Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenalan dengan ITBMP, Kampus Baru di Purbalingga

Purbalingga, salah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan industri bulumata dan rambut palsu. Dengan begitu, mampu menyerap tenaga kerja yang cukup banyak di kota kelahiran Jenderal Soedirman ini. Namun demikian, hal itu juga perlu didukung dengan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan berintegritas.

Karena kita tahu, bahwa di Purbalingga sebelumnya belum ada universitas atau perguruan tinggi. Berbeda dengan kota sebelah, Purwokerto; yang mana memiliki beberapa universitas baik negeri maupun swasta.

Lambat laun, akhirnya Purbalingga juga memiliki universitas, dan kini hadir juga Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga (ITBMP).



Mengenal Lebih Dekat dengan ITBMP


Tak kenal makan tak sayang.

Kenalan dengan ITBMP

Ungkapan ini nampaknya cocok buat kita yang belum mengenal ITBMP. Untuk itu, agar kita makin tahu dan mengobati rasa penasarannya, yuk kita cari tahu lebih dekat tentang ITBMP.

Yang pertama, ITBMP berlokasi di Jalan Letjen S Parman No.95, Bancar, Kec. Purbalingga, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah 53316. Contact persona bisa menghubungi di nomor HP: 0858-7043-7121.

Yang kedua, memiliki visi yang cemerlang, yaitu: menjadi institut yang unggul di bidang Industri kreatif pada tahun 2030.

Yang ketiga, biaya kuliah tidak begitu mahal, sehingga bisa dijangkau oleh siapapun.

Yang keempat, memiliki program kuliah Kelas Karyawan. Ini cocok buat teman-teman yang sudah bekerja di Purbalingga dan ingin melanjutkan pendidikan, bisa banget kuliah di ITBMP.

Yang kelima, dan yang pastinya lokasinya sangat dekat bagi warga Purbalingga, tidak perlu merantau jauh ke luar kota ataupun ke luar provinsi.

Dan sebagai bahan pertimbangan biar tidak galau mau ambil jurusan apa. Di ITBMP ada tiga jurusan, yaitu:

1. S1 Aktuaria
2. S1 Bisnis Digital
3. S1 Perencanaan Wilayah dan Kota

Dari ketiga jurusan tersebut, merupakan jurusan yang sangat menunjang di bidang usaha masa kini. Baik untuk mencari pekerjaan, maupun menjadi entrepreneur.

Cara Mendaftar Menjadi Mahasiswa Baru di ITBMP


Penerimaan Mahasiswa Baru ITBMP

Lalu, bagaimana sih cara mendaftar kuliah di ITBMP? Tak perlu pusing dan bingung lagi, Guys. Caranya ya sama kok dengan universitas lainnya. Yang jelas, sudah memiliki ijazah SMA/K atau sederajatnya.

Berkas Persyaratan yang Harus Dipersiapkan


Berikut berkas-berkas yang harus disiapkan untuk mendaftarkan diri kuliah di ITBMP.

  1. Formulir Pendaftaran
  2. FC Legalisir Ijazah SMK/SMK/Sederajat
  3. Surat Keterangan Lulus
  4. FC KTP (atau surat keterangan domisili)
  5. FC Kartu Keluarga
  6. FC Akta Kelahiran
  7. Pas Foto 3 x 4 Latar Belakang Merah (2 lembar)
  8. Pas Foto 4 x 6 Latar Belakang Merah (2 lembar)
  9. FC Sertifikat/Piagam Penghargaan (bagi yang memiliki)
  10. FC Kartu Perlindungan Sosial, KIP (bagi yang memiliki)

Selanjutnya, calon mahasiswa baru langsung datang ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Teknologi dan Bisnis Muhammdiyah Purbalingga di Jalan Letjen S. Parman No. 93, Bancar, Kabupaten Purbalingga. Selain itu, juga bisa melakukan pendaftaran online di pmb.itbmp.ac.id

Jadwal Pendaftaran


Nah, biar tidak bingung kapan waktu yang tepat untuk mendaftar, ini dia jadwalnya:

1. Senin - Jumat, Pukul: 08.00 - 16.00 WIB

2. Sabtu, Pukul: 08.00 - 14.00WIB

Informasi penerimaan mahasiswa baru, bisa menghubungi contact person berikut ini: 0857-4774-5682 atau 0813-2533-3378.

