Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Lebih Dekat dengan PAFI Ogan Komering Ulu Selatan

PAFI Ogan Komering Ulu Selatan

Halo, teman-teman. Tahukah kalian kalau di Indonesia ada sebuah daerah yang belum sering kita dengar namanya? Ya, ada, dan masih banyak. Karena kita tidak hapal semua nama daerah dan wilayah di negara tercinta kita ini. Ini bukti bahwa saya harus banyak belajar geografi.

Nah, salah satu daerah tersebut adalah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Menurut Wikipedia, luas wilayahnya 5.493,94 km² dengan jumlah penduduk 410 ribuan jiwa.

Padahal kalau ditelusuri, di sana banyak tempat dan hak yang menarik. Dari keindahan alam hingga lainnya.



Hal-hal Menarik dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan


Danau Ranau

Meski masih jarang terdengar di telinga kita, Wilayah Ogan Komering Ulu Selatan memiliki banyak surga tersembunyi. Bahkan ketika kita datang ke sana akan takjub dengan keindahannya.

Berikut merupakan hal-hal menarik di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan:

1. Wisata Alam yang Memukau


Bagi teman-teman yang ingin liburan dan tempat yang tidak biasa, bisa datang daerah ini. Terdapat sebuah danau dengan pemandangan yang unik dan memanjakan mata. Adalah Danau Ranau yang menjadi ikonik kabupaten ini.


Danau Ranau terletak di daerah perbukitan yang berlembah. Di tengah-tengah danau ada pulau kecil, Pulau Marisa. Di pulau ini menjadi daya tarik sendiri karena menjadi sumber air panas alami. Tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke sini.

Di sekitar Danau Ranau juga banyak nelayan yang mencari ikan. Tak heran kalau datang ke sini, kita bisa berjumpa dengan banyak nelayan.

Selain Danau Ranau, keindahan alam lainnya ada Gunung Seminung, Air Terjun Manduriang, dan kita dapat memacu adrenalin dengan Arum Jeram Sungai Selabung.

2. Pakaian Adat 'Kain Kawai Kanduk' yang Sudah Dipatenkan


Kain Kawai Kanduk sudah resmi dipatenkan menjadi brand atau merek fesyen OKU Selatan. Ya, sudah dipatenkan menjadi hak cipta karya seni OKU Selatan. Sehingga pakaian adat ini diharapkan akan lestari dan terjaga.


Design dari pakaian ini juga sangat menarik. Pakaian adat ini bisa digunakan untuk menghadiri acara-acara adat, acara nasional, bahkan fashion show, lho. Iya, secakep itu.

3. Peduli Kesehatan Masyarakat


Bersama Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Ogan Komering Ulu Selatan, pemerintah setempat bekerja sama dalam menyehatkan masyarakat. Tujuannya satu, agar masyarakat terbebas dari segala penyakit, dan melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas.


Mengenal Lebih Dekat PAFI Ogan Komering Ulu Selatan


PAFI Sudah hadir di mana saja tak terkecuali di Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. Secara resmi, organisasi PAFI Nasional sudah berdiri sejak tanggal 13 Februari 1946 yang waktu itu berlangsung di Yogyakarta.

Setelah terbentuk secara nasional, berangsur-angsur ke daerah ke kota atau kabupaten, termasuk di Sumatera Selatan. Dengan membawa mandat untuk membangun negara yang lebih sehat, PAFI terus berusaha berkontribusi yang terbaik bagi seluruh masyarakat hingga pelosok negeri.


Begitu pula dengan PAFI Ogan Komering Ulu Selatan, mereka memiliki program-program yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

1. Mengadakan Layanan Kesehatan Gratis


Bekerja sama dengan pemerintah dan tenaga kesehatan setempat, PAFI Ogan Komering Ulu Selatan memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil. Sulitnya akses membuat sebagian masyarakat datang ke fasilitas kesehatan, sehingga mereka berinisiatif untuk datang ke rumah warga.

2. Menjalin Kerja Sama dengan Instansi Kesehatan Setempat


Agar jalinan layanan farmasi makin meningkat, PAFI juga bekerja sama dengan instansi-instansi kesehatan setempat, baik itu dari Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Kesehatan, dan lainnya.

3. Melakukan Penelitian dan Pengembangan di Bidang Farmasi


Guna menemukan solusi yang tepat sasaran bagi masalah kesehatan masyarakat, PAFI Ogan Komering Ulu Selatan terus berupaya melakukan penelitian dan pengembangan obat atau di bidang farmasi. Sehingga bisa makin meningkat terhadap layanan kesehatan untuk seluruh warga. Selain itu, bisa menemukan resep atau dosis yang tepat untuk pasien.

