Menu Simple untuk Buka Puasa

Menu Buka Puasa Simple
Hallo, Guys
, memasuki Day 16 dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge 2020, saya harap-harap cemas nih. Bisa enggak ya menyelesaikan tantangannya? Karena makin ke sini saya makin keteteran. Huhuhu curhat.

Dan kali ini saya akan membagikan resep menu buka puasa yang praktis banget ala saya. Yang penting tetap sehat. Menu ini cocok sekali dibuat pas kita work from home terus sampai sore enggak kepikiran bikin menu buka puasa.

Resep Sayur Sop dan Martabak Mini ala Ery Udya.

Dulu saya pernah menuliskan tentang sayur asam ala saya. Dan kini sayur sop ala saya juga.

Sayur Sop Praktis
Bahan-bahan:
Daun kobis
Daun caesim
Wortel
Tomat
Daun bawang
Daun seledri
Air +- 600 ml

Bahan untuk sayur sop

Bumbu:
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya

Cara memasak:
Masukan air ke dalam panci dan taruh di atas kompor yang sudah menyala. Haluskan bawang putih dan garam, kemudian campurkan ke dalam air. Potong-potong wortel dan masukan ke dalam panci. Sambil menunggu air tersebut mendidih, kita potong-potong daun kobis, caesim, tomat, daun bawang dan seledri. Setelah air mendidih, masukan kobis dan caesim. Masak sebentar jangan sampai layu. Sebelum api dimatikan, campurkan irisan daun bawang, seledri dan merica bubuk sedikit, ke dalam sop tersebut. Aduk sebentar, kemudian kompor dimatikan. Sop sudah matang dan siap dimakan.

Membuat sop seperti ini hanya memakan waktu kurang lebih 10 menit. Jadi cukup cepat.

Sayur Sop Sederhana
Sayur Sop Ala Ery Udya

Kemudian lauknya saya bikin martabak mini. Niatnya mau bikin mendoan, tapi lupa enggak beli tempe, ya sudah, berhubung di rumah ada stock telur dan Sosis, buatlah martabak mini.

Martabak Mini isi Sosis
Bahan-bahan:
Kulit lumpia (kurang lebih 40 lembar, karena saya ada 4 bungkus kulit lumpia, dan 1 bungkus biasanya isinya 10 lembar)
Telur 4 butih
Sosis 4 buah
Daun bawah 4 batang
Minyak goreng 250 ml

Bahan untuk martabak mini

Bumbu:
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya

Cara memasak:
Pertama haluskan 2 siung bawang putih dengan garam. Masukan ke dalam mangkuk yang telah disediakan. Pecahkan 4 butih telur dan masukan ke dalam mangkuk tersebut. Iris daun bawang dan sosis, kemudian campurkan ke dalam mangkuk. Aduk sampai tercampur dengan baik. Lalu masukan merica bubuk secukupnya.

Kemudian masukan bahan-bahan tersebut ke dalam kulit lumpia satu per satu. Saya memasukan bahan tersebut sebanyak 1 sendok makan. Lalu lipat kulit lumpia tersebut dan sisihkan. Sambil menunggu memasukan bahan ke kulit lumpia, kita panaskan minyak di wajan. Oh ya, gunakan api yang sedang, karena kalau apinya besar, cepat gosong.

Martabak mini
Martabak Mini Ala Ery Udya

Setelah minyak panas, saatnya menggoreng kulit lumpia yang sudah berisi macam-macam bahan tadi. Jangan lupa dibalik biar sisi yang di atas juga matang. Tunggu beberapa saat hingga warna kulit lumpia menjadi agak kekuningan. Kemudian angkat dan tiriskan.

Okay, itulah menu buka puasa yang praktis dan simple tetapi tetap sehat ala saya. Kalau teman-teman, bagaimana nih? Share dong resepnya di kolom komentar. Terima kasih.

No comments

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)