Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membackup Data Semakin Mudah Menggunakan USB OTG SanDisk

USB OTG SanDisk
Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini segala sesuatunya sudah lebih mudah. Hanya dengan smartphone saja, kita bisa melakukan berbagai hal. Dari berbagai transaksi keuangan, transportasi, dan lain sebagainya. Dan yang paling sering digunakan dari smartphone ialah berfoto ria. Entah itu ramai-ramai bersama teman atau sendiri. Foto menggunakan smartphone sudah menjadi trend di masa kini.

Tapi pernahkah menyadari, bahwa ketika kita menyimpan banyak foto di galeri ponsel, itu akan membuat ponsel kita lemod dan rentan foto atau video juga hilang?

Saya punya pengalaman buruk akan hal tersebut, awal menggunakan smartphone berkamera dengan resolusi yang cukup tinggi, saya ke tempat wisata langsung foto-foto. Ada momen bagus, langsung minta foto, ada makanan enak langsung difoto. Sampai beberapa bulan kemudian, saya lagi utak-atik di pengaturan ponsel, tanpa sadar saya klik tombel 'Reset Factory'. Damn. Semua data di ponsel hilang, termasuk foto dan video yang sudah saya buat. Sedih banget rasanya, kalau nomor telepon sih saya bisa minta lagi ke teman-teman, galeri foto dan videonya itu yang sampai sekarang tidak terbackup sama sekali.

Untuk mengantisipasi kejadian kehilangan foto atau video, sekarang saya rajin memindahkannya ke laptop. Tapi repot juga, Guys, mesti colok kabel data ke ponsel terus sambungkan ke laptop. Ya kalau langsung terbaca, kalau enggak? Suka rempong dan ribet.

Okay, itu cerita seklumit tentang pengalaman kehilangan foto dan video dari HP. Mungkin sebagian orang akan berkomentar atau bertanya-tanya, "Memang penting banget ya foto-foto di HP itu harus dibackup?" Jawaban saya tentu sangat penting.

www.erycorners.com
Takkan rela kalau foto liburan begini harus hilang, jadi, perlu dibackup deh

Karena di dalam ponsel saya ada kisah perjalanan yang harus saya tulis. Atau bisa jadi itu sebuah liputan pada event tertentu. Atau kadang lebih vitalnya lagi, masalah pekerjaan yang enggak sempet diemail, dikirim ke HP. Kalau semua itu hilang tak bisa terbackup? Nangislah saya.

Untuk itu, penting banget saya membackup seluruh file yang ada di dalam HP. Terlebih kapasitas internal memory pada HP saya hanya 32 GB saja. Diisi aplikasi, foto dan video tentu sebentar saja langsung penuh.

Dan berikut beberapa alasan mengapa membackup data itu merupakan hal yang penting.

1. Menghindari kehilangan data
Sudah saya jelaskan di awal, bahwa saya pernah kehilangan data dan itu sangat menyakitkan. Sehingga, untuk menghindari kehilangan data di ponsel, sebaiknya seluruh data-data dibackup. Jangan sampai data yang kita miliki menghilang tanpa jejak seperti kabar mantan.

2. Meringkas storage smartphone
Setelah seluruh data di ponsel kita backup, baik itu foto, video dan atau dokumen lainnya, kita bisa menghapusnya dari ponsel. Sehingga storage ponsel tidak full dan kinerja ponsel pintar tidak lambat.

3. Menghindari kerusakan data
Nah, ini juga berbahaya, karena dengan rusaknya smartphone, kadang berakibat pula data-data ikut rusak dan tak terselamatkan. Untuk itu, sebagai pencegahan, alangkah baiknya data harus dibackup agar aman.

Dan itulah tiga hal alasan mengapa pentingnya membackup data. Dan sekarang, saatnya kita mencari tahu membackup data dengan mudah dan praktis. Terlebih lagi menurut perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp belakangan baru saja menerbitkan hasil studi tentang kebiasaan pengelolaan data selular masyarakat Indonesia yang berjudul “Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”. Studi yang melibatkan 1.120 responden dari 6 kota besar ini menemukan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi pengguna smartphone. Dari hasil survey tersebut, rasanya enggak mau lagi dong, saya merasakan kehilangan data. Mulai saat ini harus rajin membackup data yang ada di smartphone.

