Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Penting PAFI Kota Pangkalpinang yang Selalu Ada Bagi Masyarakat

Sejatinya kesehatan adalah hal yang sangat penting dan utama. Setiap daerah menargetkan masyarakat yang sehat, cerdas, dan terus bisa berkarya. Berhubung kesehatan merupakan hal penting, pemerintah bekerja sama dengan berbagai stakeholder yang ada dari perkotaan sampai ke daerah bahkan hingga ke pelosok negeri. Tujuannya tak lain agar kesehatan masyarakat terjamin.

Seperti halnya di Kota Pangkalpinang, terus berupaya mendorong, menyemangati, dan mewujudkan masyarakat yang sehat. Hal itu dilakukan bersama-sama dan saling bergandengan tangan dengan Perkumpulan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Pangkalpinang. Di mana PAFI Kota Pangkalpinang juga berperan penting dan aktif bagi kesehatan masyarakat setempat.



Peran Penting PAFI Kota Pangkalpinang Bagi Masyarakat


PAFI Kota Pangkalpinang

Berikut merupakan peran penting PAFI Kota Pangkalpinang.

1. Bersinergi dengan Balai POM Kota Pangkalpinang


Dalam upaya meningkatkan kepatuhan terhadap undang-undang, PAFI bersinergi dengan Balai POM Pangkalpinang terkait pengelolaan obat, sarana dan prasarana kefarmasian, dan juga pengawasan full terkait peredaran obat di daerah.

Selain itu, mengajak seluruh layanan kepada masyarakat baik di rumah sakit, Puskesmas, Apotek, dan tempat klinik lainnya, haruslah memberikan layanan kesehatan yang baik dan profesional.

Mengutamakan pelayanan kepada masyarakat secara adil dan tidak pilih kasih. Serta turut mendampingi masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

2. Aktif Mensosialisasikan Kesehatan Kepada Masyarakat


PAFI Kota Pangkalpinang terus bergerak memberikan sosialisasi kepada masyarakat di Pangkalpinang. Betapa pentingnya nikmat sehat yang harus selalu dijaga. Menjalani gaya hidup sehat dan seimbang. Program Gerakan Masyarakat Sehat harus dijalankan dengan baik dan rutin.

3. Turut Serta dalam Pencegahan DBD


Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah salah satu virus yang sangat berbahaya. Bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa. Penyebarannya juga bisa sangat masif ketika tidak ada penangunggalangan dan upaya yang serius.

Seperti halnya saat ini, di beberapa daerah kasus DBD sedang melonjak lagi. Sehingga PAFI Pangkalpinang bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Dilakukan bersama dari berbagai elemen masyarakat.

Melakukan PSN ke rumah-rumah warga, mengedukasi dan membantu warga melakukan 3M (menguras, menutup, dan mengubur) yang memicu untuk berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti.

4. Turut Serta Mengedukasi Masyarakat Betapa Pentingnya Imunisasi


Bersinergi dengan lembaga kesehatan masyarakat, PAFI Kota Pangkalpinang terus berupaya mensosialisasikan betapa pentingnya imunisasi untuk bayi dan balita.

Dalam hal ini, diharapkan para orang tua peduli dan melindungi anak-anaknya dari berbagai penyakit dengan cara vaksinasi. Pencegahan penyakit tersebut sangat penting agar anak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Sehingga generasi yang akan datang merupakan generasi emas yang sehat dan mampu bersaing di era globalisasi.


5. PAFI Kota Pangkalpinang Aktif di Media Sosial untuk Memberikan Seputar Info Kesehatan


Baik melalui pesan pribadi atau di media sosial, mereka aktif memberikan info kesehatan dari jadwal imunisasi, pemantauan kesehatan lansia, cek kesehatan gratis, dan lainnya.

Untuk memudahkan, PAFI Kota Pangkalpinang kini juga sudah mempunyai website resmi pafikotapangkalpinang.org. Website ini nantinya akan digunakan untuk memberikan berbagai informasi kesehatan, bidang farmasi, dan lainnya.

Dengan sebuah website nantinya segala informasi akan mudah untuk disebarluaskan. Semoga website pafikotapangkalpinang.org bisa memberi dampak positif kepada seluruh masyarakat Kota Pangkalpinang.


6. Turut Serta Terlibat dalam Uji Kompetensi SMK N 5 Pangkalpinang


PAFI Kota Pangkalpinang yang merupakan bagian dari PAFI Bangka Belitung turut terlibat dalam melakukan Uji Kompetensi SMK N 5 Pangkalpinang.

Uji Kompetensi tersebut melibatkan praktikum membuat resep. Kemudian ada aja Uji Keahlian Manajemen Farmasi yang meliputi pelayanan di apotek serta administrasi apotek. Uji kompetensi tersebut dilakukan dengan cara praktek dan tertulis.

