Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghilangkan Rasa Jenuh dengan Mudah dan Murah

Aktivitas rutin sehari-hari kadang kala membuat saya jenuh. Kembali ke itu lagi itu lagi. Sebagai orang yang bekerja di Departemen Purchasing, urusan mencari supplier yang bagus itu menjadi tanggung jawab saya dan team. Sayangnya, mencari supplier terbaik itu tidaklah mudah membalikan telapak tangan.

Beberapa minggu terakhir ini saya sedang mencari supplier untuk bahan baku perusahaan, menggunakan mesin pencarian,saya behrasil menemukan beberapa perusahaan kemudian mencatat nomor berbagai perusahaan, lalu menelponnya. Ada yang berhasil, banyak juga yang tidak ada respon.

Ini penting banget sih, setiap perusahaan kudu punya webiste dan nomor telepon, jadi ketika ada calon customer yang mencarinya, akan mudah dihubungi.

Hah, bahkan contact WA saya banyak nomor baru sekarang. Tapi belum ada satu pun yang deal baik segi harga, kualitas, maupun ukuran yang dimau. Jenuh? Sudah pasti.



Tips Mengembalikan Rasa Jenuh Biar Semangat Lagi


Tips hilangkan jenuh

Tak jarang, selepas pulang kerja, biasanya saya di rumah langsung berusaha untuk menghilangkan kejenuhan. Entah bermain dengan anak, atau pun melakukan hal lainnya.

Dan berikut merupakan tips menghilangkan rasa jenuh ala Ery Udya!

1. Bercanda dengan Anak


Memiliki anak kecil usia 3 tahun yang sedang aktif-aktifnya membuat segala rasa capek itu hilang (dibuat menghilang sih aslinya). Seringnya, ketika mendengar motor saya sampai di rumah, anak saya langsung loncat-loncat kegirangan.

“Mama pulang, mama pulang…!”

Gimana hati saya enggak meleleh. Selepas itu, dia langsung menerkam saya mengajak bermain bersama. Kadang kala, saya belum ganti baju pun udah diseret-seret untuk bermain bersama. Ya sudah, nikmati saja sebagai Mamah Muda dengan segala dramanya.

2. Menonton Drama China


Kalau anak saya terdistraksi dengan hal lainnya, misal om atau tantenya sedang melakukan apa yang lebih menarik, biasanya saya bisa rebahan sambil nonton Drama China. Ya, saya suka sekali dengan Drama China terutama genre Fantasy dan Wuxia seperti halnya drama Princess Agents yang masih menggantung endingnya meskipun sudah 5 tahun.


Selain itu bisa nonton drama fantasy yang kalau dipikir-pikir dengan akal sehat itu jelas tidak nyata. Namun, tahu, kan? Efek dari CGI di Drama China ini luar biasa sekali sehingga membuat saya jatuh cinta seperti halnya Drama Love Between Fairy and Devil. Saya sampai nangis sesenggukan di jelang episode terakhir.


3. Scrolling Medsos Sampai Bosan


Media sosial memang sangat menyenangkan, sampai-sampai saya kalau memiliki waktu luang melihat berbagai macam medsos. Tepatnya sih membagikan link blogpost terbaru di medsos biar tambah traffic.

Share artikel satu dan lainnya, dari grup satu ke grup lainnya dan bebagai platform media sosial. Kalau sudah, biasanya melihat video pendek dan belajar mengedit, lalu menguploadnya.


4. Bermain Game Online

Meskipun saya aslinya bukan gamers, saya kadang-kadang nge-game online sebagai penghilang rasa jenuh. Game yang saya gunakan adalah game klasik yang tidak terlalu membuat pusing dan rumit. Secara ya, pikiran udah jenuh dan pusing masa mau nge-game yang berat, big no, deh!

