Mendoan

Mendoan khas Banyumas
Mendoan khas Banyumas Raya

Mendoan, salah satu makanan tradisional khas Barlingmascap (Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap). Terbuat dari bahan dasar tempe dan tepung. Makanan ini sudah terkenal hingga merambah kota-kota besar seperti di Jakarta, Bandung, Semarang dan Jogja. Bahkan ada teman saya yang dari Mancanegara, tepatnya berkebangsaan Australia. Dia sangat suka dengan mendoan. Dia mengatakan, salah satu yang membuat rindu Indonesia adalah 'Mendoan'.

“Ingin kembali ke Indonesia, ingin menikmati mendoan lagi. Saya kangen sekali dengan Mendoan”. Ungkapnya pada saya. (Apakah dia tidak kangen padaku? -_-” ) Hehehe.

Nah, dari pada penasaran seperti apa sich mendoan itu? Yuk, kita lihat bahan-bahannya, dan cara membuatnya.

Bahan :
Tempe
Tepung terigu ¼ kg
Tepung beras 1 ons
Daun Bawang / Muncang
300 cc air
Minyak Goreng
Bumbu yang dihaluskan : 4 siung bawah putih, ½ sendok makan ketumbar, 2 pcs kemiri, garam secukupnya.

Cara Memasak:
Pertama tama Campur jadi satu semua bahan yaitu tepung terigu dan tepung beras, air putih, bumbu yang dihaluskan, daun bawang serta garam

adonan dan tempe yang akan digoreng.

Kemudian aduk aduk sampai rata, celupkan dengan hati-hati (takut bubuk) semua potongan tempe ke dalam adonan tepung. Terakhir Goreng dalam minyak yang panas, sebentar saja asal menguning keemasan jangan terlalu lama.

Angkat dan hidangkan hangat-hangat.

0 Comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)