Oh ya, kalau tanya-tanya yang sopan ya, jangan awali chat hanya dengan mengetik huruf 'P'. Saya saja malas banget kalau dapat chat atau pesan yang begitu, apalagi chat untuk menanyakan informasi penerimaan mahasiswa baru.

Gelombang Pendaftaran Mahasiswa Baru ITBMP


Gelombang Pendaftaran Mahasiswa baru ITBMP dibagi menjadi tiga, yaitu:

Gelombang I


Periode Desember 2021 - Maret 2022. Gelombang pertama ini sudah berakhir, dan kini sudah memasuki gelombang kedua.

Gelombang II


Periode April - Juni 2022. Tinggal menghitung hari saja nih untuk periode pendaftaran gelombang kedua. Yuk, cap cus.

Gelombang III


Periode Juli - September 2022. Gelombang yang ketiga ini akan dibuka awal Juli hingga akhir September 2022.


Hadirnya Kelas Karyawan di ITBMP Tahun Akademik 2022/2023


Kelas Karyawan di ITBMP

Untuk menampung para calon mahasiswa baru yang sudah bekerja, ITBMP menghadirkan kelas karyawan. Karena memang kita ketahui bahwa di Purbalingga, banyak sekali SDM yang sudah bekerja di perusahan-perusahaan. Untuk itu, ITBMP memfasilitasi mereka yang ingin menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi tanpa harus mengganggu aktivitas bekerja. So, Jangan Galau mau kuliah di mana karena ada ITBMP.

Biaya Kuliah di ITBMP


Untuk biaya tidak usah khawatir ya. Karena tergolong ringan dan mudah dijangkau oleh siapa saja.

Biaya Kuliah Kelas Reguler


Biaya Pendaftaran: Rp 500.000

Biaya Semesteran dibagi per gelombangnya.

Gelombang I: Rp 3.500.000/semester
Gelombang II: Rp 3.750.000/semester
Gelombang III: Rp 4.675.000/semester

Biaya Kuliah Kelas Karyawan


Biaya Pendaftaran: Rp 500.000

Biaya Semesteran: Rp 4.800.000/semester

Biaya kuliah bisa diangsur setiap bulannya. Tidak harus sekaligus membayar satu semester. Wah, makin ringan dong.

Jam Kuliah


Bagi kelas yang reguler tentu saja dari Senin - Jumat di siang hari mengikuti jadwalnya. Untuk yang kelas karyawan jam kuliah dari 18.30 sampai 22.30 WIB.

Penutup


Saat ini sudah tidak alasan lagi untuk tidak kuliah. Yuk, segera daftarkan diri ke Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di instagram @itbmp.ac.id atau websitenya www.itbmp.ac.id.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

17 comments for "Kenalan dengan ITBMP, Kampus Baru di Purbalingga"

  1. Wahhh ada kelas utk karyawan jugaaaa

    Terbaiiik bangett ini mahh.
    Bisa dijadikan solusi utk yg pingin nambah ilmu walopun udah kerja ya.

    Affordable pulaaa nih.😍👌

    ReplyDelete
  2. Selamat untuk Purbalingga yang sekarang uda punya kampus!! Pasti membantu banget buat warga Braling yang ga bisa kuliah jauh2 krn berbagai alasan. Srmoga ITBMP berkembang bagusss dan menjadi bagian dr kemajuan Indonesia.

