Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Support UMKM Naik Kelas dengan Pembayaran QRIS sooltanPay

Pembayaran QRIS sooltanPay

Salah satu pemegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kita dapat berbangga karena makin hari para pelaku UMKM terus bertambah dengan berbagai inovasi dan kreativitasnya.

Sektor yang diambilnya pun beraneka ragam, dari fashion, kuliner, beauty, travel, pendidikan, peralatan rumah tangga, dan lainnya.

Baca juga: Ratu Cimol Banyumas, The Real Ratu untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga dan Mereka yang Kurang Mampu

Untuk menunjang kelancaran para pelaku UMKM, juga harus diimbangi dengan teknologi yang kian cepat maju. Salah satunya adalah menyediakan pembayaran yang cepat, mudah, dan cashless dengan menggunakan metode QRIS.


Pengertian Tentang QRIS

Sebelum lebih jauh membahas betapa erat kaitannya pelaku UMKM dengan pembayaran QRIS, kita cari tahu terlebih dulu apa itu QRIS?

Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) adalah standar kode QR yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia untuk melakukan transaksi keuangan dengan cara non tunai.

Pembayaran menggunakan QRIS akan lebih aman, cepat, dan mudah, karena pembayaarn dilakukan dari smartphone dengan cara memindai kode QR.

Ketika penjual atau pelaku UMKM menerapkan pembayaran melalui QRIS, kita sebagai pelanggan dimudahkan untuk melakukan pembayaran melalui aplikasi bank atau e-wallet yang sudah kita miliki.

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan QRIS

QRIS sooltanPay

Tak ada batasan siapa saja yang bisa menggunakan QRIS, tetapi bisa dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu.

1. Pelaku Usaha atau Pemilik UMKM

Pelaku usaha dengan adanya QRIS dimudahkan  untuk menerima uang langsung masuk ke rekening dengan cara yang lebih cepat dan efisien. Selain itu, membuat nyaman kepada pelanggan yang jarang membawa uang tunai.

2. Konsumen atau Pelanggan

Jujur, ketika saya makan atau belanja, saya lebih bahagia ketika ada pembayaran melalui QRIS, tinggal scan, bisa deh langsung beres pembayarannya. Bagi konsumen seperti kita, membawa uang cash juga rawan jatuh/hilang atau bahkan ada hal lain yang tak diinginkan. Untuk itu, pembayaran dengan QRIS lebih menyenangkan, dan nyaman bagi konsumen.

Baca juga: Acara YEF Purbalingga 2019 Sukses Launchingkan Program Tuka Tuku featuring BukaLapak

Alasan dan Keuntungan Menggunakan QRIS

Baik bagi pelaku usaha maupun konsumen, banyak sekali alasan dan keuntungan yang didapatkan karena menggunakan QRIS. Kira-kira apa saja? Yuk, simak berikut ini.

1. Transaksi Jual Beli Menjadi Cepat dan Efisien

Alasan sekaligus keuntungan yang pertama tentu saja cepat dan efisien. Sebagai konsumen tidak perlu mengeluarkan uang cash yang rawan hilang, dan pembayarannya bisa sesuai dengan nominal harga yang tertera, karena tidak ada pembulatan angka uang yang dibayarkan.

Biasanya ketika kita belanja atau makan di warung, misal total yang harus dibayarkan Rp 50.150,00 kita membayarnya sebesar Rp 50.200,00 atau bahkan Rp 50.500,00. Hal itu terjadi karena penjual terkadang tidak memiliki kembalian receh. Lebih ngenesnya lagi, ada penjual yang memberikan kembalian dalam permen.

Dengan menggunakan pembayaran QRIS tentu saja kita dapat membayar sesuai dengan nominal yang kita belanjakan.

Sedangkan bagi pelaku usaha, adanya pembayaran QRIS bisa bermanfaat karena tidak perlu repot-repot menyediakan kembalian uang receh. Transaksi jual beli bisa dilakukan dengan cepat, serta uang langsung masuk ke rekening.

