Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Kue Klepon dengan Tepung Jagung Maizena, Praktis dan Enak!

Kue Klepon dengan Tepung Jagung Maizena

Membuat camilan enak untuk keluarga sehat membuat saya bahagia. Apalagi saat ini anak kami sedang aktif-aktifnya dan doyan jajan. Cocok deh kalau bikin sendiri. Di rumah biasanya saya membuat jajanan tradisional, selain bahannya mudah dicari, cara membuatnya sangat mudah.


Camilan enak yang menjadi favorit di keluarga saya adalah Kue Klepon. Kesukaan saya sejak dari SD sampai sekarang. Kalau jajan senengnya kue klepon. Biasanya kue klepon terbuat dari tepung beras ketan, kali ini saya akan mencoba membuat kue klepon dengan tepung beras ketan mix tepung jagung Maizenaku.



Resep Kue Klepon dengan Tepung Jagung Maizenaku


Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue klepon


  • 500 gram tepung jagung Maizenaku
  • 200 gram tepung beras ketan
  • 200 gram gula Jawa (gula merah)
  • 2 tetes pewarna makanan warna hijau (kalau bisa ekstrak pandan wangi)
  • Secukupnya parutan kelapa (di sini saya pakai sedikit, karena malas marut kelapanya :D)
  • Secukupnya air


Cara Membuat Kue Klepon

Cara membuat kue klepon


1. Masukan 500 gram tepung jagung dan 200 gram tepung beras ketan ke dalam wadah, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga kalis.
2. Tambahkan 2 tetes pewarna makanan sambil diuleni terus hingga menjadi adonan yang kalis. Rupanya pakai tepung jagung maizena kita harus kuat ngaduk adonannya, Guys. Pokoknya keluarkan tenaga.
3. Setelah adonan kalis, ambil 1 sendok makan, kemudian pipihkan.
4. Atasnya diisi dengan secukupnya gula merah yang sudah dihancurkan.
5. Bungkus gula merah dengan adonan tersebut dan membentuk bulat seperti bakso/bola pingpong.
6. Panaskan air hingga mendidih, kemudian masukan kue klepon mentahnya. Biarkan sampai kue klepon mengapung. Karena hal itu menandakan bahwa kue kleponnya sudah matang.
7. Angkat, tiriskan. Hidangkan dengan taburan kelapa parut.
8. Ye, kue klepon siap disantap.


Kue klepon ala Ery Udya



Ye, berhasil deh pengalaman membuat kue klepon dengan tepung jagung. Buat teman-teman yang penasaran, silakan dicoba, dangan jangan lupa menggunakan Tepung Jagung Maizenaku.

Oh ya, membuat kue klepon dengan campuran tepung jagung maizena ini membuat kleponnya lebih kenyal. Hal itu karena tepung jagung yang memiliki sifat sebagai pengental makanan.

Alasan Membuat Kue Klepon dengan Tepung Jagung Maizena


Tepung jagung untuk membuat klepon

Sebagai orang yang terkena gangguan lambung dan kurang sehatnya pencernaan, untuk memilih camilan diusahakan yang tidak mengandung gluten. Untuk itu, saya membuat kue klepon dengan tepung beras ketan campur dengan tepung jagung maizena yang bebas gluten.

Tepung jagung maizena adalah saripati dari jagung yang difermentasi dan menghasilkan tepung yang putih dan bersih. Biasanya digunakan untuk pengembang roti, pengental sup agar tidak encer, dan juga bisa dibuat aneka hidangan sehat lainnya.


Kandungan gizi maizena tidak perlu diragukan lagi, sudah pasti kaya akan serat, bisa memperbaiki saluran pencernaan dan lainnya.

Berikut merupakan manfaat tepung jagung maizena yang bisa kita rasakan.

1. Sangat Baik Dikonsumsi Bagi Penderita Penyakit Celiac


Penyakit celiac atau yang dikenal dengan penyakit autoimun ini benar-benar harus menghindari gluten. Sehingga cocok mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung jagung maizena. Gejala penyakit autoimun ini biasanya mengganggu saluran pencernaan dengan segala dramanya, seperti diare, mual, perut kembung, dan sariawan.

2. Cocok Dikonsumsi Bagi Penderita Gula Darah Rendah


Bagi penderita gula darah rendah, disarankan mengkonsumsi tepung jagung maizena. Salah satu kandungan gizi maizena adalah memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi, yakni 85. Indeks glikemik ini berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah tubuh manusi.

