Manfaat Vitamin D dan Efeknya Ketika Tubuh Kekurangan Vitamin D

Manfaat Vitamin D dan Efeknya Ketika Tubuh Kekurangan Vitamin D - Sejak pandemi datang, kebutuhan vitamin makin meningkat, salah satunya ialah vitamin D yang sangat penting bagi tubuh. Sampai-sampai sejumlah apotek kehabisan stock vitamin D. Iya, saya sendiri waktu itu kesulitan mencari vitamin D ketika tante saya positif Covid 19.

Manfaat Vitamin D dan Efek Ketika Tubuh Kekurangan Vitamin D

Manfaat Vitamin D

Selama ini, kita hanya tahu bahwa vitamin D hanya berfungi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Namun, aslinya, vitamin D memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan tubuh. Berikukt beberapa manfaat dari vitamin D, di antaranya:

  1. Memelihara kesehatan tulang, bagi orang lanjut usia, ini mampu mencegah osteoporosis
  2. Menjaga kesehatan gigi dan mulut
  3. Membantu mencegah diabetes, karena vitamin D mampu membantu untuk memproduksi insulin di dalam tubuh
  4. Membantu agar daya tahan tubuh tetap sehat
  5. Mengurangi resiko terkena kanker
  6. Menjaga kesehatan ibu hamil, hal ini bertujuan untuk mencegah kelahiran prematur
  7. Memelihara kesehatan ibu menyusui
  8. Mampu mengurangi depresi

Itulah beberapa manfaat dari vitamin D bagi kesehatan tubuh. Selain itu, ketika kita kekurangan vitamin D, akan berakibat yang cukup tidak baik bagi tubuh, di antaranya:

  1. Otot akan melemah
  2. Mudah merasakan lelah
  3. Tulang sering nyeri
  4. Penyakit mudah menyerang
  5. Penyembuhan luka akan cukup lama
  6. Suasana hati cepat berubah-berubah (lebih sering bad mood)

Sumber Vitamin D

Melihat manfaat vitamin D yang begitu banyak, dan kekurangan vitamin D bisa berakibat cukup fatal bagi kesehatan tubuh, untuk itu, kita perlu menjaga vitamin D dalam tubuh kita selalu ada di dalam tubuh. Karena banyak sumber vitamin D yang bisa kita dapatkan dalam sehari-hari dengan mudah.

  1. Sinar matahari
  2. Mengounsumi yoghurt
  3. Ikan salmon dan tuna
  4. Jamur
  5. Daging merah
  6. Keju dan susu
  7. Suplemen vitamin D3 1000

Cara Mendapatkan Suplemen Vitamin D

Saat ini untuk mendapatkan vitamin cukup mudah, salah satunya ialah vitamin D3 1000 yang berfungsi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Karena sudah ada beberapa toko online vitamin yang selalu siap sedia menjual vitamin D3 1000. Jadi, saat ini, tidak perlu khawatir akan kehabisan vitamin D seperti awal-awal pandemi, yang saya sampai pusing muter-muter ke beberapa apotek tapi sudah kehabisan vitamin D. Sekarang tinggal order by smartphone saja sudah beres.

24 Comments

  1. Asyik sekarang by smartphone aja bisa pesan suplemen vutamin D3 1000 ya. Beneran awal pandemi kesulitan saya. Apalagi saya pernah positif Covid yang butuh vitamin ini dalam proses penyembuhannya

    ReplyDelete
  2. banyak memang ya mba manfaat dari vitamin D ini dan saat pandemi seperti sekarang kita diingatkan akan pentingnya mendapat vitamin D yang cukup untuk tubuh

    ReplyDelete
  3. Selama pandemi, saya jadi rajin berjemur guna mendapatkan Vitamin D alami. Dan di tambah juga dengan supplement Vitamin D. Sudah vaksin 2x. Alhamdulillah sehat-sehat saja. Semoga semua teman-teman juga sehat. Emang penting banget memberi tambahan asupan Vitamin D di saat-saat seperti ini

    ReplyDelete
  4. Klo mendung2 gitu mood jadi gimanaaaa gitu. Efeknya sama kayak kurang vit D ya mbaa. Butuh banget matahari plus dari asupan makanan supaya tubuh cukup vit D nyaa. Osteoporosis rentan buat wanita yg udah melahirkan, menyusui. Ibu mertua ada sakit tulangnya mbaa, rutin dipanasin jadi enak tulangnya.

    ReplyDelete
  5. Yang paling murmer vitamin D itu adalah dgn berjemur ya karena memang bit D manfaatnya banyak sih
    Tp kalau gk bs alami, bisa juga ya dibantu dr makanan dan suplemen.