www.erycorners.com
Hasil Survey dari Western Digital

Akan tetapi sebagian masih enggan membackup data karena malas harus berurusan dengan kabel yang panjang, belum lagi nanti pas melakukan transfer data ada eror dan lainnya. Namun, saat ini, hal seperti tidak akan terjadi lagi, karena Western Digital Corp dengan brand SanDisk meluncurkan dua USB OTG (On The Go), agar kita bisa membackup data di smartphone dengan mudah dan praktis.

www.erycorners.com
USB OTG SanDisk

Kenalan dengan USB OTG SanDisk
Untuk merk SanDisk rasanya tidak asing kan, di telinga kita? Sebelum zaman digital begini, HP jadul saya memory card-nya juga merk SanDisk. Dan seiring perkembangan zaman, SanDisk memberikan kemudahan bagi kita terutama untuk membackup data di ponsel. Karena sekarang telah hadir USB OTG SanDisk.

www.erycorners.com
Bentuknya imut, jadi simple banget

Dengan konektor micro-USB di satu sisi dan konektor USB 3.0 di sisi yang lainnya, USB OTG SanDisk ini sangat memudahkan kita untuk memindahkan data dari ponsel pintar atau Android ke komputer atau laptop. Atau, kalau memang tidak akan dipindahkan, bisa dengan mudah disimpan di USB OTG SanDisk tersebut.

www.erycorners.com
Siap ditancapkan ke ponsel pintar

www.erycorners.com
Siap colok ke komputer atau laptop

Caranya juga mudah banget, tinggal colok aja USB OTG SanDisk ke smartphone, kemudian akan terbaca di layar ponsel. Selanjutnya, kita pilih foto, video dan atau dokumen lainnya untuk ditransfer ke USB OTG SanDisk tersebut. Prosesnya juga enggak lama, karena #SanDiskAPAC memiliki performa tinggi sehingga bisa cepat melakukan proses transferring data. Dan untuk mendapatkan USB OTG SanDisk, bisa dengan mudah didapatkan di Shopee SanDisk Official Shop.

www.erycorners.com
Pas ditancapkan ke ponsel pintar, ada notifikasinya juga

www.erycorners.com
Okay, kita tinggal pilih mana saja yang mau dibackup

Jadi, dengan hadirnya USB OTG SanDisk, kita tidak perlu khawatir kehilangan data di ponsel dan kita tak perlu membuang semua galeri di smartphone agar kapasitasnya longgar. Ya kan #DibuangSayang gitu loh, daripada dibuang mending dibackup saja, iya, kan? Senengnya lagi nih, USB OTG SanDisk, hadir dalam beberapa pilihan kapasitas. Mulai dari 16 GB, 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Sehingga kita bisa memilih yang paling pas untuk kebutuhan kita. Makin banyak yang akan kita backup, kita akan memilih kapasitas yang lebih besar tentunya.

Okay, sampai di sini dulu, semoga bermanfaat, dan jangan sampai kehilangan data di ponsel lagi. Alangkah baiknya kita rajin membackupnya. Yuk, biasakan membackup data, biar kita merasa aman, tenang dan tidak takut kehilangan data.

Sampai jumpa dan terima kasih.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

67 comments for "Membackup Data Semakin Mudah Menggunakan USB OTG SanDisk"

  1. ini memang teknologi yang membantu mengurangi beban storage hape. Cmn musti hati2 nyimpannya coz mudah tercecer

    ReplyDelete
  2. Wah keren yaa bisa sekalian buat mindahin data ke hp ! :D

    Mini lg bentuknya. Bisa diselipin dimana mana, tapi biar aman kayaknya emang mending dikasih gantungan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mindahin data dari HP secara praktis. Iya, perlu gantungan, tapi kalau saya masukan lagi ke tempat kemasannya, hehehe

      Delete
  3. Jadi lebih praktis ya mbak pakai OTG dari SanDisk ini, mungil kasi gantungan kak biar ga ketuker.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tambahin gantungan biar enggak keselip karena bentuknya yang mungil

      Delete
  4. Bener banget tuh, di hp fotonya banyak aja jadi harus dibackup, pindah aja ke usb sebelum dihapus biar storage hp tidak full. Anak2 juga pakai USB OTG Sandisk ini buat backup data2 mereka tapi yang 32 GB.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin besar kapasitasnya makin asyik tuh, bisa menyimpan berbagai data

