5 Menu Andalan ala Ery Udya Selama Ramadan

5 Menu Andalan Selama Ramadan
5 Menu Andalan Selama Ramadan

Berbuka puasa ialah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang sedang berpuasa. Seringnya dari kita mengumpulkan begitu banyak makanan untuk waktu maghrib. Tetapi, akan selalu ada menu khusus yang selalu menjadi andalan selama Ramadan. Dan ini cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa maupun sahur. Ya, seperti ada yang kurang rasanya kalau tidak ada menu tersebut. Jadi, sering banget menu tersebut hadir di meja makan. Meski jauh dari kata mewah, tapi menu-menu itu membuat hati bahagia saat mengunyahnya.

Dan berikut merupakan menu andalan ala Ery Udya selama Ramadan.


Bagi warga Banyumas Raya, mendoan merupakan menu wajib di setiap saat. Tak terkecuali di bulan Ramadan. Enggak makan mendoan sehari saja rasanya kayak udah lama banget. Selain enak dimakan saat masih hangat, mendoan juga memberikan efek kepuasan tersendiri pada penikmatnya.

2. Tumis Kangkung
Salah satu favorit saya ialah Tumis Kangkung. Dimasak dengan ebi dan terasi, membuat aromanya makin menggugah selera. Sehingga nikmat untuk disantap saat buka puasa maupun sahur.

3. Ayam Goreng
Walau tidak setiap hari masak ayam goreng, tapi saya cukup sering membeli ayam goreng ketika pulang kerja. Ya, ini sering terjadi ketika saya malas masak atau bingung mau makan apa. Ya sudah, ayam goreng saja.

4. Kerupuk Ikan Tengiri
Siapa yang makan harus ada kerupuknya? Fix, sama seperti suami saya. Kerupuk Ikan Tengiri menjadi favorit ketika beliau makan. Mau buka puasa, mau sahur, kalau ada kerupuk tersebut, pasti doyan.

5. Sayur Bening
Dari nomor 1 sampai 4 di atas itu kering semua, ya. Tenang, ada sayur beningnya, kok. Ini kesukaan mama saya. Kalau makan enggak ada yang berkuah rasanya masih kurang. Sayur bening menjadi andalan juga untuk buka puasa. Selain sehat, cara membuatnya juga sangat simple.


Okay, itulah lima menu andalan saat Ramadan ala Ery Udya. Kalau teman-teman apa nih? Yuk, ceritakan dan semangat menulis di Day ke 24 Ramadan dalam BPN 30 Day Ramadan.

Terima kasih. :)

33 Comments

  1. Salah nih baca artikelnya pas masih jam 10. Jadi kepikiran, apalagi mendoan pakai sambel. Apalagi tumis kangkung pakai nasi hanget.

    ReplyDelete
  2. Hmm...kok ndak ada mie instan? Itu kan menu legendaris yang tak lekang waktu hehehe.
    Sayur bening setelah puasa seharian itu rasanya menyegarkan sekali memang.

    ReplyDelete
  3. Menu favorit semua nih
    Yang paling sering hadir di rumahku itu tumis kangkung, sayur bening dan ayam goreng

    ReplyDelete
  4. andalan banget yaa mba tempe mendoan hehe kalau aku tahun ini masakan yang paling sering diulang itu soto daging, soalnya bumbunya pakai bumbu jadi aja gituu haha kalau blender bumbu sendiri juga pernah tapi kalau pas ada waktu aja.

    ReplyDelete
  5. Menunya serba simpel ya.
    Tapi yakin banget dah bakal bikin lahap makan.

    Apalagi kalo paduan Ayam Goreng, Sayur Bening dan sambal. Yummmyyy..

    ReplyDelete
  6. Nomor satuuuu favorit keluargaku juga, Mbak. Apalagi kalau pas buka puasa, ada mendoan yang lain minggir dulu... Hihihi. Enak banget emang menyantap mendoan hangat plus cabe hijau, nyamm..
    Btw dari nomor 1 sampai 5, cuma kerupuk tengiri yang enggak selalu ada di rumahku, Mbak.. soalnya nyarinya mayan susah kayaknya di deket rumah. Hehe.

    ReplyDelete
  7. Mendoan for life wkwkwkkwkw
    ditemenin sama tumis kangkung dan sambel terasi plus kerupuk ikan, udah enak banget makan. Sederhana banget emang tapi nikmatnyaaaa luar biasa.

    ReplyDelete
  8. widih kalo ada sayur bening mah saya makin suka dan love it apalagi ada ayam goreng

    ReplyDelete
  9. Menu andalan selama Ramadhan-nya hampir sama dengan yang di rumah, Mbak. Anak-anak juga tenang kalau ada ayam goreng, kangkung dan sayur bening. Kalau mendoan itu lauk favorit saya, Mbak hehehe

    ReplyDelete
  10. Sayur bening dengan daun ketela iya aku mba Ery, kalau beningan bayam tidak soalnya mertuaku kalau makan itu pegel semua badannya. Kangkung juga aku suka, tapi lagi-lagi nggak pernah masak mertua dua nggak boleh makan itu

    ReplyDelete
  11. Di antara kelimanya ada dua yang sama, mendoan dan sayur bening. Pokok nya ini harus ada saat sahur atau buka puasa saat ramadhan

    ReplyDelete
  12. Saya juga suka mendoan, tumis kangkung dan ayam. Tapi, kalau menu favorit saat ramadhan terlebih saat berbuka adalah rujak. Emak selalu buat rujak sendiri atau ikan asin dengan sambal petis dicampur mangga. Duh, auto ngiler aku memikirkannya saja. HEhehehe

    ReplyDelete
  13. Menu 1 dan 2 nih sering kami terapkan saat bulan Ramadhan. Simpel dan praktis.