3. Baik Juga Dikonsumsi Bagi Penderita Disfagia


Karena bentuk tepung jagung yang kental, hal ini memudahkan makanan atau minuman yang dicampur dengan tepung jagung akan mudah ditelan, khususnya bagi penderita disfagia. Ya, seperti yang kita ketahui bahwa penderita disfagia ini merupakan gangguan kesehatan akibat rusaknya saraf dan atau otot yang digunakan untuk menelan. Sehingga perlu makanan dan minuman yang lebih kenyal dan mudah ditelan.

Menggunakan tepung jagung pada masakan atau minuman jelas hal baik bagi kesehatan. Hal ini karena kandungan gizi maizena memiliki segudang manfaat kebaikan untuk tubuh. So, buat teman-teman yang mau membuat hidangan sehat bisa mencoba menggunakan Tepung Jagung Maizenaku.

Mengenal Tepung Jagung Maizenaku


Tepung jagung dari egafood

Seperti yang telah kita ketahui, tepung jagung memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan untuk membuat camilan enak. Camilan enak yang bisa terbuat dari tepung jagung di antaranya: kue klepon, bolu maizena, bakpao maizena, donat maizena, dan lainnya.

Nah, buat teman-teman yang mau mengkreasikan makanan dengan tepung jagung, saatnya memilih tepung maizena dari egafood. Beragam pilihan kemasan yang tersedia. Kemasan kotak terdiri dari ukuran 100 gram, 150 gram, 300 gram, dan 750 gram. Kemarin saya beli ukuran yang 300 gram harganya murah meriah lho, di tempat saya hanya Rp 7.000/kemasan.

Sedangkan kemasan plastik terdiri dari ukuran 100 gram, 250 gram, 500 gram, 1 kg, dan 10 kg. Berbagai macam ukuran, membuat pembeli mudah memilih ukuran sesuai dengan kebutuhan. Tepung maizena dari egafood ini sudah pasti putih, bersih, halus, dan tidak berbau.

Well, sampai di sini dulu ya cerita saya membuat kue klepon dengan tepung jagung Maizenaku. Next time kita coba resep lainnya. Terima kasih.


Sumber referensi:

  • https://www.alodokter.com/tak-hanya-bebas-gluten-ini-manfaat-tepung-maizena-untuk-tubuh
  • https://www.alodokter.com/makanan-dengan-indeks-glikemik-rendah-belum-tentu-lebih-sehat
  • https://www.alodokter.com/penyakit-celiac
  • https://egafood.co.id/product/maizenaku/
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

59 comments for "Cara Membuat Kue Klepon dengan Tepung Jagung Maizena, Praktis dan Enak!"

  1. Saya suka klepon, Mbak. dan biasanya bikin dari bahan dasar beras ketan. Ternyata bisa dicampur dengan tepung jagung juga, ya. terus selain enak, banyak manfaatnya juga Penderita Penyakit Celiac, gula darah rendah, dan Disfagia. Nanti saya coba nih.

    ReplyDelete
  2. Baru tahu nih kalau klepon juga bisa pake maizena. Pasti hasilnya lebih lembut dari biasanya. Jadi pengen coba

    ReplyDelete
  3. Wah sebagai penggemar klepon belum pernah aku baca resep buanya baru kali ini tahu ternyata pake tepung jagung maizena ya mba Er cuss ah nanti cobain bikin

    ReplyDelete
  4. Wah saya sudah lama pengin bikin klepon sendiri. Sekarang jadi kepo dengan klepon yang bahannya ada campuran tepung jagung. Terima kasih resepnya, Mbak.

    ReplyDelete
  5. aku selalu pakai tepung jagung merek ini nih mba, kalau mau untuk goreng2 gitu jg..Kelepon aku suka, anak2 nih yg rada2 menolak, pengin bikin deh pas lihat resep iniii. Eh aku kalau kelapa selalu belinya kelapa parut, karena malas marutnya hihi

    ReplyDelete
  6. aku suka banget klepoon. ternyata bahannya pake tepung jagung ini ya. aku nggak tahu sih bahan dan cara buatnya. cuma tahu makannya aja hehe

    ReplyDelete
  7. Waaah baru tahu klepon bisa juga pake maizena mba Ery πŸ‘.

