Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ratu Cimol Banyumas, The Real Ratu untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga dan Mereka yang Kurang Mampu

Resika Caesaria
Ratu Cimol Banyumas, Resika Caesaria.
Sumber foto: instagram.com/resikacaesaria

Menjadi sukses merupakan tantangan bagi setiap orang yang memiliki cita-cita tersebut. Untuk mewujudkannya banyak cara dan tak pandang usia. Selama dia mau berusaha dan berdoa dengan konsisten, lama-lama kesuksesan akan datang sendiri. Seperti halnya kisah Ratu Cimol Banyumas, merintis usaha sejak usia belia. Masih belasan tahun dia terjun di dunia bisnis jajanan.

Tak merasa malu, gengsi atau rendah diri, gadis itu berani mendobrak paradigma bahwa berbisnis hanya untuk orang dewasa saja. Dia berani mendobrak hal tersebut, membuktikannya usia remaja juga bisa menjalankan usaha.


Sosok yang sangat hebat, keren di kalangan muda-mudi, dan bisa jadi panutan. Dia adalah Resika Caesaria.



Kiprah Resika Caesaria dalam Membangun Bisnis Camilan Cimol


Ratu Cimol Banyumas
Sumber foto: instagram.com/resikacaesaria

Ratu Cimol Banyumas bernama Resika Caesaria atau yang akrab dipanggil dengan nama Cika, mencoba memberanikan diri untuk membuka usaha karena kepepet. Kala itu, di saat usianya masih 16 tahun, ayahnya sudah berhenti bekerja sebagai sopir angkutan. Sedangkan Cika masih harus terus berlanjut sekolah. Untuk membiayai sekolah dan jajan setiap harinya Cika memulai usaha dengan modal Rp 63 ribu.

Gadis ini sangat nekad dari mulai berjualan kue, kemudian batagor. Namun sayang, semua itu kandas di tengah jalan. Hingga suatu hari, dia bertemu dengan pedagang cimol yang baik hati dan mau membagikan resepnya. Mereka pun akhirnya saling bertukar resep.

Dia mencoba resep tersebut, kemudian dia jual di sekolahnya. Rupanya, camilan yang masih terdengar asing di Kabupaten Banyumas itu cukup disambut baik oleh teman-teman di sekolahnya.

Pada awalnya Cika juga ragu untuk berjualan cimol. Merasa takut tidak ada yang berminat untuk membeli jajanan tersebut. Namun, dengan semangat dan optimismenya dia mewujudkan mimpinya sendiri dengan gemilang.

Berjuang Terus Tanpa Gengsi


Ratu Cimol Banyumas
Sumber foto: instagram.com/resikacaesaria

Meski statusnya masih pelajar, Cika terus berjualan, bahkan dia berjualan di rumah, dan ini banyak mendatangkan pembeli. Alasannya sederhana, pembeli ingin menikmati cimol yang masih hangat karena pasti rasanya jauh lebih enak ketimbang yang sudah dingin.

Sambil berjualan, Cika berhasil menamatkan bangku SLTA dan lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih di Purwokerto. Melihat peluang usahanya makin terbuka lebar, Cika tidak minder, justru dia makin bersemangat. Dia berjualan cimol di sekitar kampus sehingga lebih ramai dan banyak pembeli.

Di kampusnya dia juga tidak merasa rendah diri walau berjualan cimol. Dia menjalankan usahanya dengan bahagia dan tekun. Bahkan, dengan ketekunannya itu, Cika mampu mengangkat ekonomi keluarganya. Ditambah lagi, dia berhasil menamatkan pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa.


Kebanggaan lainnya adalah dia mampu merenovasi rumah dan membeli kendaraan dari usaha cimolnya tersebut. Uniknha dia tak mau sukses sendiri, dia bertekad untuk meningkatkan ekonomi masyarakat banyak. Khususnya di daerah Kabupaten Banyumas dan juga seluruh wilayah Indonesia.

Ya, perjuangan Cika tak hanya untuk memperbaiki ekonomi keluarganya, tapi juga memikirkan orang lain yang kurang mampu. Dari usaha cimol dan ketulusan hatinya itulah akhirnya Resika Caesaria dijuluki Ratu Cimol Banyumas.

