Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ampuh Atasi Rambut Kusut. Dijamin Rambut Jadi Lembut dan Halus

Memiliki rambut yang lembut dan halus adalah impian kita sebagai wanita. Namun, akibat berbagai kondisi membuat rambut kita menjadi kering, kusut, dan kusam. Faktor utamanya tentu karena sering terpapar sinar UV dan polusi udara, ditambah stres yang berlebihan juga memicu kerusakan rambut.

Ya, stres ini menjadi masalah untuk berbagai kesehatan. Ini menandakan bahwa pikiran dan hati yang kacau, maka semuanya akan chaos.

Okay, kembali ke rambut yang bermasalah. Meskipun saya berhijab, rambut tetap harus dirawat. Jenis rambut saya ini termasuk bergelombang. Bukan keriting atau pun ikal. Jadi kalau digerai nampak mengembang banget, ditambah lagi udah kasar, kering dan kusut. Sudah kek rambut singa aja 🙄, apalagi warna rambut saya dasarnya kecokelatan. Kan, makin tidak karuan berantakannya.




Tips Agar Rambut Lembut dan Halus


Cara Ampuh Atasi Rambut Kusut

Kalau lihat iklan shampo rasanya jiwa ini meronta, seketika iri melihat rambut yang cakep. Panjang, lurus, hitam, dan sangat lembut. Namun, seketika saya juga menyadarinya kalau di iklan tentu saja bukan hanya pemakaian shampo melainkan ada penata rambut di balik layar. It’s okay.

Nah, buat yang seperti saya, yang mana enggak memiliki penata rambut, boleh melakukan tips berikut ini agar rambut lembut dan halus.

1. Menggunakan Bahan Alami


Melansir dari laman Rejoice, bahwa perawatan rambut agar lembut dan halus juga bisa dengan bahan alami. Dari minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak argan. Selain itu juga bisa menggunakan cuka apel, atau dari lidah buaya.

Rambut yang kusut dan tidak lembut membuat kita kurang percaya diri, meskipun kita sebagai muslim mengenakan hijab, tetapi ketika di rumah dan melepas hijab rasanya bagaimana gitu, melihat penampilan diri sendiri tidak terawat bikin senep juga lihatnya.


Berikut langkah mudah untuk membuat rambut agar tidak kusut.

Yang pertama menggunakan minyak kelapa. Teman-teman bisa menggunakan berbagai produk minyak kelapa untuk rambut seperti Mustika Ratu Hair OIl, Herborist, VCO, Pure Virgin Coconut Oil, dan berbagai merek lainnya.

Caranya tuangkan sedikit minyak kelapa di telapak tangan, kemudian oleskan ke bagian rambut yang kusut. Biarkan beberapa menit, kemudian gunakan sisir yang berjarak jarang untuk mulai menguraikannya.

Yang kedua menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun ini sudah terkenal dari zaman dahulu memiliki manfaat yang luar biasa bagi kecantikan, tak terkecuali untuk kesehatan rambut. Cara mengaplikasikannya sama persis dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak zaitun untuk rambut juga saat ini mudah ditemukan dengan berbagai merek seperti Mustika Ratu, Pure Olive Oil, Medina, Natural by Ws, dan lainnya.

Yang ketiga menggunakan lidah buaya. Gel lidah buaya sangat penting, selain meredakan panas dalam, gel lidah buaya juga bisa untuk rambut mudah diatur dan tidak kusut. Ambil sedikit gel lidah buaya, kemudian oleskan pada rambut, setelah beberapa menit uraikan dengan sisir yang bergigi jarang.

Setelah membuat rambut tidak kusut lagi, saatnya membuat rambut lembut dan mudah diatur. Berikut beberapa cara untuk melembutkan rambut.

Yang pertama menggunakan minyak kelapa / minyak zaitun / minyak argan. Oleskan salah satu minyak tersebut ke seluruh bagian rambut. Tunggu sampai 30 menit atau semalaman agar hasil maksimal. Kemudian cuci rambut dengan shampo untuk menghilangkan minyaknya.

