Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Destinasi Wisata Baru Purbalingga yang Cocok untuk Liburan

Destinasi Wisata Baru Purbalingga

Wilayah Kabupaten Purbalingga tercipta dengan penuh keindahan alam. Tak heran daya pikat wisatanya menarik kunjungan secara konsisten. Tempat wisata yang sudah lama eksis seperti Desa Serang, Goa Lawa, Owabong, dan Sanggaluri Park, selalu menjadi pilihan utama para pelancong untuk menikmati liburan di Purbalingga.




Beberapa Destinasi Wisata Baru di Purbalingga


Seiring berjalannya waktu, wisata Purbalingga tumbuh dan muncul wisata baru yang tak kalah menarik. Berikut merupakan destinasi wisata baru yang wajib dikunjungi saat datang ke Purbalingga.

1. The Samingah WiSed


Destinasi Wisata The Samingah Wised
Sumber: IG @thesamingahwised

Dengan mengusung tema alam pedesaan, Wisata Edukasi The Samingah cukup menarik untuk dikunjungi. Selain udaranya sejuk, juga sangat instagramable. Terletak di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.


2. Kolam Renang FIK 2


Kolam Renang FIK 2
Sumber: media Purbalingga

Destinasi wisata yang baru saja launching tanggal 29 Desember 2022, cocok untuk menjadi tujuan liburan para pelancong. Selain itu, tentu saja untuk berenang dengan air jernih dengan suasana alam yang menyejukkan.

Kolam Renang FIK 2 terletak di Desa Langgar, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

3. Taman Wisata Plangon Hills


Taman Wisata Plangon Hills
Sumber: IG @plangonhills.official

Seakan tak ada habisnya, konsep wisata alam selalu hadir di Purbalingga. Belum lama ini, tepatnya hari Kamis, 22 Desember 2022, Taman Wisata Planon Hills diresmikan. Menjadi salah satu wisata alam yang cocok dan ramah dengan anak-anak.

Terdapat juga kolam renang dengan air yang sejuk dan jernih, serta ketinggian airnya tidak begitu dalam sehingga cocok untuk anak-anak yang berlibur di Plangon Hills.

Buat teman-teman yang mau datang ke sini, lokasinya di Dusun karangmangu, Desa Adiarsa, Kecamatan Kertanegara, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Wisata alam di Plangon Hills ini juga merupakan pertama kalinya ada destinasi wisata di Desa Adiarsa. Sungguh menarik tempat ini. So, kalau weekend, bisa segera liburan di Plangon Hills.

4. Kampung Wisata Tematik Sikadut (Katamas)


Kampung Wisata Tematik Sikadut
Sumber: media Purbalingga

Destinasi Wisata Tematik yang satu ini juga sama-sama baru diresmikan tanggal 22 Desember 2022. Sesuai dengan namanya, Katamas merupakan wisata edukasi berkonsep tematik.

Di Katamas ini, terdapat beberapa wahana edukasi seperti tempat bermain anak, edukasi perikanan, pertanian buah, dan juga kuliner. Wahana dengan total luas 4 hektar ini bisa membuat kita puas seharian berkeliling menjajal setiap edukasi yang ada.

Alamat lengkap Kampung Wisata Tematik Sikadut terletak di Desa Karangtalun, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Itulah 4 destinasi wisata Purbalingga yang bisa dikunjungi ketika liburan datang. Wisata-wisata tersebut bisa dikunjungi oleh siapa saja baik wisatawan Purbalingga maupun dari luar daerah.

Cara Menuju ke Purbalingga


Mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menuju ke Purbalingga, apalagi yang baru pertama kali dengar tempat ini. Nah, berikut ada beberapa cara untuk menuju Purbalingga.

1. Naik Pesawat Terbang


Yo, Purbalingga sudah memiliki Bandara JB Soedirman yang sudah beroperasi sejak Januari 2021. Sudah 2 tahun, Guys. So, bagi pelancong dari Jakarta, bisa naik pesawat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, kemudian pilih penerbangan ke Purbalingga.

Dari Bandara JB Soedirman ini lokasinya tidak begitu jauh dengan hotel yang ada di Purbalingga. Atau bisa juga langsung menuju ke destinasi wisata yang ada.

2. Naik Kereta Api


Meskipun Purbalingga tidak ada stasiun kereta api, tapi menuju Purbalingga juga bisa dengan kereta api. Entah dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogja, dan lainnya, bisa naik kereta api dengan tujuan Stasiun Purwokerto. Dari Stasiun Purwokerto kemudian bisa naik Bus Trans Jateng menju Purbalingga.