    ReplyDelete
  6. Ternyata kekurangan vitamin D bisa menyebabkan bad mood ya.
    Jadi ingat, belum minum vitamin D hari ini.

    ReplyDelete
  7. Suplemen Vitamin D ini harus banget, karena di masa pandemi ini butuh benteng yang lebih kuat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
    Dosis terbaik setiap hari selain berjemur adalah 1000 IU ini yaa..

    ReplyDelete
  8. Bener, zaman sekarang beli apapun tinggal modal smarphone dan ewallet hehe, termasuk beli vitamin yah. Btw saya juga konsumsi vitamin D3 1000 untuk daya tahan tubuh plus vit C.

    ReplyDelete
  9. Dulu ga kepikiran harus beli vitamin D3 1000 yang berfungsi sangat baik bagi kesehatan tubuh, tapi sekarang jadi selalu berjaga jaga mbak

    ReplyDelete
  10. Ternyata banyak juga manfaat vitamin D ini ya. Sejak kecil tahunya ya vitamin D itu untuk menjaga kesehatan tulang, diperoleh dengan cara berjemur.

    ReplyDelete
  11. yah, kalo mau gakmuka belang, pilih minum vitamin aja deh biar asupan vit D terpenuhi,ketimbang berjenmur yah, yang ad nnati buth skincare, hahaha

    ReplyDelete
  12. Saat masih single, ngga ngeh kalau ternyata vitamin D tuh manfaatnya banyak sekali. Baru saat berkeluarga dan mencari cara supaya sekeluarga sehat semua, baru tahu kalau vitamin D tuh manfaatnya banyak

    ReplyDelete
  13. Penting bnget vitamin D untuk tubuh ya mba... Bisa didapatkan dari supplement vitamin D3 1000 yang berfungsi sangat baik bagi kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  14. Sebelum pandemi aku sempat membaca tulisan seorang pesohor tentang banyaknya orang yang kekurangan vitamin D di Indonesia. Sungguh ironis mengingat kita ada di negara tropis. Yuk, galakkan vitamin D alami melalui berjemur yukkk

    ReplyDelete
  15. wah kini aku makin sadar, bahwa vitamin D itu juga sangat diperlukan oleh tubuh ya mbak
    nggak boleh lupa nih buat jaga asuoan vitamin d ini

    ReplyDelete
  16. Kadang-kadang yang kita utamakan justru vitamin C, padahal manfaat vitamin D bagi tubuh juga ga kalah penting yaaa.. Menambahkan vitamin D secara khusus dalam konsumsi harian bagus juga tuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

    ReplyDelete
  17. Vitamin D memang perlu ya buat tubuh. Walopun dibutuhkan dalam skala mikro, atau mili, kalo kekurangan bisa fatal. Di makanan tertentu juga terkandungnya. Aku sendiri waktu kena covid minum. Tapi yang D100 atau D200 aja

    ReplyDelete
  18. Iya penting banget minum kapsul vitamin D ini bagi tulang kuat ya apalagi buat mamak-mamak yang jarang berjemur dan makan daging merah

    ReplyDelete
  19. selama masa pandemi vitamin D ini kayaknya laku banget yaa soalnya bisa membantu menjaga daya tahan tubuh juga.

    ReplyDelete
  20. Iya ya, awal-awal pandemi kita sangat susah mendapatkan vitamin D. Untung sekarang sudah tidak begitu lagi apalagi dengan kehadiran aplikasi Smartfren, makin mudahlah dapatkan vitamin D.

    ReplyDelete
  21. Vitamin D penting ya untuk imunitas tubuh apalagi masa pandemi seperti saat ini. Harga kisaran brp mba vitD ini

    ReplyDelete
  22. Wah, ternyata banyak ya manfaat vitamin D. Tadinya ngira cuma penting buat tulang saja. Harus dipastikan tubuh sudah terpenuhi kebutuhan vitamin D ya mbak... Kalau perlu minum suplemen.

    ReplyDelete
  23. Sebelum pandemi kurang peduli dengan kebutuhan Vitamin D, tapi sekarang wajib konsumsi selain dari makanan yang dimakan sehari-hari juga perlu tambahan suplemen vitamin D dan lebih mudah belinya bisa online ya

    ReplyDelete
  24. Banyak juga yaa manfaat dari Vitamin D, jadi sumbernya gak cuma bisa didapat secara alami seperti sinar matahari tapi juga bisa di bantu dengan mengonsumsi vitaminnya langsung ya

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)