Kamu bisa menyesuaikan dengan jadwal pekerjaanmu agar tidak terjadi bentrok.

Baca juga: Ini Dia Keuntungan Mengikuti Pelatihan Karyawan di QuBisa

5. Tidak terbatas di satu tempat

Hal yang paling menyenangkan dari kuliah online adalah cakupannya yang tidak terbatas. Jadi dimanapun kamu berada, bahkan mungkin di belahan dunia lain, kamu tetap bisa mengikuti kuliah online. Selama masih ada sinyal internet dan gadget yang terkoneksi maka tidak ada yang tidak mungkin. Kamu tetap bisa belajar menjadi akuntan profesional hanya dari rumah atau bahkan ketika liburan. 

Menarik, bukan? 

6. Teknologi yang canggih

Kuliah online bisa disebut sebagai kuliah masa depan. Hal ini tak lain karena teknologi yang digunakan lebih canggih dari penggunaan teknologi pada kuliah reguler. Beberapa contoh teknologi yang akan bersahabat dengan mereka yang kuliah online antara lain diskusi online, video kuliah, serta platform pembelajaran interaktif. Semua teknologi tersebut akan membuatmu bisa lebih mudah mengakses pengetahuan. 

Kuliah Online Akuntansi di BINUS ONLINE

Kuliah Online Akuntansi di BINUS ONLINE

Di Indonesia ada beberapa kampus yang menyelenggarakan kuliah online akuntansi, salah satunya adalah BINUS, dengan program BINUS ONLINE-nya sengaja diperuntukkan bagi para mahasiswa yang ingin menjadi seorang akuntan profesional dengan basis kurikulum dalam bidang bisnis dan teknologi informasi.

Baca juga: 5 Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja dengan Kompetensi Global

Kuliah online akuntansi di BINUS ONLINE dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan interaksi antara dosen dengan para mahasiswanya. Semua pembelajaran dalam prodi ini juga didukung oleh bahan ajar yang dirancang untuk dipelajari secara pribadi. Namun tak hanya terbatas dari materi yang diberikan kampus, mahasiswa juga bisa memanfaatkan banyak bacaan lainnya yang berasal dari internet atau dari bahan bacaan lainnya. 

Lantas bagaimana dengan prospek lulusannya? Lulusan kuliah online akuntansi pun juga memiliki prospek kerja yang sama dengan mereka yang kuliah reguler. Diantaranya adalah  Accounting System Auditor, Capital Market Analyst, Financial Analyst, Financial Accountant Auditor, Public Accountant dan Management Accountant.

Bagaimana? Ingin kuliah jurusan akuntansi namun terkendala jarak dan waktu karena bekerja? Yuk gabung di BINUS ONLINE. Yuk raih karir impianmu bersama dengan BINUS, kampus swasta terbaik di Indonesia.

Informasi lebih lanjut terkait dengan jurusan dan pendaftarannya cek langsung laman resmi BINUS ONLINE.

Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

38 comments for "Kuliah Online Akuntansi: Cara Belajar Akuntansi yang Menjangkau Semua Orang"

  1. Meskipun online dan bisa diakses darimana aja, emang butuh loh yg lebih personal karena implikasi mata kuliah akuntansi serumit itu, kalau personal kan bisa lebih dimengerti

    ReplyDelete
  2. Setelah lulus kuliah dulu, aku nunggu dua 2,5 tahun buat keterima kerja. Setelah selesai ngambil kelas singkat akunting aku keterima kerja di sebuah perusahaan. Seneng banget. Akunting ini memang posisi yang selalu dicari di setiap perusahaan.
    Wih, seneng ya sekarang bisa belajar jarak jauh Lebih praktis dan efisien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya teh, sekarang tuh lebih enak menurutku karena bisa kuliah ambil yang online. Ini pasti membantu sekali untuk teman-teman yang ingin kuliah tapi memiliki keterbatasan waktu.

