Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Platform untuk Menonton Drama China Secara Legal

Nonton drama China secara legal

Halo, semuanya. Setelah beberapa kali mereview Drama China, tak sedikit yang menyakan di mana nonton drama tersebut secara legal. Ya, kita tahu memang ada beberapa situs yang menyediakan secara ilegal. Namun, sebagai pencinta drama, saya selalu menyarankan untuk menonton di platform legal.



Deretan Platform Legal untuk Menonton Drama China


Tak perlu basa-basi, yuk langsung cap cus.

1. WeTV


Tampilan WeTV

Di Indonesia mungkin belum lama platform WeTV ini hadir. Pasalnya aplikasi untuk menonton drama ini lahir untuk global di tahun 2019, itu pun pertama kali muncul di negara Thailand. WeTV adalah nama lain untuk Tencent Video yang merupakan platform streaming video terbesar di Tiongkok yang berpusat di Beijing, China, yang diluncurkan pada tahun 2011.

Sekarang, WeTV sudah hadir di mana saja, bukan hanya di Indonesia tapi juga sudah ke Eropa dan Amerika. Untuk itu tak heran ketika Drama China yang tayang di WeTV cepat booming. Selain Drama China, di WeTV juga menanyakan Drama Korea dan Drama Asia lainnya.

Bahkan khusus untuk WeTV Indonesia juga kerap menayangkan drama lokal yang tak kalah menariknya, seperti My Lecturer My Husband, Harus Kawin, Antares, Teluk Alaska, Layangan Putus, dan lainnya.

Biaya langganan WeTV untuk akun baru sebesar Rp 19.000 sebelum PPN, termasuk PPN ya Rp 21.000 an per bulan. Sedangkan untuk selanjutnya kisaran Rp 45.000 sebulan.

Saya sudah lama enggak berlangganan WeTV, nonton serial yang gratis saja. Biasanya drama lawas. Tapi pas bulan Maret kemarin The Legend of ShenLi muncul, saya tak mau ketinggalan, dong. Jadinya berlangganan lagi.

2. iQIYI


Tampilan iQIYI

Sama seperti Tencent Video, iQIYI juga berasal dari China. Usia iQIYI lebih tua satu tahun dari Tencent. iQIYI diluncurkan pada April 2010 dan berpusat di Beijing, China. iQIYI dan Tencent memang sering melakukan persaingan yang cukup luar biasa. Bahkan untuk penayangan drama utama, mereka kayak intip-intipan.

Saat ini iQIYI menjadi situs streaming video asal China terbesar di dunia. Hampir di seluruh dunia hadir platform iQIYI ini. Untuk drama yang ditampilkan juga sangat bervariasi. Dari China, Thailand, Korea, Jepang, dan lainnya. Drama yang paling berkesan dari iQIYI buat saya adalah Love Between Fairy and Devil di tahun 2022.

Biaya langgangan iQIYI cukup standard, hanya Rp 39.000 per bulan, bahkan untuk pengguna baru biasanya mendapatkan diskon Rp 19.000. Agar biaya langganan lebih murah, sebaiknya pandai-pandailah memanfaatkan waktu diskon.

3. Youku


Tampilan Youku

Aslinya Youku lebih tua dari iQIYI dan Tencent. Youku sudah lahir sejak Desember 2003. Sama-sama berpusat di Beijing, China. Jadi, kalau ada drama baru tuh suka kayak perang strategi menampilkan artisnya masing-masing dengan drama yang menawan.

Salah satu drama yang membekas dari Youku sampai yang nonton banyak banget adalah Till The End of The Moon yang juga tayang di iQIYI, Netflix, Viki, dan lainnya. Kemudian ada drama My Boss, yang entah kenapa tidak tayang di Youku Indonesia malah hadir di Viu Indonesia.

Biaya langganan Youku dimulai dari Rp 17.000 per bulan, untuk VIP Premium kisaran Rp 23.000 - Rp 25.000 per bulan.