    ReplyDelete
  14. Mendoan kesukaan kami, tapi di Lamongan ga ada. Bikin sendiri kurang nendang rasanya. Tumis kangkung kedoyanan bocah-bocah, biasanya pakai Saori hehe. Untuk menu andalan kami selama puasa tuh sarden karena praktis dan murah hehe. Atau capcay tapi beli.

    ReplyDelete
  15. Kangen sayur bening bayem lho aku. Jarang masak sayur bening, soalnya suami asam urat, ga boleh sayuran hijau. Padahal seger banget deh apalagi digado...

    ReplyDelete
  16. semua menunya kesuakaan saya semua kak, hua jam segini belum sarapan jadi laper banget niy pengen ayam goreng sama tumis kangkung dikasih mendoan kayaknya enak banget

    ReplyDelete
  17. Dari kelima menu yang disajikan, saya suka sama mendoan dan yayam goyeng, hehehe... Apalagi ditambah sama sambal pedas, plus kerupuk ikan tengiri plus tumis kangkung, pasti rasanya makin mantap. Terakhir olahan sayur beningnya jadi penambah selera.

    Eh, itu sih semua menu dong, hahahahah...

    ReplyDelete
  18. Yang nomor 4 malah gak daku santap pas Ramadhan kemarin. Kalau mendoan bikinnya ala² aja, meski gak mirip sih, haha. Yang jelas memang kalau Ramadhan semua makanan menjadi nikmat, insya Allah berkah ya

    ReplyDelete
  19. Hwaa sayur kangkung ayam goreng itu emang andalan banget sih mba hehe. Kami sekeluarga juga sukaaa, ngga bosen2 wkwkw

    ReplyDelete
  20. Menu-menu simpel selama Ramadhan jadi andalan para Emak seperti saya juga. Dan yang pasti, meskipun simpel tapi bukan berarti minim gizi. Tempe dan juga sayur bening paling penting di rumah kami agar puasa lebih semangat.

    ReplyDelete
  21. Aaaa semua yg ada di list FAVORIT!!! Proses pembuatannya dan bahan untama pun cukup terbilang mudah untuk ditemukan.

    ReplyDelete
  22. Nah sama nih mbak mendoan hampir tiap hari ada di rumah kalau bulan puasa, buat ngemil dan makan sekalian. Tempe & tahu wajib banget

    ReplyDelete
  23. Waah itu semua menu menu kesukaan ku, jadi pengen bikin nih abis baca artikel ini. Bikin ngiler deh mba eri

    ReplyDelete
  24. Dari menu yang disebutkan di atas andalan saya cuma dua yang sama nih Mbak. Sayur bening dan sayur kangkung hehe, jadi kangen ramadan nih padahal belum genap sebulan berlalunya

    ReplyDelete
  25. Ayam goreng emang andalan banget sih, Mbak. Kalau udah buntu mau masak apa ya goreng ayam aja, bisa pakai tepung atau dibumbui. Kalau males tinggal beli. Pasti ludes hehehe.

    ReplyDelete
  26. Menu andalan Ramadan ku terutama pas sahur adalah sarden, gudeg kaleng, mi, dan telur dadar. Wkkkka yang praktis soalnya masih ada bayi. Dan aku ga puasa juga, lemes euy, jadi langsung dimasak sebelum tidur, terus diangetin ke magic jar atau ditaruh di oven untuk dihangatkan pas sahur

    ReplyDelete
  27. Ayam Goreng nih juga paling sering di keluarga kami meskipun bukan andalan. Hanya saja cuma itu lauk yang tersedia di penjual lauk saat sahur karena pasca buka puasa kami enggak makan berat sampai sahur tiba

    ReplyDelete
  28. ayam goreng dan sayur bening itu emang andalan banget, anak anakku juga suka. Ditambah lagi telur dadar dan kecap. Klau lagi males makan yang lain, dikasih telur dadar dan kecap mereka bakalan lahap lagi..

    ReplyDelete
  29. wuah gak beda jauh ya soal menu makanannya
    kalau Ibu aku, favoritnya sayur timun. jadinya segeeer banget
    kalau aku, apa aja dah dimakan, yang penting ada lauk dan sayur lengkap, hehe

    ReplyDelete
  30. Wkwkwk, di rumahku pas puasa kmaren malah banyak makan mi nih. Meskipun emang ada sesekali ayam goreng dan sayur bening sih. Tapi tiap kali Ramadhan, Ibuku pilih masak yang simple dan tentunya tetap bergizi seperti yang udah disebutin itu yah

    ReplyDelete
  31. Memang kalau pas ramadan.. paling enak menyajikan menu2 yang simple ya. Jadi nggak butuh banyak waktu untuk eksekusi. Waktunya bisa dipakai buat memperbanyak ibadah :)

    ReplyDelete
  32. Wah masakan sehari² saya dan keluarga juga nih Mbak,, tp kl mendoan gak setiap hr sih,, kadang tempe dipotong dadu trus disambel.

    ReplyDelete
  33. Ayam goreng dan sayur bening ini kesukaanku banget. Pas bulan puasa kemaren juga, menu buka puasa dan sahurnya gak jauh-jauh dari ayam goreng dan sayur bening. mantap banget deh pokoknya

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)