3. Menggunakan Kendaraan Pribadi


Paling enak memang menggunakan kendaraan pribadi. Wilayah Purbalingga bisa dituju dari beberapa bagian. Dari selatan bisa melalui Sokaraja, Banyumas, lurus ke utara, sampailan di Purbalingga.

Dari utara melalui Pemalang, lurus ke selatan sampai wilayah Purbalingga dan langsung banyak destinasi wisata yang bisa dituju.

Dari timur melalui Banjarnegara, lurus ke barat sampai di Kota Purbalingga. Sedangkan dari barat bisa melalui jalur alternatif Purwokerto - Purbalingga. Tidak sampai 1 jam, dari Purwokerto ke Purbalingga sudah sampai.

Penutup


Okay, saya rasa cukup ya untuk menginformasikan tentang destinasi yang ada di Purbalingga. Baik wisata alam atau bukan, di Purbalingga memang cocok untuk liburan. Selain tempatnya yang cantik, kulinernya juga tak kalah menarik.

So, teman-teman yang belum pernah ke Purbalingga, yuk, dolan ke Purbalingga.

Terima kasih. :)
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

32 comments for "Destinasi Wisata Baru Purbalingga yang Cocok untuk Liburan"

  1. Penasaran sama kampung wisata tematiknya. Kayaknya seru ya buat refreshing. Kalo anak2 mah pasti sukanya main ke kolam renang 😆

    ReplyDelete
  2. Aku suka sekali tempat wisata yang konsepnya alam begini. Daripada wisata kota aku lebih suka mengunjungi wisata yang kayak di Purbalingga begini. Seger dan asri aja gituh.

    ReplyDelete
  3. Wah saya belum pernah berkunjung ke Purbalingga, nampaknya seru sekali ya mba wisata di sana, wajib banget buat cobain liburan ke sana. Saya penasaran dengan desa wisatanya seperti apa.

    ReplyDelete
  4. Senangnya. Ternyata di purbalingga juga banyak pilihan wisata seru terutama buat anak2, ya.

    ReplyDelete
  5. Belum pernah ke Purbalingga, nih. Tapi kalau ke Purbalingga, wajib banget dech ngunjungi salah satu dari 4 wisata ini. Aku tertarik buat ke Taman Wisata Plangon Hills.

    ReplyDelete
  6. Aku baru tau ke Purbalingga bisa naik pesawat loh, someday kalau ada rencana ke Purbalingga jadi tau nih harus main kemana saja. Apalagi ini destinasi wisatanya ramah anak ya mak.

    ReplyDelete
  7. Menarik, walaupun tidak ada stasiun Kereta, tapi kalau mau ke Purbalingga bisa menggunakan KAI dan turun di Purwokerto yah. Dan ternyata Purwo-Purbalingga itu hanya butuh 1 jam ya

    ReplyDelete
  8. Taman Wisata Plangon Hills ini familiar daku dengar, dan ternyata dibahas kak Ery di sini. Jadi memudahkan nih kalau suatu saat daku traveling ke sana

    ReplyDelete
  9. Belum pernah ke Purbalingga. Ternyata banyak lokasi wisata kekinian nya ya. Suasana dan udaranya sepertianya sejuk ya di sana. Bagus untuk tujuan wisata dan liburan

    ReplyDelete
  10. Aq belum pernah ke Purbalingga, duh liat daftar destinasi wisata di atas keknya harus segera diagendakan traveling kesana

    ReplyDelete
  11. Wah, aku sempet penasaran lho di Purbalingga tuh bisa wisata ke mana saja. Noted nih untuk tempat-tempat nya, kayanya cocok semua ya untuk ngajak anak-anak ke sana. Tfs ka

    ReplyDelete
  12. Mbak,aku cuma sampai Purwokerto itupun singgah saat perjalanan dari mudik Kediri lewat jalur Selatan. Penasaran banget dengan Purbalingga. Makasih info destinasi wisata baru Purablingga.Simpan dulu, nanti ada kesempatan singgah bisa eksekusi deh

    ReplyDelete
  13. Whaaa jadi jujukan nih artikelnya pass ke Purbalingga nanti yaa, wajib dikunjungi biar anak juga happyy

    ReplyDelete
  14. Banyak juga ya tempat wisata di Purbalingga. Aku belum pernah si eksplorasi di kota ini. Seingatku dulu pernah diajak Pewe, cuma lewat doang tapinya, nggak sempat mampir mana-mana

    ReplyDelete
  15. saya penasaran deh dengan Wisata Edukasi The Samingah, ada apa aja disana kak? wahana dan fasilitasnya? ada edukasi apa aja buat anak ya?