4. Viu


Tampilan Viu

Bukan hanya DraKor yang ada di Viu, melainkan Drama China juga sudah mulai bertengger di sini. Viu berdiri sejak Oktober 2015, dan masuk ke Indonesia di tahun 2016. Markas besar Viu ada di Hongkong, tetapi drama yang hype di aplikasi ini adalah Drama Korea.

Belakangan ini Viu kerap menampilkan Drama China yang sedang trending seperti My Boss, Only For Love, A Journey to Love, The Legend of Anle, Fireworks of My Heart, dan drama terbaru dari China, The Legend of ShenLi juga tayang di Viu.

Untuk menikmati layanan VIP, kita perlu berlangganan sebesar Rp 33.000 per bulan. Dengan begitu, menonton drama kesayangan tanpa hambatan.

5. Viki


Tampilan Viki

Siapa sangka negara tetangga kita menjadi markas Viki (Rakuten Viki)? Ya, Viki ini bermarkas di Singapore, berdiri sejak tahun 2007. Selain itu, Viki juga memiliki kantor di Seoul, Korea Selatan. Dengan begitu, keduanya memiliki kerja sama untuk mempromosikan kebudayan Korea, dari drama, musik, dan lain sebagainya.

Tak heran, kan, mengapa Viki banyak sekali menampilkan Drama Korea. Walau pun begitu. Untuk bisnis tetap saja tak hanya mengambil drama dari satu negara, Viki juga menayangkan Drama China yang top.

Drama China yang tayang di Viki seperti The Legend of ShenLi yang lagi tayang di mana-mana. Kemudian ada Best Choice Ever yang dimainkan Yang Zi dan Xu Kai. Fans-nya Xu Kai wajib nih langganan Viki. Selain itu ada juga Drama Everyone Loves Me, Blossom in Adversity, dan lainnya.

Untuk menikmati layanan di Viki, wajib banget berlangganan dari mulai Rp 15.000 hingga Rp 75.000 per bulan. Biaya menyesuaikan dengan apa yang kita tonton ya, Guys, ya. Semakin lagi hype itu drama, biasanya semakin mahal juga untuk langganan.

Penutup


Well, itulah lima platform untuk streaming nonton Drama China yang legal. Sebenarnya masih banyak, tapi yang setahu saya baru itu yang hadir di Indonesia untuk tayangan legalnya. Kalau di China sendiri ada banyak seperti Hunan TV, Mango TV, LeTV, dan lainnya.

Selain itu, tak jarang juga platform global seperti Netflix, Iflix juga turut menayangkan Drama China, terutama yang banyak penontonnya.

Okay, buat teman-teman yang ingin nonton secara legal, itu ya platformnya. Kalau teman-teman ada platform lainnya, boleh share di kolom komentar, ya. Terima kasih. 🙂
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

40 comments for "Platform untuk Menonton Drama China Secara Legal"

  1. Aku cuma pernah pake WeTV dan VIU. Iqiyi itu femes banget di kalangan kerabat/temen yang suka drama China. Tapi aku ngerasa gak ada energi sebab episode drama China ini biasanya buanyaaak banget haha. Terakhir nonton Go Ahead aja yang sebetulnya Taiwan bukan Tiongkok. Itu pun seingatku hampir 50 episode hwhw

    ReplyDelete
  2. Dulu pernah install app Viu karena dapat free voucher 30 hari tapi yg ditonton bukan drachin hehehhe. Bingung nonton yg mana saking banyaknya. Kalo weTV belum install padahal dapat voucher juga. Sebenrnya harga langganan juga murah ya ga sampe 100rb/bulan.

    ReplyDelete
  3. favorit masih weTV sih. soalnya nanyangin juga series indonesia yang enggak kalah keren. malah banyak series keren di sini.

    ReplyDelete
  4. Wah lumayan murah juga ya mba biayanya, cocok banget ini sama Yang suka nonton drama china ya

    ReplyDelete
  5. Dari kelima platform ini, baru WeTV yang saya pernah berlangganan. Next eksplor yang lain juga deh. Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  6. Daku pernah ceki² Viu, biar bisa sekalian nonton drakor juga sih haha.
    Nah asiknya nonton legal bikin lebih tenang ya, biar jauh dari hal² yang gak enak

    ReplyDelete
  7. Saya sudah pernah nonton di aplikasi WeTV, iQIYI dan Viu. Kalo lainnya belum pernah nyoba. Sayangnya sekarang udah jarang nonton drama lagi, lebih banyak non, di tv aja.