Yang kedua menggunakan cuka apel. Selain menambah cita rasa pada makanan, cuka apel juga bisa berfungsi untuk melembutkan rambut. Teteskan sedikit cuka apel, kemudian tambahkan sedikit air, lalu oleskan pada rambut setelah keramas. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Cuka apel pada rambut mampu mengembalikan kadar pH dan mampu membuat rambut menjadi lembut dan halus. Cara ini mudah dan boleh banget dicoba di rumah nih, Guys.

2. Menggunakan Shampo dan Conditioner


Selanjutnya untuk membuat rambut halus dan lembut tentu saja menggunakan shampo dan conditioner secara rutin. Saya sendiri saat ini menggunakan Rejoice shampo dan conditioner. Cara menggunakannya sangat mudah. Keramas seperti pada umumnya. Setelah bersih, gunakan conditioner. Oleskan conditioner pada rambut secara merata, kemudian diamkan beberapa menit. Kalau saya biasanya sampai 5 menitan. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Hasilnya akan terlihat bagus setelah pemakaian rutin. Gunakan shampo dan conditioner seminggu dua kali untuk hasil yang lebih baik. Untuk produk shampo dan conditioner, teman-teman bisa menggunakan merek apa pun. Ada Sunsilk, Makarizo, Herbal Essences, Natur, dan lain-lain.

3. Perawatan ke Salon Kecantikan


Sudah menyerah dengan berbagi treatment? Itulah saya, akhirnya pas jelang lebaran, mumpung kemarin punya duit lumayan karena habis THR-an, saya nyalon. Akhirnya saya tergoda untuk melakukan smoothing. Rupanya melakukan smoothing ini bisa menghabiskan waktu seharian, Guys. Rada syok.. Maklum baru pertama kali smoothing, biasanya hanya creambath.

Pertama-tama rambut kita dikasih obat smoothing, setelah selesai nunggu sekitar 20 menitan, terus keramas. Terus dikasih vitamin, nunggu beberapa menit lagi. Keramas lagi, kasih vitamin lagi, dan diluruskan dengan alat. Ya, seingat saya tahapannya seperti itu, kalau ada yang keliru mohon koreksinya. Maklum, sudah lupa-lupa ingat, karena sampai ngantuk di salon. Wkwkwkwkw.

Hasil dari nyalon memang tidak mengecewakan, tetapi jangan lupa juga ada harga yang harus dibayar. Ya, lumayan, sampa Rp 250.000 untuk smoothing. Ini tergolong murah karena salonnya bukan di kota besar, melainkan di daerah Mangunegara, Kecamatan Mrebet, Purbalingga. Masih termasuk dalam kategori pinggiran kota. Kalau sudah di Kota Purbalingga, smoothing biasanya tiga ratus ribuan ke atas, bahkan kalau rambutnya tebal sampai empat ratus hingga lima ratus ribu. Wow..

Dan ya, setelah smoothing yang harus dilakukan adalah tidak boleh keramas selama tiga hari. Untungnya sebelum treatment ini sudah keramas duluan.

Penutup


Well, itulah beberapa cara agar rambut tidak kusut lagi. Bisa halus dan lembut. Teman-teman bisa menggunakan cara tersebut entah salah satu atau semuanya. Tergantung kemauannya mau yang mana.

Dan sekarang setelah smoothing dalam kurun waktu sebulan, rambut saya masih lumayan lah. Memang harus terjaga setiap kali keramas harus menggunakan conditioner. Bahkan kalau perlu creambath minimal sebulan sekali.

Okay, selamat mencobanya, ya!


Sumber referensi:

  • https://www.rejoice.co.id/id-id/blog-page/cara-membuat-rambut-lurus-dan-lembut-secara-profesional
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

34 comments for "Cara Ampuh Atasi Rambut Kusut. Dijamin Rambut Jadi Lembut dan Halus"

  1. Aku juga rutin sih pake conditioner seminggu sekali wekekek dan beneran bisa bikin lembut, kalo gapake condiitioner gampang kusutnya wkeke apalagi buat emak2 kayak aku yg suka bolak balik dapur

    ReplyDelete
  2. Nah ini kadang aku juga ngalamin rambut sering kusut setelah pake topi atau helm. Mungkin nanti bisa ku coba tips ini mba

    ReplyDelete
  3. Perawatan rambut banyak ya tipsnya, terutama untuk rambut kusut. Bukan hanya disisir aja, tapi ada trick-trick biar lebih halus dan lembut. Trims...