    Btw..aku jg sebel tu mbak kalo ada yg chat dg P dulu. Padahal semisal pakai Hi...gitu kan jg cuma 2 huruf. P UNTUK CHAT FORMAL? HADEEEEEH

    ReplyDelete
  3. kampus baru ITBMP bisa jadi pilihan masyarakat yang ingin kuliah di Purbalingga

    ReplyDelete
  4. Wah, selamat ya ITBMP atas berdirinya universitas pertama di Purbalingga, semoga makin banyak mahasiswanya dan makin banyak prestasinya di tingkat provinsi bahkan nasional..biaya kuliahnya terjangkau ya...

    ReplyDelete
  5. Purbalingga hebat dalam industri rambut palsu dan bulu mata. Semoga dengan kehadiran sekolah baru ini akan mencetak tenaga-tenaga ahli dalam industri terkait ya mbak. Industri rambut palsu dan bulu mata akhirnya merembet ke bidang kecantikan lainnya yang tertangani dengan baik oleh para putra-putri daerah

    ReplyDelete
  6. Wah aku ,alah baru denger kalau Purbalingga produsen rambut dan bulmat palsu.
    Alhamdulillah ada kampus bisa utk alternatif buat anak2 muda di sana sekolah ya mbak, gak perlu jauh2 ke kota besar andai mau ambil jurusan yang sama.

    ReplyDelete
  7. Lho ini kampus tempat temanku ngajar mbak
    Temanku dosen di ITBMP
    kampus yang recommended di Purbalingga ya mbak

    ReplyDelete
  8. Hemat biaya persemesternya, nah itu sudah include paket sks per semester atau biaya sks diluar biaya semesteran mak?? (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  9. Wow luar biasa ya visinya: institut yang unggul di bidang Industri kreatif pada tahun 2030.
    Semoga kelak menjadi kampus favorit bukan saja untuk wilayah Purbalingga tetapi juga untuk daerah-daerah diluar ya
    Salam: Dennise Sihombing

    ReplyDelete
  10. wah selamat untuk Purbalingga untuk perguruan tingginya yang baru. Ini angin segar nih untuk dunia akademis Indonesia. Saatnya pendidikan tinggi ada di daerah ya mak. Semoga semakin berkembang dan sukses

    ReplyDelete
  11. Semakin cepat mendaftar di Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga, semakin harga kuliah per-semesternya pun jadi lebih ringan yaa..
    Informasi yang lengkap mengenai cara mendaftar beserta biayanya, akan sangat memudahkan bagi yang sedang bingung ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan dimana. Cocok juga bagi yang sudah bekerja.

    ReplyDelete
  12. Masih masuk murah yaa utk ukuran univ swasta uang semesterannya. Kalau di Jakarta sudah 8 digit per semesternya.. Huhuhu.. Dan saya baru tau kalau ada sekolah tehnik utk bisnis. Jadi ga melulu urusan teknik aja ya.

    ReplyDelete
  13. Masih ada gelombang 3 nih, ntar aku info ke keluarga dan teman-teman yang anaknya baru lulus. Aku jadi ingat sewaktu suami ke Purbalingga bawa bulu mata palsu haha saking kurahnya disana

    ReplyDelete
  14. Pertama baca, kirain ini ITB punya cabang di Purbalingga. Hehe. Ternyata ada ya institut Muhammadiyah di sana. Keren ya. Bisa nih buat para lulusan SMA yang ingin belajar teknik dan bisnis.

    ReplyDelete
  15. kampus barunya oke juga nih mba.. aku jadi kangen kampus deh kalau baca exposure ini ya

    ReplyDelete
  16. Duh, ini biaya yang kelas untuk karyawan terjangkau ya, Mba, inget dulu aku juga ambil kuliah yang kelas untuk karyawan. Masuk sore pulang malam, tapi mahal banget

    ReplyDelete
  17. Akhirnya ada universitas ya Mba di Purbalingga. Membantu banget buat warga Purbalingga yang mau lanjut kuliah tapi gak perlu ke luar kota lagi. Apalagi ada kelas karyawan.

    ReplyDelete