Friday, July 6, 2018

Cara Mudah Diet Pasca Lebaran

www.erycorners.com
Hallo, teman-teman, Alhamdulillah kita sudah lebaran ya. Oh ya, maaf lahir dan batin juga ya, meskipun sangat telat nih. Iya, telat ngucapin karena sibuk ke sana-sini ngisi perut. Berkunjung ke rumah saudara ‘A’ ada rendang harus dimakan, berkunjung ke rumah saudara ‘B’ ada gulai harus dicicipin, berkunjung ke rumah saudara ‘C’ ada opor tentu harus dilahap. Begitu terus sampai selesai door to door. Enggak tahu dari awalnya bagaimana, tapi kalau di tempat kami, kalau berkunjung ke rumah saudara, apalagi pas hari raya begini, tentu wajib makan. Ya, memang saya makannya enggak banyak-banyak amat, tapi kan ada lebih dari sepuluh rumah, sama saja berpiring-piring. Dan menunya tentu sama semua, berlemak dan berkolestrol. Termasuk di rumah saya sendiri kalau lebaran pasti Mama wajib masak daging. Entah itu buat rendang atau gulai. Yang jelas sangat-sangat banyak lemaknya deh.

Nah, ngomong-ngomong soal lemak nih, pas bulan puasa ada bahagianya kan, lemak di tubuh pada berguguran. Tapi, sekalinya lebaran baru satu hari, lemak di tubuh pun ikut pada ngumpul semua. Ya bagaimana enggak ya, wong kerjaannya makan terus.

Kalau begini kan pusing, apalagi kita yang emak-emak, sudah bahagia berat badan turun, eh, baru lebaran satu hari langsung timbangan geser ke kanan. Gesernya enggak kira-kira pula. Ikss.. sebel deh rasanya. 

Dengan begitu, kita nih sehabis lebaran perlu lah mengontrol pola makan dengan cara diet yang sehat. Seperti yang telah disampaikan oleh Mak Farida Zulkaidah Pane di artikel yang berjudul Diet dengan Puasa Pasca Lebaran di blog Kumpulan Emak-Emak Blogger. Di bulan Syawal ini juga ada puasa sunah ya. Nah, selain mendapatkan pahala puasa sunah, hal itu juga bagus bagi kesehatan tubuh. Dengan kata lain bisa untuk menggugurkan lemak-lemak yang sudah meroket kembali.

www.erycorners.com

Lalu, bagaimana yang tidak berpuasa? Adakah caranya?

Tentu saja ada. Karena diet itu banyak macamnya. Bagi saya diet itu harus menyeimbangkan antara kadar protein, lemak, vitamin dan kalori. Intinya jangan rakus memakan segala gitu. Lah wong sudah terlanjur makan apa saja pas lebaran? Gimana coba? Setelah lebaran, berusahalah untuk mengatur pola makan yang sehat dan mudah dijalankan.

Tahapan diet yang bisa kita jalankan, seperti :

1. Olahraga secara teratur. 
Untuk hal ini bisa dilakukan saat pagi. Olahraga selama lima belas hingga tiga puluh menit, perlahan akan membakar kalori.

2. Sarapan buah atau jus
Kalau saya lebih suka jus alpukat atau pisang. Sarapan yang paling baik juga dari jam tujuh pagi hingga jam sembilan pagi. Usahakan di waktu pagi jangan makan yang berat-berat ya.
www.erycorners.com


3. Makan siang dengan kalori rendah
Kalau makan nasi putih, lebih baik dikurangi, karena nasi putih memiliki kadar kalori yang lebih tinggi dari pada nasi merah. Untuk protein dan vitamin harus seimbang juga.

4. Makan malam sebelum jam tujuh malam
Bagi yang berniat diet dan membuang lemak, sebaiknya makan malam dilakukan sebelum jam tujuh malam. Jadi pas malam hanya mengkonsumsi air putih hangat saja.

5. Banyak minum air putih
Air putih memang dahsyat, apalagi yang hangat. Bagi kesehatan, air putih hangat juga kaya akan manfaat, dan salah satunya membakar lemak yang ada di badan kita.
www.erycorners.com

Itulah beberapa langkah mudah untuk mengembalikan berat badan pada pasca lebaran. Caranya sangat simple dan mudah. Dan yang terpenting, kita jangan tergoda dengan berbagai menu makanan yang masih menarik perhatian mata untuk dicicipi. Iya, saya tahu, godaan makanan itu rasanya sangat berat. Namun, kita harus tetap fokus dan konsisten untuk menjaga berat badan tetap ideal dan jauh dari yang namanya lemak, kolestrol dan lainnya yang jahat untuk kesehatan.

14 comments:

  1. Wah ternyata simpel ya. Sudah berhasil nih, mak? ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah, Mak.. berat badan gak sampai melambung tinggi, hehehe

      Delete
  2. Sederhana tapi susah mbaaa....aku mau diettt. Huuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya buruan diet, jangan cuma niat, ingat tuh, fokus dan konsisten, kalau cuma niat mah, entah kapan hahaha

      Delete
  3. ketone penak temen ... tapi anu bacut kendor kiye ... dadi ya pada baen keton e lemu kurang gerak ... arep gerak males ... bagaimana ben ora males

    ReplyDelete
    Replies
    1. penak tenan oo.. niat, fokus, dan konsisten, itu kuncinya, hehehe.. kalau gak konsisten ya sama aja si, balik lagi balik lagi makan segala :)

      Delete
  4. Kalau saya sich dietnya dengan perasan jeruk nipis atau lemon hangat di pagi hari sebelum makan. Nggak pake gula ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya.. Pakai lemon juga bisa... Ssip, Mbak..

      Delete
  5. Aku sering kelewat nih tips jangan makan malam, apalagi musim bola gini suka buat mie instan tengah malam huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya kalau tengah malam memang suka khilaf.

      Delete
  6. makasih tipsnya dang masih suka tergoda dg camilan sisa lebaran yang masih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaha iya, Mbak.. Saya juga masih tergoda dg jajan sisa lebaran

      Delete
  7. Maaf lahir batin Mak.. Semangat ngadepin makanan enak pasca lebaran.. hehhe.. Trims tipsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak.. Maaf lahir batin juga, ayoo semangat menurunkan berat badan

      Delete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)