Game yang biasa saya gunakan adalah bermain solitaire. Yes, siapa yang tidak suka dengan game ini? Game yang semua orang bisa melakukannya. Bahkan saat ini tidak perlu mendownload aplikasinya karena sudah ada Solitaire.org yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Lebih asyiknya lagi, semua ini gratis dan banyak pilihan game yang ada di website ini.

Berbagai Pilihan Game yang Mudah Dimainkan di Solitaire.org

Game solitaire


1. Classic Solitaire


Classic Solitaire

Ini adalah game paling mudah yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan anak kecil pun bisa, sistemnya tinggal mengurutkan kartu dari kartu As hingga kartu King, ketika berhasil akan ada durasi berapa lama, semakin singkat waktunya maka semakin tinggi poinnya.

2. Klondike Solitaire


cara bermain klondike solitaire

Game ini merupakan game yang lebih tua dibandingkan solitaire classic. Cara bermain game Klondike ini cukup mudah. Urutkan kartu dari kartu As hingga kartu King di 4 kotak yang sudah tersedia. Ingat, harus cepat agar point juga makin banyak. Setiap kartu yang berhasil diurutkan, kita mendapatkan point 5, terus kalau sudah lebih dari 30 detik belum berhasil, point kita akan berkurang 18. Huhuhu.. Semangat ya.

3. Spider Solitaire


Spider solitaire

Game yang mudah selanjutnya tentu saja ada Spider Solitaire. Akan ada kartu yang berjejer, kita harus mengurutkannya lagi dengan kartu yang sudah acak. Ketika kartu yang acak tidak bisa diurutkan lagi, kita bisa menambahkan kartu lainnya. Semakin sering melakukan tambahan kartu, maka semakin banyak pula kartu yang akan acak dan sulit untuk menang.

4. Freecell Solitaire


Freecell solitaire

Konsepnya masih sama dengan yang lainnya, mengurutkan angka dari kartu As hingga King dengan selang seling warna yang berbeda, hitam, merah. Begitu terus sampai urut. Urutannya adalah posisi kartu As berada di paling atas. Sedangkan kartu King berada di paling bawah.

5. Pyramid Solitaire


Pyramid Solitaire

Game yang mudah selanjutnya adalah Pyramid Solitaire. Bahkan, menurut saya, game ini game yang paling mudah. Pyramid Solitaire membuat kita pandai belajar matematika dasar. Kita harus membuang kartu dengan jumlah 13. Kalau kartu King berarti sendiri, bisa langsung diklik dan hilang. Kartu angka 4 misalnya, harus klik kartu lainnya yang berjumlah angka 9. Kalau di tumpukan piramidanya tidak ada, kita mencarinya di kolom bawah dengan memanfaatkan anak panahnya. Akan muncul angka-angka sampai kita menemukan yang cocok.

Penutup


Well, itulah beberapa pilihan game Solitaire yang mudah dan sederhana. Sehingga membuat kita bisa lebih rileks dan tidak tegang. Karena pada dasarnya nge-game itu untuk menyenangkan diri, bukan untuk membuat kita semakin pusing.

So, buat teman-teman yang rindu akan game-game klasik itu, bisa banget lho, akses langsung ke https://www.soliatire.org dan temukan game kesayangan secara gratis.

Terima kasih sudah berkunjung, share di kolom komentar tentang game favorit teman-teman.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

49 comments for "Tips Menghilangkan Rasa Jenuh dengan Mudah dan Murah"

  1. hiks ini aku banget belakangan. ngerasa jenuh maksimal karena hidup yang monoton hehe. mungkin lebih ke capek aja ya kerja di depan layar terus. kalo aku nggak seberapa suka ngegame larinya ke traveling sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena mungkin capek dengan rutinitas sehari-hari. Saya juga ngerasa gitu sekarang.

      Delete
  2. Klasik ya mba, aku ingat pas punya pc dulu ngegames iniih. Rasa jenuh reda, memang bercanda sama anak tuh asyik banget apalagi setelah beberapa jam nggak ketemu ya mba

    ReplyDelete
  3. Solitaire itu game favoritku sejak pertama kali belajar mengoperasikan komputer. Seruu banget mainnya yaa.