    ReplyDelete
  4. speertinya aku harus coba cara ketiga nih, perawatan ke salon kecantikan. biasanya sih kalau habis creambath itu rambut jadi enak banget, lembut dan wangi gitu

    ReplyDelete
  5. Problem saya banget nih, punya rambut panjang jadi susah nyisir dan akhirnya kusut huhu. Tapi bener lho, dengan perawatan2 di atas rambut auto alus.. Apalagi shampoo dan kondisioner.

    ReplyDelete
  6. nah daku suka skip nih pemakaian conditioner
    padahal bisa bantu biar rambut lebih lembut juga ya.
    hemm, sepertinya kudu pakai lagi nih, biar rambut daku makin sehat

    ReplyDelete
  7. Buat perawatan rambut pakai bahan alami paling yang sering tuh pakai lidah buaya. Soalnya di halaman rumah iparku tuh banyak banget tanaman lidah buaya. Terus yang paling praktis ya tinggal ke salon ajah.

    ReplyDelete
  8. Poin 1 dan 2 udah kucobain dong, dan terbukti ampuh atasi rambut kusut. Bahkan jarang banget sisiran, cuma pake jari aja, xixixi..

    ReplyDelete
  9. Masih jadi PR banget nih, Mak. Karena rambut aku juga kering dan kusut, mana rontok pula
    Treatment yang kupakai masih pakai minyak zaitun sama aloe vera aja, sepertinya perlu waktu agak lama juga biar rambut kembali sehat dan lembut lagi
    Terima kasih tipsnya, Mak

    ReplyDelete
  10. kalo aku dulu masih rajin pake lidah buaya. sekarang udah nggak lagi soalnya tanemannya udah habis hahahah. palingan pake serum rambut aja sih

    ReplyDelete
  11. Saya pernah ngira rambut berhijab tidak perlu repot dirawat, ternyata sama saja dengan rambut pada umumnya ya.

    ReplyDelete
  12. Rambut mau lusur, ikal, atau kriting, wajib dibersihkan dan dirawat agar tidak mudah kusut yaa. Apalagi kalau kusut lalu bau dan nggimbal, hadeu, sudah potong saja.

    ReplyDelete
  13. Klo dismoothing disamping hasilnya lurus juga lembut banget, baiknya klo udah melakukan smoothing harus melakukan perawatan secara benar-benar biar hasilnya juga awet.

    ReplyDelete
  14. aku pernah mengalami rambut kusut, niat hatingin cepat untuk berangkat, eh terkendala rambut kusut huhu. Untungnya sekarang banyak banget yaa kak rekomendasi agar rambut gak kusut lagi. Salah satunya ke salon. Bener sih perlu harga yang dibayar, tapi sebanding sama hasilnya, rambut gak kusut lagi siih. Jadi lebih pede juaga

    ReplyDelete
  15. aku banget nih memiliki masalah rambut kusut. biasanya pakai sampo terus conditioner. Tapi belum bener-bener bisa rapi sih. Baru bener-bener rapi kalau dibawa kesalon hehehe....

    ReplyDelete
  16. Betuuul, meskipun pakai jilbab, rambut tetap harus dirawat. Naikin mood banget loh kalau lihat rambut sendiri sehat terawat.

    ReplyDelete
  17. Jadi ingat dulu waktu kecil kalau berkunjung ke rumah nenek pasti diurusin nih rambut pakai bahan alami minyak kelapa yang beliau buat sendiri dan asli memang jadi lembut dan no kusut-kusut dong ini rambut

    ReplyDelete
  18. meskipun aku pakai hijab, tapi rambut kusut itu bikin tidak nyaman
    terima kasih tipsnya kak

    ReplyDelete
  19. Wah, mantap nih tips mengatasi rambut kusut dari mbak Ery. Kebetulan rambut aku juga sering kusut, makanya aku sempat potong super cepak hahaha :D Pakai bahan-bahan alami juga bisa ternyata ya asal rajin konsisten gitu. Kalau smoothing di salon aku pernah kayaknya 2 kali aja soalnya lumayan harganya hihihihi. TFS mak.

