Cara Efektif untuk Mengusir Ketombe yang Menjengkelkan

by - 11:47:00 AM

www.erycorners.com

Ketombe? Apakah ada teman-teman yang sedang mengalami masalah kulit kepala yang menyebalkan ini? Saya dari kecil mengalaminya. Pernah saya garuk-garuk di kepala, saking gatalnya saya menggaruknya terlalu kasar dan keras, sampai-sampai kulit kepala saya luka dan lecet. Pas keramas, ampun perihnya kena air. Kulit kepala saya merasa gatal karena ketombe. Iya, saya ketombean dari kecil. Sungguh hal yang sangat menyebalkan.

Makin beranjak remaja saya malu dong, karena rambut saya ketombean. Jadi waktu itu saya coba mencari sampo anti ketombe yang manjur dan ampuh untuk membasmi ketombe. Dulu saya enggak kepikiran kalau sampo anti ketombe itu ada yang cocok untuk rambut atau enggak. Di dalam pikiran saya yang terpenting ketombe saya hilang dan kulit kepala tidak gatal-gatal lagi. Okay, fix, saya waktu itu langsung menemukan sampo yang cocok untuk kulit kepala saya. Sejak pemakain pertama (wkwkwk kayak iklan sampo aja), ketombe langsung berkurang, jadi saya tetep makai sampo itu.

Namun lambat laun, saya baru menyadari, efek dari sampo tersebut membuat rambut saya tidak lembut lagi. Haduh, masalah lagi. Ketombe hilang rambut kaku, kusam dan embuh banget. Akhirnya saya mencari sampo lainnya lagi, coba merk A, terus B dan seterusnya. Merk-merk yang muncul di TV sudah saya pakai semuanya. Hahahaha, asli saya korban iklan di TV.

Setelah bergonta ganti shampoo rambut saya justru makin parah. Akhirnya saya mencoba mencari sampo yang benar-benar untuk mengembalikan kelembutan rambut saya. Bukan Cuma itu saya sampai creambath, untuk mengusir ketombe dan membuat rambut saya lebih baik lagi. Ya, meskipun enggak seindah rambutnya Raisa dan Isyana pas lagi ngiklanin sampo, tapi lumayan lah. Setidaknya rambut saya tidak kaku lagi dan saya jarang garuk-garuk kepala akibat gatal karena ketombe.

Nah, buat teman-teman yang belum terlanjur parah ketombenya, atau juga bisa untuk pencegahan, bisa banget menggunakan bahan alami dari lingkungan kita. Ada beberapa bahan memang, tapi buat saya yang paling mudah dicari dan digunakan ya lidah buaya dan jeruk nipis. Selain itu, ada beberapa tips simple nih biar ketombe enggak balik lagi. Yuk, cek di bawah ini:

www.erycorners.com

1. Keramas seminggu dua atau tiga kali
Mengusir ketombe itu asli bikin gregeten juga. Kalau enggak keramas, ketombe balik lagi, keseringan keramas, ketombe juga mudah datang. Jadi ya harus pinter-pinternya kita untuk mengatur jadwal keramas yang enggak terlalu sering, tapi enggak jarang juga.

2. Sehabis keramas jangan langsung menutup kepala
Ini saya khususkan buat wanita-wanita yang berhijab, kalau setelah keramas, alangkah baiknya memakai jilbabnya setelah rambut benar-benar kering. Kalau buru-buru emang kadang suka khilaf ya, tapi ya itu, bikin ketombe balik lagi kalau rambut belum kering terus langsung pakai kerundung. Jadi kulit kepala kayak kurang napas gitu. Masih basah langsung ditutup.


3. Gunakan vitamin kulit kepala
Ini bisa membantu banget loh, biar kulit kepala tetap sehat, kita perlu menggunakannya. Jadi, bisa mengusir ketombe yang menjengkelkan.

Nah, menurut saya hanya itu, cara efektif untuk mengusir ketombe yang suka mengganggu dan bikin malu. Semoga bermanfaat ya. Dan jangan lupa juga, share pengalaman teman-teman mengusir ketombe, di kolom komentar, ya. Terima kasih.

You May Also Like

42 comments

  1. Pernah juga aku mendapat masukan, cara kita keramas juga bisa mengundang ketombe, misalnya kurang bersih keramas seperti tanpa memijit kulit kepala dan membilas kurang bersih.

    Aku pernah mengalami ketika SMP saat kemping, karena kurang air dan kurang bersih saat keramas, ketombe nongol, hiii...

    Aku sempat minder lho...
    Aku langsung merubah cara keramas (memijat kulit kepala dan bilas dengan bersih).
    Perlahan ketombe hilang sampai sekarang, alhamdullillah tak pernah nongol lagi.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, cara keramas yang kurang tepat juga memicu ketombe nongol.

      Delete
  2. Ketombe memang musuh bersama ya... Saya tu yang paling susah ga nutup rambut sebelum kering. Kadang karena tergesa langsung pakai hijab saja padahal barusan keramas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naah samaa, Mbak. Apalagi saya, pas keramas pagi-pagi, belum kering bener mesti nutup kepala karena mau pergi kerja.

      Delete
  3. Yang nomor 2 nih yang masih susah buat saya terapkan. Biasanya kalau pagi setelah usai urusan dapur dan anak-anak, baru saya mandi (seringnya keramas juga). Rambut belum kering, harus segera bersiap berangkat ke kantor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaan kita.. jadi tanpa disadari, itu pula yang memicu munculnya ketombe.

