Semangkuk Cilok Kuah Penuh Cinta Ala Ery Udya

by - 6:51:00 PM

www.erycorners.com
Semangkuk Cilok Kuah Penuh Cinta
Hallo, kawans, akhirnya saya bisa melanjutkan menulis di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Bagaimana puasanya? Lancar, kan? Harus dong ya. Di bulan puasa seringnya kita mencari makanan untuk berbuka puasa. Entah yang manis-manis, entah yang gurih, suka banget ya ngumpulin makanan, meskipun pas buka tiba yang dimakan cuma satu atau dua jenis makanan saja karena perut tidak sanggup lagi untuk menampunya. Hahaha.


Berbicara tentang makanan di bulan puasa, ternyata banyak juga loh yang menjual cilok di daerah saya. Di Alun-alun Purbalingga penjual cilok itu berderet banget. Tinggal pilih. Selain cilok juga mau nyari makanan apapun tersedia kalau di alun-alun, karena banyak sekali pelaku UMKM yang berjualan di sini. Namun sayangnya pas saya ingin beli harus ke arah alun-alun, padahal itu tidak sejalan dengan tujuan saya ke rumah. Jadi gagal lagi deh makan ciloknya.


Untuk mengobati rasa kecewa cilok yang tidak bisa dibeli, sebaiknya memang saya buat sendiri, toh bahan-bahannya tidak terlalu sulit. Dan ini untuk menguji diriku juga, seberapa pantaskah diriku menjadi seorang chef di keluarga? Wkwkwkwk.

Okay, berkat resep minta temen akhirnya saya buat cilok dengan sedikit improvisasi dan modifikasi (halah, lebay banget gue!).  Akhirnya jadi deh, Cilok Kuah yang Dibuat Penuh Cinta oleh Ery Udya. Bagaimana resep dan cara membuatanya? Yuk, simah dan perhatikan baik-baik resep cilok di bawah ini.

Bahan-bahan:
100 gram tepung tapioka
100 gram tepung terigu
3 siung bawah putih
Lada bubuk secukupnya
150 ml air
4 batang daun bawang atau sesuai selera
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Bahan bumbu/saos cilok:
Kacang tanah secukupnya
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Cabai sesukanya (kalau saya tidak pakai cabai, karena tidak suka pedas)

Cara membuat:

www.erycorners.com
Adonan cilok

Pertama, haluskan bawang putih dan garam. Kemudian masukan 150 air ke dalam panci kecil dan panaskan. Masukan bawang putih yang sudah dihaluskan dan lada bubuk. Biarkan sampai mendidih.

Kedua, siapkan wadah untuk membuat adonan. Campurkan 100 gram tepung terigu dan tapioka di dalam satu wadah itu. Tambahkan daun bawang yang sudah diiris ke dalam wadah tersebut.

Ketiga, setelah air mendidih, tuang sedikit demi sedikit ke dalam wadah campuran tepung. Aduk-aduk hingga merata sampai air habis. Aduk terus sampai adonan menyatu dan tidak lengket lagi di tangan.

Keempat, selanjutnya buat bola-bola dari adonan tersebut. Kebetulan kemarin saya punya stock telur puyuh beberap butir, jadi cilok yang saya buat sebagian ada isi telur puyuhnya.

Kelima, siapkan air dalam panci dan masak sampai mendidih. Setelah mendidih, masukan bola-bola cilok ke dalamnya. Biarkan beberapa menit sampai cilok matang, tandanya cilok itu mengapung di air. Setelah masak, tiriskan.

www.erycorners.com
Okay, bentar lagi kita masak, yang adonannya gede itu isi telur puyuh

Cara membuat bumbu:
Goreng kacang tanah, bawang merah dan putih sampai matang (kalau doyan pedas ya pakai cabai juga). Setelah matang. Tiriskan kemudian uleg kacang, bawang merah dan putih sampai halus. Berikan garam secukupnya dan gula merah agar rasanya makin enak. Nah, bumbu kacangnya dah siap. Kalau ingin lebih praktis, bisa banget pakai selai kacang. Jadi enggak perlu nguleg di cobek. Saya niatnya juga gitu, eh ternyata Skippy Peanut Butter saya sudah habis karena sering buat Roti Bakar.


Selanjutnya ambil mangkok, masukan bumbu kacang seperlunya yang sudah jadi. Tambahkan air panas sedikit sampai cocok jadi kuah, kemudian masukan cilok yang sudah matang. Taraaaa.. Cilok kuah sudah siap untuk disajikan. Bagaimana? Mudah bukan buatnya. Selain itu juga lebih sehat karena dibuat sendiri. Soal rasa dijamin maknyus.

www.erycorners.com
Okay, plating kurang cantik

Apakah teman-teman punya resep cilok juga? Yuk, share di kolom komentar.

