Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Biar Anak Lahap Makan Tanpa Drama

Halo, Moms, mana nih yang suka galau dan rempong ketika menghadapi anak susah makan. Sudah mencoba berbagai jurus nyatanya sering kalah. Anak tetap GTM (Gerakan Tutup Mulut).

Ketika anak GTM, kadang kita yang tantrum sendiri. Padahal, bisa jadi anak memang masih kenyang, atau bosan dengan makanan itu-itu saja. Ya, anak juga balita juga bisa merasakan bosan, lho.



Tips Biar Anak Mau Makan


Nasi Gurih dan chicken nugget Belfoods

Disclaimer
dulu ya, ini pengalaman saya untuk anak saya. Bisa jadi berbeda dengan anak yang lainnya. Kalau Moms ada tips lainnya, boleh banget share di kolom komentar, ya.

1. Beri Makan Ketika Sedang Lapar


Sudah beberapa kali saya menyodorkan makanan ke anak untuk dimakan tapi enggak mau. Lama-lama saya yang emosi sendiri karena anak enggak mau makan. Disaranin sama beberapa teman, biar kasih makannha ketika anak sudah lapar.

Benar adanya, malah anak minta makan sendiri. “Ma, aku lapar, Ma.” Ucap anak saya yang kini usia 4 tahun. Ketika dia minta sendiri, sudah pasti tidak ada drama.

2. Biarkan Anak Makan Tanpa Gangguan


Usia 4 tahun sudah mulai belajar makan sendiri. Jadi, saya membiarkan dia makan sendiri meskipun blepotan tidak karuan. Pernah saya menegur dan merapikan baju atau meja makan yang berantakan tapi dia jadi kesal dan tidak mau makan lagi.

Kapok dengan kejadian begitu, ya sudah, saya biarkan saja dia makan sendiri. Walau endingnya war biasaakk yang harus dibersihkannya. Terpenting anak mau makan sendiri.

3. Menu yang Bervariasi


Kesukaannya adalah ayam goreng. Akan tetapi kalau setiap hari dikasih ayam goreng juga bosan. Selain itu tidak baik juga, kan? (Terutama untuk dompet emaknya. 🤪).

Misal hari ini ayam goreng besok bisa sosis, kemudian esoknya bisa nugget, dan bakso, atau ikan. Untuk sayur anak saya sudah terinfluence sama sebuah tontonan video, jadi yang dia suka hanya brokoli, bayam, buncis, dan kubis.

Kalau ada wortelnya protes, “Wortel itu makanan kelinci!” Fix ini seperti bapaknya yang enggak doyan wortel.


Berbicara tentang menu yang bervariasi, saya cukup sering bikin nasi gurih daun jeruk, eh malah anak saya kedoyanan.

Cara Membuat Nasi Gurih Daun Jeruk


Ini adalah menu tersimple yang pernah saya buat. Bahan-bahannya:

Daun jeruk dan bawang putih
Bumbunya cuma dua jenis ini


  • Bawang putih
  • Daun jeruk
  • Margarin
  • Nasi

Saya tidak menulis berapa banyaknya karena bebas. Yang jelas, makin banyak bawang-bawangan, pasti makin gurih

Cara memuatnya sangat mudah. Iris-iris atau geprek-geprek bawang putih, dan iris tipis daun jeruk. Kalau mau tambah bawang merah dan daun bawang juga boleh banget. Setelah itu panaskan wajan, tuang margarin secukupnya. Tumis bawang dan daun jeruk sampai harum. Kemudian tiriskan.

Mencampur nasi dengan bawang dan daun jeruk goreng
Nasi gurih sedang disiapkan

Siapkan nasi hangat di piring. Tambahkan bawang dan daun jeruk yang sudah digoreng. Taburkan garam sedikit. Kemudian campur sampai merata. Bentuk nasi gurih sesuai selera. Kalau saya yang gampang saja, bentuk bulat-bulat. Nasi gurih siap disajikan.

Eiitss, tunggu dulu. Untuk lauknya saya menggunakan chicken nugget crunchy dari Belfoods. Rasa gurihnya uenaak banget. Bahkan awet lho kremesnya. Meskipun udah dingin tetap saja masih bisa “Kresss, Kresss” pada saat digigit.

Kalau menu begini, anak pasti susah nolaknya. Abis enak sihh ….


