4 Tempat Wisata di Jogja yang Terkenal Keindahan Pantainya

www.erycorners.com
Pantai indah yang ada di Indonesia tidak hanya terletak di pulau Bali saja, lho. Tempat wisata di Jogja yang terkenal akan pantainya juga tidak sedikit. Kamu bisa menemukan hamparan pasir putih yang bertemu dengan indahnya laut biru dan angin laut yang segar di Jogja. Tempat wisata di Jogja ini, bukan hanya menawarkan sekadar pantai saja, tapi lebih dari itu. Penasaran apa yang membuat 4 tempat wisata pantai di Jogja ini terkenal yuk intip pantai-pantainya di bawah ini.

1. Pantai Indrayanti
Pantai yang dulunya terkenal gara-gara restorannya dan menjadi destinasi wisata kuliner Jogja ini, telah berubah menjadi wisata andalan. Pantainya yang bersih serta pasir putih yang halus membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di sini. Bagi kamu yang hobi foto, berfoto dari atas ketinggian karang yang ada sangat pas. Dari sini bisa terlihat dengan jelas betapa indahnya Pantai Indrayanti yang sebenarnya.

www.erycorners.com
Karang yang megah di Pantai Indrayanti

Untuk saat ini, harga tiket masuk Pantai Indrayanti adalah sekitar Rp 10.000 dengan tambahan Rp 20.000 untuk berteduh di bawah payung. Tarif ini belum termasuk parkir untuk motor dan mobil. Setiap hari kamu bisa datang antara pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB ke pantai yang berlokasi di Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

www.erycorners.com
Pantainya masih bersih dan cocok untuk berlibur

2. Pantai Glagah
Jika pasir putih menjadi daya tarik sebagian besar pantai, berbeda jauh dengan apa yang dimiliki Pantai Glagah. Justru di sini pemecah ombak yang terdiri dari beton-beton lah yang menjadi daya tarik utama. Pemecah ombak dengan bentuk tetrapod yang membentang di sepanjang pantai memberikan refleksi ombak yang sangat indah di kala senja. Bahkan ketika kamu melihat foto yang diambil pada Pantai Glagah, mungkin kamu akan mengira bahwa foto tersebut di ambil di luar negeri.

Saat ini, setiap orang dikenakan biaya masuk sekitar Rp 5.000, belum ditambah dengan parkir motor, atau bus. Pantai ini bisa kamu kunjungi kapan saja, namun idealnya, pantai ini baik dikunjungi pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB. Lokasi dari pantai ini terletak di Glagah, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.

3. Pantai Wediombo
Pantai satu ini terkenal karena keindahan laguna yang sangat langka. Laguna adalah batuan karang cekung yang berada di himpitan karang lain dan menyerupai sebuah kolam. Saat ada ombak besar menerjang, airnya menabrak bagian dinding depan karang lalu masuk kedalam kolam. Mungkin agak sulit bagi kamu yang belum melihat sendiri untuk membayangkannya. Tapi pantai satu ini benar-benar worth it untuk dikunjungi.

Untuk pantai dengan laguna seindah ini, tiket masuknya terjangkau, lho. Ditambah tiket parkir kendaraan bermotor dan mobil yang kurang dari Rp 10.000. Dengan harga segini, bagi kamu yang mencari rekomendasi tempat wisata Jogja murah meriah, inilah jawabannya. Untuk pantai ini kamu bisa datang pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB.

4. Pantai Parangtritis
Siapa coba yang tidak mengenal Pantai Parangtritis? Meskipun kamu belum pernah melihatnya langsung, tapi setidaknya pasti pernah mendengarnya, bukan? Selain menawarkan keindahan pantai, ada beberapa kegiatan lainnya yang bisa kamu lakukan selama di Parangtritis.

www.erycorners.com
Selain itu, sunset di Pantai Parangtritis sangat indah

Kamu bisa bermain ATV, Bermain Layang-layang, Menaiki Kuda, atau Beramai-ramai menunggang delman.