2. Pembayaran Bisa Dilakukan dari Berbagai Aplikasi Keuangan

Selama aplikasi mobile banking atau e-wallet kita mendukung pembayaran dengan QRIS, kita dengan mudah bisa melakukannya. Pelanggan akan senang karena belanjanya cepat, dan tidak perlu lagi melakukan pembayaran transaksi jual beli dengan metode lama.

3. Bisa Mencegah Peredaran Uang Palsu

Sudah berapa banyak korban uang palsu? Tak terhitung lagi, kan? Tetangga saya sendiri sudah beberapa kali mengalami kerugian menerima pembayaran uang palsu. Dan itu terjadi ketika toko sedang ramai-ramainya, tak sempat mengecek lembaran uang yang diterima dari pembeli.

Untuk itu, disarankan para pelaku UMKM menggunakan sistem pembayaran QRIS untuk mengurangi risiko menerima uang palsu.

4. Terjaminnya Keamanan Transaksi Jual Beli

Pembayaran QRIS sama halnya dengan transaksi antar rekening. Alur uangnya dari pembeli ke penjual. Sebenarnya sesimple itu.

Sebagai pelanggan, sebelum membayarkan sejumlah uang ke penjual, akan ada permintaan persetujuan, biasanya dimintai untuk input PIN atau kode tertentu untuk melakukan transaksi tersebut. Ketika ada transaksi mencurigakan, kita dapat menghalaunya dengan cara tidak menginput PIN atau kode tertentu tersebut.

Sedangkan bagi pelaku usaha, uang bisa diterima dengan aman tanpa harus menghitung lembar demi lembar uang yang diterimanya, karena uang langsung masuk ke rekening penjual.

Itulah beberapa keuntungan melakukan pembayaran denganQRIS. Dan salah satu e-wallet yang mendukung transaksi tersebut adalah sooltanPay. Bahkan sooltanPay ini memberikan layanan QRIS gratis biaya MDR (Merchant Discount Rate) 0% bagi usaha Anda semua. 

Keuntungan lainnya ketika menggunakan QRIS sooltanPay, pencairan saldo bisa realtime H+1 di weekday (Senin – Jumat) ke rekening bank yang Anda daftarkan.

Cara Membuat QRIS di sooltanPay

Saat ini, bagi siapa saja yang mau membuat QRIS tak perlu bingung lagi karena sudah ada sooltanPay. Berikut langkah-langkah untuk membuat QRIS di sooltanPay.

Pendaftaran Akun di sooltanPay

1. Download aplikasi sooltanPay di Android atau di www.sooltanpay.id bagi pengguna iOS.
2. Daftarkan diri. Isi nama lengkap, nomor handphone, dan kode referal jika memiliki. Jika sudah, klik selanjutnya, kemudian akan mendapatkan kode OTP melalui nomor handphone untuk verifikasi pendaftaran.
3. Creat password , kemudian selanjutnya membuat PIN untuk sooltanPay.
4. Membaca syarat dan ketentuan yang berlaku, dan klik setuju.
5. Masukan nomor handphone dan password di halaman utaman aplikasi sooltanPay.
6. Kemudian input PIN, dan konfirmasi.
7. Yes, selamat sudah teregistrasi di sooltanPay.

Tutorial selengkapnya bisa cek di video berikut:


Upgrade Akun dan Cetak QRIS

Tahap selanjutnya adalah untuk upgrade akun dan cetak QRIS.