    Apalagi sekarang bisa main solitaire online.

    ReplyDelete
  4. Kalo udah bete, bosan memang paling pas jeda buat me time. Bisa main sama anak atau nonyon drachin hahaha. Btw, game solitaire ini masih eksis ya sampai sekarang. Dulu mainnya gantian sama teman, susah soalnya ^^

    ReplyDelete
  5. Kadang aku main medsos juga bikin bosen lho, apalagi kalo nge-drakor mulu. Yah selingannya emang main game. Hoby banget maen Solitaire, jadi inget pas jaman masih sekolah dulu sii. Kadang aku juga main sama anak-anak gentian gitu hehe.

    ReplyDelete
  6. Kalo list Mba itu, aku sukanya main sama anak, bercanda, ngangguin bahkan saya gendong, hahaha. paling asik deh itu.

    ReplyDelete
  7. Lho suka nonton drama China, tho, Kak? Princess Agents kayaknya susah tayang soale kena skandal plagiarisme dan penulisnya kalah di pengadilan.

    ReplyDelete
  8. Pyramid Solitaire ini bisa banget dimainin sama anak-anakku. Apalagi yang lagi belajar matematika dasar sederhana ya. Main game Solitaire emang paling bikin rileks, ngga kaya main tembak2an yang bikin tegang. Enak deh buat ngisi waktu luang.

    ReplyDelete
  9. Nostalgia banget gak sih mak main game solitaire tuh, ihihi. Ternyata sampai sekarang tetap berkembang dan tetap jadi pilihan mainan penghilang rasa bosan yaa. Soalnya memang menantang dan biasanya gak akan menghabiskan waktu terlalu banyak sih

    ReplyDelete
  10. Soal jenuh ini memang bisa sebabnya beragam ya, Mbak. Tapi paling sering memang karena rutinitas. Karena dilakukan berulang, akhirnya jenuh.
    Nah, kalau saya jenuh, saya pun mencari atau melakukan hal-hal yang saya sukai. Nonton, membaca, naik sepeda, termasuk muter-muter naik busway hahaha. Pulang jenuh hilang, bisa dapat bahan untuk menulis cerita anak dan bahan postingan di blog hehehe.

    ReplyDelete
  11. Tosss.samaan kita. Saya banget ini kak. Kadang buka sosmed cuma untuk scroll scroll yg gk penting. Main game, nonton drachin atau drakor. Udah jadi hiburan the best bagi saya si emak-emak

    ReplyDelete
  12. bermain games memang mengasikkan sebagai salah satu cara biar gak penat,
    apalagi kalau pekerjaan lagi padat-padatnya, kan

    ReplyDelete
  13. Selain nonton film favorit, ngegame bs jd solusi utk menghilangkan kejenuhan sih kak. Asal kita pny kuota internet, smua bs dilakukan dgn mudah. Lbh enaknya lagi, game di Solitaire.org kan ga butuh kuota gede dan ga habisin memori internal laptop/hape. Jd aman buat maininnya.

    ReplyDelete
  14. Wah iya main game biasanya aku untuk menghindari jenuh. Sama rehat sejenak dari aktivitas yang sama. Atau kalau mau cepat bisa ambil cuti sehari dan matikan hp

    ReplyDelete
  15. Memang menghilangkan rasa jenuh ini bisa berbagai macam cara ya..
    Kadang cara A berhasil, kadang besok besok belum tentu cara itu bisa menghilangkan jenuh. Jadi kondisional banget. Dan bisa jadi, bermain games online di Solitaire.org jadi solusi menyenangkan diri.