Untuk harga tiket masuknya, kamu harus membayar sekitar Rp 5.000 per orang, belum termasuk parkir. Untuk wisata pantai, jam bukanya tidak begitu pendek, kamu bisa datang antara pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB.


Semua destinasi Tempat wisata di Jogja yang terkenal akan keindahan pantainya di atas, menawarkan hal dan pesona yang berbeda. Jadi walaupun sama-sama berupa pantai, setiap tempat memiliki identitasnya masing-masing. Bagaimana? Tertarik? Jangan lupa bagikan juga informasi ini ke teman-temanmu dan ajak mereka berlibur ke Jogja bersama-sama.

33 comments

  1. hiks hiks aku baru nyampe Karang Tritis doaaang, kode keras buat main ke pantai lagi, bercanda dengan pasir berbisik ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sudah lama banget nih gak ke pantai. Terkahir kayaknya pas bulan Maret kemarin, itu pun karena enggak sengaja, ada teman kantor suami yang nikah, rumahnya deket dari pantai, jadi mampir deh.

      Delete
  2. Hai Mbak, salam kenal ya. Wah saya yang tinggal di Jogja aja malah belum pernah ke pantai Indrayanti😅. Btw itu yang pantai Glagah, letaknya di Kulon Progo bukan Gunung Kidul Mbak. Kemarin saya habis kesana tapi ditodong parkir sama bilas. Kapan-kapan saya mau ceritain juga deh wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiap, oke,Mbak, terima kasih koreksinya. Walah, kadang begitu ya, suka ada yang nodong, hihihihi

      Delete
  3. Aku dua kali ke Yogya belum sempat main ke pantai padahal pengen, huhuhuhu...Bagus juga tuh pantai Indarayanti,selain Parang Tritis ya mbak, Asik menikmati sunset.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Indrayanti itu bagus karena airnya masih jernih

      Delete
  4. Setelah berita tsunami tahun lalu di Banten dan Palu jadi agak keder mau ke pantai, tapi kok kangen ya main air di pantai bareng bocah, Jogja pantainya memang indah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak, jadi agak takut memang, saya berani ke pantai pun kalau cuaca bener-bener cerah. Kalau musim hujan begini, saya juga enggak berani :(

      Delete
  5. Puingiiin banget ngetrip ke Jogja dan menikmati semua pantai ini.
    Trakhir kali aku ke Jogja tuh zonk :D Ga sempat ke mana2 hehehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agendakan lagi ke Jogja, Mbak.. biar bisa menikmati pantainya, hehe

      Delete
  6. Dari keempat pantai ini hanya pantai parangtritis yang pernah kudatangi dan familiar namanya mba wkwkwk itupun ke sana waktu SMP berpuluh2 tahun lalu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun mengenal pantai parangtritis ya dari study tour jaman SMP. Nah, setelah gede, baru deh berani jalan-jalan ke parangtritis sama temen-temen. Dan parangtritis ini terkenal banget, apalagi tentang legenda Nyi Roro Kidul. Kayaknya satu nusantara pernah dengar cerita legenda itu.

      Delete
  7. Dari semua pantai, sudah pernah ke Indrayanti. Wah asli keren ih tempatnya. Sayangnya waktu itu lagi suasana Lebaran jadi ramai banget. Insya Allah mau banget kembali lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lagi lebaran iya, padat merayap. Perlu dijadwal lagi ya, Mbak, eheheh

      Delete
  8. Belum pernah nih aku main ke.pantai Wediombo. Pengen deh nanti kalau liburan main ke sana. Mumpung bareng sama libiran semester juha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa.. katanya sih memang pantainya gak lebar-lebar banget, makanya dikasih nama wediombo alias takut lebar, hahahaha

      Delete
  9. Parangtritis legend banget. sebab kalau di terminal sudah ada angkutan yg menuju ke sana. jadinya jauh lebih familiar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parangtritis dari dulu itu terkenal banget, dari jaman saya kecil sampai sekarang pun ada. Iya, dari terminal Gumiwang ada bus yang langsung ke Pantai Parangtritis, dan saya juga pernah merasakan pengalaman naik bus ke Parangtritis. Seru banget.

