Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Sehat Selama Ramadan

Alhamdulillah, puasa kita sudah berjalan lancar. Masih semangat puasa kan, teman-teman? Agar kian semangat terus, kita mesti menyuplai nutrisi ke dalam tubuh kita saat berbuka atau sahur.

Sebenarnya tidak perlu harus minum suplemen tambahan lagi ketika pola makan kita sehat, dan tidak over.



Makanan Sehat untuk Sahur dan Berbuka Puasa Agar Puasa Kuat


Menu sehat selama Ramadan

Berpuasa selama bulan Ramadan dapat menjadi tantangan bagi tubuh, terutama saat sahur dan berbuka puasa. Makanan yang dikonsumsi haruslah sehat dan bergizi agar tubuh tetap kuat dan sehat selama berpuasa.


Makan untuk Sahur


Sahur adalah waktu makan sebelum fajar yang bertujuan untuk memberi energi tubuh sepanjang hari. Makanan yang dikonsumsi saat sahur haruslah mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, serta vitamin dan mineral yang cukup.

Berikut merupakan menu makanan sehat untuk sahur yang bisa kita temukan dengan mudah.

1. Makanan yang Mengandung Karbohidrat


Sebagai orang yang kaum mendang-mending seperti saya, makanan utama dan pokok tentunya nasi. Seperti yang kita tahu, bahwa nasi merupakan sumber karbohidrat yang mudah didapatkan. Baik nasi putih maupun nasi merah. Meski sering banget, ada saja yang memandang sebelah mata akan nasi, tapi perlu diketahui ya teman-teman, nasi itu memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Bukan hanya karbohidrat saja, tetapi ada protein di dalamnya, termasuk magnesium, asam folat dan lainnya. Bagus kan nasi itu?

Nah, kalau teman-teman menginginkan sumber karbohidrat selain nasi, bisa menggatikannya dengan jagung, ketela, roti gandum, atau bahkan oatmeal.

Oatmeal ini memang sangat jarang yang mengonsumsinya ya, apalagi orang yang seperti saya. Hahaha, ya karena harganya yang cukup tinggi. Akan tetapi, oatmeal ini merupakan sumber karbohidrat kompleks yang baik, mengandung serat dan protein tinggi, serta rendah lemak. Terdapat juga vitamin B kompleks dan zat besi, yang penting bagi kesehatan tubuh. Untuk menu yang baik kita dapat menambahkan buah-buahan dan kacang-kacangan ke dalam oatmeal untuk meningkatkan nilai gizinya.

2. Makanan yang Mengandung Protein


Salah satu makanan yang mengandung protein adalah telur. Karena di dalamnya terdapat kandungan asam amino esensial yang penting bagi tubuh. Tak hanya itu, telur juga bagus untuk kesehatan tulang karena mengandung vitamin D.


Telur juga selalu menjadi andalan sahur kami, karena selain banyak kandungan nutrisi, cara memasaknya praktis, tidak perlu lama-lama, apalagi kalau sahurnya pas mepet waktu imsyak. Tinggal nyeplok telur, kasih garam sedikit, jadi deh.

Nah, kalau teman-teman punya waktu masak yang cukup longgar, bisa banget mengolah telur dadar crispy yang kriuk, gurih dan lezat.

Selain telur, sumber protein yang mudah didapat tentu saja ada tahu dan tempe yang selalu jadi andalan setia kita (maksudnya saya). Itu juga bisa dibuat menu yang spesial, yang crispy and delicious. Resepnya bisa cek di sini: Tempe Kriuk yang Gurih.

3. Imbangi dengan Sayuran


Okay, jangan lupakan sayuran ya, biasanya kalau di waktu sahur, makan sayurannya yang praktis dan cepet. Yang mudah dioseng tentu saja seperti buncis, kacang panjang, atau kangkung. Kalau tidak sempet mengolahnya, biasanya saya sediakan sayur pokcay yang tinggal direbus bentar saja sudah enak.

Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa


Berbuka puasa adalah waktu makan setelah matahari terbenam di waktu maghrib, yang bertujuan untuk mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa. Makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa haruslah mengandung karbohidrat kompleks, protein, serta vitamin dan mineral yang cukup.

Berikut Merupakan Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa

1. Buah-buahan


Buah-buahan adalah sumber karbohidrat kompleks yang baik, mengandung serat dan vitamin C tinggi. Buah-buahan juga mengandung antioksidan yang penting bagi kesehatan tubuh. Kita dapat memilih buah-buahan segar atau dalam bentuk jus untuk berbuka puasa. Apalagi buah kurma, selain merupakan sunnah Rasul, buah tersebut juga mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

2. Sayuran


Sayuran sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. Sayuran juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit. Kita dapat memilih sayuran segar atau dalam bentuk sup untuk berbuka puasa.

3. Protein


Protein harus ada di hidangan berbuka puasa, karena merupakan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Protein dapat membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak selama berpuasa. Beberapa pilihan protein sehat untuk berbuka puasa antara lain daging tanpa lemak, ikan, ayam, dan tahu atau tempe.

Jangan Tinggalkan Air Minum


Apa pun makanannya jangan lupakan untuk minum air putih. Ini penting banget, apalagi pada saat kita puasa di siang hari bisa dehidrasi. Usahakan minimal 8 gelas air minum yang masuk selama waktu berbuka puasa sampai waktu jelang subuh.


Kesimpulan


Memilih makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, serta vitamin dan mineral yang cukup. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Okay, sampau di sini dulu, ya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Selamat berpuasa, dan terima kasih.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

1 comment for "Makanan Sehat Selama Ramadan"

  1. Paling bingung nentuin menu sih 😄. Apalagi buatku yg ga jago masak mba. Jadinya aku paling sering masak menu yg di dalamnya udah ada kandungan serta dan protein. Biar ga ribet masak terpisah. Intinya memang hrs ada Karbo, protein lebih banyak dan serat sih.

    ReplyDelete