Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kebiasan yang Menular Setelah Menikah

5 kebiasaan setelah menikah
Cie.. yang bahas-bahas tentang menikah, ceritanya udah enggak jomblo lagi nih. Kalau dulu mah mana berani bahas tentang pernikahan, malah sengaja menghindar karena takut ditanya “Kapan nikah?” Sekarang, pertanyaan itu enggak muncul lagi, tapi berganti jadi “Kapan hamil?” Emang ya, kita sebagai makhluk sosial enggak akan lepas dengan beberapa pertanyaan yang diawali dengan kata ‘kapan’. Tapi saya enggak akan membahas hal begituan, takut jadi baper sendiri. Terus apa?


Jadi begini loh teman-teman, dalam hubungan pernikahan itu ada banyak hal yang terjadi baik suka dan duka dilewati bersama. Saling menguatkan, mengingatkan dan saling setia. Kalau kata lirik lagunya Ada Band, “Walau badai menghadang, ingatlah aku kan selalu setia....” Tapi lagi-lagi nih, saya enggak akan menulis tentang sesuatu yang bikin baper dalam-dalam para jomblo karena sebentar lagi tahun 2018. Saya tahu bagaimana rasanya menjadi jomblo lama, hahahaha.

Kalau yang mau serius ngilangin jomblo, bisa banget cek cara Buang Status Jomblo ini.

Okay, fix kita back to the topic. Kehidupan dalam pernikahan juga harus didasari saling pengertian dan mengasihi. Karena kalau enggak begitu, apa gunanya pernikahan? Karena dengan rasa tersebut kita merasa nyaman bila di dekat pasangan. Dan saking nyamannnya, kita sampai enggak sadar kalau kebiasaannya juga bisa menular. Bak virus cinta yang cepat menebar, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Kesukaan Tontonan Favorit
Ketika weekend datang dan enggak ada acara ke mana-mana, yang dilakukan suami saya adalah menonton anime. Saking serunya dia menonton, sampai tertawa, bahkan kesal sendiri. Saya jadi penasaran dong, sebenarnya apa sih yang ditonton kok sampai begitu banget asyiknya. Tentu saya ikutan nimbrung. Awalnya emang paham apa yang ditonton, tapi karena saking seringnya akhirnya pun saya jadi ketularan. Tiap hari Jumat harus mendonwload film anime kesuakaan biar bisa ditonton pas hari Sabtu dan Minggu.

2. Virus Kegemaran Nge-game yang Menular
Punya suami yang doyan nge-game itu senang-senang sebal. Apalagi kalau sudah fokus sama layar monitor/smartphonenya. Ampun dah, bisa-bisa lupa segalanya. Bikin greget. Karena suka serius banget gitu ketika menjalankan sebuah permainan, saya lagi-lagi penasaran. Ikut lihat apa sih kok kayaknya seru banget. Dan ternyata ada beberapa game yang biasa dimainkan seperti Plants vs Zombies, Fantasy Football Manager, COC dan lainnya.

Kalau dulu saya seringnya ngeluh apa an gitu dimainkan, tetapi gara-gara sering memperhatikan malah jadi ingin ikut main juga. Akhirnya saya pinjam smartphone suami buat nge-game. Yang saya mudeng dan paham hanya Plants vs Zombies, untuk game lain kurang paham. Sampai beberapa hari saya memainkan game ini terus menggunakan HP suami, dan saya enggak mau install game apa pun di HP sendiri. Kok gitu? Egois dong..? Hmm, ya mungkin saya egois, tapi ini demi kebaikan saya juga. Pasalnya kalau di HP saya ada game, bisa-bisa kerjaan saya enggak bakalan selesai. Karena saya tahu betul diri saya ini, kalau udah kecanduan enggak bakalan berhenti buat memainkannya. Nah, kalau di HP suami kan ada yang mengingatkan saya untuk berhenti. Entah itu ada telepon atau pesan masuk. Atau memang sudah cukup lama buat nge-game. Suami pasti ngingetin.

3. Kebiasaan Usil
Saya ini memang usil, jahil, suka ngisengin gitu. Karena sudah berkeluarga, jadi kelakuan itu saya alihkan ke suami. Dulu yang jadi korban keisengan saya adik-adik saya. Karena setiap hari saya begitu, dikit-dikit iseng dan ngerjain, lama kelamaan suami saya juga ketularan. Bentar-bentar ngeledekin, bentar-bentar ngejahilin. Ya, begitulah, yang penting masih normal dan tidak melewati batas, dan yang paling penting sih, bikin kita ketawa apalagi di tanggal tua begini, suami istri belum ada yang gajian, wkwkwkwkwkw malah curhat.

4. Ekspresi Wajah
Ketika bercanda atau sedang ngobrol santai, tiba-tiba suami saya ada salah dalam ucapan, saya langsung pura-pura sinis. Pasang muka biar kelihatan marah dan sebal, meski ujung-ujungnya berakhir tawa. Dan saya sering begitu, suami jadinya tertular juga. Giliran saya salah ngomong atau apa langsung memperlihatakan muka gahar atau garang. Dan saya cukup tertawa ngakak saja.

5. Menularnya Kata-kata Ajaib
Ini bukan mantra sihirnya Harry Potter atau si Scalamander ya. Melainkan kata-kata yang keluar dari mulut saya secara ceplos.