      Delete
  4. Sama mbak, saya juga ketombean sejak kecil. Jadi saya enggak pernah tuh keramas kalau mau bepergian. Mending keramas sore aja. Saya pakai jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe sih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang lebih baik pas sore aja ya keramasnya. Jadi enggak buru-buru banget untuk segera ditutup kepalanya, karena di rumah.

      Delete
  5. Aku pernah ngalamin ketombe dan ini menganggu banget. Kayaknya harus pakai vitamin rambut biar makin sehat dan bebas kotembe mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pakai vitamin salah satu cara yang terbaik.

      Delete
  6. Aku juga selalu berusaha ga keramasa pagi kalau paginya itu juga mau pergi. Selain bikin ketombean, pas sorenya balik ke rumah bikin rambut jadi bau. Ngeselin emang ya ketombe ini. Malu mau garuk kepala kalau lagi di depan umum. Tapi paling nyiksa itu kalau lagi pake helm trus gatal. Duh ampun deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iya, kalau pakai helm, terus kepala gatal kan ngeselin banget

      Delete
  7. Nah, aku tuh sering loh abis keramas tergesa-gesa mau pergi keluar rumah. Jadi rambut masih setengah kering langsung ditutup jilbab. Ini ya penyebab ketombe muncul

    ReplyDelete
  8. Jangan-jangan shampoo anti ketombe yang dulu dipakai sama ma yang saya pilih hahaha. Gak enak kalau udah gatal di rambut. Makanya saya juga sebisa mungkin jangan sampai terlambat membersihkan rambut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah iya nih, ya itu deh, iklan sampo yang paling hits di jamannya wkwkwkw

      Delete
  9. Wah ternyata efektif ya pakai vitamin rambut, aku kemarin mencoba lemon dan ternyata lumayan berkurang ketombenya, nanti kucoba ya pakai vitamin semoga hilang semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selain bikin kulit kepala sehat, juga bisa mengurangi ketombe

      Delete
  10. Iya sih, memang harus rajin dirawat ya biar rambut ga ketombean. Apa lagi ketombe ada yg tipe kering dan berminyak. Cara mengatasinya pun berbeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Farida. Kita mesti rajin merawat rambut.

      Delete
  11. Nah akutu alhamdulillah dr dulu normal aja, ga pernah ketombean, tapi bapake anak ketombean akut, ga sembuh2 pake sampo apapun, dan ku baru tau ternyata karena alergi juga ngaruh ke ke ketombe, plus stress tigkat tinggi bikin ketombe gede2 yg kadang bikin pitak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mesti pinter-pinter mengelola stress nih aku..

      Delete
  12. Ternyata gampangg ya ngusir ketombe tuh, kayaknya aku kurang step terakhir aja mbak yaitu kasih vitamin deh 😁. Selama ini udah gonta ganti shampoo tetep aja ketombean 😪 kesel rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gampang-gampang susah, karena kita harus telaten dan dispilin juga merawat rambut
      Saya pun udah ganti sampo berapa kali demi mengusir ketombe

      Delete
  13. aku ga parah sih ketombeannya. tp suamiku parah mb erry. jd skali waktu pake air jeruk nipis tu..diusapkan ke kepala diamka trus keramas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikan saya nihh.. saya ketombean, tapi Pak Suami enggak, pakai sampo merk apa aja juga oke kalau suami saya

      Delete
  14. Pake jeruk nipis bisa mba sebelum keramas. Jadi jeruk nipis diperas, ambil airnya dan diusap-usapkan di kulit kepala dulu. Diamkan kira-kira seperempat jam, baru kemudian dishampoo-in. Dilanjut dengan vitamin kulit kepala juga bisa untuk menjaga kesehatan kulit kepalanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nice.. Makasih infonya, Mba Unik. Semoga saya bisa mempraktekannya.

      Delete
  15. Bilas sampai bersih busa yang berasal dari sampoo juga bisa mencegah ketombe ya, karena busa yang terttinggal jadi menumpuk dan kotor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau busa sampo ada yang tertinggal bisa menyebabkan kulit kepala malah kotor.

      Delete
  16. Ketombe yang membandel memang menjengkelkan. Untung ada solusinya ya mba. Thank for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Kalau gak ada solusinya mah bikin frustasi karena gatal di kepala itu sangat mengganggu.

      Delete
  17. Pakai shampoo antiketombe jg kali ya?
    Nah itulah kebiasaan burukku kalau buru2 abis keramas langsung pakai kerudung.
    Btw katanya jeruk nipis jg oke membasmi ketombe kalau diolesin ke kepala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Pakai sampo anti ketombe harus bener-bener yang cocok.

      Delete
  18. Saya malah seringnya habis keramas langsung pakai baju dan kerudung jadi rambut lepek deh. Kalau nunggu kering bisa² telat kerja. Pakai hairdryer takit rambut rusak.

    ReplyDelete
  19. Apa karena aku biasa langsung pake jilbab kalau rambutnya belum terlalu kering jadi banyak ketombe yah? Duh Gawat kalau gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kulit kepalanya juga, Mbak. Kalau saya udah pasti banget itu, rambut belum kering terus langsung menutupnya.

      Delete
  20. Alhamdulillah aku belum pernah ketombean, biasanya kalau gak cocok sama salah satu shampoo cuma gatel doang. Ketombe nih bikin bete ya, karena adikku sempat ketombean karena dia ganti shampoo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, sampo gak cocok juga bisa berakibat ketombean

      Delete
  21. Aku jarang sih ketombean tapi tambut rontok seringnya. Lagi nyoba beberapa treatmen nih mbak aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rambut rontok juga menyebalkan banget ya, mbak. Kadang tidur aja rambut ada yang tertinggal di bantal.

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of