    ReplyDelete
  16. Mainan Solitaire ini salah satu permainan yang kusuka lho. Bahkan sebelum jaman internet ada, sudah suka tuh mainan di komputer desktop. Nah, sekarang ada solitaire online begini, jadi makin seru mainnya + bisa hilangkan rasa jenuh ya

    ReplyDelete
  17. Main game tuh bener-bener bisa bikin pikiran ringan dan bisa refresh otak nih. Makasih mbak tipsnya cocoklah buat aku yang suka gampang bosenan

    ReplyDelete
  18. Whoah.. ini asli sih, quality time bareng keluarga cocoknya memang main game, apalagi gamenya yg legend kayak Solitaire gini, auto inget masa-masa dulu deh, hehe..

    ReplyDelete
  19. Paling enak emang main game di Solitaire ya mbak
    Bisa rehat sejenak dan menghilangkan rasa jenuh

    ReplyDelete
  20. game solitaire ini jenis game paling umum yang udah ada sejak dulu, cocok bgt buat kita yg pengen mengobati rasa jenuh

    ReplyDelete
  21. Sebagai ibu rumah tangga memang sering dihinggapi rasa jenuh apalagi kerjaan rumah tu gada abis2nya...
    Memang ibu butuh bahagia refresing dengan adanya games simple2 paling ga bikin ibu metime disaat anak sekolah.

    ReplyDelete
  22. Aku kalau sendirian, masih ingat banget jaman hamil anak pertama bawaannya pengen duduk main game melulu. Maklum belum kenal dunia blogger seperti sekarang, dan emang main solitaire saat itu sendirian dan lama ga ada bosennya lho. Games ini emang interaktif sih dan user friendly jadi tinggal klak klik aja sembari melatih konsentrasi.

    ReplyDelete
  23. Saya sekarang kalau jenuh dengan pekerjaan, buka Tiktok mbak hehehe.... Bisa dapat banyak motivasi dengan cara menyenangkan, jadi semangat lagi kerjanya. Kadang main game juga

    ReplyDelete
  24. Saya juga suka main game kalau lagi bosan, tapi, gamenya jenis otome game yang ada ceritanya. Kadang ceritanya lebih dahsyat dari Drachin.

    ReplyDelete
  25. Game solitaire ini tipe moderat sih menurut saya. Enggak mudah banget, tapi juga nggak susah banget. Jadi enak mainnya. Trus skrg bisa dimainkan di browser yaa..ga harus install dulu. Aku juga suka main ini.

    ReplyDelete
  26. eh, aku sekarang juga lagi suka lihat drama china lho, mbak. ternyata cerita-ceritanya ringan, dan memang cocok buat menghilangkan rasa jenuh ya

    ReplyDelete
  27. Kalau saya beda lagi nih Mak. versi saya menghilangkan kejenuhan adalah nonton drakor atau jalan-jalan ke mall kalau masih juga jenuh, yaaah ... saya tidur gegoleran.

    ReplyDelete
  28. Game solitaire simpel ringan cocok buat emak yg lagi BT butuh piknik tapi lagi bokek 🀭😁

    ReplyDelete
  29. Wah mak Ery nontonnya drama Cina ya, kalo aku drakor wkwk. Kalo ngegame kadang-kadang aja sesekali. Aku pun pernah mainin game Solitaire ini deh.

    ReplyDelete
  30. Saking banyaknya medsos tuh kadang jadi lupa waktu yaa..
    Abis ke sini, ke sana..
    Tapi aku lagi betah banget liat live tiktok, serasa ada temennya kalo siang-siang pas anak sekolah. Dan yang paling seru, sambil main online di https://www.soliatire.org sii yaa.. Gak ada iklannya dan tanpa perlu instal apps juga.

    ReplyDelete
  31. Kalau aku makan cokelat atau minum kopi
    Sambil menikmati drama Korea yang sedang on going
    Kalau pun ga ada drama, cukup memandang tanaman depan rumah

    ReplyDelete
  32. Nah ini saya banget nih, karena hampir seharian di rumah dan cuma sendirian aja, sering juga saya tuh merasa jenuh gitu. Larinya emang nonton sih, atau enggak ya main game kayak Solitaire begini. Menghibur tapi juga mengasah otak.

