Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Precious One Terus Merajut Mimpi Para Penyandang Disabilitas

Precious One Terus Merajut Mimpi Para Difabel

Para penyandang disabilitas kerap kali dipandang sebelah mata. Bahkan tak jarang terjadi diskriminasi terhadapnya. Padahal, mereka juga ingin hidup seperti kita semua. Berkarya dan memiliki cita-cita.

Karena faktanya, penyandang disabilitas juga banyak mengharumkan bangsa ini. Seperti kejuaraan olahraga Para Games, dan lainnya. Bahkan, baru-baru ini, ajang pencarian bakat di Negeri Paman Sam, ada seorang putri cantik jelita dari Indonesia yang memikat juri untuk menekan tombol Golden Buzzer. Suara dan lantunan nyanyiannya benar-benar indah. Saya sampai beberapa kali melihat videonya.

Hal itu adalah contoh kecil dari sekian ribu bahkan mungkin jutaan, bahwa penyandang disabilitas juga memiliki bakat dan mampu berkarya seperti orang lain.


Untuk itu, seorang ibu yang pada tahun 2001 pernah mengalami sakit Hepatitis A yang cukup parah, berusaha untuk membuat wadah bagi orang-orang penyandang disabilitas.

Ya, dia adalah Ibu Ratnawati Sutedjo. Karena sakitnya parah itu beliau merasa jadi orang yang tak berguna, dan memikirkan nasib penyandang disabilitas. Dari hal itu, beliau berjanji, setelah sembuh akan membuat sesuatu yang baik dan berguna bagi para penyandang disabilitas. Hingga dengan kegigihannya, Ibu Ratnawati Sutedjo berhasil mendirikan Precious One.


Awal Mula Berdiri Precious One


Produk yang ada di Precious One
Beberapa produk di Precious One

Pada tahun 2004, setelah sembuh dari penyakitnya, Ibu Ratnawati bertemu dengan temannya yang tuli. Dari temannya itu, Ibu Ratnawati jadi lebih tahu, bahwa temannya yang tuli juga butuh pekerjaan, tetapi sayangnya banyak sekali penolakan yang terjadi.

Ibu Ratnawati bertekad membantu mereka sehingga mendirikan Precious One. Membantu anak-anak tuna rungu belajar dengan cara membuat alat peraga. Karena temannya itu senang, akhirnya mengabarkan ke semua teman-teman tuli lainnya. Itulah awal mula bagaimana Precious One berdiri.

Hingga saat ini ada 20 orang disabilitas yang bekerja di Workshop Precious One. Mereka memproduksi boneka, pakaian, tas dompet, termasuk produk kuliner dan jasa.


Hal mulia lainnya dari Precious One adalah tidak hanya mengutamakan produk yang ada di Workshop Precious One, tetapi juga menggandeng seluruh difabel yang ada di Indonesia.

Precious One ini merupakan bagian dari Yayasan Karya Insan Sejahtera, yang dari dulu berfokus untuk pengembangan diri dan skill dari teman-teman disabilitas. Agar mereka tidak berkecil hati, dan mengerti bahwa semua ini kehendak Tuhan yang semuanya memiliki nilai dan tujuan hidup yang luar biasa.

Misi Precious One adalah menciptakan peluang kerja bagi penyandang disabilitas dengan mendorong produksi lokal kerajinan berkualitas tinggi. Produk Spesial untuk Orang Spesial.

Dengan buah karya yang tercipta, kita berharap bahwa masyarakat bisa melihat dan percaya kalau penyandang disabilitas juga mampu menghasilkan karya dengan kualitas bagus.

Bahkan, Ibu Ratnawati sempat mengatakan, bahwa para pembeli produk Precious One bukan karena kasihan terhadap penyandang disabilitas, melainkan kualitas produk yang ada sangatlah bagus dengan harga yang cukup terjangkau.

Program yang ada di Precious One


Program bangga produk lokal
Salah satu program dari Precious One

Bukan hanya memberikan lapangan pekerjaan, tapi juga memiliki program yang terus berjalan saat ini.