    Tapi aku pernah bikin klepon dulu, cuma agak kapok, Krn adonanku kok ya ga kalis2 🀣🀣. Ntah di mana salahnya. Masalah kedua, gulanya itu ga jadi cair, dan harusnya kan mucnrat yaa pas digigit πŸ˜‚.

    Jadi sampe Skr aku blm ada bikin lagi. Padahal suka bangettt kue ini. Apalagi yg kalo digigit muncrat gulanya, duuh enaak 🀀

    Mungkin waktu itu takaran airku salah kali ya mba. Makanya susah Kalis πŸ˜…. Ujungnya jadi tambah tepung trus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini bikin gula muncrat ini gimana ya caranya? Apa sisir gula merahnya kurang tipis ya?

      Delete
  8. Kebayang itu kue bakalan kenyal dan nikmatnya kayak apa, meski daku belum pernah bikin hehe. Dilihat dari caranya sepertinya bisalah di re-cook simple ya kak

    ReplyDelete
  9. Wahhhh, perlu dicoba nih. Penasaran gimana rasanya klepon dengan menggunakan tepung jagung, kebetulan semua bahan tersedia...cuss eksekusi.

    ReplyDelete
  10. lama banget gak makan klepon, jadi kangen.
    Eh, bisa ya bikin klepon pake maizenaku ya. Saya juga sedia maizenaku di rumah. Salah satu tepung favorit. Baru tau juga kalau tepung ini bebas gluten.

    ReplyDelete
  11. jadi inget masa masih tinggal di salah satu pesantren di Probolinggo. Kalau pas balik ke pondok dari Madura kan lewat Pasuruan tuh busnya. Di Gempol biasanya aku jajan klepon. Bikin sendiri lebih luas kali ya...

    ReplyDelete
  12. Siapa sangka Resep Kue Klepon dengan Tepung Jagung Maizenaku segampil ini. Yang paling penting sih, ada banyak manfaat yang didapat dari tepung jagung maizena yah, kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau daku pakai tepung ini buat bikin fla seringnya,
      tapi kalau lagi lurus rajinnya bisa buat krim sup hehe

      Delete
  13. Pasti mantul nih resep kleponnya mau aku recook deh mba. Biar sama persis pakai tepung jagung Maizenaku biar endul hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pinisirin nih pengen bikin, apalagi klepon yang memang kesukaan anakku, hihihii..

      Delete
  14. Baru tahu nih ada tepung jagung maizenaku. Mau aku borong ah buat nyokap. Nyokap tuh suka bgt bikin kue2 basah dan kering kyk gini. Jd mkn praktis nih bikin kue. Apalagi klepon. Udh lama bgt ga makan kue klepon ini.

    ReplyDelete
  15. saya suka juga makan klepon mba Er, apalagi pas hujan hujan makannya anget-anget bareng keluarga, sayangnya di tempat saya jarnag yang jualan ini, tapi baca ini bisa nyobain buat sendiri deh di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, kak. Aku yo doyan klepon. Sensasi gigitnya terus gulanya pecah dalam mulut tuh enak banget dah... Maknyus.. Kalau bisa bikin sendiri sih pasti asyik ya.. Hehehe

      Delete
  16. Jadi kangen makan kue klepon.
    Biasanya beli bareng Putu. Tapi bisa bikin sendiri menggunakan Tepung Jagung Maizena, Aiih... sedaaapp sekali.

    ReplyDelete
  17. Klepon jajan wkt SD nih.
    Jadi pngn bikin, ijin ikut tutorialnya kak.

    ReplyDelete
  18. Kue favorit anakku nih, gampang banget bikinnya ya.. Emang enakan bikin sendiri daripada beli, karena hasilnya lebih banyak. Hihihi maklum aku emak emak perhitungan

    ReplyDelete
  19. Wajib coba nih sebagai pencinta kelepon sejati
    Baru tahu kalau bisa dengan maizena
    Soalnya mamaku tepung ketan

    ReplyDelete
  20. Tepung Maizenaku favorit saya kak buat masak-masak. Waaah, akhirnya saya nemu resep kue klepon pakai maizena nih dari kakak. Kayaknya minggu depan otw nyobain resepnya deh buat camilan di rumah

    ReplyDelete
  21. Jadi pengen nyobain maizenaku untuk bikin kue klepon dan kue-kue lainnya. Maizenaku banyak pilihan beratnya ya.

