Ramadhan, Momen Special untuk Meningkatkan Ibadah

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, ampunan dan berjuta pahala. Bagi kami orang Islam, di bulan Ramadhan ini kami saling ‘berlomba-lomba’ dalam kebaikan dan beribadah. Tentunya ini bukan untuk ajang pamer, namun lebih menuju kepada sebuah ketaqwaan terhadap Allah S.W.T. Diharapkan setelah Ramadhan usai, bulan Syawal dan selanjutnya kita menjadi pribadi yang lebih baik, bermanfaat dan semakin baik dalam ibadah serta semakin kokoh dan kuat iman yang kita miliki. Aamiin…

Berbicara tentang ilmu agama begini memang saya rada kaku, maklum ya, saya ini masih nol besar tentang agama. Ilmu saya hanya sebatas ujung kuku yang belum bisa bermanfaat. Jadi, jika nanti di tulisan ini ada kekeliruan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Serta jangan lupa untuk memberikan koreksi yang lebih baik dan memberikan informasi yang baik dan benar.

Di bulan Ramadhan ini, banyak hal-hal yang mampu meningkatkan Ibadah. Sehingga tak jarang, banyak orang-orang di sekeliling kita mencoba saling berbagi dan saling tolong menolong. Dari hal yang paling sederhana hingga hal yang sangat luar biasa. Dan bulan Ramadhan merupakan momen paling special bagi kita untuk meningkatkan ibadah dan mencari ridho Allah.

Ibadah selain salat fardhu yang mampu meningkatkan ibadah kita di bulan puasa bisa berupa :

*Merenovasi mushola atau masjid
Di daerah kami, di jelang Ramadhan para bapak dan atau pemuda saling gotong royong membantu untuk merenovasi tempat ibadah. Baik itu mushola atau masjid. Tujuannya memang agar tempat ibadah lebih baik sehingga jamaah lebih nyaman. Setelah diperbaiki, seringkali jamaah yang hadir melebihi kapasitas, sehingga kami bergotong-royong lagi untuk membuat tempat yang lebih lebar agar bisa menampung jamaah lebih banyak.



*Salat Taraweh
Biasanya kalau bukan bulan puasa, jarang-jarang ya salat malam, berhubung di bulan Ramadhan, kita juga jadi rajin salat sunnah, salah satunya taraweh dan witir. Salat taraweh ini merupakan salat sunnah bagi orang yang berpuasa dan dilakukan setelah salat isya. Tapi jangan sampai salah kaprah, mengejar sunnah tapi yang fardhu dilupakan. Tetep ya, yang wajib salat fardhu lima waktu.

*Saling berbagi
Kalau di bulan Ramadhan ini sangat pas dan tepat waktu untuk berbagi. Dimulai berbagi dari hal yang paling sederhana, seperti membagikan takjil untuk berbuka puasa atau memberikan makanan untuk jamaah taraweh. Ini merupakan tradisi yang luar biasa. Tanpa dikomando, dengan kesadaran diri sendiri, kita berbagi ke sesama.

*Tadarus Al Quran semakin banyak
Tak lengkap rasanya kalau bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan juga kita tidak tadarusan. Untuk mencari keberkahan serta kebaikan yang lebih, kita juga bertadarus Al Quran. Waktunya pun semakin banyak, dari setelah salat ashar hingga jelang maghrib, selesai taraweh dan sehabis subuh. Wah, mantep banget yaa..!

*Berpuasa
Bulan Ramadhan, tentu saja ibadah wajib satunya yakni kita berpuasa. Puasa yang didasari niat sungguh-sungguh dan semata-mata hanya karena Allah SWT, Insya Allah, pahala pun akan menjadi balasannya.

Itulah beberapa hal yang mampu meningkatkan ibadah kita di bulan puasa. Tentunya masih banyak ibadah-ibadah lain yang bisa menebarkan kebaikan dan kedamaian. Semoga di bulan Ramadhan ini kita semua mampu beribadah dengan baik dan semakin baik lagi. 

Selamat berpuasa kepada teman-teman yang menjalankannya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dengan baik. Kalau masih ada kekeliriuan mohon dikoreksi. Terima kasih.


2 comments

  1. Mashaallah, tabarakallah mba ery.. Kegiatan-kegiatan di atas memang positif yaa untuk mengisi hari-hari pada bulan Ramadhan ini.. Yah, daripada cuma mager sambil mantengin gadget aja sih wkk..

    ReplyDelete
  2. Selamat merayakan hari raya lebaran ya, kak Ery.
    Maaf terlambat mengucapkannya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)