Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mencari Hunian yang Nyaman

Tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer orang yang difungsikan sebagai tempat berteduh, berkumpul dengan keluarga, pun untuk istirahat. Sayangnya di zaman sekarang ini, untuk memiliki hunian impian itu makin sulit kalau penghasilan tidak imbang. Saya sendiri sedang berusaha untuk mengumpulkan sedikit demi sedikit beli tanah di kampung, biar harganya cukup miring. Kemudian nantinya menabung lagi mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk membeli bahan bangunan. Butuh waktu yang cukup panjang, apalagi kalau gaji hanya pas-pasan. 

Berhubung sadar memerlukan banyak cuan, makanya saya berusaha untuk hemat dan belajar mengatur keuangan. Selain itu, saya berusaha menghasilkan uang selain dari kerja di kantor, juga dari ngeblog atau pun dari media sosial. Bisa dikerjakan kapan saja walau sedang di rumah. Ya itulah untungnya menjadi part time blogger.

Baca juga:

Bagi yang hidupnya di kota kecil seperti saya ini memang tidak begitu susah kalau belum memiliki rumah sendiri, masih bisa ikut orang tua. Tapi, bagi yang merantau di Jakarta, tentunya akan sangat membutuhkan tempat tinggal sendiri selama hidup di ibukota. Selain itu, juga harus mencari lokasi yang strategis dan nyaman. Tidak jauh dari tempat kerja, sekolah anak maupun pusat belanja, pasar, dan lain sebagainya.

Tips Mencari Hunian yang Nyaman

Memilih hunian yang nyaman

Hunian yang nyaman bukan hanya dilihat dari besar kecilnya tempat tinggal atau barang-barang bagus yang ada di dalamnya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari tempat tinggal yang nyaman.

1. Lokasi yang Strategis

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa hunian yang nyaman salah satunya ialah di lokasi yang strategis. Sangat mudah untuk mengakses ke tempat-tempat penting seperti tempat kerja, sekolah anak, pusat belanja, pasar, fasilitas kesehatan dan lainnya. Bagi yang tinggal di Jakarta saat ini tidak begitu pusing kok, karena banyak sekali apartemen dengan harga yang bersahabat dan bisa disewakan. Karena di sewa-apartemen.net menyediakan berbagai pilihan apartemen yang bisa disewa dengan ragam fasilitas dan harga yang terjangkau.

2. Design yang Cocok di Hati

Salah satu alasan betah memepati suatu hunian ialah karena designnya yang menawan hati. Jadi, sebelum membeli sebuah tempat tinggal, pastikan terlebih dahulu bahwa designnya sangat cocok di hati kita.

3. Harga Hunian yang Sesuai Budget

Jangan pernah memaksakan hunian megah tapi budget pas-pasan. Ini tidak akan membuat nyaman melainkan membuat kita tidak nyaman kalau terpaksanya berhutang besar untuk membeli sebuah tempat tinggal.

4. Cara Pembayaran yang Mudah

Setelah kita cocok akan sebuah tempat tinggal, pastikan kembali bagaimana cara pembayarannya. Apakah itu cash atau sistem kredit dan sebagainya. Kalau sistem pembayaran yang mudah dan jelas, saya rasa tidak perlu lagi untuk membelinya.

5. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Hal yang terpenting yang tidak boleh diabaikan ialah lingkungan sekitar. Terlebih ketika kita membeli atau menyewa sebuah rumah. Nah, bagi yang mau menyewa rumah, bisa terlebih dulu cek di sewa-rumah.net salah satu situs sewa rumah yang terpercaya. Informasi yang disampaikan juga sangat detail tentang kondisi rumah, luas bangunan dan harga yang ditawarkan.

Well, itulah beberapa tips untuk mencari hunian yang nyaman dan bisa bikin betah di rumah saja. Namun, buat temen-temen yang mungkin lagi sendiri di Jakarta, bisa banget lho, ngekost saja. Dulu saya juga pernah ngekost di Jakarta. Selain lebih hemat, ngekost juga simple, tak perlu memikirkan bayar listrik dan lainnya karena sudah ditanggung oleh pemilik kost. Yang penting kita rajin membayar uang kost-nya, ya.

Tips Mencari Kost yang Nyaman

Sewa apartemen

Tak berbeda jauh sih dengan mencari apartemen atau sewa rumah. Mencari kost juga harus di letak yang strategis dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari kost biar kita nyaman.

1. Perhatikan Rumah Kost-nya

Kondisi rumah kost-nya bagaimana? Apakah bersih, teratur dan terawat? Jangan sampai kita asal-asalan mencari kost yang penting murah tapi malah banyak jebakan 'batmannya'.