      Delete
  3. Enak ya ada fasilitas kuliah online di Binus. Cocok buat yang kerja atau lokasinya jauh dari kampus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Binus kaya udah jaminan kualitas. Dengan fasilitas gini bikin makin mudah belajar di sana

      Delete
  4. Jurusan lain ada nggak selain akuntasi tertarik pengen ambil s2 tapi nggak pakai lama, dimana cek info biaya kuliahnya

    ReplyDelete
  5. Kuliah online lebih praktis dan terjangkau juga dari segi biaya ya .

    ReplyDelete
  6. Jurusan akuntansi masih favorit sih so far. Mana peluang kerjanya juga banyak banget. Buat yang udah kerja dan pengen kuliah enak ya sekarang bisa kuliah online. Apalagi lewat Binus tuh lebih fleksibel dan waktunya juga lebih singkat. Pokonya rekomen banget yang mau lanjut study nih.

    ReplyDelete
  7. Wah selain fleksibel tempat ternyata memangkas waktu kuliah akuntansi ya.
    Aku jadi ingat kakak aku Binusian ambil jurusan komputerisasi akuntansi.. cari kerja jg lumayan mudah walau sempat off beberapa waktu itu. Kuliah online memang jadi solusi ya mba

    ReplyDelete
  8. Kalau ada program Rekognisi Pembelajaran lampau gini, masa perkuliahan bisa lebih cepat ya, apalagi kalau selama bekerja rajin ikut pelatihan maupun sertifikasi

    ReplyDelete
  9. Namanya belajar itu bisa dimana saja, termasuk kuliah online ya. Karena ini memang mengakomodir untuk teman-teman yang tak bisa ke kampus atau tatap muka secara langsung.

    ReplyDelete
  10. BINUS ONLINE ini solusi banget buat mereka yang mau belajar yang simple, apalagi kalo mau memperdalam akuntansi sementara jarak dan waktu yang kurang dikarenakan bekerja.
    Cara belajar yang memudahkan kita semua.

    ReplyDelete
  11. waaah bisa kuliah lebih cepat yaah dengan program RPL. Apa harus menyertakan misal ijazah D3 Akuntansi atau bisa aja pengalaman kerja di bidang akuntansi? Lumayan kalau bisa selesai lebih cepat.

    ReplyDelete
  12. Jaman serba digital seperti sekarang kesempatan untuk mengenyam pendidikan makin mudah ya. Senang pastinya kalau kuliah online bisa sambil kerja dan aktivitas lainnya. Ya Allah saya juga pengen bisa belajar lagi nih

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat kalau dulu ada yang nyaranin buat ambil IPS dan belajar akutansi. Soalnya peluang di dunia kerja waktu itu lebih banyak. Pernah sih iseng lihat pelajarannya. Hitungannya jelas jauh beda dengan Matematika jurusan IPA. Well, sekarang kuliah online lakutansi ebih mudah juga ya. Jadi gak seribet dulu

    ReplyDelete
  14. Wah mantul nih Binus Online ada jurusan akuntansi. Ini kyknya cocok buat karyawan2 yang mungkin udah bekerja memegang pembukuan kantor trus mau menambah skill-nya dalam bidang akuntansi ya. Enaknya kuliah online bisa fleksible dan gak menghabiskan waktu utk transportasi menuju kampus.

    ReplyDelete
  15. Wah, dengan BINUS online ini, siapapun yang ingin belajar akutansi jadi lebih mudah diakses ya mbak
    Apalagi buat para karyawan yang pengen kuliah sambil kerja

    ReplyDelete
  16. masya Allah jadi inget pelajaran akuntasi waktu SMA. dulu kan pas kelas 1 SMA kayaknya akuntansi ini jadi pelajaran wajib di SMA ya. langsung berasa mumetnya. mencari angka yang entah nyelip dimana wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kok lupa pernah dapat pelajaran akuntansi saat SMA atau SMP yaa. Yang aku ingat ternyata susahnya minta ampun. Aku kira awalnya cuma ngitung pemasukan pengeluaran, lha kok ada bunga2 apalah apalah. Keren lha yang belajar akuntansi ini :D

      Delete
  17. Wah ada kuliah online-nya juga
    Masih ingat belajar akuntansi tuh bener bener butuh niat
    Harus banyak latihan soal juga

    ReplyDelete
  18. Jaman sekarang semua dipermudah ya termasuk mau kuliahpun bisa online tanpa tatap muka. Yang penting orang niat belajar, kapanpun dan dimanapun tinggal hayo aja. Seperti kuliah online Akutansi di Binus ini.