Jadi begini, jadi perempuan yang pernah mengalami kejombloan terlalu lama, dari dulu itu suka melakukan apa-apa sendiri. Dari masalah pekerjaan, makan dan jalan-jalan, saya lebih sering sendirian. Bahkan sampai-sampai saya itu dicap sebagai Single Traveler. Dari kebiasaan yang sendiri, saya menyombongkan diri sebagai manusia yang strong, enggak cengeng dan enggak gampang baperan. Dan pas nemuin masalah, saya menganggap itu pasti berlalu dan akan kuatasi karena “Gue kan strong,”

Sampai saat ini, kata-kata itu belum bisa menghilang, kadang-kadang pas ngobrol sama suami ketika ada sesuatu tentu saja saya mengucapkan, “Gue kan strong,”

Karena sering mendengar kalimat begitu, tentunya suami saya paham dan sudah sangat-sangat tidak asing bahkan sudah merasuk ke dalam sanubarinya. Sampai-sampai kalau ada sesuatu dan saya tanya, “Yakin, Mas bisa?” Pasti dijawab, “Yakinlah, Gue kan strong..”

Dari semua itu kita bisa tertawa. Dan dalam rumah tangga kami dan teman-teman tentunya ada perbedaan. Mungkin dari teman-teman lebih dari lima hal kebiasaan yang menular, atau bisa kurang dari itu. Dan itu semua enggak masalah, karena namanya beda orang tentunya beda-beda cara membuat tertawa. Ya, sekali lagi, tulisan ini dibuat untuk menikmati kebahagiaan dengan cara yang sederhana. Karena bahagia enggak harus yang wah, akhir bulan belum gajian pun harus tetap tertawa gembira, enggak boleh baperan wkwkwkwkwkwkw (tetep ya, kata-kata yang ini dibawa lagi).
Yang penting bahagia, hahaha

Yeah, saya rasa cukup sampai di sini tulisan di penghujung tahun 2017. Semoga di tahun 2018 kita mendapatkan kebahagiaan dan kehidupan yang lebih baik. Amiiin..... Pesan saya, jangan lupa untuk membuat tertawa orang yang kita cintai/sayangi.

Terima kasih.
Happy New Year 2018.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

20 comments for "5 Kebiasan yang Menular Setelah Menikah"

  1. Waah saya jomblo dan baca ini mba, huhuhu.. Ternyata kalau udah nikah kebiasaan-kebiasaan bisa nular juga ya, mana unik-unik lagi :D.. Semoga saya dan yang jomblo pas baca ini bisa bersabar :'D aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tahun ini sudah enggak jomblo lagi ya. Menikah itu luar biasa, banyak hal yang tak terduga. Hehehe

      Delete
  2. terimaksih buat berbagi pengalamannya ,, pada kami2 yg jomblo ini mbak hehehehhe

    ReplyDelete
  3. Selamat tinggal jomblo ya mbak.. hehe.. selamat atas pernikahannya yaa..

    Untung suami saya nggak suka nge-game, kalau suka terus saya ketularan bisa berabe nih hihi, padahal game yang saya tahu selama ini cuma tetris..

    Asal menularnya masih hal baik nggak apa ya mbak, yang penting saling mengingatkan dalam kebaikan. Semoga mbak Ery pernikahannya samara selamanya, aamiin.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin amiiin... terima kasih, Mbak Anjar..

      Ya begitulah,selama dalam hal kebaikan dan saling mengingatkan enggak jadi masalah ya.. hehehehe

      Delete
  4. Iya, kah. Wah baca ini belum nikah..he
    Oke lah, nanti aku buktikan tulisan ini setelah menikah. Tapi nggak dalam waktu dekat ini..hehe

    Lihat foto usli itu aku kira muka, eh taunya rambut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyaa.. semoga segera mendapatkan jodoh :D

      Iya, itu rambut bukan muka :D :D

      Delete
  5. Hahahahah kalau saya ketularan gaya hidup sehat, suami saya soalnya anak gym banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, itu bagus banget, Mbak. Patut ditiru nih gaya hidup sehatnya :)

      Delete
  6. Fakta banget ini Mbak :D Apalgi poin kata-kata ajaib :v

    ReplyDelete
  7. Jadi teringat seorang teman yang pingin nikah dg alasan, "Biar gue nggak ditanya kapan nikah lagi!" Alamakkk... kelar ditanya kapan nikah, akan belanjut dg tanya kapan hamil, kapan melahirkan, kapan beranak lagi, kapan beranak yg ke 3 lusin, dll...

    Senang dg inti tulisannya kalau banyak2lah tertawa dg ekpresi bahagia, walau mungkin bukan dalam moment yg bahagia, macam belum gajian misalnya, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaa iya.. meski belum gajian ya harus tetep tertawa.. kami memang pasangan yang bisa dibilang absurd, kalau dapat kesialan malah ketawa ngekek..


      yeah, tentang pernikahan kalau ngurusian kata orang mah gak bakalan kelar, nyatanya sudah menikah begini, belum hamil langsung dicecar berbagai pertanyaan, wkkwkwk

      Delete
  8. Ya emang begitu, kita yang wanita mudah tertular kebiasaan suami. Tapi suami jarang yg mudah tertular kebiasaan istri.


    Kalau aku soal makanan, suamiku enggak doyan jengkol sama petai, padahal udah disemur atau dimasak sedemikian rupa, tetep aja enggak doyan. Hihihi

    ReplyDelete
  9. Mana suaranya yg jombloooo.. Uwww, pengin nabok mbak ery.. Bikin iri ajaaa, huffft.. Hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhaa.. kamu loh, bisa aja.. jomblo juga asyik, kok. karena aku juga pernah menjadi jomblo, hiihhiih

      Delete
  10. Komunikasi dng suaminya sangat harmonis yach Mbak,,,, saya senang liatnya, walau cuma membayangkan sich... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya.. Alhamdulillah, semoga bisa seterusnya bisa begini :)

      Delete
  11. ciee yang udah gak jomblo hehehe
    mantap mbak sharenya duh jadi pengen cepet cepet nikah juga lah hahaha menyenangkan sepertinya

    ReplyDelete