1. Pada halaman utama sooltanPay, pilih menu ‘Upgrade Akun’
2. Klik ‘upgrade akun’.
3. Isi nama lengkap, kemudian upload foto KTP dan foto diri dengan KTP, klik simpan.
4. Tahap selanjutnya isi alamat rumah dengan tepat sesuai dengan yang tertera di KTP.
5. Tahap rekening isi nama bank penarikan, perlu diingat nomor rekening yang sudah terdaftar tidak dapat diubah.
6. Kemudian pada data usaha bisnis atau bisnis, cek syarat ketentuan untuk upload foto usaha atau toko yang dimiliki.
7. Juga bisa upload foto diri dengan produk, jika usahanya menggunakan toko online, upload screenshot profile toko dari platform online yang digunakan.
8. Selanjutnya alamat usaha atau bisnis, diisi lengkap. Jika alamat usaha atau bisnis sama dengan alamat rumah, cukup klik atau centang ‘gunakan alamat rumah’.
9. Upgrade akun memerlukan proses selama 1 hari.
10. Setelah selesai diupgrade akan ada notifikasi ‘Selesai Upgrade’.
11. Akun yang sudah diupgrade bisa cetak QRIS, klik menu ‘Pembayaran ‘ pada laman Home di aplikasi.
12. Jika QRIS usaha Anda sudah muncul, selanjutnya klik ‘simpan’, dan kode QR tersebut siap untuk dicetak.
13. Selanjutnya tempelkan sticker QRIS sooltanPay yang sudah dicetak di depan kasir. Sehingga pembeli ketika membayar bisa langsung untuk men-scan-nya.

Untuk selengkapnya bisa cek video tutorial berikut ini:


Langkah yang sangat mudah untuk mendapatkan QRIS bagi pelaku UMKM. Di sooltanPay, selain sebagai transaksi jual beli, juga bisa sebagai pencatatan transaksi dan laporan keuangan secara digital. Sehingga pemilik usaha tidak perlu repot melakukan pencatatan dan pembuatan laporan keuangan secara manual.

Adanya pembuatan QRIS sooltanPay membuat UMKM menjadi naik kelas. Mereka bisa mengantisipasi pembayaran yang terintegrasi dan mampu menarik konsumen.

Pada aplikasi sooltanPay juga terdapat berbagai menu untuk melakukan pembayaran Top Up dan Tagihan.

Berbagai Macam Top Up dan Tagihan Termurah di sooltanPay

Selain untuk membuat QRIS, di sooltanPay kita juga dapat berjualan pulsa, paket data, token listrik, pembayaran PLN, voucher game, top up e-wallet, dan membayar tagihan lainnya.

Keuntunganya adalah selain untuk memenuhi kebutuhan pribadi, kita juga dapat menjual ke orang lain yang membutuhkannya. Entah itu pulsa, paket data, dan produk digital lainnya, termasuk untuk pembayaran BPJS. Wah, sangat praktis, ya. sooltanPay ini cocok untuk semua kalangan.

Baca juga: Ketatnya Persaingan Bisnis Penjual Pulsa

Penutup

Di zaman modern ini, transaksi keuangan semakin berkembang cepat. Sebagai pelaku usaha, terutama UMKM haruslah tanggap dan terus bergerak maju agar UMKM naik kelas. Selain mengikuti berbagai pelatihan, dan mempromosikan produknya, pembayaran menggunakan QRIS menjadi salah satu penunjang UMKM naik kelas.

Karena pembayaran QRIS dinilai lebih mudah, aman, dan cepat, serta membuat pelanggan lebih tertarik ketimbangan melakukan pembayaran dengan uang tunai. Nah, untuk itu, buat teman-teman yang mau melakukan pembayaran transaksi keuangan makin mudah dan menguntungkan, saatnya download sooltanPay di smartphone Anda.

Bahkan saat ini, ketika registrasi sooltanPay bisa mendapatkan saldo Rp 15.000,00 dengan cara memasukan kode referral ‘ERYCORNERS’. So, yuk, buruan registrasi sekarang, dan dapatkan berbagai macam keuntungannya.

Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

43 comments for "Support UMKM Naik Kelas dengan Pembayaran QRIS sooltanPay"

  1. Memasuki Era digital seperti sekaran ini, sudah banyak toko atau merchant yang sudah menerapkan sistem cashless, sehingga memang sebaiknya UMKM juga melakukan hal yang sama, yakni menyiapkan pembayaran dengan menggunakan QRIS, biar UMKM semakin maju dan mampu bersaing.