Berikut beberapa program yang ada di Precious One:

1. Hari Spesial untuk Anak Spesial


Program ini mengajak ribuan anak difabel berkumpul untuk bermain dan gembira. Program ini sudah dilakukan sejak tahun 2011. Pada saat itu diselenggarakan di Semarang yang diikuti dari berbagai daerah seperti Tegal, Purwokerto, Solo, Rancaekek, Jakarta Timur dan Sidoarjo.

Lebih dari 5.000 anak difabel yang mengikuti program ini. Mereka semua bersukacita di taman hiburan umum.

2. Semua Orang Bisa Menjadi Super Hero


Selanjutnya program yang ada di Precious One adalah semua orang bisa menjadi Super Hero. Salah satu produk yang dihasilkan dari Workshop Precious One adalah Boneka Hero. Boneka ini bertujuan mulia banget. Bisa dijadikan kado sebagai penyemangat atau motivasi anak-anak yang sedang berjuang melawan penyakit berat. Seperti halnya kanker dan penyakit lainnya.

Selain itu penjualan dari boneka hero ini diserahkan yayasan setempat untuk membantu anak-anak yang membutuhkan.

3. Sahabat Disabilitas


Baik orang dewasa atau anak-anak disabilitas, sama-sama bisa merangkul untuk saling menguatkan. Memberi jalan kehidupan yang baik untuk terus maju dan berupaya. Karena kehidupan ini cukup menantang. Bukan hanya itu pula tapi saling berempati dan peduli terhadap sesama.

Dengan adanya program ini diharapkan kita yang bukan penyandang disabilitas juga bisa saling menghargai dan menghormati mereka. Memberi dukungan ke mereka, sehingga akan tercipta kenyamanan dan kedamaian bersama.

4. Bangga Karya Disabilitas


Saat ini sudah lebih dari 40 pengusaha disabilitas dan keluarga berkebutuhan khusus telah mendapatkan manfaat pendampingan dan modul yang dibagikan melalui kelas online yang diberikan oleh pembicara dan pendamping terbaik di bidangnya.

Program Bangga Karya Disabilitas ini juga turut serta memperkuat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di negara kita ini. Serta mampu membantu pemulihan ekonomi pasca pandemi. Luar biasa banget ya, Guys, mereka ini.

Dan salah satu aplikasi yang membantu Precious One mengotomatisasi pengelolaan produk adalah iReap POS Pro. Sebelumnya di tahun 2004 masih menggunakan sistem manual, dan 5 tahun terakhir ini sudah dilakukan otomatisasi dengan iReap POS Pro.


For Your Information ya Guys, ya. Bahwa aplikasi iReap ini ada yang POS Pro dan juga POS Lite. Nah, buat teman-teman UMKM yang mau menggunakan aplikasi iReap, bisa menggunakan iReap POS Lite terlebih dahulu.

Apa itu Aplikasi iReap POS Lite?


Aplikasi Kasir iReap POS Lite

Aplikasi iReap POS Lite adalah aplikasih kasir offline berbasis Andorid yang bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja tanpa batasan apapun untuk pengusaha mikro kecil. Apikiasi kasir gratis ini memiliki kemampuan dan fleksibilitas yang bisa mengatur usaha kecil kita, dari mulai pengaturan produk, harga barang, hingga mengontrol persediaan barang, dan pencatatan transaksi penjualan.

Sehingga dengan begitu akan mudah untuk mengambil keputusan agar usaha kian maju dan berkembang. Dengan adanya Aplikasi iReap POS Lite, pelaku usaha akan terbantu pencatatan yang sistematis dari pengaturan nama-nama barang, harga barang, bahkan sampai mengontrol persediaan barang dan transaksi penjualannya.

Hal itu karena ada sistem Point Of Sale yang mana merupakan aplikasi untuk kasir juga untuk mengelola stock barang. Tentunya hal ini, kita tidak perlu memiliki dua aplikasi. Cukup satu saja sudah mengcover semuanya.

Itulah alasan mengapa para pelaku usaha menggunakannya, ditambah lagi akan memudahkan kasir toko dalam membuat laporan penjualan setiap periode yang diinginkan.

Cara Penggunaan Aplikasi iReap POS Lite


Petunjuk penggunaan iReap POS Lite
Sumber gambar: www.ireappos.com

Berikut merupakan langkah mudah untuk menggunakan Aplikasi iReap POS Lite.