    ReplyDelete
  19. Ada jurusan lain nggak selain akuntasi tertarik untuk kuliah online juga

    ReplyDelete
  20. sangat menarik nih kuliah online akuntansi, terlebih di kampus yang tebilang cukup prestise ya, BINUS. Di Bandung sendiri BINUS termasuk kampus yang diperhitungkan. bagi mereka yang bekerja di bidang akuntasi dan membutuhkan ijazah, bisa banget ya kuliah online akuntansi di BINUS

    ReplyDelete
  21. Sebagai alumni binus gk perlu diragukan lg sih kuliah online nya. Sistemnya ud Ok bgt

    ReplyDelete
  22. Bener deh. Pas kerja dulu, beberapa rekan kerjaku juga nyambi kuliah. Mungkin mereka belum kenal Binus Online ya. Jadi, mereka kayak ambil kelas malam gitu. Kebayang deh betapa lelahnya setelah seharian kerja masih harus hadir di kelas buat kuliah.

    Kuliah online memang jalan keluar buat yang sambil kerja dah.

    ReplyDelete
  23. Kuliah online ini bisa jadi pilihan bagi para pekerja ya mbak, baik untuk meningkatkan kemampuan maupun untuk memperoleh penyetaraan dan pengakuan gelar

    ReplyDelete
  24. Aku termasuk orang yang mendukung kuliah online, selain memudahkan akses juga efektif efisien waktunya.

    bener juga yaaa ... kuliah online bisa disebut sebagai kuliah masa depan!

    ReplyDelete
  25. sekarang mau kuliah ternyata lebih mudah ya, fleksibel karena ada kelas onlinenya. Jadi memungkinkan siapapun untuk upgrade ilmu.

    ReplyDelete
  26. Kuliah online nih lebih praktis karena bisa diikuti dimana saja ya maaak. Bisa jarak jauh juga ya pembelajarannyaaaa.. Kalo BINUS ONLINE mah nggak perlu diragukan lagi ya pembelajarannyaaa..

    ReplyDelete
  27. Buat para pekerja, kuliah online ini salah satu pilihan yang bisa diambil sih. bisa tetap bekerja dan di sisi lain bisa dapat gelar akademik yang menunjang karier juga ke depannya

    ReplyDelete
  28. Salah satu solusi buat yang pengen tetep lanjut pendidikan tapi terbatas pilihan bisa pilih lanjutin di Binus Online ya kak

    ReplyDelete
  29. Untuk menambah ilmu jaman sekarang sangat mudah salah satunya dengan kuliah online. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  30. Asyik banget sekarang ada Kuliah Online Akuntansi di BINUS. Yang terpenting sih lulusannya pasti terjamin, karena udah banyak posisi keren yang menunggu.

    ReplyDelete
  31. Bagus nih Binus Online memberikan kuliah online akutansi yang kemudian memudahkan juga buat menambah ilmu. Apalagi memudahkan untuk interaksi antara mahasiswa dan juga dosennya ya mba

    ReplyDelete
  32. Kuliah online cocok buat yang sibuk atau rumahnya jauh banget dari kampus ya. Yang tinggal di luar Jawa bisa memangkas pengeluaran dengan ikut kuliah online ini.

    ReplyDelete
  33. Kalau kuliah online begini buat para ibu juga bisa ya, ga repot harus ngampus jadinya

    ReplyDelete
  34. Kuliah online dari Binus ini mempermudah mahasiswa yang ingin berkuliah di Binus tapi terkedala jarak dan waktu. Cocok untuk yang sudah bekerja dan mau melanjutkan kuliah.

    ReplyDelete
  35. Nyaman banget Kuliah Online Akuntansi di BINUS.
    Karena ada RPL yang menjadi salah satu cara agar bisa lebih menyingkat masa perkualiahan. Kalau di kampusku dulu istilahnya adalah semester pendek. Sama aja kali ya...

    ReplyDelete