Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Sayur Asem Paling Simple dan Praktis

www.erycorners.com

Sayur Asem, rasa yang segar dan ada rasa asam manisnya membuat saya menyukai jenis masakan yang satu ini. Terlebih lagi, dimakan saat berbuka puasa ya. Segar dan nikmat. Untuk menikmati kesegaran sayur asem juga kita tidak perlu memerlukan modal yang banyak. Karena bahan-bahannya mudah dicari serta pembuatannya juga mudah. 

Mau tahu resep sayur asem ala saya? Yuk, simak di bawah ini, siapa tahu nanti langsung bisa mengeksekusinya untuk menu berbuka puasa.


Bahan-bahan: 
3 batang kacang panjang 
1 ikat daun so (daun pohon melinjo)
1 buah jagung manis
15 butir melinjo (kalau ada ya lebih banyak enggak apa-apa)
½ welok/labu siam (karena saya tidak terlalu suka dengan jenis sayuran yang ini, jadi sedikit saja)
500 ml air

Bumbu:
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 buah asam jawa
½ sdt lada bubuk
Garam secukupnya
Gulu merah secukupnya
1 buah terasi yang sudah digoreng
2 kemiri
5 cm lengkuas yang dimemarkan
3 lembar daun salam

Cara membuat:

Langkah Pertama, haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, terasi dan garam. Selanjutnya siapkan panci, isi air 500 ml. Panaskan air sampai mendidih, kemudian masukan bumbu yang sudah dihaluskan, asam jawa, lada bubuk, lengkuas, salam, garam dan gula secukupnya. Aduk sebentar.

Langkah Kedua, masukan melinjo, jagung manis dan labu siam yang sudah dipotong-potong.

Langkah Ketiga, setelah bahan yang di panci mulai lunak, kita masukan bahan lainnya yaitu daun so dan kacang panjang. Tunggu beberapa saat sampai daun layu.

Langkah Keempat, setelah dipastikan matang dan rasanya enak, angkat dan sajikan.

www.erycorners.com
Ini sayur asem ala saya, duh mangkoknya salah, harusnya pakai yang transparan nih

Simple, kan buatnya? Enggak ada tiga puluh menit deh buatnya. So, kalau mepet-mepet waktu buka puasa, selain makan roti, bisa banget deh masak sayur asem sendiri. Rasa dijamin seger dan enak.


Itu tipe sayur asem ala saya, kalau teman-teman pakai apa saja sayur asemnya? Ada yang beda, kah? Yuk, share di kolom komentar. Terima kasih. ^^
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

Post a Comment for "Resep Sayur Asem Paling Simple dan Praktis"