Ciptakan Waralaba dengan Misi Sosial


Serah terima bantuan gerobak
Sumber foto: instagram.com/resikacaesaria

Bisnis waralaba atau yang kita kenal dengan sebutan franchise makin berkembang dengan pesat dari segala bidang usaha. Tak mau ketinggalan, Ratu Cimol Banyumas pun mengusung franchise untuk mengembangkan usaha cimolnya.

Di tahun 2013 setelah lulus kuliah, Cika makin percaya diri untuk menjalankan bisnis cimol tersebut. Dia mendirikan waralaba dengan nama Made Arizka. Sebuah nama usaha yang diambil dari nama-nama keluarganya. Nama tersebut berasal dari Maksi, Dewi, Agus, Riza, dan Cika. Hingga di tahun 2014, dia semangat untuk meningkatkan perekonomian, dan mencoba menularkan ke lingkungan sekitarnya.

Dari memulai waralaba tersebut, Cika terus berinovasi terhadap produk cimolnya. Cimol yang biasanya hanya terasa gurih, asin, dan pedas, kini jadi bermacam-macam. Ada rasa jagung manis, pedas (spicy), barbeque, balado, keju, dan rasa pizza, bahkan ada pula cimol crispy dengan varian rasa bakso, ayam, telur, sosis, abon, dan hati. Sehingga para pembeli tidak merasa bosan dengan rasa cimol yang itu-itu saja. Maka tak heran, omzet penjualannya mampu mencapai Rp 90 juta per bulan.

Cimol Crispy Ratu Cimol Banyumas
Sumber foto: instagram.com/ratucimolbanyumas



Dalam menjalankan franchise-nya, Cika tidak hanya untuk mencari keuntungan semata, melainkan ada misi sosial di dalamnya. Karena setiap keuntungan yang diperoleh, sebesar 70% untuk mengembangkan usaha, dan 30% untuk misi sosial.


Misi sosial ini luar biasa. Dia memberikan franchise cuma-cuma alias gratis kepada orang yang kurang mampu atau pengangguran. Bahkan, mitra tersebut dibekali modal oleh Cika kisaran Rp 3 - 4 juta rupiah.

Dalam menjalankan bisnisnya, Cika juga memanfaatkan media sosial sebagai marketing. Sehingga dengan mudah untuk menjaring calon konsumen, atau mitra yang yang ingin bergabung.

Dengan kegigihannya itu, di tahun 2014 mitranya sudah mencapai 60-an yang merupakan dari kalangan orang yang kurang mampu, sedangkan di tahun 2020 berhasil menembus 600 mitra. Oleh karena itu, sebutan sebagai Ratu Cimol Banyumas memang tepat disandangkan ke wanita kelahiran Banyumas, 05 Mei 1991 itu.

Hal menarik lainnya adalah, Cika hanya mau menerima mitra dari kalangan ekonomi lemah atau kurang mampu. Yang mana orang tersebut menjualnya sendiri, bukan orang bermodal besar dan nantinya memiliki karyawan sendiri untuk menjualnya. Nilai sosial ini lah yang sangat melekat bagi Sang Ratu Cimol Banyumas, Resika Caesaria.

Terus Belajar dan Mengembangkan Bisnis


Ratu Cimol Banyumas
Sumber foto: instagram.com/resikacaesaria

Menjadi seorang pengusaha muda tidaklah mudah, terlebih lagi apa-apanya dikelola sendiri. Pun demikian sama apa yang dialami oleh Cika. Mengelola usaha cimol, dia juga terus belajar tentang pentingnya pembukuan, harus dibedakan uang pribadi dan uang usahanya. Kedisiplinan itu juga yang membuat usahanya terus berjalan lancar.

Selain itu, untuk menyetujui permintaan dari calon mitra, Cika langsung turun tangan sendiri untuk survey. Apakah calon mitra tersebut layak atau tidak. Biasanya dilihat dari perekonomiannya yang kurang mampu atau pengangguran yang menjadi mitra bisnis Ratu Cimol Banyumas. Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi, calon mitra tersebut bisa menjadi mitra bisnisnya.

