Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja dengan Kompetensi Global

Memasuki Dunia kerja dengan Pendidikan internasional dan kompetisi global

Dunia kerja makin ke sini makin ketat persaingannya. Bahkan di tahun 2022 tenaga kerja asing yang sudah masuk ke Indonesia teracatat sudah mencapai 96.574 orang. Artinya, selain kita bersaing dengan orang sendiri, kita juga bersaing dengan mereka-mereka yang baru masuk ke Indonesia.

Untuk itu, perlu skill dan kemampuan yang luar biasa agar kita mampu bersaing dalam dunia kerja dengan kompetisi global.



Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja dengan Kompetensi Global


Kompetensi bekerja

Menjadi tenaga kerja saat ini tidak hanya melulu nilai akademiknya bagus, melainkan harus memiliki skill dan kemampuan lainnya yang menunjang. Karena dalam dunia kerja lebih sering dibutuhkan praktek langsung, hasil kerja nyata bukan hanya dari sebuah angka nilai.

Berikut merupakan skill dan kemampuan yang harus ditingkatkan untuk menghadapi persaingan dunia kerja yang kompetisinya makin global.


1. Menguasai Bahasa Asing


Mau tidak mau harus mempunyai skill dan lancar berbahasa Inggris. Karena untuk bersaing dengan calon-calon pekerja dunia, bahasa yang kita gunakan juga harus menggunakan bahasa internasional. Bahkan kalau perlu, setidaknya menguasai 3 bahasa asing, yakni Bahasa Inggris, Jepang, dan Mandarin.

Kita tidak akan pernah tahu nantinya terjun ke dunia kerja yang mana.Tapi kalau bahasa mereka sudah kita kuasai, komunikasi akan lancar dan mempermudah kita untuk memahami apa yang harus dilakukan pada saat bekerja nantinya.

2. Tidak Gaptek Akan Teknologi


Dalam kompetisi bekerja secara global, kita tidak boleh gagap teknologi (gaptek). Pasalnya, makin hari teknologi kian berkembang, dan sistem kerja kita juga tak jarang yang memanfaatkan kecanggihan teknologi.

3. Meningkatkan Kemampuan Soft Skill


Kemampuan lainnya yang perlu ditingkatkan adalah Soft Skill yang merupakan skill yang tak kasat mata, tetapi hadir karena sikap, perilaku, dan kebiasaan kita dalam kehidupan sehari-hari.

Soft skill yang sangat diperlukan dalam kompetisi bekerja seperti kemampuan dalam mengatur waktu (time management), kemampuan menghadapi masalah atau komplain, mengelola stress, dan kemampuan untuk memecahkan masalah serta memberikan solusi. Selain itu juga harus berpikir kritis dan memiliki kreativitas yang tinggi.

4. Memiliki Pola Pikir Terbuka


Untuk menghadapi dunia kerja dengan kompetisi global, kita harus memiliki pola pikir yang terbuka. Bisa menerima pendapat orang lain dengan lapang walaupun pendapatnya berbeda. Selain itu, dengan pola pikiran yang terbuka, ketika menemukan masalah akan segera menemukan solusi secara tepat.

5. Memiliki Pengalaman Magang di Perusahaan Multinasional atau Internasional


Untuk mengasah skill dan kemampuan lainnya, haruslah dipraktekkan secara nyata dan langsung dalam dunia kerja. Untuk itu, pada saat masih menimba ilmu, tidak ada salahnya untuk mencoba magang di perusahaan multinasional atau bahkan internasional. Sehingga pada saat terjun di dunia kerja sudah tidak kaget karena sudah memiliki pengalaman.

Well, itulah 5 skill dan kemampuan yang dibutuhkan dalam dunia kerja untuk bersaing secara global. Kelima hal tersebut akan diperoleh dengan mudah dan baik ketika kita belajar di universitas yang memiliki sistem pendidikan internasional.


Belajar di Universitas yang Menggunakan Kurikulum Internasional


Kurikulum Internasional di Sampoerna University

Kita sudah tahu bahwa peran kurikulum internasional sangatlah baik bagi pendidikan di Indonesia. Salah satunya memang untuk menghadapi persaingan kompetisi bekerja di kancah global.

Nah, untuk mendapatkan semua kemampuan tersebut, setidaknya kita perlu belajar di universitas terbaik dengan kurikulum internasional yang memadai dan bisa menguasai kompetensi bekerja yang relevan. Di Indonesia sendiri sudah ada universitas tersebut, yaitu Sampoerna University.