Dengan begitu, diharapkan lulusan SMK N 5 Pangkalpinang, menjadi lulusan yang terbaik karena mengerti dan paham tentang obat, cara membuat resep dan layanan di apotek. Sehingga ketika menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi akan semakin bagus ilmunya untuk diterapkan dan melayani masyarakat.

Itulah beberapa hal yang merupakan peran penting PAFI Kota Pangkalpianng. Selain hal yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak banget, lho. Betapa pentingnya peran PAFI di setiap daerah.

Semangat PAFI Kota Pangkalpinang


Meski sudah banyak bersinergi dengan berbagai stakeholder di Kota Pangkalpinang, PAFI akan terus mengupayakan berkembang. Akan fokus pada manajemen anggotanya agar semakin bagus, dan juga konsentrasi terhadap bidang farmasi. Tak lupa juga akan terus membersamai masyarakat Kota Pangkalpinang agar semakin sehat.

Selain itu, juga akan kritis terhadap sebaran virus. Sebelum ada dampak buruk lagi dari pandemi, PAFI akan melakukan pencegahan dan penanggulangan peredaran virus. Terus berupaya menginisiasi berbagai program agar tidak ada sebaran virus lagi.


Penutup


Demikian sedikitnya informasi tentang PAFI Pangkalpinang. Kegiatan dan upaya mereka sangat bisa dicontoh oleh lembaga atau bahkan masyarakat mana pun. Pasalnya, kesehatan sejatinya adalah tanggungjawab kita semua.

Hidup sehat atau tidak adalah pilihan kita. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga tanggungjawab kita. Semakin baik apabila masyarakat dan PAFI terus bergandengan tangan.

Well, setuju banget sih, bahwa ketika kita bersama-sama menjaga kesehatan, maka hasilnya akan lebih baik. Untuk informasi lebih lanjut tentang PAFI Kota Pangkalpinang bisa diakses di https://pafikotapangkalpinang.org.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

28 comments for "Peran Penting PAFI Kota Pangkalpinang yang Selalu Ada Bagi Masyarakat"

  1. Sempet diskusi soal PAFI nih di grup blogger. Adanya PAFI yg tersebar di banyak daerah di Indonesia, pasti membantu segala aktivitas farmasi ya, termasuk sosialisasi obat yang masih awam diketahui masyarakat setempat.

    ReplyDelete
  2. Aku tadinya engga tahu loh ada organisasi bidang kesehatan, namanya PAFI. Aku tahunya cuma IDI doang. Padahal apalah artinya dokter kalau engga ada obat kan. Penting banget deh farmasi tuh dalam bidang kesehatan.

    ReplyDelete
  3. semoga PAFI bisa memberikan kontribusi lebih buat perkembangan farmasi di Indonesia dan semuanya. Tak lupa bersinergi dengan organisasi lain untuk memajukan kesehatan di Indonesia

    ReplyDelete
  4. Pafi kota Pangkalpinang semoga tetap menginspirasi.
    Salut dengan segala kegiatan dan masih juga berpartisipasi mengedukasi masyarakat akan pentingnya Imunisasi. Di daerah biasanya kan masih banyak yg kontroversi akan soal imunisasi itu

    ReplyDelete
  5. Pafi di Jakarta sepertinya belum pernah dengar. Apa saya yang kudet ya?

    Berperan serta dalam uji kompetensi di sekolah kejuruan juga ya

    ReplyDelete
  6. PAFI ini juga bisa menjadi gatekeeper jika (amit-amit) kedepannya ada masalah yang berkaitan tentang kefarmasian di wilayah tersebut

    ReplyDelete
  7. Iyaa Kak. Sehat itu nomor satu. Untung ada PAFI ya sebagai organisasi yg memayungi para ahli farmasi. Jadi bisa jadi jembatan antara masyarakat dan ahli farmasi.

    ReplyDelete
  8. enak banget ya para ahli Farmasi di Pangkalpinang. Jadi kayak punya wadah untuk lebih bersinergi dengan masyarakat.