2. Fasilitas yang Memadai

Mau mencari kamar kost seperti apa? Memiliki bermacam-macam fasilitas? Kamar mandi dalam atau lainnya? Hal itu harus beneran dicek sesuai dengan kebutuhannya. Jangan sampai menyesal setelah membayar kost ternyata fasilitas tidak sesuai harapan. Untuk itu, tak ada salahnya, sebelum milih rumah kost, cek dulu di kostjakarta.com yang bisa kita akses kapan saja dan di mana saja untuk memilih rumah kost terbaik.

3.Paham Aturan Kost

Nah ini dia, biasanya kalau kita ngekost tuh, ada aturan-aturan yang harus dipatuhi. Makanya, sebelum kita deal dengan ibu kost atau pemilik kost, sebaiknya tanyakan detailnya terlebih dahulu, apa saja peraturan yang ada di dalam kost tersebut.

Penutup

Okay, mencari sebuah hunian baik apartemen, rumah dan tempat kost itu memang gampang-gampang sulit. Harus banyak yang diperhatikan terlebih dulu secara detail. Baik dari lokasi, harga, lingkungan dan lainnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari tempat tinggal. Terima kasih sudah berkunjung. :)

33 Comments

  1. satu lagi mbak, history tempat yang akan dibeli, jangan sampai ada sengketa begitu kita beli rumah . heheh

    ReplyDelete
  2. Nabing nabing nabung..... Biar bisa beli hunian apik di lokasi strategis. Amin

    Nanti bakal riset lagi di sewa-rumah.net biar dapet uang sesuai budget dan harapan

    ReplyDelete
  3. Lingkungan sekitar itu salah satu pertimbanganku kalo beli hunian. Termasuk lingkungan yang asri.

    ReplyDelete
  4. Lingkungan yang aman bikin betah tinggal sih memang.
    Makanya jadi hal penting juga ya saat pilah pilih hunian.

    ReplyDelete
  5. Betul banget harus sesuai budget,,kalau tidak bukan kenyamanan yang akan didapat malah debt colector bakalan sering bertamu kalau KPR ya. Hihihi

    ReplyDelete
  6. Mencari hunian yang nyaman emang harus diperhatikan poin2 diatas ya kak, apalagi tentang lingkungannya penting banget tuh, jangan sampe rumahnya udah nyaman eh lingkungannya gak mendukung misal di pinggir tempat pembuangan sampah atau di dekat kali yang rawan banjir

    ReplyDelete
  7. Teman2ku sudah mulai banyak yang nanyain kos2an di Malang buat anaknya yang keterima di Univ Brawijaya. Bisa aku referensikan ini ya ke mereka

    ReplyDelete
  8. Wah kemarin ada yng nanya kos di Jakarta. Bisa kucoba referensikan nih ke temenku

    ReplyDelete
  9. iya ya, emang klo mw punya hunian yang nyaman banyak yg harus dipertimbangkan
    klo aq biasanya juga melihat dari lokasinya juga

    ReplyDelete
  10. betul betul betul, memilih hunian itu ada banyak faktornya, termasuk lingkungan yang sangat mempengaruhi kenyamanan kita tinggal selama itu.

    ReplyDelete
  11. Mencari hunian yang nyaman itu penting. Karena rumah akan menjadi tempat berlindung kita, termasuk kos-kosan meskipun sementara. Kenyamanan adalah yang utama. Tipsnya bisa dicoba nih, Kak.

    ReplyDelete
  12. Aturan yang dibuat di kostan juga jadi penentu sih buatku pribadi, untuk selanjutnya menrtap di sana, lalu saat bulan bulan pertama pun meninjau lagi lingkungan sosialnya.

    ReplyDelete
  13. Mencari hunian apapun harus nyaman dan ngebuat kita betah tinggal disana. Hunian juga harus bisa mwngakomodir semua kebutuhan kita

    ReplyDelete
  14. Memilih hunian itu memang banyak banget pertimbangannya. Mulai dari kenyamanan, keamanan sampai faktor keuangan yang kadang jadi penentu bakal tinggal di mana. Heu

    ReplyDelete
  15. Mencari hunian yang nyaman emang PR banget ya. Apalagi hunian itu bakal jadi tempat tinggal sehari-hari wah emang harus kudu selektif. Bukan hanya tempat yang strategis, tapi fasilitas yang memadai sesuai kebutuhan kita juga harus dipertimbangkan.

    ReplyDelete
  16. Bener banget mbak . Cari hunian itu yg penting juga lingkungan sekitar. Karena pasti kita hidup gak bisa lepas dari lingkungan sekitar. Tetangga yang enak dan guyub salah satu alasan saya pilih tempat tinggal.