Kemudian, dalam menjalankan kerjasama dengan mitra, bagi setiap mitra yang membeli cimol di atas Rp 50.000, akan mendapatkan gratis satu poin sebesar Rp 1.000 yang nantinya bisa dikumpulkan sampai dengan nilai tertentu bisa untuk membeli cimol lagi.

Selanjutnya dengan mitra bisnis yang akan berjualan sendiri, keuntungan yang diambil oleh Cika juga tidak banyak, dia hanya mengambil keuntungan dari bahan bakunya saja. Karena dalam menjalankan kerja sama tersebut, di awal sudah dijelaskan dan ada perjanjian, bahwa bahan baku cimolnya beli ke Cika.

Konsepnya mitra bisnisnya membeli bahan baku cimol ke Cika, kemudian mitra bisnis tersebut mengolah bahan bakunya menjadi cimol dan dijual ke konsumen. Keuntungan yang dimiliki oleh mitra bisnis, sepenuhnya milik mitra bisnis tersebut.

Bahkan kalau ada mitra bisnis yang bermain curang, mereka tidak membeli bahan baku ke Cika, atau bahkan mereka membuatnya sendiri, Cika tidak ambil pusing. Karena niat awal Cika untuk menolongnya, kalau dia sampai bermain kotor seperti itu, biarkan saja itu menjadi urusan Gusti Allah S.W.T.

Penerima Satu Indonesia Awards Tahun 2014


Peraih Satu Indonesia Awards 2014
Sumber foto: instagram.com/ratucimolbanyumas

Kiprahnya dalam menjalankan bisnis serta bertujuan sosial, membuat Resika Caesaria mendapatkan gelar penghargaan Satu Indonesia Awards di tahun 2014 dalam kategori Kewirausahaan. Kala itu di usianya yang masih sangat muda, 23 tahun, Resika Caesaria membuktikan diri bahwa menjadi pebisnis juga tak boleh melupakan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Tangga kesuksesan akan terasa lebih nikmat ketika mampu mengajak orang sekitar juga merasakannya. Karena bagi Cika, dalam kondisi apapun, pada saat mampu atau tidak mampu, dirinya tergerak untuk terus membantu orang lain, khususnya yang penghasilannya masih kurang.

Hasilnya nyatanya pun terbukti, kini gerai Made Arizka ada di Kabupaten Banyumas dan Cilacap. Impiannya terus ingin mengembangkan bisnis sampai ke seluruh Indonesia sedang dirajutnya.

Penutup


Well, kisah Sang Ratu Cimol Banyumas mampu membuka mata kita semua. Bahwa mau merintis usaha bisa dimulai dari kapan saja dan di mana saja. Meski sejak usia belia, bukan menjadi masalah.

“Usia bukanlah hambatan untuk terus berkarya dan berusaha.”

Selain itu, menjadi penolong perekonomian masyarakat sekitar adalah langkah yang mulia dan menjadi contoh untuk kita semua, bahwa sukses harus bersama-sama, bukan hanya untuk diri sendiri.

Sebagai orang yang tinggal di tetangga Kabupaten Banyumas, Cika mampu mengharumkan wilayah eks Karesidenan Banyumas dengan usaha cimolnya. Bahkan sempat viral kala itu di kalangan masyarakat.

Perjalanannya membuat saya tertegun, ingin segera memulai usaha sendiri. Meski semua itu tidak ada yang mulus, tapi ketika kita konsisten dan gigih, Tuhan pasti memberikan jalannya.

Terima kasih sudah membaca kisah yang patut dijadikan tauladan ini, Ratu Cimol Banyumas. Semoga kita bisa mencontoh dari segala kebaikan yang ada dari dirinya.