    ReplyDelete
  33. Kalau jenuh aku di antaranya juga ngegame Solitaire, apalagi ga bisa sering bercanda sama anak lagi karena yang besar udah ngekos yang kecil sekolah sampe sore hehe...

    ReplyDelete
  34. baca buku juga seru dan nagih mba hihi. klo main game online juga bikin hepi, apalagi game yg ada challenge nya, kaya scrabble, crossing world, biasanya aku main ini di solitaire.org

    ReplyDelete
  35. Wah emg main game itu bisa buat mood jadi oke lagi biar ga bosen ya kdg ampe lupa waktu hehe

    ReplyDelete
  36. Nonton, ngedit video, dan bermain game ringan, memang paling ampuh untuk menghilangkan rasa jenuh. Kalau saya lebih sering ngedit video pendek-pendek sih. Senang aja eksplorasi sound, gaya editing, dan tetek bengek-nya.

    ReplyDelete
  37. Kalau saya biar gak bosen biasanya ditambahkan jalan ke kebun dan menghabiskan waktu di sana. Metik sayur, buah, dan sebagainya. Apalagi kalau ada serangga bagus, sambil belajar foto. Hehehe

    ReplyDelete
  38. Kalau scroll sosmed entah mengapa saya justru menghindari. Daripada muncul overthinking yang enggak karuan. Hahaha... tapi kalau ngegame, saya oke. Selain bisa refresh juga bisa jadi sarana entertain juga dan salah satunya pasti mampir di web solitaire ini. ❤️

    ReplyDelete
  39. Saya juga suka nih Kak main Solitaire dari jaman masih gadis, sekarang kadang-kadang aja mainnya, lumayan untuk menghilangkan penat ya

    ReplyDelete
  40. Eh, kayanya aku belum pernah main Pyramid Solitaire.
    Main kartu gini dulu tuh bener-bener butuh faktor kesabaran dan keberuntungan, Kalau sekarang bisa main di soliatire.org sih nyaman banget yaaah..

    ReplyDelete
  41. Menarik tipsnya, kadang kalau udah jenuh jadi mager buat ngelakuin hal produktif, mau nulis atau membaca aja mager hahaha.

    ReplyDelete
  42. Games yang menyenangkan untuk dimainkan nih, apalagi biar suntuk juga dengan rutinitas yang dilakoni..

    ReplyDelete
  43. Main kartu dari solitaire emang pas buat usir bosan. Meski levelnya itu lagi itu lagi, tetetp aja seru wkwkwk

    ReplyDelete
  44. saya juga main kalau ini... game Solitaire mah emang gak ada bosennya, udah jenisnya ada macem-macem lagi, saya dulu sukanya yang Solitaire spider itu tuh...

    ReplyDelete
  45. Aku kalau jenuh biasanya nongki sama temen2 sefruekuensi trs ketawa2. Kalau lagi pada sibuk nonton netxlik atau ke bioskop sendiri. Pokoknya me time lah

    ReplyDelete
  46. Solitaite itu games legend ya mba 😁. Dr zaman aku smp udh ada, dan ga bosen mainin Ampe Skr. Lumayan challenging kadang. Suka gemes kalo gagal🀣

    Sama sih, aku pun kalo bosen, ya main games cara tergampang dan termurahnya. Ampuh banget ngilangin suntuk, jenuh, bosan

    Di hp ku juga ada beberapa games favorit. Walopun terkadang ttp aja baliknya ke Solitaire ini kalo LG kangen main kartu πŸ˜„

    ReplyDelete
  47. Anakku nih yang suka bosan kalau di rumah. Mau aq share ke anakku ah supaya main game online aja biar hilang jenuhnya

    ReplyDelete