  1. Download iREAP POS Lite di Google Play Store
  2. Kemudian install, buka aplikasinya langsung tampilan untuk mendukung usaha
  3. Selanjutnya pilih jenis usaha yang dilakukan
  4. Ada beberapa pilihan seperti: Food, Fashion, Boutique, Apparel, Shoes, dan Eyewear Store, Jasa, dan Lainnya
  5. Saya mencoba memilih jenis bisnis Fashion, Boutique, Apparel, Shoes, dan Eyewear Store
  6. Selanjutnya mengisi master data, pertama 'Manage Category, dan tekan tanda '+' untuk memasukan atau menambah category baru
  7. Langkah berikutnya klik 'Manage Product', di sini kita mengisi data-data barang yang akan kita jual. Diisi secara detail dari kode barang (optional), nama barang, harga barang, termasuk diskonnya
  8. Pada saat ada transaksi penjualan atau retur, klik 'Sales/Return'. Jika transaksi penjualan maka klik produk yang dibeli konsumen, serta jumlahnya juga
  9. Terakhir ada pilihan pembayaran cash atau credit, serta pilihan untuk diprint nota penjualannya atau tidak
Dengan langkah yang tidak sulit, tetapi detail, memang sangat dianjurkan para pelaku usaha menggunakan Aplikasi Kasir iReap POS Lite agar bisnisnya kian berkembang pesat.

Penutup


Jujur, saya sampai speechless ketika mendengar perjalanan bagaimana Precious One berdiri. Perjalanan yang panjang menggandeng para difabel tentunya bukan hal yang mudah, tapi Ibu Ratnawati terus sabar dan ulet hingga mendatangkan para customer yang luar biasa.


Karena Workshop Precious One semakin berkembang, adalah pilihan tepat menggunakan aplikasi kasir toko dari iReap. Sehingga memudahkan penjualan dan pelaporan data yang dibutuhkan.

Untuk itu, buat kita semua para pelaku usaha, saatnya menggunakan iReap POS Lite. Jadi, kita tidak perlu repot-repot lagi membuat laporan manualnya. Karena di aplikasi tersebut menggunakan sistem Point Of Sale, bisa merekap semua transaksi penjualan termasuk juga dengan stock yang ada.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

40 comments for "Precious One Terus Merajut Mimpi Para Penyandang Disabilitas"

  1. perjuangan ibu Ratna membuahkan hasil ya
    seneng kalau temen temen disabilitas mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkarya, mengembangkan potensi dirinya. Dan kemudian hasil karyanya ditampung dalam satu organisasi supaya bisa dinikmati oleh semua orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berawal dari Nazar karena Bu Ratna pernah mengalami sakit, ini jadi salah satu alasan mendirikan Precious One. Untunglah sekarang para disabilitas punya kesempatan berkarya melalui Precious One

      Delete
  2. Salut sekali dengan upaya Ibu Ratnawati Sutejo dalam mendirikan Precious One. Orang dengan disabilitas memang jadi memiliki keterbatasan, meski selalu ada nama2 diffable yang ternyata lebih able ketimbang orang biasa. Dan dengan dukungan fasiitas semcama ireap pos, pekerjaan Ibu Ratnawati jadi sangat terbantu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw, workshop Precious One ini di mana sih Mba? Saya sudah baca ulang tapi kok ga nemu info itu? Apa saya tetap siwer saat membacanya yaaa... :D

      Delete
  3. speechless bacanya. Salut dan bangga memiliki Ibu Ratnawzti ug berhati mulia. Bunda pasti kembali lg utk membacanya dengan serious.

    ReplyDelete
  4. Wah keren nih Precious One emang programnya sangat bermanfaat banget tah. Bikin temen2 disabilitas produktif dan berdaya. Apalagi makin terbantu dengan aplikasi iReap untuk meningkatkan penjualan dan efisiensi toko milik UMKM.

