Wednesday, April 29, 2020

Halodoc, Satu Aplikasi untuk Menjawab Semua Kebutuhan Kesehatan

www.erycorners.com
Bulan Maret 2020 merupakan bulan yang tidak bisa dilupakan begitu saja oleh sebagian orang. Karena apa? Karena tepat tanggal 2 Maret 2020, Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo, menerangkan bahwa dua orang warga negara Indonesia positif Covid-19. Dari berita itu gempar ke mana-mana. Bukan warganya pada lebay, tapi takut. Karena kita, ya kita, awalnya terlalu santai menghadapi wabah ini. Banyak yang menganggap virus itu tidak akan masuk ke Indonesia. Sekalinya masuk, ya sudah kocar-kacir kita.

Dan kini jumlah yang terinveksi Covid-19 di Indonesia makin banyak. Itu semakin membuat diri ini takut dan ngeri. Karena kita tidak tahu virus itu ada di mana dan nempel di siapa. Terlebih saat ini banyak sekali yang mudik atau pulang kampung dari DKI Jakarta ke daerah lainnya. Hal ini terbukti membuat banyak kasus Covid-19 di sejumlah daerah makin meningkat. Belum lagi mereka-mereka yang bepergian ke mana-mana, efeknya luar biasa dalam penyebaran virus tersebut.

Kita yang bukan tim medis sebisa mungkin membantu untuk memutus penyebaran Covid-19 dengan cara berdiam diri di rumah. Iya, menjadi kaum rebahan yang asyik dan menyenangkan, tapi cukup dari dalam rumah saja.

Sementara itu, bagi mereka-mereka yang melakukan bepergian ke luar kota, ketika pulang hendaknya melakukan Rapid Test untuk mengetahui kondisi kesehatannya dengan cepat.

Rapid test merupakan pengecekan melalui sampel darah dari seseorang untuk mendeteksi bahwa orang tersebut terkena Covid-19 atau tidak. Biasanya setelah melakukan rapid test, dilanjutkan dengan test swab sebagai tahap kepastian bahwa orang tersebut benar-benar positif Covid-19 atau tidak.

Namun, melakukan Rapid Test itu bukan perkara mudah, apalagi di daerah, karena harus mengantri di fasilitas kesehatan, sehingga cukup melelahkan dan membuang waktu. Karena belum adanya Rapid Test yang cepat seperti di Jakarta. Iya, bagi warga Jakarta yang ingin melakukan Rapid Test secara cepat dan akurat bisa melalui Halodoc. Sebelum melakukan Rapid Test, bisa melakukan janji terlebih dahulu dengan dokter yang akan melakukannya melalui Halodoc.

www.erycorners.com

Halodoc, satu aplikasi untuk menjawab semua kebutuhan kesehatan

Halodoc merupakan sebuah layanan kesehatan yang berbasis digital. Bisa diakses di website maupun di aplikasi biar lebih praktis. Di sini banyak sekali fitur-fitur kesehatan yang bisa kita temui dan mungkin saja dibutuhkan.

Tahap menggunakan aplikasi Halodoc:
  1. Pastikan install aplikasi Halodoc di smartphone
  2. Register dengan email kita
  3. Perbarui/lengkapi profil kita, karena ketika profil kita tidak lengkap, Halodoc tidak mengizinkan kita untuk mengakses percakapan atau lainnya
  4. Selanjutnya memilih layanan apa yang kita butuhkan

www.erycorners.com

Menggunakan fitur-fitur yang ada di Halodoc
1. Tes Covid-19
Seperti yang sudah saya jelaskan di awal, bahwa degan Halodoc bisa melakukan Rapid Test. Caranya buka aplikasi Halodoc, kemudian pilih menu Tes Covid-19 dan memilih untuk membuat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat. Sementara ini memang masih hanya bekerja sama dengan rumah sakit di wilayah Jabodetabek. 

Dengan adanya fitur ini, memudahkan mereka-mereka yang ingin melakukan Rapid Test dengan cepat dan tanpa harus menunggu lama.