    ReplyDelete
  22. ya Allaah aku kangeeeen banget sama klepon. Dulu suka banget nitip klepon Sidoarjo yang dibawa temen pas pulkamp, enaak banget, aku gatau di sini nemu yang enak dimana, makasih resepnya mbaa nti bisa bikin sendiri hihi

    ReplyDelete
  23. Aku suka kue klepon tapi belum prnah buatnya. Padahal banyak juga yang rekomendasiin buat ini aja. Soalnya ankku juga suka. Makasih resepnya mba :)

    ReplyDelete
  24. aduh ngiler pisan euy, aku suka klepon tapi isiannya gak terlalu banyak karena kurang begitu suka manis

    ReplyDelete
  25. Wah, aku baru tahu kalo bikin klepon pake tepun ini juga bisa, jadi penasaran juga ingin mencobanya hehehe

    ReplyDelete
  26. Salah satu kue tradisional kesukaanku, kue yang paling menyenangkan karena mempunyai tekstur yang kenyal dan meletus jika digigit, aku belum pernah sih membuat kue klepon dengan menggunakan tepung maizenaku, soon mau coba dengan resep ini deh, sambil belajar.

    ReplyDelete
  27. Wahh aku juga suka kue klepon. Tapi aku dulu pas bikin tepung maizenanya dikit aja, Mbak. Yg banyak tepung beras ketannya. Hehe.
    Maizenaku emang bagus ya buat bikin-bikin kue atau tambahan masakan gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga membayangkan rasanya gimana pakai Maizena
      Soalnya seringnya pakai Tepung Ketan

      Delete
  28. Kalau dilihat dari cara buat kue klepon dengan tepung jagung maizena, kayaknya mudah, ya. Hanya butuh niat kuat untuk bikinnya aja hihihi...
    Kebetulan ada stok Maizenaku di rumah, mau nyobain bikin kue klepon ah ....

    ReplyDelete
  29. Tepung jagung ternyata banyak manfaatnya dari sisi kesehatan ya mba. selama ini ya tahu fungsinya aja untuk olaha2an tertentu terutama untuk pengental masakan. ternyata fungsinya banyak yaa. aku juga pakai maizenaku nih di dapur

    ReplyDelete
  30. Aku tuh suka banget sama klepon, ada salah satu tukang langganan klepon yang selalu aku beli. Sejauh ini belum pernah coba bikin sendiri, tapi pengin juga ya. Apalagi kalau bikin jajanan sendiri tuh aman, bersih dan bahan-bahannya pun tersedia di rumah ini. Bisa jadi salah satu cemilan untuk weekend ini nih, tinggal beli si pewarna makanannya.

    ReplyDelete
  31. Wuih baru tau kalo klrpon bisa pake maizena. Jd penasaran kek apa rasanya aku bakalan cobain resepnya nih

    ReplyDelete
  32. Enak banget ini klepon. Gula cairnya berasa 'meledak' di mulut, ya hehehe. Ternyata salah satu bahannya pakai maizena. Kayaknya kapan-kapan mau bikin, ah. Di sini jarang banget yang jual klepon.

    ReplyDelete
  33. Makasih sharingnya, Mba..suamiku ada GERD jadi waspada gluten, pas ini kalo mau bikin kue klepon dengan tepung beras ketan campur dengan tepung jagung maizena yang bebas gluten.

    ReplyDelete
  34. Menggiurkan deh kleponnya ternyata bikinnya mudah yaa, tepung maizena biasanya kupakai buat pengental, ternyata bisa untuk bahan berbagai jenis masakan yaa

    ReplyDelete
  35. Jiyaaaah ada siijo bulat bulat kesukaan akuu. Suka bikin juga di rumah tapi pake tepung ketan, baru ngeh kalo pake tepung maizena bisa. Keknya perlu dicoba niih.

    Duhh jadi mau jajanan pasar yang suka ngecrot inii pas makannya, mauuu, ngileer..

    ReplyDelete
  36. Wah baru tau nih kalau kelepon bisa dibuat pakai maizena (meski masih tetap pakai tepung ketan yaa..). At least jadi gak total tp ketan, jadi org yang sensitif dg tepung ketan masih bisa makan klepon nih. Btw aku baru tau kalau tp maizena IG-nya tinggi. Brarti malah kurang cocok buat org diabet yaa...