Sumber refernsi:
  • https://www.satu-indonesia.com/satu/satuindonesiaawards/finalis/ratu-cimol-banyumas/
  • https://www.merdeka.com/jateng/mulai-usaha-sejak-usia-16-tahun-ini-kisah-sukses-ratu-cimol-dari-banyumas.html
  • https://youngster.id/headline/resika-caesaria-berdayakan-ekonomi-masyarakat-dengan-cimol/amp/

Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

42 comments for "Ratu Cimol Banyumas, The Real Ratu untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga dan Mereka yang Kurang Mampu"

  1. Keren banget Cika, memulai usaha jualan sejak usia 16 tahun. Nggak malu, padahal biasanya anak remaja seusia gitu kan lagi seneng-senengnya eksplorasi mencari jati diri, tapi Cika eksplorasi dirinya keren banget, mikir jauh ke depan.

    Sukses terus Cika dengan usaha cimolnya, apalagi bisa membantu banyak orang untuk bisa sukses juga

    ReplyDelete
  2. Masya Allah , ikutan kagum dengan sepak terjang Cika ini, mulai dari bawah dan hingga mendunia cimolnya!

    Dulu cimol kan makanan anak anak ya, bisa menjadi camilan yang diterima semua kalangan tentu sesuatu banget

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah, selalu suka dengan anak-anak muda yg punya semangat berwirausaha kayak gini. Ke depannya nggak perlu repot cari kerjaan malah buka lowongan pekerjaan. Aku juga support anakku buat wirausaha juga, nggak perlu malu

    ReplyDelete
  4. Salut dengan kegigihan dan sifat tidak minder si Ratu Cimol, ternyata dari makanan yang sederhana terdapat celah besar untuk meraih keuntungan asalkan mau bekerja keras dan belajar, kerennya meskipun masih berusia muda tapi sudah memiliki pemikiran untuk berbagi keuntungan serta ilmu dengan orang lain melalui waralaba cimolnya.

    ReplyDelete
  5. Keren banget deh. Masih pelajar udah bisa ngembangin bisnis yang bernilai profit sekaligus sosial

    ReplyDelete
  6. Masya Allah ... salut dengan perjuangan Mbak Cika si Ratu Cimol!
    berawal dari kepepet namun tak pantang menyerah akhirnya Mbak Cika sukses berjualan cimol sampai buanyaaak franchisenya. Emang cocok nih dapat penghargaan!

    ReplyDelete
  7. Emang kalau usaha mau sukses pasti ada barengan sedekah, bukan cuma tekun aja. Mau apapun agamanya pasti diiringin berbagi dan peduli dengan oranglain terutama orang yg kurang mampu. Kayak mba cika nih makin sukses krn dalam setiap keuntungannya 30% utk misi sosial. Keren banget deh.

    ReplyDelete
  8. Wow keren banget ini Cika. Masih muda, semangatnya gigih untuk meraih masa depan. Patut ditiru generasi muda

    ReplyDelete
  9. Keren ya Cika, dengan bisnis yang merakyat bisa meningkatkan taraf hidup orang banya. Wira suaha sosial kayak gini memang ga cuma bicara profit buat diri sendiri tapi kebermanfaatan yang lebih luas. Umur 16 tahun dan udah actio di bisnis, bisnis sosial lagi. pantas mendapatkan award

    ReplyDelete
  10. Saluut dengan anak muda yang bisa sukses dan tetap peduli dengan orang lain. Seperti Resika Caesaria membuktikan diri menjadi pebisnis juga gak melupakan orang-orang yang ada di sekitarnya.

    ReplyDelete
  11. Masih sekolah saja udah bisa mencari peluang bisnis. Pantas sudah dewasa ia terus tergerak hatinya, tidak hanya untuk dirinya dan keluarga tapi juga masyarakat lebih luas. Semangat Cika emang luar biasa ya

    ReplyDelete
  12. Keren sekali Cika ini. Jiwa bisnisnya sudah ada sejak masih berusia 16 tahun dan berstatus siswi. Tapi kuncinya memang bersemangat, pantang menyerah dan tidak minder.
    Salur juga, karena Cika hanya mau bermitra dari orang yang kurang mampu, dengan catatan menjual cimol sendiri. Jadi memang proses perjuangannya lebih terasa. beda dengan orang yang sudah mampu, beli cimol, dan punya karyawan banyak.

