Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PAFI Aceh Tengah, Organisasi Mulia Demi Kesehatan Masyarakat

Penyakit merupakan hal yang sangat mengganggu bagi kita semua. Membuat aktivitas terhenti, kondisi badan lemas, makan tidak enak, dan lain sebagainya. Agar sembuh dari suatu penyakit kita periksa ke dokter dan meminum obat yang sudah diresepkannya.

Obat yang diberikan ke pasien sudah diracik dengan sedemikian rupa dan diatur dosisnya. Sehingga ketika minum obat tersebut bisa meredakan sakit yang dideritanya.

Nah, selama ini kita minum obat ketika sakit, tapi masih banyak yang belum tahu siapa sih mereka yang membuat obatnya? Mereka adalah orang-orang hebat dengan ilmu yang luar biasa, dan biasa disebut sebagai Ahli Farmasi.

Farmasi sendiri merupakan suatu ilmu yang memperdalam tentang obat-obatan secara mendetail. Baik dari bahan, komposisi, takaran, dan komponen lainnya. Ilmu farmasi meliputi tiga hal yakni ilmu kedokteran, kimia, dan biologi.

Para ahli farmasi juga menerapkan bidang ilmu eksakta dan ilmu sosial (manajemen farmasi dan perekonomian farmasi).

Untuk menghimpun seluruh ahli farmasi di Indonesia, tercetuslah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) yang lahir pada tanggal 13 Februari 1946 (enam bulan setelah proklami kemerdekaan), di Yogyakarta.



Mengenal Lebih Dekat dengan PAFI


PAFI Aceh Tengah

PAFI sebagai wadah tenaga ahli farmasi dan apoteker seluruh Indonesia, menjadi tempat untuk berjuang, mempertahankan, memperoleh hak dan kewajibannya. Dalam organisasi ini, mereka semua berjuang demi terwujudunya hak-hak mereka sebagai manusia pribadi, dan juga profesionalitas kompentensi.

Sebagai wadah tenaga ahli farmasi tentu saja memiliki tujuan yang mulia, di antaranya:

  1. Mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila.
  2. Mewujudkan kesejahteraan secara optimal bagi seluruh mayarakat Indonesia.
  3. Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan bidan farmasi di Indonesia
  4. Meningkatkan kesejahteraan para anggota.

Demi mewujudkan tujuan-tujuan mulia tersebut, PAFI hadir di daerah-daerah Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Bahkan di Aceh sendiri ada PAFI Aceh Tengah yang terus bergerak bersama masyarakat dalam meningkatkan kesehatan di Aceh Tengah dan sekitarnya.

Tugas dan Fungsi PAFI Aceh Tengah


Tugas dan Fungsi Aceh Tengah

PAFI Aceh Tengah merupakan organisasi bagian dari pusat, dan kita dapat mengaksesnya melalui website https://pafiacehtengah.org. Sebagai bagian organisasi yang berkaitan dengan obat-obatan, PAFI Aceh Tengah tentu saja memiliki tugas dan fungsi penting dalam kehidupan masyarakat.

Berikut tugas dan fungsi PAFI Aceh Tengah:

1. Turut serta menyehatkan masyarakat Aceh Tengah.

2. Memantau penggunaan obat yang beredar, sehingga obat tersebut aman diminum oleh pasien dan membuat pasien berangsur membaik dari suatu penyakit.

3. Mengelola stok obat-obatan dan mengaturnya agar tidak berantakan dan tidak ada kekurangan obat.

4. Memastikan obat-obatan yang tersedia tidak kadaluarsa.

5. Memberikan konseling kepada pasien. Hal ini bertujuan agar pasien mengerti dan memahami tentang dosis obat, kapan waktu minumnya, dan ditempatkan di mana obat tersebut agar tetap terjaga manfaatnya.

6. Memberikan informasi atau pendidikan kesehatan kepada masyarakat. PAFI Aceh Tengah selalu berusaha memberikan manfaat terbaiknya, secara rutin mengudakasi ke masyarakat tentang kesehatan, pencegahan penyakit, dan tentang pentingnya membaca dan atau meminum obat sesuai yang sudah diresepkan.

7. Terus melakukan penelitian dan pengembangan obat. PAFI Aceh Tengah tak pernah kehabisan inovasi dalam melakukan pengembangan dan menemukan obat-obatan yang baru.

8. Kolaborasi dengan tenaga medis. Para ahli farmasi tentunya akan berkolaborasi dengan tenaga medis dalam proses penyembuhan pasien/pemberian obat.

Begitu banyak dan berat ya, tugas dan fungsi PAFI Aceh Tengah. Semoga dengan adanya organisasi https://pafiacehtengah.org ini, kesehatan masyarakat Aceh Tengah pun turut meningkat.

Setelah belajar dan banyak membaca tentang ahli farmasi, saya jadi mengerti, bahwa mereka selalu berupaya dan bekerja sama dalam mewujudkan Indonesia sehat.

