7 Langkah yang Harus Dilakukan Ketika Keluar Rumah di Era Pandemi

Keluar Rumah di Era Pandemi

Kita semua tahu bahwa saat ini, kita sedang melawan pandemi Covid-19. Berbagai cara dan upaya serta kebijakan sudah dikeluarkan agar kita terhindar dari virus tersebut. Kita perlu kerja sama dari berbagai sektor untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini tidak mudah, harus sama-sama waspada dan mematuhi aturan yang sudah berlaku. Dan itu perlu kesadaran dari diri kita sendiri.


Salah satunya ialah dengan menjalani stay at home alias tidak keluar rumah kecuali ada hal penting. Memang dengan begini banyak sekali dampak yang terjadi. Dan juga tidak mungkin kita selamanya akan tetap tinggal di rumah, pasti ada hal yang urgent yang memaksa kita harus pergi. Entah ke kantor, ke pasar, ke fasilitas kesehatan atau lainnya ketika ada hal yang penting. Untuk itu, kita wajib melakukan beberapa langkah yang harus dilakukan ketika keluar rumah.


Baca juga: Tips Simple Agar Betah di Rumah


Dan berikut merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan ketika keluar rumah:


1. Wajib memakai masker

Ini ialah hal yang paling penting ketika kita keluar rumah. Karena bisa melindungi kita dari virus yang akan masuk melalui mulut ataupun hidung. Juga sebagai pelindung orang lain ketika kita sedang sakit. Mengenakan masker saat ini merupakan hal yang wajib

Bahkan ada semboyannya.

Lebih baik sesak napas daripada kehilangan napas.

Nah lho. Ngeri banget, kan?


Baca juga: Serba-Serbi Masker di Saat Pandemi Covid-19


2. Membawa masker ganti

Selain kita mengenakan masker, kita juga wajib membawa masker ganti ketika bepergian. Minimal dua buah, deh. Iya, enggak mungkin dong kita memakai masker seharian, pasti kotor sekali. Jadi, perlu ganti masker.


3. Membawa hand sanitizer

Di masa pandemi begini kita harus sering cuci tangan dengan sabun. Agar kuman-kuman atau virus yang menempel terbuang dari tangan kita. Namun pada saat kita keluar rumah, cuci tangan dengan sabun cukup sulit terlebih ketika di kendaraan. Untuk itu, kita harus siap sedia hand sanitizer kapan saja dan di mana saja. Dan gunakan sesering mungkin atau setelah memegang sesuatu.


4. Menggunakan kendaraan pribadi

Sebisa mungkin kita pergi dengan kendaraan pribadi agar terhindar dari keramaian. Tetapi apabila terpaksa harus menggunakan transportasi umum, sebaiknya memilih yang sepi.


5. Hindari kontak langsung dengan orang lain

Pergi seperlunya. Bertemu orang di jalan atau di tempat tujuan tidak usah bersalaman apalagi sampai berpelukan. Cukup tebar senyum saja, kalau senyum tak terlihat karena kita menggunakan masker, kita ganti dengan anggukan kepala. Sebagai tanda kita menyapa mereka dan saling menghormati.


6. Jangan mengusap dahi, menggosok hidung, mata atau mulut ketika tangan kita kotor

Terkadang, rasa gatal itu datang di area muka, rasanya inggin menggosok atau menggaruknya, tetapi demi kebaikan kita, sebaiknya jangan melakukannya apalagi di saat tangan kita kotor. Sungguh sangat berbahaya kalau hal  itu dilakukan.


7. Sampai di rumah segera membersihkan badan dan pakaian

Setelah bepergian dan sampai di rumah, kita wajib langsung mandi dan mencuci pakaian yang tadi kita kenakan pada saat pergi, kita ganti dengan yang bersih. Hal itu agar badan kita selalu terjaga kebersihannya. Sehingga diri kita dan keluarga aman dari ancaman virus.


Keluar Rumah di Saat Pandemi


Itulah tujuh langkah yang harus kita lakukan ketika pergi keluar rumah. Dan ketika tiba-tiba kita terkena demam tinggi, batuk bahkan letih dan lesu, dan hilang indra perasa serta penciumannya, sebaiknya kita segera melakukan PCR swab test untuk mengetahui kondisi badan kita. Apakah kita positif covid-19 atau hanya batuk-pilek biasa.