2. Periksa Covid-19
Di menu ini kita bisa chat langsung dengan Halodoc tentang diri kita ini termasuk beresiko tinggi atau tidak. Ada pertanyaan otomatis yang keluar di menu ini dan kita wajib menjawabnya “Ya / Tidak”. Dengan jawaban yang kita berikan ke aplikasi tersebut, di sana akan menganalisa kita beresiko atau tidak.

3. Chat dengan Dokter
Di menu ini kita bisa bebas memilih untuk berkonsultasi tentang apa, dari Covid-19, Dokter Umum, Spesialis Kandungan, Kulit, Psikolog Klinis, Spesialis Anak, Penyakit Dalam, Dokter Gigi dan lainnya. 

Kebetulan kemarin saya coba chat dengan dokter spesialis anak dengan Dokter Nurul Handayani Ardy, Sp.A. Beliau sangat ramah dan mampu memberikan penjelasan yang detail, sehingga saya yang awam mudah untuk memahami bahasanya.

4. Membeli Obat
Layanan selanjutnya yang bisa kita lakukan di Halodoc ialah membeli obat. Ini diarahkan ke apotek terdekat dengan kita. Berbagai kebutuhan kesehatan juga dijual di sini seperti untuk pencegahan Covid-19, Vitamin & Suplemen, Batuk dan Flu, Demam, Saluran Pencernaan, Anti Nyeri, Antibiotik, Kulit dan lain-lain. Atau juga melayani pembelian menggunakan resep, kita foto resepnya kemudian upload. Dan aplikasi Halodoc akan memproses resep yang kita upload tersebut.

5. Membuat Janji dengan Rumah Sakit
Siapa yang malas mengantri di rumah sakit? Ini sangat cocok menggunakan aplikasi Halodoc agar kita tidak perlu capek-capek mengantri di rumah sakit dengan antrian mengular. Menu ini juga sama halnya dengan membeli obat, diarahkan ke rumah sakit terdekat dengan alamat kita.

www.erycorners.com

Itulah lima hal yang bisa kita lakukan menggunakan aplikasi Halodoc. Selain hal tersebut di atas, masih banyak informasi-informasi lainnya yang bisa kita peroleh dengan menggunakan Halodoc. Tentang artikel-artikel kesehatan yang sangat bermanfaat juga hadir di Halodoc, sehingga cocok untuk menjadi bahan bacaan kita untuk menambah wawasan tentang kesehatan. Iya, dari pada kita gabut di rumah aja terus, mendingan kita di rumah sambil baca artikel yang bermanfaat.

Demikian ulasan mengenai Halodoc yang mampu menjawab semua kebutuhan kesehatan. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan terhindar dari penyakit apapun.

Terima kasih sudah berkunjung.

26 comments:

  1. Aku juga pengguna halodoc.
    Super praktis kalau lagi periksa di dokter perusahaan yang kapasitas cadangan obatnya terbatas. Setelah periksa sambil duduk langsung bisa tebus obat dan tring! Datang diantar didepan mata.

    Happy banget denger sekarang halodoc bisa screening covid-19. Bisa konsultasi juga dengan dokter. Huhuh.

    Panjang umur, teknologi :)

    ReplyDelete
  2. Praktis banget ya instal halodoc udah menjawab berbagai kebutuhan. Mantap deh

    ReplyDelete
  3. Senangnya ada aplikasi Halodoc, bikin kita jadi mudah bertanya tentang kesehatan, konsultasi dokter, bahkan pengiriman obat2an :) AKu tahu tentang virus corona juga dari Halodoc. Penjelasannya bagus jadi kita bisa tahu mana yang benar dan hoax ya.

    ReplyDelete
  4. Saya juga setia pakai Halodoc nih dimasa pandemi gini. SOalnya sekarang kan ngeri2 sedep kalau harus ke dokter. Pakai Halodoc dah dpt semuanya. Ya konsultasinya, ya beli obatnya

    ReplyDelete
  5. Halodoc inovatif ya, menyediakan periksa Covid-19 jadi kita bisa cek dari rumah dulu atau tanya-tanya.

    ReplyDelete
  6. Halodoc ini aplikasi yang sangat membantu kita yang saat ini harus di rumah aja dan lagi banyak parno. Informasi seputar kesehatan yang super lengkap di Halodoc bisa membantu kita untuk meredam segala macam kekhawatiran yah.