      Delete
  10. Aku baru ke Parang Tritis aja mbak. Itu pun dah lama bangeet. Padahal pantai pantai di Gunung Kidul keren semua ya

    ReplyDelete
  11. Dulu setiap kali ke Jogja, mai ke Parangtritis jadi satu kewajiban. Sampai saya sempat berpikir kalau di Jogja pantainya cuma 1 hihihi. Ternyata banyak pantai yang bagus di sana

    ReplyDelete
  12. belum ke semua pantai yang kamu sebutin aku mak, payah ya hahahha... semoga masih ada kesempatan buat berkunjung ke sana

    ReplyDelete
  13. Aku yang sudah pernah Pantai Indrayanti dan Parangtritis. Jadi penasaraan pengen lihat laguna cantik dik Pantai Wediombo nih mbak hehe.

    ReplyDelete
  14. Aku udah ke semua pantai yang Erry tulis, hihii
    Malah waktu di Pantai Wedi Ombo tuh kami nggak tahu ada lagunanya. Waktu itu belum nonton acara di TV yang mengulas laguna di pantai ini

    ReplyDelete
  15. Pantai selalu menjadi tempat yang menyenangkan buat jalan-jalan ya. Cuma masalahnya laut di kawasan Jogja ini ombaknya tinggi-tinggi ya Mbak.

    Btw, aku follow blognya, kalau berkenan folbek ya Mbak 😊

    ReplyDelete
  16. Jadi inget waktu ke salahsatu pantai di BWI, ada payung di bibir pantai, aku kira, itu free, hahaaa. ehh ternyata ada tarifnya hehehe, wkwkwk Jadilah ngacir, aku sama temenku
    Btw Pantai Indrayanti mirip sama pantai Kuta Bali ya mbak, samar-samar hheee,

    ReplyDelete
  17. Wah, aku cuma tahunya Parangtritis aja nih Pantai di Jogja ini. Kudu nyoba ke yang lainnya nih kalo ke Jogja. Suamiku tuh, udah tahu katanya semua pantai ini. :)

    ReplyDelete
  18. Pantai parangtrits Aja aku yang udah mba itupun pas Lulus kuliah dah lama banget ini gak kesana mudah2an bisa nih kesana explore pantai yg d jogja

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah ke pantai Glagah dan Wediombo, padahal sering bolak-balik ke Yogyakarta. Nanti kalau pas ke Yogyakarta lagi mau ah sesekali main ke pantai.

    ReplyDelete
  20. Aku koq baru ke Glagah aja nih mba. Kemarin baru aja ke Jogja, ke arah Pleret. Mau lanjut ke Parangtritis koq udah kesorean.
    Masih mupeng nih sama Indrayanti. Keingat cerita teman katanya pantai itu bersih dan dan cantiiikkk...

    ReplyDelete
  21. wahh pantai di Jogja emang banyaaak banget yak.. dan bagus2.. Aku aru nyampe ke parangtritis aja nih..

    ReplyDelete
  22. Aku pernahnya cuma parangtritis aj. Apa kudu tarik si Bapak ke jogja buat nikmati pantai lainnya

    ReplyDelete
  23. Belum pernah mengunjungi pantai-pantai di Jogja huhu. Sedih. Biasanya kalau ke mana-mana jarang kelewat buat main ke pantainya, tapi pas ke Jogja kelewat terus.

    ReplyDelete
  24. Belum pernah ke semua pantai itu kecuali Parangtritis hehehe :D
    Ternyata Yogya makin banyak dibuka pantainya buat lokasi wisata yaaa. Kmrn terakhir pas ke sana lbh sering ke darat, moga next bisa main ke area lautnya :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)