    ReplyDelete
  5. Aku udah lama kenal Precious one ini sebab waktu itu udah lama banget tahun 2018 kalo gak salah, foundernya sempat ngasih pelatihan di Bengkulu kebetulan aku juga ada di sana. Emang luar bisa visi misinya, jadi gak heran kalo sekarang bisa besar dan makin berkembang, moga main banyak disabilats yang tercover di sini yah

    ReplyDelete
  6. Sedih memang ya mba untuk teman-teman disabilitas mengalami kesulitan saat mencari pekerjan. Ke depan dengan adanya precious one ini jadi makin banyak teman teman disabilitas yang semakin produktif menghasilkan karya ya mba. Karna ini bagus bagus juga

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah. Memang sedih, sih, karena banyak yang meremehkan disabilitas. Padahal banyak dari mereka yang bisa berdaya bahkan bisa lebih hebat. Senang banget ada kepedulian dari Precious One. Semoga semakin banyak yang seperti ini, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sekarang ini sudah ada Precious One yang bisa menjadi perpanjangan tangan para teman-teman disabilitas untuk tetap bisa produktif ya mak.

      Delete
  8. program yang ada di Precious one ini bagus dan sangt supportive ya mba untuk para penyandang disabilitas

    ReplyDelete
  9. salut banget kalau baca kisah penyandang disabilitas yang tidak menyerah sama takdirnya meskipun di masyarakat keberadaan mereka sering dipinggirkan
    karya yang dibuat precious one bagus-bagus banget semoga bisa makin berkembang dan membantu anggotanya

    ReplyDelete
  10. Aku akhir-akhir ini baru tahu tentang Precious One. Salut banget sama program-programnya. Bantu banget buat disabilitas. Soalnya emang masih banyak kan yang belum dapat fasilitas termasuk soal pekerjaan

    ReplyDelete
  11. Masha Allah, senang banget udah makin banyak dukungan untuk para penyandang disabilitas apalagi mereka diberikan kesempatan untuk berkarya dan bisa menjalankan bisnisnya dengan didukung teknologi untuk mempermudah pemasarannya.

    ReplyDelete
  12. Salut banget ya ada Precious One yang bisa membantu para disabilitas bisa berkarya. Biar mereka dikasih kesempatan yang sama dengan yang lain. Ireap POS selama ini cukup membantu pengelolaan keuangan para UMKM termasuk Precious One.

    ReplyDelete
  13. Bangga banget masih ada yang peduli dengan disabilitas ya jadinya mereka tetap bisa berkarya dan menambah penghasilan juga ya.

    ReplyDelete
  14. Program yang dimiliki Precious One ini sangat bagus ya mak, karena dengan begitu mereka membantu dan juga membuka harapan untuk para disabilitas bisa memiliki kesempatan yang sama.

    ReplyDelete
  15. Salut banget sama Precious One ini
    Membantu para disabilitas untuk terus berkarya dan merajut impiannya ya mbak

    ReplyDelete
  16. Dari pengalaman yang tidak enak malah jadi kepikiran untuk membantu teman2 disabiltas bikin wadah supaya mendorong mereka berkarya ya mbak. Saat ini emang makin banyak kesadaran seperti ini. jadi enggak cuma kasi umpan, melainkan kail agar teman2 disabilitas bisa berdaya.

    ReplyDelete
  17. Seneng sekali karena ada iREAP POS Lite yang bisa bantu Precious One untuk maju di masalah keuangan. Karena ini cukup menantang ya.. Apalagi yang ada kaitannya dengan stok barang dan cashflow.

    ReplyDelete
  18. Terkadang para penyandang disabilitas banyak diremehkan oleh masyarakat sekitarnya, padahal mereka juga tidak berbeda dengan orang lain yang normal, punya mimpi, punya cita-cita yang ingin diraih.
    Salut dengan Ibu Ratna, semoga Precious One bisa membantu para penyandang disabilitas untuk terus maju dan berkarya.