    ReplyDelete
  7. AKu juga setuju nih kalau Halodoc menjawan semua kebutuhan, karena selain kita bisa beli obat atau pun vitamin. Lewat Halodoc aku juga pernah konsultasi dengan dokter, melakukan perjanjian untuk tes lab juga.

    ReplyDelete
  8. Setuju satu aplikasi buat semua, bagus deh inovasinya. Sekarang semua orang butuh Halodoc biar tetap sehat walau di rumah aja. Nggak usah datang ke dokter juga nggak papa ya, bisa lewat halodoc

    ReplyDelete
  9. Komplit banget aplikasi halodoc. Sy kmrm tebus obat resep anak via aplikasi halodoc. Mereka udah krjsama dgn gojek . Obat smp sekitar 40 menit

    ReplyDelete
  10. Belom donwload halodoc, nanti dicoba deh. Semoga Pandemi ini segera berlalu, ya, dan kita bisa kembali beraktivitas

    ReplyDelete
  11. Halodocs dulu awal2 cuma baca2in artikel kesehatan di sana aja, selanjutnya pernah coba konsul dokter bayarnya jg gak terlalu mihil. Walau konsul dokter gak bisa menggantikan periksa tatap muka tetep bisa kasi saran ya mbak, apalagi di masa seperti sekarang

    ReplyDelete
  12. kehadiran Halodoc Sebagai Layanan kesehatan yang bisa akses hanya dalam genggaman (smartphone)
    Praktis dan simpel dengan berbagai fitur yang membantu masyarakat

    ReplyDelete
  13. Layanannya halodoc sekarang lengkap ya mak. Membantu para mamak nih. Tinggal pilih sesuai kebutuhan

    ReplyDelete
  14. aku juga menikmati informasi yang penting di plaform kesehatan digital ini. Dan memang praktis bangeet plus membantu yaaa

    ReplyDelete
  15. Aplikasi yang sangat lengkap ini. Apalagi di saat #diRumahAja seperti sekarang, sungguh halodoc bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  16. Sayang ya rapid testnya baru tersedia di Jakarta, semoga segera merambah ke daerah lainnya.
    Halodoc memang membantu banget ya untuk masalah kesehatan

    ReplyDelete
  17. Untung ada halodoc ya, membantu banget urusan kesehatan online di tengah masa pandemi ini...

    ReplyDelete
  18. Baca juga saat ini harus banyak memilih yaa, kak...
    Soalnya kalau yang dibacanya engga berdasarkan fakta, malah jadi berita hoax yang memberikan hal buruk bagi pembacanya.

    ReplyDelete
  19. Di masa-masa ga bisa keluar rumah, menggunakan jasa pelayanan kesehatan melalui app halodoc ini jadi pilihan yang amat membantu. Tanpa perlu kemana-mana kita bisa terkoneksi dengan layanan kesehatan yang kita butuhkan.

    ReplyDelete
  20. Aku juga install halodoc mba karena beberapa waktu lalu sakitku kambuh obattnya ga ada di apotek install halodoc deh

    ReplyDelete
  21. Layanan Halodoc sangat membantu pas banget gusi bengkak ehh pake itu alhamdulillah sembuh

    ReplyDelete
  22. beruntung banget ya kenal aplikasi haladoc biar bisa memantau kesehatan keluarga, juga bisa janji dengan dokter dan RS ya

    ReplyDelete
  23. Aku udah beberapa kali pake layanan halodoc buat psikolog klinis. membantu banget saat lagi sibuk dan susah bikin janji. makin membantu lagi saat mobilitas lagi terbatas gini.

    ReplyDelete
  24. Aku udah coba halodoc sebelum ada corona mba, alhamdulillah sangat terbantu sekali
    sekarang lebih banget dibutuhkan ya, agar orang2 tetep tidak kemana-mana biar aman

    ReplyDelete
  25. Iya euy, aku juga merasa terbantu dengan aplikasi halodoc ini, terutama sejak pandemi ini menyuruh kita isolasi mandiri.

    ReplyDelete
  26. aku juga sekarang instal halodoc karena sangat bermanfaat sekali :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)