3. Mengadakan Seminar Kesehatan


Baik secara online maupun offline, PAFI terus mengedukasi melalui seminar. Bekerja sama dengan pemerintah dan pihak swasta untuk mengkampanyekan hidup sehat. Sekaligus memberikan arahan dan bimbingan untuk menjaga kesehatan, rajin olahraga dan mengonsumsi sayur dan buah.

4. Memberikan Info Seputar Kesehatan


Di era digital seperti sekarang ini, PAFI Ogan Komering Ulu Selatan tak lupa juga untuk berbagi info melalui daring. Baik melalui pesan singkat atau di media sosialnya.

Biasanya isi pesan tersebut berisi tentang jadwal vaksin, layanan kesehatan gratis, dan seminar yang bisa diikuti oleh perwakilan dari masyarakat.


Selain itu, PAFI Ogan Komering Ulu Selatan juga memiliki website resminya di pafiogankomeringuluselatan.org yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Hal ini membuktikan bahwa PAFI siap untuk membantu masyarakat luas, memberikan pelayanan kesehatan dan juga update terhadap teknologi yang berkembang.

Penutup


Well, itulah beberapa hal tentang Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Selain keindahan alam yang memesona dan memikat hati, juga memiliki organisasi PAFI yang selalu ada untuk melayani masyarakat.

Untuk info dan update terkini tentang PAFI Ogan Komering Ulu Selatan bisa diakses melalui website https://pafiogankomeringuluselatan.org dan bisa dibuka kapan saja.

Okay, sampai di sini dulu, ya. Membahas lama tentang Ogan Komering Ulu Selatan saya jadi pengen liburan di sana. Secakep iti, lho. Terima kasih.



Sumber referensi:


  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_kecamatan_dan_kelurahan_di_Kabupaten_Ogan_Komering_Ulu_Selatan#:~:text=Berikut%20adalah%20daftar%20kecamatan%20dan,desa%20di%20seluruh%20Sumatera%20Selatan).
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Danau_Ranau
  • https://m.kumparan.com/urbanid/5-surga-wisata-alam-memesona-di-oku-selatan-1qkiXe7vtyI
  • https://okuselatankab.go.id/wakili-bupati-asisten-bidang-pemerintahan-dan-kesra-oku-selatan-buka-musda-iv-ppni-dpd-oku-selatan/?d=1
  • https://radarjatim.id/pafi-persatuan-ahli-farmasi-indonesia-pilar-utama-dalam-meningkatkan-kesehatan-dan-kesejahteraan-bangsa/
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

26 comments for "Mengenal Lebih Dekat dengan PAFI Ogan Komering Ulu Selatan"

  1. PAFI OKUS adalah organisasi profesi yang penting bagi para ahli farmasi di wilayah OKUS. PAFI OKUS berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian di masyarakat, serta dalam mengembangkan profesi farmasi di Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Wah bagus ini jalin kerjasama dengan dinkes, sehingga bisa disosialisasikan kepada masyarakat tentang kesehatan dan obat²an yang tepat ya

    ReplyDelete
  3. Aku dulu seringnya ke OKI sih. Kalau ke OKU belum pernah. Beberapa waktu lalu, aku baca Pafi yang Aceh. Sekarang Pafi OKU. Komunitas ahli farmasi mah di mana-mana. Emang sevital itu sih perannya,

    ReplyDelete
  4. Rasanya banyak juga nama tempat di Indonesia yang belum pernah saya tahu, atau memang jarang disebut. Saking luasnya Indonesia ya. Kaya akan tempat indah dan budaya juga

    ReplyDelete
  5. Banyak juga ya aktivitas yang bisa dilakukan di OKU.. semoga kedepannya makin banyak traveler yang memasukan OKU sebagai daerah destinasi wisata mereka yaa

    ReplyDelete
  6. PAFI ini ternyata cabang-cabangnya ada di berbagai kabupaten/kota. Peran mereka sangat dibutuhkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Semoga segera tersebar hingga ke semua kabupaten/kota di Indonesia.

    ReplyDelete
  7. Saya lebih sering mendengar dan membaca Ogan Ilir. Dan ternyata ada juga Ogan Komering Ulu selatan. Wisatanya cakep, terus aktivitas PAFI cabang sana juga keren yang sangat membantu masyarakat.

    ReplyDelete
  8. Semoga PAFI dan cabangnya di berbagai daerah di Indonesia bisa lebih aktif mengedukasi masyarakat terkait obat-obatan dan kesehatan.