@mamadoyanmakan Resep Lengkap Check Caption. Nasi Daun Jeruk. Bahan-bahan: 1 wadah nasi 6 lembar daun jeruk 1 siung bawang putih 1 sendok teh margarin Cara membuat: 1. Iris tipis 6 lembar daun jeruk, dan cincang 1 siung bawah putih. 2. Tumis daun jeruk dan bawang putih, tambahkan 1 sendok teh margarin. 3. Setelah harum, tiriskan. 4. Tambahkan daun jeruk dan bawah putih yang sudah digoreng di nasi di wadah. 5. Aduk-aduk hingga merata. 6. Buat bentuk sesuai selera. 7. Tambahkam lauk kesukaan. Selamat mencoba.. #fyp #nasidaunjeruk #chickennuggets ♬ Dj Terviral - Dj suwandi
Tolong abaikan baju anak saya yang bolong-bolong karena digunting sendiri. Diajak ganti baju gak mau :D


Penutup


Okay, itu dia tips sederhana biar anak mau makan. Kalau menunya ada chicken nugget dari Belfoods, dijamin enggak ditolak. Karena rasa gurih dan crunchy-nya, sungguh menggoda.


Saya saja lahap kalau makan pakai Belfoods, apalagi anak-anak. Nah, teman-teman kalau mau beli Chicken Nugget Crunchy Belfoods, bisa banget beli di TokopediaTokopedia atau Shopee dan toko kesayangan lainnya.

Okay, sampai di sini dulu, ya. Terima kasih. 😊
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

25 comments for "Tips Biar Anak Lahap Makan Tanpa Drama"

  1. wah kreatif banget, pasti anak jadi makin lahap makannya :D

    ReplyDelete
  2. Berarti penting banget ya mengatur waktu makan anak. Kapan mereka makan. Kapan mereka dikasih cemilan. Biar saat makan, mereka nggak susah makannya.

    ReplyDelete
  3. Resepnya oke nih. Soalnya jadi keinget ponakan daku waktu kecilnya sempet GTM. Jadinya diakalin dengan sehenap jiwa oleh kakakku ku biar GTM nya udahan.

    ReplyDelete
  4. Ingatlah bahwa setiap anak memiliki pola makan dan kebutuhan yang berbeda. Teruslah bereksperimen dengan berbagai tips dan temukan cara terbaik untuk membantu si kecil makan dengan lahap dan tanpa drama.

    ReplyDelete
  5. Kalau giliran makan, anak-anak ada GTM. Giliran jajan, mereka langsung semangat hahaha. Terus ada lagi, yang mau makan kalau muter-muter dulu satu kompleks. Bikin habis waktu dan tenaga.
    Jadi memang disiasati agar anak mau makan ya, Mbak. Mungkin bisa ditanya, apa yang dia inginkan. Atau apa yang disukai. nanti tinggal divariasikan saja menu-menunya.

    ReplyDelete
  6. Resepnya mudah di recook nih, bisa jadi solusi buat bocil buat varian makanannya

    ReplyDelete
  7. Sejak jaman si kakak kecil dulu hingga si adik ini, bagi mereka memang lebih menarik makan makanan model frozen foods seperti nugget dari Belfoods. Mungkin karena kekenyalannya pas, juga gurihnya enak.

    ReplyDelete
  8. Huhu.. Fase GTM memang fase penuh kesabaran yah. Aku juga pernah pake bahan bawang putih, tapi plus tahu. Mau cobain pake daun jeruk trus campur ke nasi kek gini ah. Biar lebih bervariasi.

    ReplyDelete
  9. Ibunya kudu pintar bikin menu makanan yang kira-kira anak jadi lahap makan ya. Bisa dicoba nasi jeruk, siapa tahu anakku suka juga.

    ReplyDelete
  10. Aku pernah di fase anak GTM. Kayanya hampir setiap ibu merasakannya ya, hehe. Yang bikin ibu jadi tantrum, karena ibu udah cape-cape masak, ehh malah nggak dimakan sama anak, jadinya tantrum deh, wkwkwk.

    Tapi, dari GTM, Ibu jadi kreatif ya mbak. Salah satunya dengan menyajikan nasi dan chicken nugget dari Belfoods, aku juga suka sih ini mah, hehe.

    ReplyDelete
  11. Resep nasi gurih yang simpel tapi udah terbayang enaknya. Dan soal bawang putih itu ... aku sepakat. Memang bikin makanan makin sedap. Makanya aku selalu sedia bawang putih di dapur.