Saat ini untuk melakukan PCR Test memang cukup mengantri, tetapi tidak perlu khawatir. Karena sudah ada Halodoc. Dengan Halodoc, kita bisa mengakses informasi rumah sakit terdekat yang bisa untuk melakukan PCR swab test. Selain itu, hasil yang dikeluarkan dari rumah sakit juga cukup cepat.


Selain informasi PCR swab test, Halodoc juga bisa memberikan layanan kesehatan lainnya, seperti tanya-tanya ke dokter, membeli obat, informasi rumah sakit, atau mencari dokter. Karena Halodoc merupakan website yang berisi solusi kesehatan yang lengkap di Indonesia. Sekarang juga sudah ada aplikasinya. Sehingga aksesnya makin mudah, cepat dan praktis. Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi di Halodoc juga sangat lengkap sehingga memudahkan kita yang mengaksesnya. Jadi, orang yang baru membuka aplikasi tersebut langsung paham dan mengerti akan tujuannya, entah tanya ke dokter, mencari rumah sakit atau hal lainnya. Dan semoga dengan adanya Halodoc ini semakin mempermudah orang untuk bertanya-tanya langsung ke dokter tanpa harus pergi tempat prakteknya yang memakan jarak dan waktu. Sehingga kita mampu meminimalisir kontak langsung dengan orang lain.


Baca juga: Halodoc, Satu Aplikasi untuk Menjawab Semua Kebutuhan Kesehatan


Dengan begini, Halodoc memang benar-benar solusi tepat untuk mengatasi masalah kesehatan. Tak perlu ragu lagi, dan juga tak perlu bimbang kalau merasa kurang sehat, tinggal klik Halodoc saja, semua jawaban terbaik pasti ada.


Okay, terima kasih sudah berkunjung di sini. Semoga kita semua diberikan kesehatan.

25 Comments

  1. Makasih mba, tulisannya jadi reminder buat aku nih. Kadang suka lupa kalau abis pergi pergi cuci tangan doang, malah langsung rebahan.. semoga pandemi segera berlalu ya mba

    ReplyDelete
  2. Beneran kudu disipliiinn banget kalo mau keluar rumah.
    Dan protokol kesehatan bener2 kudu dipatuhi ya Mba
    Btw, Halodoc memudahkan banget untuk keperluan kesehatan dan konsul dokter

    ReplyDelete
  3. Memang mesti persiapan tersendiri keluar rumah saat pandemi. Yang utama kita sudah berusaha melindungi diri dan orang lai ya Mbak. Dan jika ternyata ada gejala, halodoc sebagai aplikasi kesehatan layanannya semua ada bisa membantu kita. Aku sudah sering chat dokter dan beli obat. Kini ada rapid dan swab tes juga...wah, salut akan layanannya, maki lengkap saja

    ReplyDelete
  4. Aku masih keluar rumah yang hanya untuk keperluan penting. Gak ada nongkrong-nongkrong atau kumpul gak jelas. Lebih aman di rumah saja. Pas pergi, jangan lupa patuhi protokol kesehatan

    ReplyDelete
  5. Memang keluar rumah di masa pandemi ini kita harus lebih hati-hati dan tetap waspada yah mbaaak. Kesannya emang jadi ribet dan rempong bener, tapi gak papa deh yang penting sehat dan selamat yaaah

    ReplyDelete
  6. menganggukkan kepala, itu jd kebiasaan baru saya gara2 pakai masker. habisnya, senyum manissss pun enggak nampak hahahah.
    Mudah2an pandemi ini segera mereda ya mbak...

    ReplyDelete
  7. Berhubung saya beberapa hari sekali keluar rumah karena pola kerja WFH-WFo, ya kudu disiplin banget pake masker, sedia hand sanitizer di tas dan di meja, rajin semprat semprot disinfektan juga...Semoga pandemi ini mereda ya...tapi kewaspadaan tetap harus terjaga

    ReplyDelete
  8. Aku masih membatasi untuk keluar rumah kecuali untuk belanja mingguan untuk kebutuhan rumah tapi di luar itu aku masih belum berani. Yang paling penting kalau keluar rumah itu harus taat dengan protokol kesehatan.

