Tips Simple untuk Berbuka Puasa yang Sehat

by - 1:25:00 PM

www.erycorners.com

Alhamdulillah, Ramadhan telah tiba. Selamat berpuasa untuk seluruh teman-teman di dunia nyata maupun online. Semoga puasa kita lancar dan tiada halangan apapun serta kita mampu mendapatkan pahala yang berlipat di bulan yang suci ini. Ramadhan Kareem.

Ramadhan, salah satu bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di penjuru dunia. Karena bulan ini bulan yang penuh pengampunan dan begitu banyak pahala yang melimpah. Semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung di bulan Ramadhan.


Nah, di bulan Ramadhan tentu waktu makan kita ini akan berubah. Dari yang biasanya makan tiga kali sehari atau lebih (seperti saya), sekarang hanya dua kali, yaitu di waktu sahur dan berbuka puasa dan atau setelah waktu berbuka. Karena jam makan yang berubah, kadang kondisi badan yang belum terbiasa puasa, akan kaget, jadi lemas atau bahkan sakit perut di siang hari. Untuk menghindari hal-hal yang tidak baik bagi kesehatan, alangkah baiknya ketika kita berbuka puasa dengan cara yang baik pula.

Bagaimanakah cara berbuka puasa dengan baik?
Saya jadi ingat di zaman kecil dulu, ketika puasa, di siang hari saya mengumpulkan berbagai macam makanan yang akan dimakan di waktu Maghrib. Nyatanya saya hanya menghabiskan beberapa makanan yang sudah dikumpulkan karena perut sudah tidak muat lagi. Jadi, pada intinya, berbuka puasa itu tidak harus langsung makan banyak, melainkan ada beberapa tahap seperti:

1. Awali buka puasa dengan air putih yang hangat
Setelah menahan haus dan lapar di siang hari, keinginan ketika berbuka puasa memakan segalanya kadang menghampiri kita. Namun, alangkah baiknya, kita berbuka puasa dengan air putih yang hangat terlebih dahulu. Karena lambung kita belum siap untuk menerima makanan yang tiba-tiba banyak.

2. Makan makanan yang manis
Setelah minum air putih sebaiknya makanan makanan yang manis, dianjurkan kita makan kurma sebanyak satu atau tiga buah. Kalau tidak ada kurma, kita bisa ganti dengan kolak pisang secukupnya (jangan satu piring penuh, eh itu saya ding).

3. Salat Maghrib
Minum air putih dan makan yang manis sudah, sebaiknya Salat Maghrib dulu. Karena kalau langsung makan yang berat, nanti perutnya begah.

4. Makan berat dengan jumlah normal
Okay, fine. Selepas Salat Maghrib, kita makan makanan yang berat dengan catatan porsi yang normal, jangan berlebih, karena yang masuk ke perut kita bukanan makanan saja, tetapi ada juga air minum. Selain itu selanjutnya kita akan Salat Tarawih. Jangan kekenyangan, nanti pas Salat Tarawih ogah-ogahan dengan alasan perut begah. 😛


Itulah tata cara berbuka puasa dengan sehat ala saya. Mungkin teman-teman ada yang bisa menambahkan, biar kita saling mengingatkan untuk menjaga badan kita tetap sehat meskipun sedang berpuasa.

You May Also Like

41 comments

  1. Aku malah kalo buka puasa makan kue2 aja udah berasa kenyang. Kadang jadi ga makan berat lagi 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, makan dikit aja pas buka puasa perut langsung penuh.

      Delete
  2. Poin ke empat kadang kelupaan mba. Perut udah kenyang tapi mulut gak mau diam 😤😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul, baru minum aja kadang perut udah full..

      Delete
  3. kalau aku krn di cirebon panas, minum saja sdh bikin kenyang

    ReplyDelete
  4. Makan makanan ga pernah lupa, yang paling duluan setelah seteguk air..

    Btw, template-nya cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siplaah..

      Makasih, tapi ini juga masih berantakan koh..