    ReplyDelete
  37. Sensasi makan kue klepon terbaik tuh pas kulit ijo menul-menulnya kegigit dan meletus, tuusss..
    terus ngalir rasa gula merah. Yummii..
    Bikin adonan yang empuk ini PR banget yaa.. ternyata rahasianya ada di penggunaan Tepung Jagung Maizena.

    ReplyDelete
  38. Klepon adalah salah satu jajan pasar kesukaanku
    Khas sidoarjo juga nih
    Bikin klepon makin enak dengan tepung Maizenaku

    ReplyDelete
  39. Salah satu varian tepung yang selalu ada di dapur nih, serbaguna untuk berbagai macam kue dan masakan yah

    ReplyDelete
  40. Kelepon kesukaan ayahnya anak2. Selama ini aku beli mba belum bisa bukannya. Ternyata cukup mudah ya. Pas banget ada tepung maizena dirumah, nanti coba aj

    ReplyDelete
  41. Klepon tuh jajan pasar favorit sejuta ummat ya mbak
    tapi aku baru tau pake tepung maizena

    ReplyDelete
  42. Wah klepon nih salah satu makanan favoritku sejak kecil, smp skrg aja klo ada tukang putu klepon lewat ak lsg lari dong nyetopin abang2nya

    ReplyDelete
  43. Wah saya doyan banget klepon. Saya biasa makan klepon dipadukan sama teh pahit sore hari di pelataran rumah 🏠. Hemmmmmm mantap banget. Ternyata bisa juga ya kalo mau bikin sendiri pakai tepung Maizenaku

    ReplyDelete
  44. Ibuku juga sering pakai maizenaku. Izin recook resep kleponnya ya mba. Aku suka klepon soalnya hehe

    ReplyDelete
  45. Aku suka banget sama Klepon
    Tapi belum pernah buat sendiri
    Kapan kapan mau coba buat ah, pakai tepung Maizenaku

    ReplyDelete
  46. Aku baru tahu kalo tepung Maizenaku ini kayak gizi bahkan bs melindungi dr bbrp penyakit. Atau penderita diabetes pun ga akan khawatir krn kandungan gulanya yg tggi di sini.

    Bsk mau beli tepung Maizenaku ah. Mau ikut bikin klepon jg. Hehe

    ReplyDelete
  47. Seneng beneeeer aku sih ini. sebegai penggemar kue tradisional termasuk klepon. Sepertinya kudu siapin dirumah deh bahan bahannya. tapi aku penasaran ama rasa kelepon dengan tepung maizena ini

    ReplyDelete
  48. Aku selalu suka klepon yang gak pelit isi alias banyak gula merahnya.
    Hihih..soalnya sensasi pecah di mulutnya ini yang menyenangkan sekali. Dan dengan bikin sendiri, selain lebih empuk juga bisa memuaskan banyak anggota keluarga. Yeaay~
    Jangan lupa bikin Kue Kleponnya menggunakana Tepung Jagung Maizena.

    ReplyDelete
  49. Aku suka klepon. Biasanya ibuku suka bikin nih. Kalau gak bikin, aku ya beli. Enak soalnya. Ternyata rahasia enaknya ada di maezena ya

    ReplyDelete
  50. Saya suka banget dengan kue kelepon rasanya enak banget tapi belum pernah buat sendiri selalu beli, jadi penasarna pengen cobain buat di rumah, ngikutin resepnya

    ReplyDelete
  51. aku suka banget kue klepon, tapi belum pernah bikinnya. auto mau nyobain nih pake resep kakak dan pakai Tepung Jagung Maizenaku. tapi soal tepung maizena, aku selalu pakai Tepung Jagung Maizenaku untuk keperluan masak, udah terkenal dari dulu sih

    ReplyDelete
  52. Pas banget nih, kemarin lagi cari resep untuk coba bikin klepon. Saya cobain resep ini, ya Kak. Izin recook, kayaknya enak banget nih.

    ReplyDelete
  53. Tepung Maizenaku ini udah legend banget ya Mbak, gak cuma buat mengentalkan masakan aja tapi bisa dibuat jadi kreasi masakan yang macam-macam termasuk buat klepon juga, jadi pengen nih buat klepon juga :)

    ReplyDelete
  54. Aku sering nih buat klepon. Tapi ternyata bisa pakai Maizenaku juga, ya. Cobain lah kapan-kapan. Penasaran dengan rasanya😊

    ReplyDelete