    Apalagi sekarang sudah bisa mendaftarkan QRIS lewat sooltanPay. Semakin mudah aja ya.

    ReplyDelete
  2. bermanfaat banget ya dengan adanya QRIS ini semuanya jadi serba mudah termasuk banget para pemilik usaha UMKM

    ReplyDelete
  3. Hidup di era digital ini, sebenarnya segala sesuatu semakin dimudahkan, termasuk soal pembayaran ya, Mbak. pakai QRIS, memang pembayaran semakin cepat dan mudah. Tidak perlu protes kembalian pakai permen hehehe. terus mencegah peredaran uang palsu jug.

    ReplyDelete
  4. sekarang emang sebaiknya umkm sudah menggunakan qris yaa soalnya lebih mudah dan pembeli2 juga lebih suka bayar pakai qris

    ReplyDelete
  5. Lebih sat-set-sat-set memang transaksi pembayaran dengan QRIS, karena waktu pun jadi lebih cepat dan praktis buat pihak kustomer maupun penjual

    ReplyDelete
  6. Saat ini QRIS sudah menjadi pembayaran yang umum di masyarakat, apalagi dikalangan anak muda, sehingga mau tidak mau pelaku UMKM juga menggunakan sistem pembayaran dengan QRIS ini, pastinya makin memudahkan proses transasksi

    ReplyDelete
  7. Sebagai pelanggan terbantu banget dengan adanya QRIS. Jadi ga risau belanja atau makan ga bawa uang kertas kalau di tempat pembeliannya bisa bayar pake QRIS.
    Pembayarannya jadi cepat dan jelas aman, tinggal tap, beres deh

    ReplyDelete
  8. Sekarang semua serba mudah ya. Apalagi UMKM juga uda mulai bangkit. Pembayaran Pake Qris juga semakin memudahkan transaksi, bisa cashless dan lebih aman.

    ReplyDelete
  9. Setuju banget kak. Pake pembayaran cashless emg memudahkan bgt. Plus menghindari peredaran uang palsu. Duit pasti masuk rekening kita asal pembeli jg bener2 membayar pake QRIS milik kita. Menguntungkan UMKM bgt sih.

    ReplyDelete
  10. Sekarang semakin hari, semakin canggih.
    Dengan adanya teknologi di perbankan menggunakan QRIS Sooltanpay, mempermudah berbagai jenis transaksi. Gak hanya untuk pemilik usaha, tetapi juga customer. Maka QRIS bisa menjadi pilihan pembayaran yang digemari.

    ReplyDelete
  11. Wah Sooltanpay lengkap bener ini.. ntr instal juga ahh. aku sendiri juga suka bangett bayar pake QRIS hahaha. ngga ribet dan untuk aku yg kartu ATMnya expired dan males benerinnya ke bank ini membantu banget

    ReplyDelete
  12. Belanja pakai Qris memang lebih praktis sih, aku juga lebih suka bayar pakai Qris. Seneng deh, sekarang pelaku UMKM juga bisa nih bayar pakai Qris.

    ReplyDelete
  13. Belanja pakai Qris memang lebih praktis sih, aku juga lebih suka bayar pakai Qris. Seneng deh, sekarang pelaku UMKM juga bisa nih bayar pakai Qris.

    ReplyDelete
  14. Ini pas banget ya untuk UMKM. Selain mempermudaj pembayaran juga memudahkan rekap serta manajemen keuangan

    ReplyDelete
  15. Pembayaran QRIS sooltanPay ini semakin memudahkan transaksi keuangan ya mbak
    Bikin umkm naik kelas

    ReplyDelete
  16. Aku sejak menggunakam QRIS tampak jarang memyediaka uang cahs emang lebih praktis juga sih..

    ReplyDelete
  17. penting banget nih sekarang pelaku UMKM punya juga pembayaran QRIS. karena sistem pembayaran ewallet udah jadi hal yang umum. gak hanya cafe sih menurutku tapi juga UMKM mikro juga

    ReplyDelete
  18. Di era digitalisasi ini UMKM juga harus bisa mengikuti arus, salah satunya menyediakan pembayaran QRIS. Apalagi cara buat QRIS gampang banget, cukup daftar melalui sooltanPay, ya.