    ReplyDelete
  9. starter kit yg harus dan wajib dibawa kemana-mana terutama ya kalo kita keluar rumah ya mba, gaboleh sampai ketinggalan.

    ReplyDelete
  10. Iya banget deh, 7 hal ini harus selalu dilakukan saat ke luar rumah. Supaya kita bisa terus sehat, dan keluarga juga bisa terhindar dari ancaman covid 19 ya. Sehat-sehat selalu kita semua.

    ReplyDelete
  11. Halodoc ini memang aplikasi kesehatan andalan banget ya, apalagi di masa pandemi seperti sekarang...

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah, udah auto sendiri dengan 7 hal di atas.
    udah berusaha maksimal tinggal sabar dan ikhlas kuncinyaa yaaa.
    Semoga kita semua sehat selalu dan masyarakat diberikan kesadaran untuk menghindari dulu hal2 yang ga penting di luaar sana.

    ReplyDelete
  13. Penting banget bawa dan sedia masker di dompet atau jok motor. Kadang pas keluar bentar, ada yang lupa bawa masker. Semoga pandemi segera berakhir, aamiin

    ReplyDelete
  14. PCR Swab Test udah jadi kebutuhan ya , Mbak. Ibarat kontrol kolesterol atau gula darah, sebisa mungkin dianggarkan agar tahu kondisi tubuh kita yg sebenarnya.

    ReplyDelete
  15. Tetap lakukan protokola kesehatan di manapun kita berada ya, mbak. Apalagi ketika berada di lokasi yang bamyak orangnya

    ReplyDelete
  16. Jaga jarak yg utama tentunya ya mba. Krn masker kain tdk bs menghalau virus 100%. Kdg orang lengah krn sdh pake masker lalu tdk menghindari keramaian.

    ReplyDelete
  17. Ternyata bisa juga ya mengakses informasi tentang lokasi PCR Swab test melalui Halodoc. Makin lengkap aja nih pelayanan yang diberikan oleh Halodoc, ntabs

    ReplyDelete
  18. Ya Allah semoga kita semua dilindungi oleh Allah ya Kak. Mengingat sekarang ada lagi pandemi belum berakhir. Aku juga sudah menerapkan kesemuanya di atas

    ReplyDelete
  19. pakai masker, anehnya tiap saya senyum ke tetangga walau pakai masker, beliau2 ngeh dan senyum balik. hihi. apa mata ini sudah bs memberikan ekspresi yaaa. sambil angguk2, jd bahasa isyarat yg sering dipakai

    ReplyDelete
  20. Saya setuju mbak, pd prinsipnya kalau gak ada yang penting ngapain keluar rumah ya?
    Walau pakai masker tapi masih kumpul2 berarti ya sama aja ngundang penyakit krn gak jaga jarak ya

    ReplyDelete
  21. Persiapan keluar rumah di masa pandemi ini lumayan banyak ya. Oleh karenanya saya lebih memilih diam di rumah dan keluar sesekali jika ada hal yang penting

    ReplyDelete
  22. Inget banget awal-awal pandemi setelah 3 bulan dirumahaja, lalu kita keluar rumah.
    Dimulai dari ngobrol sama tetangga, belanja di mang sayur...
    Alhamdulillah,
    Sekarang sudah jadi kebiasaan baik yaa..menggunakan masker dan sering-sering membersihkan tangan dengan air dan sabun.

    ReplyDelete
  23. iyaa kadang kita ga bisa menghindar ya mba untuk suatu alasan dan tujuan pergi ke luar rumah daan memang harus dari dalam diri kita sendirinya yang punya komitmen kuat untuk mencegah penularan covid. Hindari keruman dan kontak fisik. menurut saya ini penting banget ya biar ga mudah tertular.. Semoga kita semua sehat2 selalu...

    ReplyDelete
  24. Aku sekarang jadi ngumpulin beberapa masker kain yang motifnya lucu. Lumayan sih menghibur diri hahahaha

    ReplyDelete
  25. saya masih harus keluar rumah sejak awal pandemi, soalnya kantor tidak ada wfh, insya allah tetap sehat hehe. Yang penting jangan berkerumun dan selalu cuci tangan plus bermasker.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)