Cara Menghindari Cedera Saat Bersepeda

Cara Menghindari Cedera Saat Bersepeda


Melakukan kegiatan bersepeda memang menyenangkan. Selain membuat tubuh menjadi bugar, juga memberikan rasa nyaman karena udara alam terbuka yang begitu menyegarkan tubuh.


Untuk bisa menikmati kegiatan bersepeda, langkah terbaik adalah dengan sebisa mungkin untuk terhindar dari cedera. Hal ini akan membuat kita dapat merasakan manfaat yang besar saat bersepeda dan membuat perjalanan kita menjadi menyenangkan.

Nah, apa-apa saja tips atau cara yang dilakukan supaya terhindar dari cedera saat bersepeda? Mari disimak ulasannya!


1. Pastikan Kondisi Badan Fit Sebelum Bersepeda

Ada berbagai jenis cedera yang terjadi pada pesepeda yang disebabkan oleh kondisi badan yang tidak fit. Salah satunya adalah cedera punggung. Cedera ini adalah cedera yang disebabkan karena terlalu sering membungkuk. Di samping itu cedera ini terjadi karena tidak pernah melakukan kegiatan olahraga sebelumnya.

Untuk mengatasi masalah ini, lakukan olahraga otot sebelum berkendara sepeda di jauh hari. Beberapa bagian tubuh yang dilatih adalah bagian lengan, punggung dan perut. Dengan demikian tubuh kita akan menjadi fit dan semangat saat bersepeda.


2. Selalu Lakukan Pemanasan Sebelum Bersepeda

Setelah tubuh fit, hal yang tidak boleh dilupakan adalah dengan melakukan peregangan atau pemanasan sebelum melakukan kegiatan bersepeda. Hal ini bertujuan untuk melemaskan otot-otot yang kaku agar dapat terhindar dari cedera dan luka-luka.


Lakukan pemanasan sebelum bersepeda selama 5-10 menit. Salah satu otot yang wajib dilemaskan adalah bagian trisep lengan. Hal ini dikarenakan bagian trisep adalah bagian tubuh yang sangat penting dalam menahan posisi saat bersepeda dan menopang seluruh anggota tubuh.


Cara yang dapat dilakukan untuk dapat melakukan pemanasan dan memperkuat trisep adalah dengan cara melakukan gerakan trisep-toning. Langkah ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan sebelum bersepeda.


3. Cek Kondisi Sepeda Sebelum Berkendara

Mengecek kondisi sepeda sebelum berkendara juga sangat wajib dilakukan. Hal ini menjadi sangat berpengaruh dalam keamanan dan kenyamanan saat bersepeda.


Langkah termudah dalam mengecek kondisi sepeda adalah dengan melihat berbagai komponen sepeda seperti apakah rantai sepeda terlumasi dengan baik, apakah kondisi ban memiliki tekanan angin yang bagus, apakah kondisi tubuh sepeda, rem, dan gigi sepeda dalam kondisi prima dan seterusnya,


Kita dapat menunda kegiatan bersepeda bila salah satu komponen mengalami kerusakan. Segeralah lakukan pemeriksaan di bengkel langganan kita dan serahkan semuanya kepada mekanik sepeda untuk melakukan perbaikan lebih lanjut.


Pakai Helm di Saat Bersepeda
Jangan lupa pakai helm ketika bersepeda


4. Pakailah Berbagai Pelindung Sepeda Supaya Keamanan Semakin Terjaga

Memakai pengaman sepeda juga menjadi faktor yang sangat penting guna menghindari cedera saat bersepeda. Beberapa contoh pengaman sepeda yang digunakan adalah helm, kacamata sepeda, pelindung siku dan lutut dan pakaian atau jersey sepeda.


Helm menjadi sangat wajib digunakan saat bersepeda. Benda ini akan memungkinkan kita terhindar dari berbagai benturan baik di aspal maupun benda keras lainnya, kacamata sepeda yang memungkinkan mata kita terhindar dari hembusan angin, bercak lumpur, pasir, serangga dan cabang pohon, pelindung siku dan lutut yang melindungi kita agar tidak lecet saat terjatuh, serta pakaian sepeda atau yang disebut dengan jersey sepeda untuk mengurangi potensi kecelakaan seperti tersangkut ranting kayu.


