Hikmah Puasa di Tengah Covid-19

Bulan Ramadan
Puasa tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya kini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang belum usai juga. Oleh sebab itu, di bulan puasa ini banyak kegiatan yang tak bisa dilakukan secara ramai atau di luar rumah. Iya, taraweh dilakukan di rumah, kajian kita melihat dan mendengarnya melalui online, karena tidak dilaksanakan di masjid atau mushola. Sebisa mungkin kita menghindari kerumunan orang agar kita terhindar dari virus corona itu.

Namun kita juga tidak boleh berputus asa, karena semua yang terjadi sudah takdir dan kehendak dari yang Maha Kuasa. Setiap cobaan tentunya ada hikmahnya. Termasuk puasa Ramadan di tengah pandemi Covid-19  juga ada hikmahnya. Apa aja itu? Yuk, simak di bawah ini:

1. Ibadah lebih tenang karena di rumah
Hal yang dibutuhkan ketika beribadah ialah suasana tenang dan damai. Insya Allah karena kita di rumah saja, ibadah pun bisa lebih tenang dan khusyuk.

2. Tidak mengurangi pahala puasa
Semoga, ya. Semoga Allah melipatgandakan pahala kita meski kita beribadah dari rumah saja. Selain itu karena kita tetap di rumah saja, sehingga kita tidak keluyuran yang mana bisa merusak puasa, entah dari pandangan, perbuatan atau lainnya yang bisa membatalkan puasa.

3. Lebih hemat karena makan di rumah terus
Biasanya kalau bulan puasa itu isinya undangan buka bersama dari teman-teman kantor, sekolah, kuliah dan keluarga besar. Makan di luar begitu, sudah pasti sangat boros, nah saat ini kita bisa berhemat karena makan di rumah terus.

4. Bisa lebih dekat dengan keluarga di rumah
Karena menjalani aktivitas di rumah saja, ibadah puasa tahun ini benar-benar spesial karena bisa terus sama keluarga dari pagi hingga pagi lagi. Momen yang langka karena biasanya yang kerja pulang sore atau malam, pas buka ada yang buka puasa di luar dan sebagainya.

5. Rumah menjadi indah karena sebagai tempat ibadah
Tak bisa dipungkiri ketika kita melakukan ibadah di rumah, sudah pasti suasana rumah lebih tenang dan damai. Nuansa sejuk pun akan terasa.

Itulah beberapa hal yang bisa kita ambil hikmahnya dari pandemi Covid-19. Doa kita semua sama. Semoga pandemi Covid-19 segera hilang dari muka bumi ini, sehingga kita bisa bersilaturahim dengan leluasa dan tenang.

Okay, dan tulisan ini masuk ke Day 15 dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge 2020. Terima kasih.

No comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)