    ReplyDelete
  19. perjuangan ibu ratna sangat menginspirasi, teman-teman disabilitas memiliki kesempatan dan hak yang sama untuk berkarya, saling menyemangati untuk meneriman setiap keadaan tanpa harus rendah diri, banyak program yang dilakukan semoga semakin banyak yang terketuk untuk mengadakan gerakan serupa

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah sudah ada 20 orang disabilitas yang bekerja di Precious One ya. Dan semoga semakin banyak yang bisa bekerja juga disana dengan kemampuan yang baik dan mumpuni. Makin bagus juga karya-karyanya

    ReplyDelete
  21. Semoga makin terus berkembang ini Precious One mengadakan workshop utk para disabilitas biar makin mandiri dan gak puris asa juga apalagi ada bantuan dari iREAP POS Lite

    ReplyDelete
  22. Salut untuk Ibu Ratnawati Sutedjo yang dengan kegigihannya mendirikan Precious One tempat merajut mimpi bagi para penyandang disabilitas. Dan senangnya Workshop Precious One semakin berkembang, dan menggunakan aplikasi kasir toko dari iReap yang memudahkan penjualan dan pelaporan data yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  23. Masya Allah, salut dengan inisiatif ibu ratna mendirikan precious one... Semoga precious one sukses dan berkah selalu...

    ReplyDelete
  24. Sebuah perjalanan panjang ya sejak 2004 bagi Ibu Ratnawati. Bisa saya bayangkan setelah sembuh dari penyakitnya, Ibu Ratnawati yg bertemu dengan temannya yang tuli terus berjuang menciptakan lapangan kerja.

    ReplyDelete
  25. salut dengan program-program Precious One yang mendukung penyandang disabilitas berkarya dan bekerja. Eh aku penasaran dengan program yang di Jakarta Timur, yang Hari Spesial untuk Anak Spesial bermain bersama itu di mana yah, kali aja dekat tempatku.

    ReplyDelete
  26. kagum sekali dengan visi dan misi mbak Retno mendirikan Precious One yang bertujuan memberdayakan par difabel lewat usaha yang dijalankannya. Dan pastinya untuk memudahkan pencatatan penjualan bisa dilakukan dengan aplikasi iReap ya, mbak

    ReplyDelete
  27. Membaca tentang perkembangan precious one ini dan mengingat si Putri Ariani, Surya anaknya Dewi Yull Moga membuat makin banyak yang peduli terhadap di stabilitas ya Mba. Di keluarga kami juga ada ,alhamdulillah semua sayang dan tetap teramat dengan baik meski gak menghasilkan karya besar tapi untuk aktivitas personal bisa

    ReplyDelete
  28. Kesempurnaan Precious One dalam membina para disabilitas untuk tetap berdaya dan berguna sehingga meningkatkan kepercayaan diri sahabat-sahabat untuk tetap berkarya.

    ReplyDelete
  29. Terharu saya ada Precious One yang peduli sama disabilitas
    Produk hasil karya mereka jadi menyebar kemana-mana manfaatnya
    Mau check dulu ah beli apa siapa tahu ada yang menarik

    ReplyDelete
  30. Angkat 2 jempol untuk Bu Ratna dengan kepeduliannya yang tinggi mendirikan Precious One. Semoga saudara-saudara disabilitas banyak yang terbantu dengan adanya wadah ini ya

    ReplyDelete
  31. Semoga makin banyak masyarakat yang tahu program dan produk dari precious one, lalu membeli produknya bukan karena kasihan tapi karena kualitas produknya. Apalagi untuk pembayaran juga mudah karena sudah menggunakan teknologi

    ReplyDelete
  32. Seneng deh baca kisahnya. Para penyandang disabilitas jadi punya wadah untuk berkreasi dan berdaya. Bermanfaat banget ❤️

    ReplyDelete
  33. Alhamdulillah Precious One bisa memfasilitasi mimpi para penyandang disabilitas untuk berkarya.. Semoga keberadaannya bisa terus berlangsung dan berkembang ya.. Aamiin.. Semangat selalu dalam berkarya!

    ReplyDelete
  34. Jd praktis ya pake Aplikasi precious one untuk yg punya usaha jual beli. Sekarang mulai bertambah perusahaan yang memperkerjakan kaum difabel sesuai kapasitas mereka

    ReplyDelete
  35. Keren banget sih Precious One ini, bisa jadi wadah buat teman-teman disabilitas untuk berkarya yaaaa. Salut sekali sama Ibu Ratnawati..

    ReplyDelete
  36. Salut dengan adanya orang yang peduli disabilitas, apalagi mau cari kerjaan, keren sekali deh Precious One ini, patut diapresiasi

    ReplyDelete