Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Badan Tetap Bugar Selama Puasa? Lakukan Tips Ini

Tak terasa kita telah memasiki 10 hari terakhir bulan Ramadan 1444 H. Semoga kita makin semangat berpuasa dan beribadah. Meskipun, untuk berpuasa makin ke siniakin banyak godaannya.

Terlebih lagi ketika siang hari yang terik, di sekeliling kita terdapat aneka jajan yang menggugah selera. Godaan besar memang.

Tubuh juga mulai melas, terutama saat tubuh kekurangan asupan makanan dan cairan. Namun, dengan beberapa tips dan trik yang tepat, kita dapat tetap bugar dan sehat selama berpuasa.



Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa


Tips Tetap Bugar Selama Puasa

Berikut adalah tips untuk tetap bugar selama kita berpuasa.

1. Makan Makanan Bergizi pada Waktu Sahur dan Berbuka Puasa


Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang beragam, seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral pada waktu sahur dan berbuka puasa. Makanan yang seimbang dapat membantu menjaga stamina dan energi tubuh selama berpuasa.


2. Jangan Melewatkan Sahur


Sahur adalah waktu makan sebelum fajar, yang bertujuan untuk memberi energi tubuh sepanjang hari. Jangan melewatkan sahur, karena dapat membuat tubuh lemas dan kekurangan energi selama berpuasa.

Selain itu, mengakhirkan sahur adalah satu sunnah dan amalan yang mudah dilakukan selama Ramadan. Nah, kalau teman-teman suka telat bangun sahur, tips bisa baca di sini: tips tidur sehat biar sahur tidak kesiangan.

3. Hindari Makanan dan Minuman yang Berpotensi Membuat Tubuh Kehilangan Cairan


Beberapa makanan dan minuman dapat membuat tubuh kehilangan cairan, seperti makanan yang mengandung garam dan makanan yang digoreng, serta minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Hindari makanan dan minuman tersebut, dan pilihlah makanan dan minuman yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Konsumsi Air Putih yang Cukup


Air putih adalah sumber utama untuk menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi. Selama berpuasa, tubuh kehilangan cairan yang cukup sehingga perlu mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup saat sahur dan berbuka puasa. Disarankan untuk mengonsumsi minimal 2 liter air putih setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.


5. Lakukan Olahraga Ringan


Olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, atau peregangan dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa. Lakukan olahraga pada waktu yang tepat, seperti sebelum berbuka puasa atau beberapa jam setelah makan berbuka puasa.

6. Istirahat yang Cukup


Melakukan aktivitas sehari-hari dalam kondisi perut kosong, terkadang membuat lemah dan tidak bersemangat. Untuk itu, di malam hari perlu tidur yang cukup. Serta usahakan di siang hari juga tidur sebentar meski hanya 30 menit.

7. Kurangi Aktivitas yang Berlebihan


Selama berpuasa tentu saja badan cepat lelah dan dehidrasi. Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu memforsir tenaga, agar tidak mudah kecapekan.

Kesimpulan


Okay, itulah beberapa tips agar puasa tetap sehat dan bugar sepanjang hari. Karena, meskipun berpuasa tidak menjadikan alasan untuk kita bermalas-malasan.

Nah, apakah teman-teman ada tips lain agar puasa lancar tanpa hambatan dan tetap sehat beraktivitas? Share di kolom komentar, ya. Terima kasih.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

Post a Comment for "Mau Badan Tetap Bugar Selama Puasa? Lakukan Tips Ini"