You May Also Like

21 comments

  1. Duhh cilok kuah enak banget dimakan pas cuaca lagi dingin-dingin gini. Udah lama nggak makan cilok pake kuah gini, kalau beli selalu yang kering pakai bumbu kacang aja hihi

    ReplyDelete
  2. Aku bolak-balik nyoba kok nggak bisa kenyil-kenyil gitu ya, Mbak. Kayaknya bahan dah sama. Apa teknikku yang kurang tepat ya? Coba ntar aku praktekin lagi sama plek kayak resep ini. Anak-anak doyan banget, kan mayan kalau bikin sendiri.

    ReplyDelete
  3. wah menggoda nih...sama aja kayaknya nih resep dan caranya. .bedanya paling diisinya.. tapi seringnya gak pake isi.. dan pake bumbu pecel/rujak aja

    ReplyDelete
  4. Setelah nyoba bikin cilok sendiri, aku sampai pada kesimoulan, mendingan beli aja hehehe. Lelah bikinnya. Tapi keuntungannya, kalu bikin bisa dapat banyak banget dan lebih sehat karena kualitas bahannya terjamin yaa. Video cara bikinnya ada di YouTube aku sih. Ntar kapan2 share di blog juga deh :)

    ReplyDelete
  5. Menggoda mbak... Kapan2 eksekusi ah resepnya. Kalau bikin sendiri gini kan jadi nggak was2, pasti lebih sehat ��

    ReplyDelete
  6. Cilok tanda cinta, seru banget taglinenya. Aku selalu tertarik dengan makanan bernama cilok, why? karena jajanan masa kecilku ya cilok ini, meski enggak bisa bikin atau memang belum pernah bikin, aku suka banget cilok.

    ReplyDelete
  7. Aduh cilok kuah, favorit banget ini. Rajin banget ini bikin cilok sendiri, tapi boleh juga nih ditiru resepnya karena selama ini aku selalu beli cilok pesan ke Bandung mak. Lumayanlah dapat resep dari mbak Ery.

    ReplyDelete
  8. Namanya begitu familiar divtelinga, apalagi cucu tiap pulang sekolah selalu bawa cilok. Cilok jd semacam kwbutuhaan tiap hari baginya. Bunda blm pernaah mencobaaa gimana easa ya. Dengan adabta resep ini, kwknya hrs dico a deh demi cucu yg sangat ngefens sama cilok. Bikin sendiri kan padti bersih, sehat dan banyak, hehehe... Noted link ya Erycorner.com.

    ReplyDelete
  9. Astaga jadi lapar lihatnya. Selama ini beli saja sih cuma belum ada yang cucok gitu. Baca cara membuatnya pun nggak susah juga :D ini kuahnya pedas beuh nampoll pastii :D

    ReplyDelete
  10. Ya ampuun, adonan ciloknya bisa sampai kalis gitu ya, Mbaakkk. Favoritku banget nih, Cilook. Nang alun-alun sini ana cilok enak jugaa. :D

    ReplyDelete
  11. Aih aku udah lama nggak makan cilok. ENaak banget ini kayaknya mba. Tapi seru juga ya kalau bikin. Makin enak banget

    ReplyDelete
  12. Cilok oh cilok kenapa engkau begitu menggoda batin ini sih buat icip... apalagi kalo pedes ya mba, makin mantaappp

    ReplyDelete
  13. Langsung lapar. Cilok kuah enak ini kalau dimakan pas panas. Bisa menghangatkan perut. Apalagi kalau pedes. lebih mantap lagi. Kantuk langsung hilang seketika.

    ReplyDelete
  14. Makanan kesukaan anak-anak nih, cocok banget untuk ngemil di sore hari.
    Biasanya beli aja, pengen nyobain bikin.

    ReplyDelete
  15. Huaah...ini siih..istimewaaa~
    AKu biasanya beli di mamang yang lewat...ya gitu gitu rasanya.
    kalau masak sendiri gini, bisa di modifikasi kuahnya, isiannya...
    Aaaa...mau nyemol laaa...

    ReplyDelete
  16. Waah..cilok. Aci dicolok ya artinya. Aku pun suka cilok yang digoreng jadi namanya cireng ya..hehe..

    ReplyDelete
  17. Cilok ini saya dan anak2 sangat suka... :D suka kalap kalau nyobainnya... terimakasih resepnya Mak...

    ReplyDelete
  18. Duh udah lama nggak makan makan cilok. Biasanya aku buat kalau di kampung. Tapi belum fasih sih buat bumbunya.

    ReplyDelete
  19. kalau saya lebih suka makan cilok pakai saus kacang mbak, belum pernah nyoba yang kuah gini dan resep cilok favorit punya mbak Ricke yg orang Bandung kalau gak salah.

    ReplyDelete
  20. Aku intip-intip resep ciloknya ya Mba. Pengen sekali-kali bikin dirumah, nyemil dirumah.

    ReplyDelete
  21. Cilok kuah mailaaaaf , lebih enak kalau kuahnya pakai ebi kering dan rawit yang buanyak plus irisan daun bawang, ah mantabs nih jadi ingin ngemil cilok kuah. Kalau di Bandung namanya baso aci.

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)

Labels

Teman-teman Blogger

Member Of

Member Of