    ReplyDelete
  9. Dengan berperan aktif dalam bidang kesehatan dan obat²an jadi memudahkan dalam mengedukasi masyarakat juga ya. Semangat untuk PAFI Pangkalpinang

    ReplyDelete
  10. Kebayang dong kalo nggak ada ahli farmasi di setiap wilayah. Mungkin proses distribusi untuk masyarakat di daerah bakalan kacau. Beruntung nih ada PAFi sebagai organisasi yang mewadahi para ahli farmasi yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah PAFI Kota Pangkalpinang yang aktif sekali untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Very nice infoooo

    ReplyDelete
  11. Kebayang dong kalo nggak ada ahli farmasi di setiap wilayah. Mungkin proses distribusi obat-obatan untuk masyarakat di daerah bakalan kacau. Beruntung nih ada PAFi sebagai organisasi yang mewadahi para ahli farmasi yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah PAFI Kota Pangkalpinang yang aktif sekali untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Very nice infoooo

    ReplyDelete
  12. Sering lihat PAFI akhir2 ini di postingan blogger, mereka ada project apa yaa kak bisa masif gini? hihi.. PAFI sendiri ternyata udah lamaaa banget yaa usianya sejak didirikan

    ReplyDelete
  13. Dengan adanya PAFI di Pangkal pinang diharapkan mampu memberikan kesadaran kepada seluruh masyarat untuk lebih peduli dengan masalah kesehatan.

    ReplyDelete
  14. Ternyata kiprah PAFI memang sudah banyak ya kak untuk masyarakat sekitar. Apalagi PAFI Pangkalpinang untuk kesehatan dan edukasi masalah obat

    ReplyDelete
  15. Tenaga medis memang jasanya luar biasa, termasuk di antaranya farmasi yang memastikan pasien mendapatkan obat yang benar

    ReplyDelete
  16. Keren sekali ya peran PAFI Pangkalpinang ini. Bisa membantu uji kompetensi anak sekolah lagi. Aku kira uji kompetensi ini hanya utk profesional/perusahaan aja. Ternyata PAFI sangat profesional, bahkan utk kalangan pendidikan.

    ReplyDelete
  17. Tidak hanya tim medis yang terjun ke masyarakat, ahli-ahli farmasi juga turut berperan serta meningkatkan kesehatan masyarakat. Bahkan memiliki cabang organisasi di berbagai kota kabupaten.

    ReplyDelete
  18. Keren banget nih semua kegiatan PAFI, wajib banget dicontoh. Memang yang namanya kebersihan itu harus menjadi tanggung jawab bersama biar sama-sama enak menjalani hidup.

    ReplyDelete
  19. Rupanya PAFI Pangkalpinang selain ikut menggerakkan pemberantasan DBD, juga ikut mensosialisasikan soal imunisasi pada masyarakat. Jadi saling bersinergi dengan tenaga kesehatan setempat untuk menjadikan masyarakat tetap sehat. Sepakat deh, urusan kesehatan masyarakat gini kan butuh kerjasama dan kekompakan banyak pihak.

    ReplyDelete
  20. Setiap daerah di Indonesia itu apa punya PAFI nggak sih? perannya penting banget buat edukasi soal kesehatan, semoga saja tiap daerah ada Pafi.

    ReplyDelete
  21. PAFI dan cabangnya yang ada di banyak kota di Indonesia ini bisa berperan besar dalam mengedukasi masyarakat tentang obat-obatan.

    ReplyDelete
  22. Perkumpulan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Kota Pangkalpinang ini telah memberikan banyak peran penting untuk dunia kesehatan ya kak, utamanya bagi masyarakat Kota Pangkalpinang. Semoga PAFI Kota Pangkalpinang terus berkembang dengan kegiatan yang lebih luas cakupannya..

    ReplyDelete
  23. Peran PAFI Kota Pangkalpinang sungguh banyak dan meluas sehingga dengan payung yang sama, edukasi mengenai kesehatan dan seputaran obat bisa tepat sasaran. Seperti edukasi mengenai vaksin, ini penting sekali agar tidak ada lagi anti-vaksin karena kabar hoax di luaran sana.

    ReplyDelete
  24. Semangat selalu untuk teman-teman farmasis di PAFI. Semoga selalu memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat dalam masalah kesehatan

    ReplyDelete
  25. Pafi ini bisa jadi tempat perlindungan apoteker ya karena kumpulan orang ahli di dalamnya. Jadi bisa sekalian belajar dan berbagi ilmu

    ReplyDelete
  26. Ternyata PAFI tidak hanya aktif di bidang farmasi saja ya kak, tapi aktif secara keseluruhan di bidang kesehatan dan sosial sampai bekerja sama dengan balai POM, dan melakukan edukasi pentingnya imunisasi ke masyarakat

    ReplyDelete
  27. Langkah PAFI bener-bener bermanfaat dan cepat ini, mengingat sata ini kasus DBD lumayan kembali muncul. Apresiasi banget sama kegiatan PAFI ini.

    ReplyDelete
  28. Wah, semangatnya PAFI Kota Pangkalpinang memang luar biasa ya! Mereka benar-benar peduli sama kesehatan masyarakat dan nggak main-main dalam menghadapi pandemi. Dukungan mereka dalam manajemen anggota dan fokus pada bidang farmasi bakal membawa dampak positif besar. Semoga upaya mereka berhasil dan Kota Pangkalpinang semakin sehat dan aman dari virus!

    ReplyDelete