    ReplyDelete
  19. Aku termasuk yang sekarang jadi ketergantungan bayar pakai QRIS alias malas bawa uang tunai. Kadang berharap, cobaaa aja di pasar tradisional bisa dibayar dengan scan QRIS. Tentunya harapannya keamanannya ditingkatkan ya. Agar semakin menarik minat banyak orang untuk menggunakannya. Apalagi sampai bisa buat bayar bpjs dan tagihan lainnya

    ReplyDelete
  20. Sekarang memang dipermudah dengan adanya Qris. Terhindar dari uang palsu juga. Btw untuk Qris sooltanPay ini apakah konsumen kena charge setiap transaksinya? karena beberapakali saya pernah pakai Qris kena charge 3000/ transaksi

    ReplyDelete
  21. Di era yang serba cashless ini, teman-teman UMKM juga layak mendapatkan kemudahan tersebut ya. Terutama jika mengingat tingkat keamanannya yang tentunya jauh lebih baik, semakin terhindar dari Penipu uang palsu pula.

    ReplyDelete
  22. semenjak ada QRIS aku pun sering mengandalkannya juga buat transaksi. simple ga perlu bawa2 cash dan sekarang udah banyak juga merchant yang pake QRIS. buat pengusaha2 cocok banget pake ini

    ReplyDelete
  23. Berkat QRIS pembayaran jadi makin mudah dan cepat, serta ngak perlu repot harus bawa uang tunai. Pembayaran dengan QRIS ini juga memudahkan pelaku UMKM untuk menjalankan usahanya tidak hanya menerima pembayaran tapi juga melakukan berbagai transaksi lainnya, seperti Sooltanpay ini.

    ReplyDelete
  24. Iya sekarang kita sudah masuk ke era, belanja mudah, bayarnya lebih mudah lagi. Dengan aplikasi pembayaran digital seperti Qris ini banyak yang bisa dihemat. Tenaga dan bahkan kertas. Semoga UMKM kita bertambah maju lagi dengan sistem pembayaran cepat ini ya

    ReplyDelete
  25. Di zaman yang sudah modern ini, transaksi pembayaran sangat berkembang pesat, pembayaran menggunakan QRIS menjadi salah satu penunjang UMKM naik kelas, karena lebih mudah, aman, cepat, dan praktis, maka dari itu di zaman sekarang ini pelanggan lebih suka pembayaran menggunakan QRIS. Kalo menurut saya sih lebih enak ya, gak perlu repot bawa uang tunai, gak takut kembalian kurang juga hihihi

    ReplyDelete
  26. Jadi inget candaan beberapa waktu lalu ttg QRIS, yakni "bagaimana sih kamu membaca QRIS?" Kalau saya biasa baca QRIS (kris) aja, tetapi ternyata ada yang membacanya qi-ris bahkan ada yang kyu-ris. Satu kata, beda2 cara bacanya hehehe.
    Thanks untuk penjelasan step by step bikin kode qris di sooltanpay. Noted..,mana tau suatu saat butuh ini.

    ReplyDelete
  27. Seneng deh sekarang makin banyak yang bisa bayar pakai QRIS saja. Di mana-mana juga sudah bisa, jadi betul-betul minim uang kes. Lebih simpel dan cepet juga saat pembayaran dan paling penting gak perlu cari kembalian yang lumayan lama, hehehe

    ReplyDelete
  28. Metode pembayaran secara cashless saat ini memang sedang Matak. Sesuai dengan perkembangan jaman, sekian praktis, efisien, juga dilindungi alias resmi

    ReplyDelete
  29. aku juga sempat pakai QRIS saat belanja di Indonesia mba. Benar - benar membantu dan praktis pakai QRIS