      Delete
  5. anakku yg bungsu nih kocak banget kalo buka puasa. semua jajanan dia beli. pas buka kekenyangan duluan deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha anak-anak memang gitu. Pas siang ngumpulin jajan, pas buka, baru dimakan satu aja udah kekenyangan hehehe

      Delete
  6. Bener banget kalau buka puasa kebanyakan bawaannya ngantuk pas teraweh dan males teraweh

    ReplyDelete
  7. Aku berbuka biasanya habis makan takjil langsung makan makanan berat. Wkwkwk.. Tapi alhamdulillahnya aku bisa ngerem sih jd gak terlalu kekenyangan. Di lanjut habis taraweh

    ReplyDelete
  8. Aku makan besar setelah tarwih, takutnya nggak kuat bangun dari sujud, hihiii
    PAling sesaat adzan itu minum teh panas dan cemilan sebiji atu dua biji. Abis itu shalat maghrib.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Wati.. kalau kekenyangan pas taraweh perutnya enggak enak

      Delete
  9. Berarti berbuka saya du hari ini gak sehat mbk, saya buka awalnya dengan air es. dah itu makanan ringan, dah itu makanan berat. setelahnya baru shalat. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe yang penting perut gak protes, dan jangan setiap hari begitu. Usahakan awali dengan air yang hangat atau yg manis.

      Delete
  10. Kalau aku habis minum yang hangat langsung makan berat mba, nggak tahan udah lapar banget soalnya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kadang begitu. Lapar tak tertahankan. Apalagi kalau buka puasanya nasi padang, lupa semuanya dah. Hahah

      Delete
  11. Alhamdulillah tips pertama sudah jadi kebiasaaan: Awali buka puasa dengan air putih yang hangat dilanjutan makan buah. Dan makan beratnya setelah sholat Maghrib, soalnya kalau makan duluan, waktunya mahgrib keburu habis (secara kalau makan suka berlama-lama, heheh)

    ReplyDelete
  12. Aku buka puasa kalau nggak minum teh hangat, minum sirup dingin, terus makanan ringan shalat sambung makanan berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. Makan beratnya memang sebaiknya abis salat Maghrib.

      Delete
  13. Buka puasa kemarin alhamdulillah bisa menghindari goreng - gorengan hanya minum air hangat sama kurma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuatu banget rasanya kalau bisa menghindari gorengan..

      Delete
  14. Kalau saya selalu dengan minum teh panas manis, baru gorengan...duh, ga sehat bener ya? Oke noted, nyoba praktikkan yang ini... Tfs..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teh manisnya bolehlah.. Gorengannya mulai dikurangi (ya meskipun aku juga susah untuk melakukannya) wkwkwkwkw

      Delete
  15. Kalau anak-anakku sukanya minum es.. kalau aku langsung air putih hangat dan lemon plus kurma. Enak dan segeer

    ReplyDelete
  16. Andalanku kalo berbuka itu teh dingin sama kurma. Tehnya ga pake es tapi didinginkan di kulkas. Sama makan sayuran kayak capcay gitu mbak

    ReplyDelete
  17. Sulit banget Mbak bagi saya untuk berbuka puasa dengan selain minuman dingin hahahaha. Kalau makan besar biasanya saya dan keluarga menyantapnya setelah tarawih. Terima kasih ya tips sehatnya, semoga saya bisa menjalani hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum yang dingin emang enak banget kalau pas lagi buka puasa. Sama-sama, Mba, saya juga belum bisa sepenuhnya.

      Delete
  18. Selamat menjalankan ibadah puasa. Setuju sebelum berbuka minum air hangat ya, jangan yang dingin dulu.

    ReplyDelete
  19. Duh aku sudah 3 hari puasa kalau buka selalu minum dingin, entah mengapa berasa plooonnngggg... Kudu diubah nih besok gak boleh minum es dulu. Kalau makanan biasanya buka ngemil-ngemil2 aja makan beratnya pas sahur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelan-pelan, Mba Chichie.. emang sulit sih buat buka puasa dg minuman hangat kalau biasanya dingin. Kalau lagi hilap, ya saya juga langsung nyerobot es

      Delete
  20. kalau aku berbuka dengan jeruk teh hangat. langsung hilang haus dahaganya

    ReplyDelete
  21. Dulu tiap waktu buka tiba, aku selalu kalap makan dulu, jadi pas tarawih perut rasanya nggak karu2an, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begah dan enek ya, Mba.. buat napas aja kayaknya susah gitu. Ngos ngosan.

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of