    ReplyDelete
  8. Banyak juga yah channel buat nonton drama China. Aku suka drama China yang zaman kaisar/raja-raja tuh. Seru kalau ada silat-silatnya, plus kostum & hair do cewe-cewenya tuh bagus & unik. Cek-cek ah yg bisa langganan pakai TV, bukan ponsel...Ga enak nonton di ponsel

    ReplyDelete
  9. saya pengguna Viu dulu nih karena ada varshow korea yang tayang disana. Saya gak sadar kalau ada drachinnya juga disana, karena emang fokusnya di drakor.

    ReplyDelete
  10. Sekarang semakin enak nonton drachin Banyak platform yang menyediakan. Enaknya lagi bisa nyambung ke tv android. Jadi nontonnya lebih luas. Kayak wetv. Jadi kalau di rumah, nonton di TV aja hehehe

    ReplyDelete
  11. WeTV, Viu, dan iQIYI emg udh langganan tempat nonton dracin sih. Banyak banget pilihannya dan lumayan lengkap loh di 3 platform itu. Yg lainnya udh familiar tp blm coba secara langsung sih. Kdg ada promo dr operator telekomunikasi utk langganan layanan premiumnya sih biar hemat.

    ReplyDelete
  12. Sekarang drama Cina juga banyak digemari ya. Katanya banyak ceritanya yang ringan tapi seru. Banyak juga sih pilihan aplikasinya, tapi saya tahunya hanya Viu dan WeTV saja.

    ReplyDelete
  13. Wah, seru juga ya perkembangan WeTV sampe sekarang! Emang bener, drama-drama yang mereka tayangin tuh bikin keselip banget, dari yang lokal sampe internasional. Langganan bulanan juga masih terjangkau, apalagi dengan konten-konten baru yang bikin penasaran kayak The Legend of ShenLi. Keren nih, jadi semakin banyak pilihan buat nonton di kala senggang! 🎬🌟

    ReplyDelete
  14. Wah iya kata temanku Drachin lagi booming nih, ceritanya lebih seru daripada drakor. Ikut penasaran juga gimana Drachin, coba download deh

    ReplyDelete
  15. Cuma tau WeTV sama VIU, dan baru rau juga kalo langganannya semurce itu, xixixi..

    ReplyDelete
  16. Saya hanya punya aplikasi Viu aja nih buat nonton tayangan kesukaan
    Tapi itu juga sekarang udah jarang banget nonton secara hampir ga ada waktu
    Banyaknya baca dan nulis nih sekarang

    ReplyDelete
  17. Kalo nonton dracin andalanku di iQiyi sih
    lengkap banget filmnya terus biayanya juga terjangkau menurutku

    ReplyDelete
  18. Ternyata platform untuk nonton drama china cukup banyak ya. Saya taunya iQIYI, WeTV, dan Viu. Kalau legal kan bisa tenang nontonnya yaa...

    ReplyDelete
  19. Banyak platform nonton drama China yang juga aku pakai kak.. Tapi ada juga yang baru dengar pertama.

    ReplyDelete
  20. Wah makin banyak saja ya streaming platform dengan ragam pilihan menarik dan juga harga yang terjangkau, tinggal pintar2 memilih saja kitanya :)

    ReplyDelete
  21. Betul. Banyak lho pilihan platform menonton legal yang bisa dijajal untuk menemukan drama atau serial kesayangan. Sebagai pelanggan Viu, saya banyak menemukan dracin di sana. Bahkan beberapa film hits dari negeri tirai bambu ini pun, tersedia.

    ReplyDelete
  22. Ternyata banyak pilihan platform untuk menonton drama china. Izin rekomendasikan tulisan ini ke suami ya, karena dia suka banget nonton drama china.