      Delete
  5. Era serba digital memang membutuhkan piranti yg mumpuni ya Kak
    Thank God, ada USB OTG seperti ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita perlu piranti yang sepadan untuk mengimbangi data yang kita punya

      Delete
  6. Aku pernah beberapa kali kehilangan data. Periihhh.. Butuh sandisk otg nih buat backup

    ReplyDelete
  7. Imut banget ya mba usb otg sandisk ini, bikin praktis buat mindahin data dari hp ke laptop...tapi saking imutnya aku kasih gantungan biasanya, biar ga keselip :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mbak, biar aman memang perlu gantungan biar enggak keselip. Kan sayang kalau keselip ya, nanti kita nangis deh, heheheh

      Delete
  8. Asikkk ada USB OTG SanDisk urusan file di HP jadi gak ribet lagi ya... Memang harus rajin ngeback up..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, biar memory hp terasa longgar kita mesti rajin memindahkannya

      Delete
  9. Menurutku ya kita sebagai blogger dan content creator ini emang perlu banget deh punya si USB OTG ini. Apalagi kalau urusan transfer foto dari kamera (kalau yang gak ada wifi) apalagi mau mindahin dokumen yang ada di hp jadi lebih gampang ya.

    ReplyDelete
  10. Ga bisa ngebayangi gimana keselnya kalo hp ke reset dan belum sempat backup.huhuu
    Usb otg nih pas banget ya buat kita yang memang punya banyak data jadi lebih aman nyimpennya tanpa takut hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya jelas sakit hati banget, nangis kejer pun data enggak bakalan balik lagi. Iya, kita memang perlu USB OTG untuk mindahin data biar lebih aman.

      Delete
  11. Aku kenal usb OTG SAndisk ini justru dari anak-anakku. Mereka udah punya yang ukurannya cukup gede buat nyimpen foto dan donlot film, hahahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya tahu dari Pak Suami, awalnya juga untuk mendondot film, tapi lama-lama aku sabotase, hahahahah

      Delete
  12. Beberapa bulan lalu pas keluar kota, paksu pun nyempatin buat beli usb otg dan carinya juga sandisk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk SanDisk memang terkenal dan kualitasnya memang bagus, jadi banyak orang yang pas dan sreg kalau beli merk itu.

      Delete
  13. Setuju. Saya juga suka pakai ini kalau mau ngosongin memori hp. Tapi, sekarang hilang. Saya belum beli lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah.. beli lagi, Mbak :D bentuknya emang kecil, perlu dikasih gantungan biar enggak keselip atau hilang

      Delete
  14. Wah enak banget nih ada USB OTG dari Sandisk. Kalau mindahin data bisa langsung dari ponsel nggak perlu copot microSD. Bisa lebih praktis nih. Ponsel juga bisa lebih ringan nggak kebanyakan data.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enggak perlu kabel data juga yang panjang terus kadang enggak terbaca

      Delete
  15. Eh iya, aku mau beli OTG ni lupa terus. Soalnya sekarang sukanya ngetik di hape, bikin ppt juga di hape. Makanya butuh otg buat back up dokumen sama foto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya itu, Mbak, kalau apa-apa di hp perlu segera diback up. Takutnya hp tiba-tiba ada masalah, kita enggak perlu khawatir akan datanya kalau sudah dibackup.

      Delete
  16. Saya juga pakai otg sandisk. Memang memudahkan banget. Disaat mau ambil foto dr HP, trus memoru full. Jadi disimpan dulu deh di otg. Praktis bs dibawa di dlm dompet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mudah banget mindahin foto dari HP. Bisa masuk dompet juga enggak kerasa ya, karena bentuknya kecil.

      Delete
  17. Mereknya sudah terpercaya ya, tidak mudah rusak USB nya, awet dan harganya cocok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, Mbak, karena sudah teruji dan benar-benar bagus

      Delete
  18. selain handphone yang ketinggalan, hal lain yang bisa bikin rangorang jaman now itu kalo data gak ke backup.. wuih bisa bisa worried keringet dingin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gak doyan makan beberapa hari karena kepikiran data yang hilang, apalagi kalau data itu data kerjaan, makin pusing deh