    ReplyDelete
  9. salut untuk organisasi yang selalu peduli dengan masyarakat terutama bidang kesehatannya karena ini paling penting dan kebutuhan mendasar

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah nih menyambangi Ogan Komering Ulu Selatan. Dekat ga ya dengan Palembang? Baru tahu loh ada organisasi kesehatan selalin IDI. Padahal PAFI yg cukup penting karena berkaitan dengan obat-obatan

    ReplyDelete
  11. PAFI ini cabangnya hampir merata ya di seluruh nusantara. Para ahli farmasi pasti bangga punya wadah organisasi keprofesian seperti PAFI

    ReplyDelete
  12. PAFI memang ngebantu banget buat kegiatan medis atau menambah ilmu sekaligus sosialisasi sama masyarakat terhadap obat²an.

    ReplyDelete
  13. Melalui berbagai kegiatan dan program, PAFI telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pelayanan farmasi dan kesehatan di Indonesia.

    ReplyDelete
  14. PAFI ini cabangnya sudah banyak ya hampir di seluruh Indonesia. Kinerja mereka juga bagus sekali sebagai ahli farmasi yang mengabdi ke Masyarakat

    ReplyDelete
  15. PAFI Ogan Komering Ulu Selatan bener-bener keren ya, ngelakuin banyak hal untuk kesehatan masyarakat. Mulai dari layanan kesehatan gratis, kerja sama dengan instansi kesehatan, sampe seminar dan info kesehatan yang disebarkan luas. Mereka bener-bener ngebantu banget, apalagi dengan website resmi mereka yang bikin info lebih mudah diakses. Semoga terus sukses dalam misi mereka memajukan kesehatan masyarakat! 🌟

    ReplyDelete
  16. Jadi ingat pelajaran IPS dulu. Ada Danau Ranau di Ogan Komering Ulu. Tp dulu tahunya di Sumsel aja. Ternyata di sini ya kak.

    Btw PAFI di sana banyak banget ya kak kegiatannya. Masyarakat jd terbantu krn edukasi dan CSR mereka. Mantap dan lanjutkan ttg edukasi dan pelayanan kesehatannya ya kak.

    ReplyDelete
  17. iih aku auto search itu danau ranah apakah seindah yang kakak ceritakan, eh iyaaa dong! duuh pengen kesini deh beneran. tapi kok jauuuh ya, hiks. tapi mantap sih kalau soal fasilitas ya udah ada PAFI yang penting banget sebagai lembaga informasi kesehatan ya terutama yang berkaitan dengan farmasi atau obat obatan.

    ReplyDelete
  18. Setuju dengan kegiatan PAFI, memberikan seminar tentang kesehatan, bahkan layanan kesehatan Geratis, semoga PAFI akan terus meluas memberikan penyuluhan kesehatan di seluruh daerah.

    ReplyDelete
  19. Ini keren nih adanya PAFI yang menyelenggarakan layanan kesehatan gratis bisa menjadi cara peningkatan kesehatan masyarakat di Ogan Komering Ulu Selatan ya. Apalagi dibarengi dengan adanya seminar dan pemberian informasi seputar kesehatan.

    ReplyDelete
  20. Pafi sekarang banyak sekali cabangnya di daerah ya. Kontribusi para tenaga farmasi patut untuk diapresiasi dalam mensejahterakan masyarakat khususnya bidang kesehatan

    ReplyDelete
  21. Program-program PAFI semakin dirasakan di berbagai daerah di Indonesia. Ksberadaannya bisa menjadi pemercepatan dalam peningkatan kesadaran hidup sehat di masyarakat

    ReplyDelete
  22. Kalau membaca soal OKU pasti langsung teringat sama OKI. Belum pernah ke kedua tempat tersebut sih, cuma dengar dari berita saja hehehe

    ReplyDelete
  23. Pernah denger daerah OKU, gitu. Apalagi danaunya apa pernah dijadiin film gitukah?

    ReplyDelete
  24. Bener banget kak, aku baru kali ini denger Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang ternyata ada di Sumsel. Waaah PAFI di sana sering ngadain penelitian soal farmasi dan juga melakukan kegiatan layanan kesehatan gratis ya. Keren banget

    ReplyDelete
  25. Iya, aku juga kurang familiar awalnya pas ka Ery sebut Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan.
    Ternyata daerah Sumatera yaa..
    Dan senang sekali karena sudah ada wadah farmasist PAFI Ogan Komering Ulu Selatan yang menaungi para ahli farmasi untuk tetap bisa berkontribusi lebih di bidang kesehatan dan edukasi.

    ReplyDelete
  26. Banyak informasi kesehatan ya yang bisa didapatkan dari pafi ini. Jadi kita bisa lebih aware dengan kesehatan kita

    ReplyDelete