Penutup


Hadirnya PAFI Aceh Tengah ini bukan hanya sebuah organisasi yang berisikan mereka-mereka yang paham tentang obat-obatan, melainkan memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting bagi kesehatan masyarakat. Memberikan informasi tentang obat-obatan yang beredar, agar masyarakat tidak sembarangan dalam mengonsumsinya.

Mereka juga turut serta dalam penelitian dan pengembangan obat, berkolaborasi, bekerja sama dan lainnya, demi terciptanya kesembuhan pasien dan bisa sehat kembali.

Semoga dengan adanya PAFI Aceh Tengah yang sudah hadir di tengah masyarakat, membuat Aceh Tengah dan sekitarnya menjadi masyarakat yang sehat, melakukan pencegahan suatu penyakit, dan tidak salah dalam mengonsumsi obat.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

15 comments for "PAFI Aceh Tengah, Organisasi Mulia Demi Kesehatan Masyarakat"

  1. Organisasi kyk gini jd semacam wadah bagi ahli farmasi utk saling berbagi informasi ttg dunia farmasi yg selalu terkini. Kl ada mslh di satu tempat, bs minta tlg ke daerah lain. Apalagi saat covid kemarin. Kuota obat2an tentu yg paling depan ya ahli farmasi ini. Smg kehadiran PAFI ini membantu masyarakat terkait ketersediaan obat yg terjangkau ya.

    ReplyDelete
  2. Pemantauan soal obat yang beredar, keren banget ini tugas PAFi. Sebab jangan sampai masyarakat di sana mengonsumsi obat yang belum terpantau keamanannya ya

    ReplyDelete
  3. Nah ini saya baru tau ternyata yang membuat atau meracik obat-obatan itu ada bidang khusus ya, disebut juga ahli farmasi. Berarti bukan orang sembarangan yang bekerja sebagai ahli farmasi. Bidang ilmunya juga luas, termasuk eksakta dan ilmu sosial.

    Semoga aja setiap orang yang berada di dalam PAFI ini menjadi orang yang amanah, jujur dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diembannya. Maju terus PAFI demi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia

    ReplyDelete
  4. Terbayang gimana repotnya hidup kita kalau nggak ada para ahli farmasi yang paham tentang meracik obat, yang tak kenal lelah mengusahakan keberadaan obat terbaik untuk berbagai penyakit.

    ReplyDelete
  5. Saya setuju jika kehadiran PAFI turut berperan dalam menjaga kesehatan masyarakat. Hal ini dengan kontribusi mereka dalam mengedukasi masyarakat awam mengenai obat-obatan. Bagaimana pun, obat bisa menyembuhkan bila digunakan dengan benar. Bisa sebaliknya jika penggunaannya keliru.

    ReplyDelete
  6. PAFI ini kalau di kedokteran apakah sama dengan IDi ya Kak posisinya? Sebagai wadah atau organisasi bagi para apoteker. Tugasnya banyak juga ya. tapi tetap kebermanfaatannya tidak tersisihkan.

    ReplyDelete
  7. bagus nih organisasi kaya gini, apalagi di daerah2 biar bs jd wadah para tenaga kesehatan plus jg bs sering2 bikin edukasi kesehatan utk masyarakat di pelosok daerah

    ReplyDelete
  8. Besar banget nih peranan PAFI untuk Indonesia. Khususnya. PAFI Aceh Tengah yg masih butuh banyak tenaga ahli farmasi ya buat bantu warganya dapet informasi terkini seputar kesehatan dan memberikan pelayanan medis yg gercep.

    ReplyDelete
  9. Wah, aku baru dengar mba. Tapi maa shaa Allah ada PAFI yang memiliki niat dan tujuan mulia. Nilai kebermanfaatannya sangat besar untuk masyarakat. Ini harus didukung agar kebermanfaatannya dapat dirasakan lebih luas oleh masyarakat.

    ReplyDelete
  10. Oh jadi ini semacam organisasi yang mewadahi sesama farmasi untuk berbagi informasi ya. Kehadiran PAFI ini bisa membantu masyarakat terkait ketersediaan obat, jadi salut

    ReplyDelete
  11. semoga semakin banyak organisasi mulia macam ini :) semakin memberikan banyak harapan untuk manusia ya. sehat-sehat yang punya ide, keahlian dan kemauan untuk membentuk wadah seperti ini

    ReplyDelete
  12. Baru denger kalo farmasi juga ada organisasinya seperti IDI. Cuma memang lebih baik sih kalo punya organisasi. Kalo ada maslaah harapannya bisa kayak IDI yang bantu banget menyelesaikan masalah.

    ReplyDelete
  13. Wah, keren sekali
    Apa yang dilakukan PAFI untuk masyarakat Aceh sangat inspiratif
    Ikut berjuang melakukan edukasi seputar kesehatan

    ReplyDelete
  14. Selamat PAFI semoga segera diikuti masyarakat Indonesia. Dengan adanya organisasi apoteker itu meringankan

    ReplyDelete
  15. Wah bagus nih ada organisasi seperti PAFI Aceh Tengah yang kehadirannya bisa mengedukasi masyrakat terkait penggunaan obat-obatan termasuk untuk ketersediaan obat yang dibutuhkan

    ReplyDelete