    ReplyDelete
  16. belum pernah ke Purbalingga, malah dulu nggak terpikir buat ke Purbalingga, karena juga jarang aku temuin berita atau cerita soal tempat wisata di sana.
    Ternyata cukup banyak juga ya wisata alamnya kayak gini. Kan jadi penasaran sama wisata kulinernya juga mbak

    ReplyDelete
  17. Wah baru denger nih wisata yang menarik di Purbalingga. Insyaallah klo ada kesempatan ie Purbalingga nanti mampir dah

    ReplyDelete
  18. Ternyata di Purbalingga sudah ada bandaranya ya, jadi nggak perlu turun semarang/jogja/solo ya, dari jakarta (halim) bisa langsung ke Purbalingga.

    Banyak juga wahana wisata yang baru ya, desember 2022 kayaknya jadi momen peresmian beberapa tempat wisata baru di Purbalingga

    ReplyDelete
  19. Wah makasih mba Eri, jarang-jarang aku nemu artikel rekomendasi tempat wisata Purbalingga. Noted banget, pengen ke taman tematik deh. Terus pake akomodasinya kereta api biar lebih lama dan nyaman nikmatin pemandangan sepanjang jalannya

    ReplyDelete
  20. Belum pernah ke Purbalingga, harus jadi wishlist nih buat liburan, harga tiket masuknya berapa mbak? Berarti bandara masih tergolong baru ya kalau peresmiannya tahun 2021

    ReplyDelete
  21. Dengan kemudahan akses transportasi menuju Purbalingga, jadi mudah juga menuju kesana ya mba. Belum pernah noh mampir dan berkunjung ke wisata alamnya mbaa

    ReplyDelete
  22. Wuih asik ada tempat wisata yang baru buka akhir tahun kemarin pasti belum banyak orang yang tahu dan bisa buat content reels pasti view bagus banget

    ReplyDelete
  23. hmm ... aku belum pernah ke Purbalingga. Enggak ada saudara di sana. Jadi baru tahu kalau Purbalingga ada bandara.
    wisata alamnya banyak yaa apalagi kolam renang gede gini anakku suka.

    ReplyDelete
  24. Baru tau ternyata di purbalingga banyak wisata seru ya. Kampung tematik kayanya asyik bgt buat liburan sama anak2 yq mbaj

    ReplyDelete
  25. Saya suka traveling mbak. Tapi belum pernah traveling ke Purbalingga. Baru tau di Purbalingga banyak tempat wisata juga.

    ReplyDelete
  26. Sama sekali belum menjelajah ke Purbalingga, udaranya seger ya maak, wisatanya oke nih next di agendakan

    ReplyDelete
  27. mba makasi lho buat review dan rekomendasinya, kebetulan aku belum pernah mengunjungi Purbalingga jadi artikel ini bisa jadi referensi juga

    ReplyDelete
  28. Purbalingga makin ciamiikk.
    Banyak spot2 yg bisa dijadikan destinasi plesir yaa
    Kapan2 mau k sana ahhh

    ReplyDelete
  29. Waaah, ada toh bandara di Purbalingga. Aku baruu tauuuu. Btw, Purbalingga ini sebenernya cuma tetangga aja dari kampung halamanku (temanggung) kan mbak..cuma karena aku uda jauh dari Temanggung, trus rute kalau pulkam itu dari arah Jogja, jadi blas ga pernah menginjak Braling. Kayaknya, dulu2 juga cuma numpang lewat aja sih sama Purbalingga. Padahal, aku punya beberapa temen dari Braling pas SMK dulu. Thanks sharingnya ttg wisata di Purbalingga, Mba Ery :)

    ReplyDelete
  30. Belum pernah ke Purbalingga nih, penasaran dengan wisatanya yang unik-unik kayak Owabong dan kampung tematik. Ada Trans Jateng juga ya, memudahkan banget untuk berwisata

    ReplyDelete
  31. Wahhh makin banyak aja nih destinasi wisata di Purbalingga. Terakhir tahun 2018 kayaknya, harus masuk wish list nih tempat wisata yang udah di-list Ery. Terutama The Samingah WiSed, penasaran dengan tempat nya, Ry

    ReplyDelete
  32. Menarik sekali untuk wisata ke
    Purbalingga ini, apalagi bisa naik kendaraan darat atau udara ya. Jadi pengen liburan ke sana.

    ReplyDelete