Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dehidrasi di Siang Hari Ketika Puasa? Coba Lakukan Tips Ini

Jangan sampai dehidrasi ketika puasa



Menjalankan Ibadah Puasa sudah barang tentu kita tidak makan dan minum dari subuh hingga maghrib. Otomatis, cairan tubuh kita berkurang, kadang merasakan badan lemas, tenggorokan kering, haus atau dehidrasi.

Untuk itu, kita perlu menjaga pola makan dan minum selama berbuka puasa dan sahur agar badan tidak dehidrasi.



Tips Mudah Agar Tidak Dehidrasi Selama Puasa


Tubuh kita tidak boleh kekurangan cairan, sehingga dianjurkan untuk minum air putih yang cukup, atau setidaknya 1 liter sehari. Permasalahannya, bagaimana cara kita mencukupi kebutuhan cairan tubuh pada saat kita puasa?

Tips agar terhindar dari dehidrasi

Yuk, simak terus tipsnya.

1. Minum Air Putih Sesuai Kebutuhan


Pada saat berbuka puasa sebaiknya minum air putih 4 gelas. Diminum sebelum makan 2 gelas, setelah makan 2 gelas.

Selanjutnya 2 gelas setelah salat tarawih, dan 2 gelas pada saat sahur. Dengan jumlah 8 gelas per harinya kebutuhan cairan di dalam tubuh akan terpenuhi.

Kalau saya sendiri, karena sering merasa haus, selepas tarawih bisa 3 sampai 4 gelas, dan pada saat sahur 4 gelas.


2. Usahakan Mengonsumsi Buah dan Sayur


Buah dan sayur mengandung vitamin dan cairan yang membantu memelihara kesehatan badan. Usahakan pada saat buka puasa, ada sayuran dan atau buah. Atau mungkin pada saat setelah salat tarawih, camilan kita diganti dengan buah, bukan gorengan atau keripik yang asin.


3. Hindari Makan Asin dan Makanan Berprotein Tinggi Berlebihan


Makanan yang asin membuat tenggorokan makin kering dan cepat haus. Usahakan jangan makan asin seperti keripik, peyek, ikan asin, kentang goreng, dan lainnya yang mengandung banyak rasa asin.

Juga jangan makan makanan berprotein tinggi secara berlebihan pada saat sahur. Makanan itu seperti daging sapi, telur, dan gandum.

Kedua jenis makanan tersebut membuat kita cepat merasa haus. Ketika terpaksa memang makanannya itu, kita harus minum air putih lebih banyak dari biasanya.

4. Hindari Olahraga Berat


Olahraga memang perlu untuk menjaga kebugaran. Akan tetapi, pada saat puasa sebaiknya hindari olahraga berat. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki agar tidak tenaga tidak terkuras dan tidak menimbulkan dehidrasi.


Penutup


Tidak nisa dipungkiri lagi, ketika kita puasa, tubuh kekurangan cairan dan bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk itu, kita perlu melakukan tips dan trik untuk menyiasati agar tidak dehidrasi.

Salah satunya ialah minum air putih yang banyak. Apakah teman-teman ada saran dan tips lainnya? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar, ya. Terima kasih.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

10 comments for "Dehidrasi di Siang Hari Ketika Puasa? Coba Lakukan Tips Ini"

  1. Kalo susah dengan gelas, bisa dicoba pake botol minum yg isi 1 liter atau 2 liter. Setidaknya kalo bingung udah berapa gelas yg kita minum , bisa jadiin botol TD patokan . Kalonisinya belum habis, berarti minumnya msh kurang.

    Tapi aku sendiri unta banget mba 😄. Kayaknya air galon di rumah cepet abis ya hara2 aku, memang banyak minumnya 😁. Salah satu triknya ya pakai botol 2 liter. Aku isi tiap malam sebelum tidur. Utk diminum besok. Jadi memang hrus habis sehari itu

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillahnya saat puasa itu kebutuhan minum kita otomatis menyesuaikan.

    Jadi kalau aku minum pasti ya banyak para saat buka dan lanjut sesudah makan malam (setelah taraweh baru makan malam) dan kebiasaan yang kurang baiknya adalah ngopi! Jadi saur ya saatnya ngopi sedikit.

    ReplyDelete
  3. Bener deh. Saat puasa tuh emang terasa banget kalau kurang minum. Siang hari badan kayak lemas terus. Cuma memang agak rumit ya kalau minum air pas malam tuh. Aku sendiri jarang haus. Pas buka pun kalau terlalu banyak minum air jadi begah dan malah bikin malas ibadah. Hehehe...

    Mungkin makan buah dan sayur itu bisa membantu... sama interval minum airnya kali ya. Kadang aku tuh meski nggak haus ya minum aja.

    ReplyDelete
  4. Tipsnya sangat bermanfaat sekali Mba Ery apalagi sekarang sebentar lagi mau puasa ya jadi konsumsi makanan dan minuman sehatnya wajib dijaga dan ditambah, agar tidak dehidrasi, sama paling penting mengatur pola makannya dari mulai buka puasa sampai sahur, agar kebutuhan cairan dan nutrisi harian tetap terpenuhi

    ReplyDelete
  5. Tahun ini ramadan masuk ke dalam musim hujan, tetapi sepertinya suhu panas sih tidak berkurang. Kalau aku sih sudah lama menerapkan jangan minum teh saat sahur. Dulu sebelum tahu infonya "sebaiknya jangan minum teh saat sahur", selalu dikasi teh hangat oleh mamaku. Pantas saja kalau puasa bawaannya lemas. Terima kasih infonya mbak, akan aku coba aplikasikan untuk puasa ramadhan tahun ini.

    ReplyDelete
  6. Tahun lalu saya mulai menerapkan banyak makan buah dan sayur ketika sahur, memang terbukti ngga gampang haus sih. Dan betul habis buka puasa harus rajin minum air putih

    ReplyDelete
  7. Aku suka lupa banget kalo uda buka, pasti yang dibanyakin ngemil yaa..
    Padahal yang paling bagus makan dan minum yang cukup. Kudu diatur banget mengenai asupan air agar tetap sehat dan stay focus.

    ReplyDelete
  8. Air putih adalah bagian dari idupkuu. Tak bisa idup daku tanpa air putiiihh. Kemana-mana selalu nggembol botol stainless yg isinya air putiihh.
    Makan yg asin emang betul bikin tenggorokan cepet haus, kini kerasa betul perbedaan puasa waktu di Taipei ama puasa di Surabaya. Waktu di Taipei walau puasaan banyak jalannya, tapi masih kuat soalnya sahur n buka ga pake makan gorengan n es es manis. Giliran puasa di Sby, buka ama sahurnya terhidang makanan khas Indonesia: kek kurang afdhol klo ga ada gorengan ama es esan wkwk.

    ReplyDelete
  9. dulu aku suka banget pas sahur gitu pakai lauk ikan asin. tapi setelah nikah dilarang suami karena katanya bikin haus. kalau sekarang kadang malah bingung menu sahur apa yang nggak bikin perut begah pagi harinya soalnya sekarang aku selalu merasa begitu pas puasa

    ReplyDelete