    ReplyDelete
  23. aku cuman tahu viu karena biasa nonton disana tapi buat nonton drakor. tapi iQIYI juga sering nemu nih rekomendasinya di google juga weTv. yang suka nonton drama china seneng banget pastinya, banyak banyak platformnya

    ReplyDelete
  24. Drama china tuh ternyata ga kalah bagus jiga sama drama korea yaaa kak.. iyes aku juga download iQiyi nih buat nonton drama china terfavorit.. hihi

    ReplyDelete
  25. Wah banyak juga ya ternyata platform yang bisa digunakan untuk menonton drama china secara legal. Yang aku tau cuma platform WeTV . Bisa nih besok-besok coba pakai platform yang lainnya.

    ReplyDelete
  26. Viu paling sering dipakai :)) Banyak platform gini juga jadi banyak pilihan buat menemukan drama yang menarik.

    ReplyDelete
  27. weTV, iQIYI sama viu tempat streaming kesukaan saya sih kak untuk nonton drachin. Biaya langganannya di 3 platform tersebut juga menurut saya terjangkau banget

    ReplyDelete
  28. Yang paling familier dan ada di tvku tuh yang WeTV dan VIU. Tinggal langganan aja ntar bakalan bebas memilih mana saja film kesukaan kita.

    ReplyDelete
  29. wah ternyata banyak juga platform untuk menonton drachin ini yaa dan sepertinya lagi diminati ibu-ibu, soalnya ceritanya seru

    ReplyDelete
  30. kalau aku recommended VIU sih. original-originalnya biasanya bagus, apalagi kalau langganan

    ReplyDelete
  31. Nah, point utamanya, pokoknya harus banget bin wajib nonton itu di platform legal. So far, aku baru pernah berlangganan Viu dan WeTV saja. Itu pun untuk nonton series Indonesia original mereka.

    ReplyDelete
  32. Dah lama ga nonton drama china. Terakhir meteor garden taun berapa itu ya lama bgtttt

    ReplyDelete
  33. Biasanya aku langganan VIU buat nonton drakor sih. Ternyata aku juga bisa nonton drama China juga. Mana aku lagi seneng banget nonton drama China. Kirain nonton draChin cuma di WeTV doang.

    ReplyDelete
  34. Dari kelima list di atas, Viki satu-satunya platform yang baru dan sama sekali belum pernah aku coba mba. Kira-kira drama korea di Viki juga lengkap seperti di Netflix atau Disney hotstar gak ya mba?

    ReplyDelete
  35. wah, molly sih selama ini senengnya nonton drama korea sih di platform2 itu. seringnya pake viu tuh lengkap dan gratis. jarang nonton dracin, but anyway thank you infonya.

    ReplyDelete
  36. Saya familiar dan biasa menggunakan WeTV, VIKI dan Viu sih.. tapi kalau yang lainnya masih belum pernah. Mungkin nanti saya akan mencoba Youku dan iQIYI.. mari kita bandingkan mana yang paling lengkap drama Chinanya.

    ReplyDelete
  37. Asiikk~
    Ada banyak OTT yang bisa bantu para penggemar dracin buat nonton series kesukaannya. Biasanya suka ada yang di OTT ini ada, di sana, ga ada. Jadi, literally kudu instal semua yaa, ka Ery..

    ReplyDelete
  38. saya juga sering nih nonton dracin, biasanya sih di We Tv kebetulan ambil yang langganan setahun, kalau ndak salah pernah nonton di VIU juga.
    Naah, penasaran nih nonton di Iqyi itu, sering banget lihat iklannya pas, kapan-kapan coba juga ah.

    ReplyDelete
  39. Sekarang drama cina juga makin populer yaa apalagi juga sudah ada banyak ott legal buat menonton ya jadi banyak tontonan deh

    ReplyDelete
  40. iqiyi, viu, dan wetv emang platform yg paling sering nayangin drama china.. Sering liat iklannyaa..
    Jujur aku belum pernah langganan di Iqiyi sih..

    ReplyDelete