Pengaman sepeda menjadi sangat penting untuk melindungi kita khususnya bila kita bersepeda dengan kondisi jalan yang ekstrim.


5. Periksa Dudukan atau Sadel Sepeda Sebelum Mengendarai Sepeda

Dudukan sepeda atau sadel yang bergoyang ke atas atau ke bawah saat mengendarai sepeda dapat membuat kita cedera saat berkendara. Maka dari itu pilihlah sepeda dengan dudukan pas sehingga aman digunakan.


Dudukan sepeda yang pas adalah dudukan sepeda yang tidak bergoyang dan sesuai dengan tinggi tubuh. Cara yang dapat dilakukan untuk mengecek dudukan sepeda adalah dengan melihat apakah dudukan itu bergoyang atau tidak. Jika ya, maka kencangkan dudukan sepeda sampai menjangkau tinggi badan kita. Lakukan hal ini sampai dudukan sepeda kencang dan sesuai dengan ukuran tubuh.


Catatan

Cara lain yang dapat diperhitungkan agar terhindar dari cedera saat bersepeda adalah dengan mengecek rute yang akan diambil. Tujuannya adalah agar kita siap dan matang dalam mengambil rute yang dipilih dan menghindari kita dari cedera yang tak terduga. Di samping itu, pastikan kita membawa makanan dan minuman sehat yang dapat mengembalikan energi kita saat mengendarai sepeda.


Baca juga: Hal-hal yang Sering Terjadi Menyebabkan Penyakit Tipes


Demikian artikel tentang Cara Menghindari Cedera Saat Bersepeda, semoga kita tetap aman saat mengendarai sepeda untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

40 Comments

  1. Aduh jadi keingetan belum punya helm sepeda nih, mbak :D

    ReplyDelete
  2. Baca ini malah bikin kangen pengen sepedaan lagi. Udah lama banget rasanya gak sepedaan, sejak udah gak ada sepeda di rumah. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepedaan bareng emang bikin kangen. Ayok beli sepeda lagi (kompor nih aku) :D

      Delete
  3. Aku kemarin baru tahu kalau ternyata posisi sadel tu harus tinggi demi menghindari cedera dan nyeri. Awalnya ku pikir sama aja. Yang penting kaki bisa napak meski posisi duduk. Ternyata salah, haha. Makasii tipsnya, mbaak. Jadi tambah info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, sama-sama. Iya, posisi sadel harus tinggi. Saya juga malah enggak bisa kalau posisi sadel itu rendah. Kayak gimana gitu rasanya.

      Delete
  4. aku kalau sepedahan selalu mengecek kondisi sepedaku, dan pastikan kalau sepedahan itu mengenakan pakaian yang nyaman dan gak mengganggu kita bersepeda,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, Mbak. Melakukan hal-hal beigtu memang perlu ya. Biar kita aman pas sepedaan.

      Delete
  5. Sebelum bersepeda, pastikan kudu menyiapkan hal2 sebagaimana yg ada di artikel ini.
    Soale aku sering ketemu para cyclist yg asal2an gitu mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, kadang ada yang belum mengerti tentang pentingnya persiapan belum sepedaan. Kadang yang penting ada sepeda, langsung deh berangkat, tanpa mengecek dulu kondisi sepeda dan lainnya.

      Delete
  6. 5 hal di atas SOP yang harus selalu dilakukan ya sebelum bersepeda, gak boleh lupa. Kalau sampai lalai .... duh, serem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, kalau sampai lupa, takutnya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan malah akibatnya bisa ngeri.

      Delete
  7. Sudah lama tak sepedaan T.T
    Mungkin nanti kalau pandemi usai mau beli sepeda :D
    Btw bener mbak kudu cek kondisi sepeda ya sebelum bersepeda soalnya kalau tiba2 rusak di jalan malah bingnug nantinya kan.
    Trus bener sepedaan kudu pemanasan biar gak ada cidera yaa. Ini yg sering dilupakan sama orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip.. nanti kalau pandemi udah berakhir, kita juga bisa makin panjang jarak sepedaannya.

      Nah itu dia, masih banyak pesepeda yang asal naik tanpa pemanasan terlebih dahulu.

