Buang Status Jomblomu dengan 6 Cara Berikut Ini!

Hello, guys..

Akhirnya punya ide nulis lagi, dan kali ini coba nulis sesuatu yang disukai para jomblo. Berkaitan dengan relationship atau hubungan. Ya, agak was-was juga si menulis tentang beginian. Tetapi, seringnya melihat fenomena dan bahkan pernah mengalaminya sendiri, jadi, berani untuk menuliskannya.

Bahwasannya saat ini, makhluk-makhluk single alias jomblo selalu menjadi bahan sorotan. Padahal, merka tidak bersalah apa-apa atas statusnya. Mereka juga tidak pernah meminta untuk terus-terusa jomblo. Namun, serigkali mereka mejadi bahan ledekan dan candaan. Yang terkadang membuat hati itu menjadi kesal dan emosi. Ya, aku pun pernah merasakannya, berkali-kali dan sangat sering diledekin, karena diriku ini pernah mengalami jomblo akut yang ke mana-mana asyik sendiri. Kalaupun pergi berdua sama cewek.
Aku pun pernah begini, ke mana-mana asyik sendiri

Tetapi, memang kita tidak bisa memaksakan orang lain untuk segera melepas kejombloannya. Karena di dalam hati mereka ada begitu banyak alasan mengapa masih betah sendiri. Dan alasan itu jarang orang tahu. Mereka simpan dengan aman di dalam hatinya sendiri, tak perlu orang lain tahu. Namun, ada juga yang telah berusaha untuk mencari tambatan hati, tetap gagal dan terjatuh lagi yang akhirnya jomblo lagi.

Dan buat yang serius sedang mencari pelabuhan hatinya, bisa nih cara-cara jitu berikut ini :

1. Ikhlas Akan Masa Lalu
A post shared by Ery Espania Udya (@es_pania) on

Terkadang menjadi jomblo itu karena ada alasan yang tak bisa diungkpakan dengan kata-kata

Well, semua orang memilki masa lalu. Pahit, manis, hitam dan putih, telah menjadi garis tangan pada setiap orang. Dan tentunya memiliki kisah yang berbeda-beda, yang terkadang menjadi drama bagi diri sendiri. Tak jarang cerita itu terus membayang di dalam kepala. Terus menari-nari dengan indahnya di dalam benak. Membuat kita terbuai akan kenangan masa lalu, masa yang tak pernah dilewati namun hanya menjadi segenggam kisah.


Sebaiknya, lupakan saja masa itu, karena kenangan masa silam hanya menghambat untuk menerima hati yang baru. Membuat sulit diri sendiri untuk bangkit dan berkembang.

So, saat ini ikhlaskan semua kisah yang telah lalu itu. Kita pantas untuk mendapatkan kebahagiaan yang hakiki, bukan untuk mengenang masa silam yang hanya bisa menjadikan diri semakin rapuh.

Say Good Bye untuk masa lalu.

2. Mencintai Lingkungan
Sebelum memint untuk dicinta, tak ada salahnya untuk mencintai lingkungan terlebih dahulu

Kalau kita belum menemukan cinta yang sebenarnya, setidaknya kita berikan cinta untuk lingkungan. Terutama kepada mereka-mereka yang selalu ada, seperti keluarga, tetangga, sahabat dan atau mereka-mereka yang membutuhkan uluran tangan kita. Dengan adanya cinta yang terus tumbuh untuk sesama kita pasti akan bahagia. Perlahan cinta untuk pribadi pun muncul dengan sendirinya dari sekitar kita.

3. Melakukan Traveling
A post shared by Ery Espania Udya (@es_pania) on
Dengan traveling, kali aja nemu jodoh yang cocok pas melakukan perjalanan :D


Okay, bukan maksud yang menulis artikel doyan kelayaban yah. Tetapi, dengan melakukan traveling hatimu akan lebih fresh dan mampu menerima orang-orang baru dengan senyum yang ramah. Kalau di dalam rumah terus, senyum itu terasa pahit, hanya sebatas senyum palsu yang memaniskan bibir. Dalam melakukan traveling, siapa tahu bisa menemukan cinta di saat berlibur bersama.

4. Menerima dengan Senang Hati Kehadiran Orang Baru
Ini ciyus loh, pengalaman pribadi, hahahaha

Buat orang yang sudah terlalu lama menjomblo, emang susah kalau dikenalkan atau bertemu dengan orang yang baru agar akrab. Sumpah deh, dikenalin sama siapa saja, dari A-Z itu cuma say hello saja. Sudah begitu ya sudah, malas mengobrol lagi.

Nah, mulai sekarang, coba deh untuk menerima kehadiran orang-orang baru. Siapa tahu ada kemistri yang cocok dan membuat nyaman. Kalau begitu kan tinggal ikuti kata hati saja.