    ReplyDelete
  12. Bener banget, beri anak makan saat lapar. Wah tanpa banyak penolakan nasi dan lauk pauk di piring langsung habis. Padahal kalau lagi biasa saja sampai jengkel nyuruh anak makan itu.
    Segala lauk diada-adakan tapi tetap ia gak mau makan. Eh giliran udah lapar, tanpa banyak drama, makan sendiri sampai habis. Sejak itu saya gak lagi maksa anak makan. Toh kalau udah lapar, nyar minta sendiri. Hehe

    ReplyDelete
  13. wah keren banget idenya ini. bisa dicoba ah besok, pas banget anakku lagi agak mager nih makannya. semoga dengan makan menu ini jadi lahap ya

    ReplyDelete
  14. Sedih ya, kalau anak makannya gak lahap. Ingin orang tuanya sih, anak lahap memakan semua makanan yang disediakan. Memang butuh strategi untuk menyiasati anak mau makan dan tanpa drama, ya.

    ReplyDelete
  15. Memang tantangan bgt ternyata mengenalkan anak makan. Apalagi dikasih yg bergozo dan sesuai aturan makan huhu kudu banyak sabarnya

    ReplyDelete
  16. Masalah menu nih yg masih jadi PR buatku. Diriku bukan termasuk yg pinter masak, sedangkan anakku terutama yg pertama termasuk yg picky eater. Mumet kalau urusan makanan. Btw resep nasi gurihnya bs nih nanti tak coba ke anak. Siapa tahu jd lahap makan.

    ReplyDelete
  17. Aaiih, tipsnya bisa diterapkan nih..
    Terutama bagi ibu-ibu galau yang merasa terpuruk, terpenjara dalam gua.. ((eaa.. macam kera sakti)) perkara anak GTM.
    Takut anak sakit, takut anak tantrum, de el el.
    Kudu diantisipasi secara cerdas nih.. kaya ka Ery yang mensiasatinya dengan membuatkan menu nasi daun jeruk dan lauk kesukaan anak-anak, Chicken Nugget Crunchy Belfoods.

    Mau ikutan coba juga tipsnyaa..
    Nuhun ka Ery.

    ReplyDelete
  18. hmmm kebayang lezatnya, nasi gurih daun jeruk, kayaknya bukan anak aja yang suka, emaknya pun ketagihan hehe semangat mak emak pejuang GTM

    ReplyDelete
  19. Klo aku sendiri alhamdulillah, apapun yang aku masak anaku makan . Cuma ya memang bener musti masak dengan menu yang variatif.

    ReplyDelete
  20. Jadi inget anak pertamaku waktu MPASI yang tahan banget lapar.. jadi dia itu nggak pernah minta makan, bilang lapar, atau apapun... jadi harus kita sendiri yang inisiatif untuk memberikan makan tepat waktu.. Ini beda banget sama adiknya hihii :)

    ReplyDelete
  21. Si kecilku susah banget kl makan sendiri. Dia ga bakal mau makan sendiri. Jdnya ya hrs disuapin dulu sambil bawa gadgetnya. Pelan2 sih ntr diajarin mkn sendiri seiring pertambahan usianya.

    Kyknya chicken nuggetnya ok bgt tuh kak. Si kecilku suka ayam goreng tuh. Mayan menu ini buat variasi.

    ReplyDelete
  22. Paling drama dan pilih-pilih itu anak pertama saya, ga semua jenis sayur dia suka
    Jadi masaknya selalu sayur berbeda buat anak pertama dna lainnya agar tetap bisa makan lengkap dan terpenuhi nutrisinya. Jadi orang tua memang harus pintar olah menu

    ReplyDelete
  23. Paling galau sih saat anak nggak mau makan. Naikin berat badan mereka kan PR banget ya Bun. Wah makasih ini resepnya. Dengar nasi gurih daun jeruk plus chicken nugget crunchy aja mamanya udah ngiler he he.

    ReplyDelete
  24. Wah klo pake daun jeruk jadi lebih seger, n harumnya nyenengin bikin lahap makan

    ReplyDelete
  25. aku dulu juga gitu mbak, memberi makan nunggu anaknya lapar dulu. Agak merasa jahat sedikit, tapi kalau gak gitu dia susah makan apalagi saat mengenalkan menu baru...

    ReplyDelete