Mengakui atau tidaknya, kenyataannya kualitas pendidikan juga mempengaruhi dalam mempersiapkan tenaga kerja yang andal, cekatan, dan berkualitas. Untuk itu, adanya pendidikan internasional di Indonesia sangat diharapkan keberadaannya agar generasi penerus bangsa memiliki pandangan yang maju untuk masa depan.


Sejalan dengan persiapan menghadapi dunia kerja dengan kompetisi global, di Sampoerna University juga memiliki program internship, yang merupakan sebuah program di mana mahasiswa bisa melakukan magang dengan minimal waktu selama satu minggu dan paling lama selama satu tahun.

Internship sendiri ini sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam undang-undang tersebut, dijelaskan bahwa internship merupakan pelatihan kerja yang dilakukan oleh peserta magang yang didasari oleh perjanjian hitam di atas putih yang ditandatangani oleh pemagang dan pemilik perusahaan (tempat bekerja sementara). Di dalamnya memuat hak dan kewajiban antar keduanya. Serta setelah selesai magang, peserta magang berhak mendapatkan pengakuan kualifikasi kompetensi bekerja dari perusahaan atau lembaga sertifikasi.

Menurut undang-undang tersebut jelas sekali bahwa program internship ini bisa berjalan lancar dan mampu memberikan impact yang luar biasa kepada peserta magang tersebut.

Di Sampoerna University sendiri, tujuan diadakannya program internship, agar mahasiswa memperoleh pengalaman secara nyata di dunia kerja. Mengerti seperti apa sih dunia kerja yang sesungguhnya? Peserta magang juga akan mengerti bagaimana pressure di dunia kerja, serta bisa belajar tentang kerja dengan tim dan kerja secara individu.

Juga bisa merasakan manfaat yang luar biasa dengan adanya program internship ini, di antaranya:

  • Mendapat pengalaman kerja
  • Memperoleh relasi atau teman baru
  • Keluar dari zona nyaman
  • Kemampuan komunikasi yang meningkat
  • Mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh

Dengan adanya program internship, Sampoerna University terus berkomitmen mencetak lulusan yang siap kerja di kancah internasional. Sehingga mereka mampu bersaing dan menemukan pekerjaan sesuai yang dimimpikannya.

Penutup


Bersaing secara sehat di dunia kerja memang cukup sulit, terlebih lagi pesaingnya dari berbagai negara yang ada di dunia. Kini Sampoerna University hadir dan bekerja sama dengan University of Arizona, Amerika Serikat, membuat para mahasiswa mendapatkan ilmu dengan sistem pendidikan internasional terbaik.

Selain itu, nantinya juga mengikuti program internship yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa agar bisa memperoleh pengalaman kerja secara langsung.

Okay, terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.


Sumber referensi:

https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/apa-itu-internship/ 

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/26/tenaga-kerja-asing-di-indonesia-mulai-meningkat-pada-2022 

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191219062014-284-458219/4-hal-yang-harus-dilakukan-saat-hadapi-persaingan-dunia-kerja 
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

62 comments for "5 Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja dengan Kompetensi Global"

  1. Program internship dan kurikulum internasional emang terbaik ya mba wajib direkomendasikan buat kawula muda

    ReplyDelete
  2. setuju mba, skil2 tersebut bakal sangat berguna banget untuk dunia kerja baik di nasional maupun global.. terutama untuk karir internasional yang sekarang sudah semakin terbuka lebar yaa

    ReplyDelete
  3. Nilai akademis memang bukan yang utama. Kemampuan bekerjasama itu yang terpenting. jika menguasai bahasa asing dan teknologi, tentu akan sangat membantu. Dengan magang, SDM jadi lebih mudah beradaptasi di dunia kerja, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar kak, apalagi bisa sambil magang dulu, jadinya punya gambaran saat bekerja nantinya.
      Jadi memang perlu ada persiapan skill dan juga mental ya

      Delete
  4. 4 skil di atas memang wajib dimiliki dan dikuasai bagi para lulusan. nah, poin 5 akan jadi nilai plus apalagi bisa magang di perusahaan multinasional dan internasional.
    Nah, wajib sekali menguasai bahasa Inggris, dan itu bisa dipertajam saat diterapkan kurikulum internasional.

    ReplyDelete
  5. Sampoerna University ini emang pilihan banget buat meningkatkan kompetensi kerja yang dibutuhkan di era global. Menggunakan kurikulum internasional yang bisa bikin kita bersaing di kancah internasional.