    ReplyDelete
  20. Akhirnya ka Ery, aku menemukan sebuah produk yang itu adalah bentukannya minyak gitu dari Argan dan alhamdulillah cocok. Meskipun masih ada rontok-rontoknya, tapi sedikiittt..
    Ke depannya, semoga zero hair fall yaa..

    ReplyDelete
  21. Ternyata cuka apel bisa dimanfaatkan untuk melembutkan rambut juga. Selama ini tahunya pakai minyak kelapa atau minyak zaitun saja

    ReplyDelete
  22. Kayanya kudu cobain per-minyakan rambut dengan kasta tertinggi yang disebutkan ka Ery deh..
    Dulu zaman anak-anak kecil, aku beneran bikin minyak kemiri sendiri. Kebayang doonk.. kemiri seberapa banyak jadinya cuma seuprit.. But, its really work!

    ReplyDelete
  23. Sejauh ini saya juga menggunakan conditioner rambut jadi makin lembut dan mudah diatur. Padahal jenis rambut saya ini mengembang kaya rambut leher singa gitu. Hehe...
    Dulu waktu di kampung malah suka pakai minyak kemiri buatan nenek.

    ReplyDelete
  24. Cuka apel itu dimana belinya? Serius nanya karena banyak banget tips and trick yang bahannya cuka apel

    ReplyDelete
  25. Aku pernah ngalamin rambut kusut mba. Cara cepat yang aku lakukan, potong rambutnya yang kusut. Hehehe. Tapi bener deh pakai bahan bahan alami dan ke salon kecantikan emang pilihan yang tepat

    ReplyDelete
  26. Pernah dulu coba smoothing bener ga boleh keramas 3 hari itu aroma rambut yang dicampur minyak smoothing nya lama lama jadi mengganggu penciuman haha, tapi mungkin sekarang lebih soft kali ya wanginya

    ReplyDelete
  27. Pas banget nih sama rambut keponalan kusut dan kasar jadi banyak rontokannya deh coba ya aku suruh keponakan ikuti cara-cara di artikel ini

    ReplyDelete
  28. Pakai minyak kelapa vco pernah, minya zaitun juga pernah, tapi sekarang lebih memilih yg praktis pakai sampo dan kondisioner aja. Yang penting rutin dan pilih sampo yang cocok aja

    ReplyDelete
  29. Alhamdulillah , masalah rambut kusut sih enggak pernah alami, tapi rambutku tuh rontok banget huhuhu.

    ReplyDelete
  30. Iya memang harus telaten melakukan perawatan khusus ya jika ingin rambutnya indah dan anti kusut rajin keramas, creambath dan pakai vitamin rambut

    ReplyDelete
  31. Mbak Erry nih kok ya pas aku lagi cari info rambut merambut loh! Emang dikau membaca pikiran para pemirsah yaaa

    makasih tipsnya, mbak. Aku bakalan nyoba yang semi tradisional juga (creambath dengan minyak kelapa dan ditutup dengan hairserum)

    ReplyDelete
  32. Saya team yang rambutnya sering berantakan juga tapi ga kusut karena rambut saya tebal-tebal helaiannya tapi kadang juga kusut yang akhirnya sulit di atur, apalagi kalau pakai sampo yang tidak cocok

    ReplyDelete
  33. Kalau saya sebagai cowok, biasanya tatanan rambut rusak pas pakai helm. Untuk mengatasinya paling shampo-an rutin, perawatan pakai lidah buaya juga soalnya emang ada di rumah tanamannya.

    ReplyDelete
  34. baru tahu nih kalau cuka apel juga bisa ya untuk melembutkan rambut, boleh dicoba juga nih kapan-kapan karena benar banget meski kita perempuan berhijab tapi tetap dong mendambakan rambut yang indah juga lembut.

    ReplyDelete