    ReplyDelete
  13. Salut banget masyaallah, selalu takjub dengan pengusaha-pengusaha muda yang berani maju, jeli melihat peluang, dan siap menghadapi risiko bisnis..biarpun cimol ini jajanan rakyat, tapi justru kekuatan massa sebagai pelanggan ada di situ yah.

    ReplyDelete
  14. Aku percaya banget sama usia tak menghambat kita untuk tetep berkarya dan berusaha selagi ada kemauan dan kegigihan.
    Sungguh inspiratif banget, RatuCimol Banyumas inispeechless aku pun, smoga banyak yang meniru kegigihannya

    ReplyDelete
  15. Kerennya! Masih muda sudah berbisnis dan oke. Jualan makanan itu emang gak ada matinya karena kan orang harus makan, ada yang doyan nyemil juga. Kalau inovasinya oke, peluang maju lebih besar daripada yang lain

    ReplyDelete
  16. Sosok mba Resika ini inspiratif banget, bahkan memberikan modal lho sekitar 3-4juta untuk membuka lapangan pekerjaan ini, semoga makin besar Ratu Cimol ini dan sampai mancanegara

    ReplyDelete
  17. Mendirikan usaha juga bisa masuk kategori pemenang penghargaan Satu Indonesia Awards yaa.. Selama dan sukses untuk produk Ratu Cimol Banyumas. Senang sekali karena bisa menggerakkan banyak orang sekaligus dengan misi-misi sosialnya yang menginspirasi.

    ReplyDelete
  18. Hebat banget sih perjuangannya Cika untuk merintis usaha yang tak pantang menyerah meskipun pernah gagal bahkan ingin meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Usia boleh muda tapi jiwa bisnis sudah matang

    ReplyDelete
  19. Inspiratif sekali sosok Resika Sang Ratu Cimol Banyumas ini. Setuju jika usia bukanlah hambatan untuk terus berkarya dan berusaha. Salut karena Cika hanya mau menerima mitra dari kalangan ekonomi lemah atau kurang mampu, jiwa sosialnya patut diteladani ini!

    ReplyDelete
  20. Berangkat dari ide sederhana dengan tujuan mulia
    Semoga bisa mengikuti jejaknya untuk perekonomian keluarga

    ReplyDelete
  21. Masyaallah, perjuangan yg tidak sia-sia. Saya fokus ke komitmen dari Mbak Cika yg hanya mau bermitra dengan orang dari golongan tidak mampu. Ini sih sedekah yg tidak langsung memberi ikannya saja, melainkan memsedakahi orang dnegan alat pancing dan umpan sekaligus mengajarkan untuk terus berusaha dengan tekun dan sabar.

    ReplyDelete
  22. Jadi pengusaha memang gak mudah, karena pasti banyak tantangannya. Dan keren banget ini mbak Ratu Cimolnya ini yang dengan misi sosialnya bisa turut mensupport mereka yang kurang mampu

    ReplyDelete
  23. Keren ya kiprah Resika Caesaria dalam memberdayakan masyarakat sekitar, mengangkat cimol jadi sumber bisnis dan penghasilan bagi warga yang bermitra. Padahal cimol bukan makanan asli Banyumas tapi bisa dikembangkan disana

    ReplyDelete
  24. Menginspirasi sekali ratu cimol ini. Meski sudah sukses terus mengembangkan bisnis sambil membantu masyarakat yang kurang mampu untuk berusaha dan bekerja.

    ReplyDelete
  25. Wah...Banyumas juga ada cimolnya yah. Kukira di Bandung aja. Keren ya, dari cimol bisa bergerak membentuk mitra bisnis. Kayaknya ecek-ecek, camilan dari aci. Taunya banyak penggemarnya. Bisa ngalahin pizza nih...

    ReplyDelete
  26. Niat dan berusaha pantang menyerah dengan niat mengangkat perekonomian keluarga dan keluarga lain yang kurang mampu, Cika sungguh membuat salut. Semoga banyak generasi muda terinspirasi dari Ratu Cimol Banyumas ini.

