Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjaga Pola Tidur Sehat Agar Sahur Tidak Kesiangan

Cara Menjaga Pola Tidur Sehat

Marhaban Ya Ramadan. Alhamdulillah
kita bisa bertemu kembali dengan bulan Ramadan. Bulan yang penuh berkah dan ampunan serta banyak pahala.

Di bulan puasa ini, selain melaksanakan ibadah wajib juga dianjurkan melakukan sunah rasul agar berlipat ganda pahala kita.



Ibadah Sunnah yang Mudah Dijalankan Selama Ramadan


Ibadah sunnah yang mudah dijalankan

Sebetulnya sangat banyak amalan-alam dalam bulan puasa yang bisa dilakukan. Namun, kali ini saya kerucutkan hanya amalan yang sangat mudah dilakukan bagi siapa saja.


Berikut amalan ibadah puasa yang sangat mudah dilakukan.

1. Menyegerakan Berbuka Puasa


Sesuatu yang ditunda-tunda tidaklah baik, termasuk menunda buka puasa juga kurang baik. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, pada saat tiba waktu berbuka puasa, harus segera dilakukan. Hal ini juga tertuang di dalam hadits Nabi Muhammad Sholallahu ‘alaihi wassalam.

إِذَا أقْبَلَ اللَّيْلُ مِن هَا هُنَا، وأَدْبَرَ النَّهَارُ مِن هَا هُنَا، وغَرَبَتِ الشَّمْسُ فقَدْ أفْطَرَ الصَّائِمُ

Artinya: 

“Jika datang malam dari sini, dan telah pergi siang dari sini, dan terbenam matahari, maka orang yang berpuasa boleh berbuka.” (Hadits Riwayat Bukhari no.1954, Muslim no.1100).

Sumber: https://muslim.or.id/56520-sunnah-sunnah-ketika-berbuka-puasa.html

2. Berdoa Sebelum Menyantap Makanan Buka Puasa


Sebelum makan hendaknya kita berdoa terlebih dahulu. Termasuk berdoa sebelum buka puasa. Ini juga telah diriwayatkan dari Rasulullah Sholallahu ‘alaihi wassalam.

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Artinya:

"Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki." (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678).

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang doa-doa puasa bisa langsung ke sumbernya di https://muslimah.or.id/1050-doa-berbuka-puasa-yang-shahih.html

3. Memberi Makan untuk Berbuka pada Orang yang Berpuasa


Pahala orang yang memberikan makan kepada orang yang berbuka puasa sangatlah besar. Hal ini juga diriwayatkan dalam hadits Nabi Muhammad Sholallahu ‘alaihi wassalam.

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا


Artinya:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (Hadits Riwayat Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Sumber: https://rumaysho.com/15838-8-keutamaan-memberi-makan-buka-puasa.html

4. Makan dan Mengakhirkan Sahur


Sahur, siapa yang malas bangun sahur? Padahal, pada saat kita berpuasa disunmahkan makan sahue dan mengakhirkannya. Bahwa kita harus bangun sahur meski hanya untuk meneguk segelas air.

السُّحورُ كلُّه بركةٌ فلا تَدَعُوه ، و لَو أن يَجرَعَ أحدُكُم جَرعةً مِن ماءٍ ، فإنَّ اللهَ عزَّ وجلَّ وملائكتَه يُصلُّونَ على المتسحِّرينَ

Artinya:

“Makanan sahur semuanya berkah, maka jangan tinggalkan dia. Walaupun kalian hanya meneguk seteguk air. Karena Allah ‘azza wa jalla dan para malaikatnya bershalawat kepada orang-orang yang sahur” (HR. Ahmad no. 11101, dihasankan Al-Albani dalam Shahih At-Targhib no. 1070).

كَمْ كَانَ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالسَّحُورِ قَالَ قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةً

Artinya:

“Berapa biasanya jarak sahur Rasulullah dengan azan (subuh)? Zaid menjawab: sekitar 50 ayat” (HR. Bukhari no. 1921 dan Muslim no. 1097).

Sumber: https://muslim.or.id/62251-beberapa-sunnah-ketika-makan-sahur.html

Dari semua amalan ibadah sunnah tersebut, hal yang cukup sulit dilaksanakan adalah bangun sahur. Apalagi anak muda zaman sekarang, dibangunin sahur susah sekali, dan banyak alasannya.

Tips Tidur Sehat Agar Bangun Sahur Tidak Kesiangan


Tidur sehat agar sahur tidak kesiangan

Sudah disebutkan di atas bahwa makan sahur dan mengakhirkannya merupakan amalan ibadah sunnah yang paling mudah dikerjakan. Untuk itu, kita perlu tidur dengan waktu yang cukup, dan juga tidur yang berkualitas.

Berikut tips tidur sehat agar tidak kesiangan bangun sahur. Para insomnia wajib banget cobain.

1. Jangan Bermain Gadget Sebelum Tidur


Berselancar di dunia maya memang sangat mengasyikkan, tapi kalau berlarut juga tidak baik bagi kesehatan. Karena secara tidak sadar kita menikmatinya dan lupa waktu. Tahu-tahu hari sudah larut sehingga susah untuk bangun pagi, apalagi dibangunkan untuk makan sahur.

Selain itu, berlama-lama main gadget juga tidak baik bagi kesehatan mata. Hal ini menimbulkan mata lelah, kering, dan bisa menimbulkan iritasi, dan gangguan mata lainnya.


2. Tidur Lebih Awal


Setelah selesai salat tarawih, kemudian berbenah, dan tidak lupa untuk minum dua gelas air putih, sebaiknya lekas tidur. Hal ini supaya pada saat bangun sahur tidak pusing dan mengantuk.

3. Hindari Minum Kafein


Kita tahu bahwa zat kafein bisa membuat orang bisa begadang atau tidur larut. Sebaiknya pada bulan puasa ini, tidak minum minuman yang mengandung kafein.

4. Berdoa Sebelum Tidur


Hal paling utama tentunya berdoa sebelum tidur, dan niatkan untuk bangun sahur pada pukul 03.00 atau 03.30 dini hari. Hal ini secara tidak langsung otak akan merespon, dan membuat kita bangun dengan sendirinya.

Itulah beberapa tips untuk pola tidur yang sehat, dan tidak kesiangan untuk bangun sahur.

Penutup


Bulan puasa memang banyak sekali amalan yang bernilai ibadah, termasuk sahur dan mengakhirkannya. Namun sayang, makin ke sini banyak mengalami yang mengalami insomnia dan malas untuk bangun sahur.

Untuk itu, perlu berusaha dengan pola tidur yang sehat dan cukup. Nah, apakah teman-teman memiliki tips khusus agar tidak kesiangan bangun sahur? Share di kolom komentar, ya.

Terim kasih.

~~

Sumber referensi:

  • https://www.kompas.tv/amp/article/391006/videos/empat-ibadah-sunah-yang-mudah-dikerjakan-di-bulan-ramadan-salah-satunya-memberi-makan-orang-puasa0
  • https://www.halodoc.com/artikel/pola-tidur-teratur-untuk-cegah-telat-bangun-sahur
  • https://muslim.or.id/56520-sunnah-sunnah-ketika-berbuka-puasa.html
  • https://muslimah.or.id/1050-doa-berbuka-puasa-yang-shahih.html
  • https://rumaysho.com/15838-8-keutamaan-memberi-makan-buka-puasa.html
  • https://muslim.or.id/62251-beberapa-sunnah-ketika-makan-sahur.html
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

Post a Comment for "Cara Menjaga Pola Tidur Sehat Agar Sahur Tidak Kesiangan"