5. Buka Album Kenangan Sekolah
Kali aja temen sekolah dulu masih ada yang jomblo juga, kan siapa tahu cocok :D

Sudah berapa lama lulus dari sekolah? Coba lah lihat isi album kenangan pada saat sekolah. Siapa tahu masih ada yang jomblo juga. Nah, kalau masih ada, coba adakan reuni kecil-kecilan dan dia diundang. Dari pertemuan itu, mudah-mudahan ada yang cocok.

6. Berdoa
Jangan lupa, bahwa diri ini, hanya sebuah butiran pasir. Pencipta kita tentunya Tuhan.

Dan yang utama, tetap berdoa. Tuhan menakdirkan hambanya masih menjomblo, bukan karena tidak ada sebab. Berpikirlah positif, bahwa Tuhan sedang menyiapkan seseorang yang paling baik untuk menjadi pasangan hidup kita.

Baca juga : Resolusi Istimewa Ingin Kuwujudkan di Tahun 2017

Hanya enam cara ya biar enggak jomblo lagi. Tapi enam cara itu sangat terasa sulit kalau kita belum mau membuka hati. Dan, kalau sudah berhasil mendapatkan pasangan, jangan pernah sakiti dia, melainkan untuk membahagiakannya. Menerima segala kekurangan dan kelebihannya, cintai dengan tulus. Jangan berpikir untuk meninggalkan dia karena ada seseorang yang lebih baik, padahal banyak yang lebih baik dari diri sendiri, tetapi dia tetap menerima diri kita.

15 Comments

  1. Masih belajar membuka hati... rencana sih panggil tukang kunci biar gampang bukanya, eh tukang kuncinya malah kabur hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus sama tukang kunci yg ahli. Aku pun bertahun-tahun mengalami hal begitu.. Semangat, Mbak. Pasti menemukan tukang kunci yg tepat :)

      Delete
  2. Travelling bener-bener ampuh mbak untuk menghilangkan kesedihan hati saat jomblo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. hehehe.. traveling juga menyegarkan pikiran, jadi enggak galau mulu kalau masih jomblo :D

      Delete
  3. Buka album kenangan sekolah kadang juga malah jadi bikin sedih lho..apalagi kalo inget mantan di masa sekolah ehehhe. Tapi intinya jadi jomblo itu pilihan kok..jangan punya pasangan karena keterpaksaan karena takut diomongin jomblo. Being jomblo or single is ok kok.

    ReplyDelete
  4. yang saya lakukan untuk melepas status jomblo saat belum menikah dulu adalah merelakan masa lalu kemudian membuka hati pada orang baru. Saya juga membuka pertemanan dengan siapa aja karena semakin banyak teman pikiran kita akan lebih terbuka sehingga tidak terkungkung pada masa lalu

    ReplyDelete
  5. kalau aku masih jomblo dan galau gak punya pacar kayanya bakal milih cara traveling deh, biar gak ngerasa sepi dan sendirian paling enak jalan-jalan yah paling nggak kalo gak ada yang bisa di jadiin pacar bisa nambah teman, siapa tau dari teman itu ketemu jodoh, hahaha

    ReplyDelete
  6. No.4 paling manjur sih. Susah memang melupakan yang lama, tapi jika tidak berusaha menerima kehadiran orang baru (apalagi membanding-bandingkan dengan yang lama), akan membuat hidup terasa lebih sulit. So MOVE ON!

    ReplyDelete
  7. Traveling ga selalu menghadirkan suasana baru, kadang malah membawa kita ke suasana sedih yang mendalam.
    Solusi terbaik yang kucoba, ya kitanya memang harus membuka diri. Cari perkumpulan, komunitas, dan teman baru. Niscaya banyak relasi kan berujung pada relationship hehehe

    ReplyDelete
  8. Tidak ada yang salah sih sebenarnya dengan status jomblo
    Yang salah itu udah jomblo lalu bawaannya kayak orang yang terpuruk dan bersedih terus
    Hey, hidup ini indah. Dunia baik-baik saja. Yuk optimis
    Traveling, membuka hati, berinteraksi pasti bisa membuat hati bahagia

    ReplyDelete
  9. Jomblo bukan berarti kesepian ya mbak
    banyak kegiatan seru yang bisa kita jalani sendiri, dan memang travelling ini yg paling ampuh ya mbak
    atau jalan jalan bareng teman

    ReplyDelete
  10. Setuju banget nomer satu itu ikhlas! Jadi inget waktu kuliah, pas patah hati se patah hatinya HAHAHA. Tapi memang klo kita belajar ikhlas, selain hati jadi lebih lapang, eh beneran diganti dengan yang lebih baik :)

    ReplyDelete
  11. wah mantab banget mba tipsnya ini, kebetulan saya lagi jomblo ahahaha cuss diterapkan saat sudah siap nanti wkwkk

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca postingan pada blog saya. Silakan tinggalkan komentar, dimohon jangan menggunakan link hidup.
Terima kasih.
:) :)