    ReplyDelete
  27. Saya setuju Cika dijadikan icon usaha dan penerima satu Indonesia Awards. Bukan hanya semangat berbisnis nya tapi juga kemuliaan niat dan perjuangannya. Memang sangat menginspirasi ya Cika ini

    ReplyDelete
  28. keren Mba, moga tetap sukse bisnisnya yah dan tetap menebar inspirasi, masih muda juga mba nyahm hehehe

    ReplyDelete
  29. Emg layak sih diberi penghargaan mbak Resika ini. Soalnya franchise tuh biasanya mahal2. Pengusaha kecil yg ingin waralaba malah udh kena cekek duluan krn besarnya modal. Di sini, pengusaha kecil/masyarakat yg ingin jualan cimolnya malah dikasih modal. Fee waralabanya malah gratis. Benar2 misi sosialnya bgs bgt sih. Pantesan aja omzetnya gede. Bnyk yg doain tuh pasti.

    ReplyDelete
  30. Keren banget ya masih muda dan berjiwa enterpreneur banyak banyak anak muda yang punya pemikiran seperti ratu cimol ini bangga indonesia

    ReplyDelete
  31. Mba Cika MasyaaAllah sekali, perjuangannya buat bantu sang ayah patut diacungi jempol. sampai akhirnya sukses jadi Ratu Cimol Banyumas dan dapet penghargaan pula dari Satu Indonesia Awards Tahun 2014. Bikin salut dan sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
  32. Keren ya masyaAllah, dari Cimol makanan sederhana bisa jadi berkah buat bisnis

    ReplyDelete
  33. hebat nih udah mulai usaha sejak usia 16 tahun! memang untuk sukses harus mau dimulai sejak usia dini ya (maksudnya mulai dari anak-anak juga bisa belajar usaha)

    ReplyDelete
  34. hebat nih udah mulai usaha sejak usia 16 tahun! memang untuk sukses harus mau dimulai sejak usia dini ya (maksudnya mulai dari anak-anak juga bisa belajar usaha)

    ReplyDelete
  35. Aku jadi penasaran lho mau lihat Cimol
    Pengen tahu rasanya sendiri
    Soalnya kalau baca review semua bilang enak
    Kalau aku coba dan sama, wajib coba seluruh keluarga

    ReplyDelete
  36. wah menarik bgt ya menyimak success storynya ratu cimol banyumas ini, sangat menginspirasi terutama bagi sesama perempuan ya utk bs berkarya dan mewujudkan impiannya

    ReplyDelete
  37. Bisnis yang bukan sekedar bisnis ya..
    Tapi menginspirasi dan mengajak banyak orang untuk bisa berwirausaha dengan produk Ratu Cimol Banyumas.

    ReplyDelete
  38. Kisah yg punya inspirasi kak, hidup penuh tantangan. Tp klu kita yakin bisa djalanin insyallah diberikan kelancaran.

    ReplyDelete
  39. keren, perempuan hebat bisa membuat produk yang inovatif dan menciptakan lapangan kerja

    ReplyDelete
  40. keren banget yaa. kadang merasa tertampar nih sama generasi Z yang sekarang karena mereka itu sejak masih muda sudah mulai bikin usaha dan didukung juga dengan teknologi kayak sekarang jadinya cepat berkembang

    ReplyDelete
  41. MasyaAllah, Cika selain pintar, baik hati, sangat cantik. Bisnisnya mulai 30℅ untuk misi sosial, makanya bisnisnya berkah banget ya. Jadi pengen nyobain cimolnya deh

    ReplyDelete
  42. Aku jadi penasaraaan mau cobain cimolnya 😄🤤. Suka juga Ama cemilan ini soalnya.

    Keren si mbak nya. Berawal dari nol yaa.

    Dan semoga juga penjual cimol yg ngajarin ke mba resika pertamakali, trus ngalir pahalanya, Krn ga segan membagi ilmu.

    Mba resikapun ga lupa dengan warga sekitarnya, dan juga membantu di saat dia udh sukses ❤️

    Tipe pengusaha yg selalu mau memperhatikan lingkungan sekitarnya, dan ikut membantu. 👍

    ReplyDelete