      Delete
  19. Penting banget emang punya ini. Pernah pengalaman 2 kali foto" hilang sebelum dipindahin ke laptop. Yg pertama foto jalan-jalan dan yang kedua foto" kerjaan. Wah uring"an banget klo udah begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bakalan enggak bisa tidur dan kepikiran terus sama data yang hilang

      Delete
  20. Kudu punya deh ini. Aku sering banget kehilangan data atau sengaja hapus data karena kepenuhan di hape. Kalo dipindah kayak gini kan enak. Nanti gampang nyarinya. Berapaan, ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi data atau foto enggak hilang kalau udah dibackup. Harganya cukup terjangkau, Mbak, ada yang 70rb an. Makin besar kapasitas tentu makin nambah harga lah ya, sesuai dengan kapasitas, sesuai juga harganya.

      Delete
  21. aku punyanya yang Sandisk OTG versi lama yg hitam mbak. Tapi fungsinya sama sih nyaman buat backup data hehee. Lebih cepat dan ga bikin hp lemot juga gara2 kebanyakan foto hehhehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mau lama atau baru, yang penting bisa buat ngebackup data. Dan asyiknya itu, merk SanDisk bisa awet. Produk lama masih tetep bisa berfungsi dengan baik :)

      Delete
  22. Wah mbak aku jadi pengen beli nih si sandisk. Pasti butuh nih aku

    ReplyDelete
  23. Lumayan bngt ya mba akupun mulai tertarik nih nyimpan data disini dr pada menuh2in hp.. dr kmrn Blum kpikiran

    ReplyDelete
  24. wah manfaatnay banyak ya, teknologi emmang patut digunakan , spt membackup data ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak, karena perkembangan teknologi yang baik akan memudahkan kita

      Delete
  25. USB OTG SanDisk memang praktis, tinggal colok ke Hp tanpa perlu repot-repot mencari kabel data ataupun laptop. Sekarang jadi barang wajib yg dipunyai pemilik hp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hu um, Mbak, mau backup data di HP makin mudah tanpa harus ribet dengan adanya kabel data

      Delete
  26. Dan keterbatasan storage itu memang menjengkelkan terlebih saat momen motret objek yang dah bagus-bagusnya. Pas mo disimpan muncul notif, "ruang penyimpanan penuh" hadehhh 😔

    ReplyDelete
  27. Niat beli ini kapan kapan. Nunggu duit nganggur. Hahhaha. Nabubg duluuuu. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak.. semoga segera terbeli, harga cukup terjangkau. Duh, kok aku jadi kayak sales USB OTG SanDisk ini, wkwkkwk

      Delete
  28. si kecil yang recommended bbanget ini ya. praktis dan sangat membantu

    ReplyDelete
  29. Harus beli ini mah
    karena kayaknya mudah banget :D
    memang perlu juga buat abckup data smartphone hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, blogger wajib banget deh punya USB OTG ini buat ngebackup data di ponsel

      Delete
  30. I feel you mbak. Emang ribet pas mau mindahin data dari smartphone ke laptop, yg perlu kabel data, pakai aplikasi share itu,
    Nah, dg USB OTG SanDisk aku udha nggak lagi ngalamin backup data dg penuh drama, deh hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, menyebalkan banget dulu kalau mau mindahin data, mesti pakai kabel yang kadang enggak cocok

      Delete
  31. Aku pun pernah merasakannya. Berapa sedihnya kalau sampai data hilang, sementara proses transfer data ke laptop juga makan waktu. Duh, belum lagi kalau kabel datanya didn't work. Dulu hal-hal seperti itu jadi bikin malas backup data. Tapi sejak tahu ada USB OTG yang tinggal tancep dan bisa mindahin data dengan lebih cepat, jadi rajin deh backup data di smartphone. Keren ya Sandisk ini tahu aja kebutuhan zaman sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, Mbak, semenjak hadir USB OTG SanDisk makin mudah untuk membackup data di hp

      Delete
  32. Sekarang udah serba dipermudah ya kak, tinggal ditambah usaha kita. Contohnya sejak ada USB OTG Sandisk backup data jadi lebih mudah dan cepat.

    ReplyDelete
  33. saya juga pake usb otg sandisk buat backup data hp, praktis dan gampang banget bikin memori lega seketika

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget, Mbak.. memang begitu mudahnya backup data menggunakan usb otg sandisk

      Delete
  34. Sejak ada USB OTG Sandisk backup data jadi lebih mudah dan cepat.

    ReplyDelete