    ReplyDelete
  30. Pembayaran QRIS sooltanPay membantu umkm dalam melakukan setiap transaksi keuangannya y mbak
    Umkm bisa naik kelas

    ReplyDelete
  31. Aku pengguna QRIS saat bayar membayar, dan ini mudah sekali ternyata ya kalau apply QRIS bagi pelaku UMKM. Ada sooltanPay yang selain sebagai transaksi jual beli, juga bisa sebagai pencatatan transaksi dan laporan keuangan secara digital, bikin ga perlu repot melakukan pencatatan dan pembuatan laporan keuangan secara manual nih

    ReplyDelete
  32. di era digital, umkm memang perlu inovasi termasuk dalam hal pembayaran
    aku pribadipun ya jarang bawa uang tunai, lebih milih pembayaran non tunai, makanya kadang suka bete kalo ada tempat jajan yang ga mau nerima non tonai :))
    bisa dimanfaatkan ini pembayaran pake sooltanpay biar umkm tambah maju

    ReplyDelete
  33. QRIS ini menurutku kalau sekarang tuh wajib banget punya sih, apalagi sebagai alat pembayaran secara digital ya. Karena untuk aku sendiri sangat membantu, apalagi jarang pegang cash ya. Lewat SooltanPay tidak hanya untuk pembuatan QRIS, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk pembayaran atau pembelian ya.

    ReplyDelete
  34. Awal dulu pakai QRIS asing banget sekarang ke mana-mana bawa hp yang ada kuota aja bisa mudah berbelanja. Apalagi UMKM sekarang udah melek digital.

    ReplyDelete
  35. Belakangan aku suka jajan pake Qris ini. Apalagi sekarang makin banyak yang gerai pake alat bayar qris

    ReplyDelete
  36. Baru denger sooltanPay. Bisa buat bayar apa aja ya, termazuk QRIS.

    Memang zaman sekarang enakan apa2 pakai hp, apalgi bayar2an ngk perlu antri lg

    ReplyDelete
  37. Enak banget sekarang yah... Ada QRIS di sooltanPay.
    Selain pelaku usaha yang dimudahkan, pembeli juga pasti seneng banget karena alat bayar cashless uda paling praktis.

    ReplyDelete
  38. wah menarik sekali ini yaa, memang di zaman now apa apa itu dilakukan dengan online kan sudah waktunya umkm punya QRIS agar mudah melakukan transaksi yaa. Bagus ini aplikasi pembayaran qris sooltanpay ini, keren

    ReplyDelete
  39. Sekarang zamannya serba cepat ya mbak, bagkan utk transaksi pembayaran pun dibutuhkan yang cepat namun akurat jd memudahkan pengusaha UMKM juga. Pelanggan juga dimudahkan utk membeli krn udah bisa bertransaksu secara digital.
    Namanya unik Sooltan hehe, emang mengantar usaha jd sultan keknya :D

    ReplyDelete
  40. Sekarang enak kalau jajan tinggal pake hp dgn qris gak perlu dompet. Simple ya

    ReplyDelete
  41. Sangat memudahkan ya pembayaran dengan QRIS gini, baik bagi penjual (pelaku UMKM) maupun bagi pembeli. Ooo baru tahu saya proses pembuatan QRIS ini dengan menggunakan sooltanPay, tapi kalau punya banyak rekening, mesti dipastikan dulu ya rekening mana yang mau dipakai, soalnya nggak bisa diubah kalau sudah diapprove

    ReplyDelete
  42. Wah semakin banyak aja ya aplikasi yang bikin kita melakukan berbagai transaksi keuangan dengan cara cashless. Aku suka nih yang begini. Bikin kita jadi gak perlu bawa banyak uang cash. Aku sering pake nih pembayaran dengan QRIS. Praktis dan aman.

    ReplyDelete
  43. Sekarang juga banyak yang penganut cashless yaa. Hehe karena pembayaran banyak yg non tunai juga sekarang jd semakin enteng deh kantong.. tetep kartunya harus gendut yaa (isi) nya wkwk

    ReplyDelete