    ReplyDelete
  17. Jadi inget pas awal2 cari kos di Jakarta :D. Duuuh banyak tempat dilihat pokoknya hahahah. Aku kerja di pondok indah, tapi akhirnya milih kos di Setiabudi. Jauh memang tapi akses kendaraan yg langsung kesana ada, dan arahnya melawan arus macet , jadi aku bisa santai malah ke kantor. Yg penting dulu, kamar kos harus sendiri, dan kamar mandi ada banyak Kalopun harus sharing. Juga ada fasilitas laundry, Krn ga mungkin sempet cuci baju sendiri.

    Iya sih, kalo single mah, mnding ngekos ajaa. Rame , aman dan ga pusing mikirin biaya listrik dll :D.

    Kalo pas nikah, kebetulan Krn LGS dapet rumah dari mertua, jadi terima ajalah hahahah. Syukurnya sih rumah yg dikasih masih di kawasan Jakarta, Rawamangun, blm masuk Jakarta coret :p. Jadi malah bersyukur bangettt. Lokasi itu penting kalo tinggal di JKT. Secara jaraknya jauh kemana2. Jadi kalo bisa dpt lokasi strategis, itu udh seneng pasti. Krn JD gampang kena2.

    ReplyDelete
  18. Hunian yang nyaman adalah impian semua orang. Namun gak semua agen properti menawarkan fasilitas hunian yang nyaman dan aman. Makanya penting untuk kita melakukan research dulu, seperti artikel yang Mba publish ini pasti sangat berguna untuk mereka yang sedang mencari tempat tinggal yg nyaman.

    ReplyDelete
  19. Nyari kos juga kudu sesuai budget biar ga ngutang sama temen 😂

    ReplyDelete
  20. Penrith banget nih cari hunian yang bagus soalnya aku dulu pernah ngekost sering ilang uang, ibu kos bilang ada tuyul masa silperkuin ku sampe ilang segala hiks

    ReplyDelete
  21. Hunian yg nyaman memang dambaan semua orang ya mbak. Terlebih lagi untuk menetap bersama keluarga dalam jangka waktu lama.

    ReplyDelete
  22. Selain lokasi strategis sama budget yang sesuai, emang penting banget buat ngecek lokasi lingkungan ya. Karena kalau ga teliti bisa berabe ke depannya, karena itu bakal jadi tempat sehari-hari kita.

    ReplyDelete
  23. Selain lokasi strategis sama budget yang sesuai, emang penting banget buat ngecek lokasi lingkungan ya. Karena kalau ga teliti bisa berabe ke depannya, karena itu bakal jadi tempat sehari-hari kita.

    ReplyDelete
  24. Kalau memilih hunian gini so pasti banyak banget pertimbangannya ya mba, terlebih untukd buat jangka panjang mesti lebih detail...

    ReplyDelete
  25. Kalau kata mendiang mamaku, ceki-ceki hunian pas lagi hujan, jadi bisa ketahuan apakah ada yang bocor atau daerahnya itu rawan banjir atau nggak nya

    ReplyDelete
  26. Betul memang, buat mencari hunia yang nyaman dan strategis harus banyak memperhatikan banyak hal. Tidak bisa asal pilih rumah lalu bisa mendapatkan hunian yang strategis dan nyaman ditempati.

    ReplyDelete
  27. Prinsipnya, cari hunian terbaik yang mampu kita beli :D

    Dalam proses pencarian, wajib survey langsung, jangan kata orang atau kata gambar.

    ReplyDelete
  28. Kebetulan sekarang saya masih ngekos. Dan bener bgt saat memilih kosan, saya juga nanyain aturan di kos mana tau ada yg tidak sesuai dengan kita. Jadi ga hanya lihat kondisi kosan ato kamar.

    ReplyDelete
  29. Satu lagi, memilih rumah yg sesuai kebutuhan keluarga misal butuhnya 2 kamar .

    Sebagai kontraktor saat ini apa yg disampaikan betul sekali.

    Termsuk lingkungan. Sebab saudara terdekat kita itu tetangga .jadi penting memastikan lingkungan kondusif

    ReplyDelete
  30. Mencari hunian memang seperti nyari jodoh ya kak, harus pilah pilih agar agar mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan sesuai harapan.

    ReplyDelete
  31. Wah bener banget itu Kak. Lokasi yang strategis bisa membantu menghemat finansial kita. Karena jika terlalu jauh dari pusat pendidikan, kesehatan, atau ekonomi pasti cost yang dikeluarkan akan bertambah besar.

    ReplyDelete
  32. poin utama yang jadi pertimbangan saya pertama kali memilih tempat tinggal seperti kost yg pasti lokasi nya mesti strategis, baru poin selanjutnya jadi pertimbangan hehe

    ReplyDelete
  33. pengen banget punya rumah yang lingkungannya asri :') dream house

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)