      Delete
  8. Mau olahraga apapun, pemanasan itu penting, ya. Supaya gak cedera. Apalagi kalau sepedaan begini, kondisi sepedanya juga harus diperiksa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz. betul banget, pemanasan itu memang hal yang sangat penting sebelum berolahraga inti.

      Delete
  9. Terima kasih tips nya mbak..
    Sangat bermanfaat, aq share ke tmn2 ku yg lg hobi bgt main sepeda ya

    ReplyDelete
  10. Artikel happening ini, Ery!
    Sekarang semua orang kembali bersepeda, which is good, tapi masih banyak yang abai dengan keselamatan yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba Tanti. Semoga bisa bermanfaat, karena saat ini banyak sekali yang doyan sepedaan.

      Bener banget, masih banyak yang abai akan keselamatan dalam bersepeda. Padahal itu penting.

      Delete
  11. Kangen banget buat sepedaan. Dulu hampir setiap Sabtu Minggu saya sepedaan. Kadang keluar pulau juga buat touring. Semoga abis lahiran nanti bisa sepedaan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. Mba Lina sedang hamil, ya? Alhamdulillah, selamat ya, Mbak. Bertambah lagi anggota keluarganya. Semoga selalu diberi kesehatan dan kelancaran serta keberkahan untuk keluarganya.

      Semoga nanti kalau anak sudah bisa diajak sepedaan, bisa sepedaan bareng-bareng, ya.

      Delete
  12. Sebelum bersepeda harus cek kondisi sepeda dulu ya, Mba. Bahaya juga si kalau cedera. Bisa saja malah berakibat fatal cederanya.

    ReplyDelete
  13. Pengen banget bersepeda lagi..jadi pengen nabung buat bisa beli sepeda dan ikutan klub gitu...

    ReplyDelete
  14. cek kondisi sepeda dan pengendara penting banget itu ya mbak. Aku kalau bangunnya agak kesiangan mesti lemes sepedaannya makanya harus spare waktu dulu buat ambil nyawa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, jadi kudu bangun pagi-pagi ya, Mbak. Biar gak lemes dan bisa sarapan banyak juga.l :D

      Delete
  15. Aku pernah bersepeda 14 km bareng suami tanpa persiapan mba Ery
    setelah itu kaki, bokong aduduw pegel banget. Tapi seneng, ternyata memang harus ada pemanasan dan jangan sekali bersepeda jauh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, Mba Nyi... 14 Km tanpa pemanasan dan lainnya. Dan sanggup, mantaap banget nih. Kalau gak ada pemanasan memang begitu jadinya ya.

      Delete
  16. Tips yang penting untuk para pesepeda nih, apalagi sekarang lagi booming olahraga sepeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Jadi, jangan hanya ikut boomingnya saja, tapi harus memperhatikan hal lainnya juga, ya.

      Delete
  17. Penting banget pemanasan sebelum bersepeda, apalagi kalo kita nggak tau rute yang akan kita tuju. Jadi, pemanasan sebelum sepedaan wajib banget buat aku mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau kita gak tahu rute, takutnya tiba-tiba di tengah jalan kita kaget karena rutenya yang luar biasa.

      Delete
  18. Iya kak...bener banget.
    Penting untuk memeriksa kondisi sepeda sebelum memulai perjalanan. Aku pernah asal pake aja..ternyata, baut di setirnya copot.
    Heuheuu~
    Karena sepeda lipat.

    Gak nyaman banget sepanjang perjalanan megangi setir.

    ReplyDelete
  19. Selama ini kalau mau bersepeda, gak ada persiapan sama sekali. Langsung main aja.
    Seharusnya dilakukan pemanasan dan memeriksa kelayakan sepedanya ya..

    ReplyDelete
  20. Yang sering terlupakan itu emang cek rute karena kadang emang ngikutin jalan aja. Yukk...kapan kita nggowes, Mbak. Hahhaa

    ReplyDelete
  21. Wah pas banget mak, besok pagi sama suami mau sepedaan, tipsnya akan aku ingat dan hafalkan

    ReplyDelete
  22. Makasih mba masukan dan tipsnya. Saya jadi lebih aware lagi soal keselamatan jadinya.

    ReplyDelete
  23. Pemanasan sebelum bersepeda itu penting banget
    Dan tak kalah pentingnya adalah kondisi sepeda harus sempurna
    Pokoknya saya setuju dengan artikel diatas

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)