    ReplyDelete
  6. agar bisa bersaing di dunia kerja berkompetensi global ternyata gak main-main ya, skillnya banyak banget dan its a must dimiliki calon tenaga kerja ya. Sampoerna university jadi salah satu solusi bagus nih untuk membekali anak agar punya skill berdaya saing global, rekomended banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget kak, sekarang makin kompleks ya skill yang dibutuhkan. kalau ragu sih ya bisa ambil aja kampus dengan akreditasi unggul dan dengan kurikulum internasional seperti SU ini ya

      Delete
  7. 5 skills ini emang wajib dimiliki sih utk bisa bersaing di dalam negeri, apalagi dunia internasional. Kenapa kampus gw dulu ga bisa kayak Sampoerna University sih? Duh jadi pingin kuliah lagi deh.

    ReplyDelete
  8. 5 skill ini memang sangat berperan dalam dunia kerja, persaingan dalam dunia kerja pasti ada tapi kalau kita juga punya skill yang kuat, tidak perlu takut untuk bersaing. Program internship seperti ini jadi sesuatu yang berharga karena nantinya bisa dapat pengalaman yang takkan terlupakan dan jadi nilai jual tersendiri saat masuk di dunia kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat ini memang tidak hanya nilai akademik ya, Mas. Tapi skill sangat perlu untuk bisa bersaing di dunia kerja. Dan harus memang sudah diterapkan kurikulum internasional. Jadi nantinya tidak hanya berpeluang bekerja di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

      Delete
  9. Ngomongin keterampilan memang hal yang sangat penting. Apalagi di era global ini, meskipun sudah punya fokus keahlian, memiliki skill tambahan juga bisa menjadikan kita menjadi lebh memiliki daya saing. Bersyukur sekarang sudah ada pendidikan dengan kurikulum internasional yang bisa mengamokodir harapan dan mewujudkan lulusan memiliki kompetensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba, skill tambahan emang dinilai cukup penting juga selain skill yang emang udah dimiliki. bisa jadi nilai plus di dunia kerja nanti.

      Delete
  10. 5 skill ini emang penting banget dalam dunia kerja dan program Internship ini jadi bekal tersendiri nantinya karena ada nilai jual lebih saat bersaing di dunia kerja.

    ReplyDelete
  11. sekarang persaingan semakin berat masalah kerjaan bearti kudu dipersiapkan dari sekarang. kurikulum internasional beneran jadi solusi untuk mempersiapkan anak menuju persaingan dunia kerja dan ngebuat orang tua jadi lebih terbantu dengan masalah pendidikan untuk persaingan global

    ReplyDelete
  12. Persaingan di dunia kerja sekarang emang semakin ketat apalagi zaman sekarang memang menuntut kita untuk bisa bersaing secara global kalau gak ya bakal tertinggal.

    ReplyDelete
  13. Wah 5 skill wajib yang harus dikuasai banget ini. Biar bisa bersaing di dunia kerja juga nantinya ya

    ReplyDelete
  14. Hadapi kompetisi jaman now ini harus dengan cara yang cerdas salah satunya menyiapkan skill yang mumpuni dengan kuliah di kampus kompeten seperti Sampoerna University ini ya

    ReplyDelete
  15. Dunia kerja sekarang memang makin ketat sih, selain dituntut kreatif ya harus berpengalaman. Nilai bagus aja enggak cukup. Harus bisa bahasa asing dan melek teknologi juga yaa, makin berat emang.

    ReplyDelete
  16. menguasai bahasa asking memang syarat wajib untuk kita bisa bersaing di dunia global, selain itu juga harus punya kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik juga yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, zaman sekarang kalau enggak bisa bahasa asing tuh bakalan ketinggalan.

      Delete
  17. zaman sekarang dimana mencari kerja tidka mudah karena ketatnya persaingan, maka para pencaker harus memiliki skill istimewa untuk bisa menembus dunia kerja, Maka memeprsiapkannya sejak kuliah dengan memilih universitas yang bagus seperti sampoerna university adalah langkah yang tepat.

    ReplyDelete
  18. Dunia kerja zaman sekarang tuntutannya semakin meningkat dan selektif ya..
    Dengan mempersiapkan skills yang spesifik, maka bisa memasuki dunia kerja dengan persaiangan global.

    ReplyDelete
  19. Semakin maju jaman maka semakin kompetitif juga persaingan di dunia kerja sehingga memang mau tidak mau kita harus mencari kampus yang bisa memberikan nilai plus pada mahasiswanya

    ReplyDelete
  20. Bener, internship penting bgt sih untuk menambah pengalaman dan skill mahasiswa

    ReplyDelete
  21. Semoga saja banyak orang tua sadar ya akan skill-skill yang dibutuhkan anak. Masalahnya masih sangat banyak orang tua yang cuma mementingkan ijazah.

    ReplyDelete
  22. Nah, kemampuan berbahasa inggris ini sangat penting. Agar kita mampu menghadapipersaingan global.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak, sekarang belajar bahasa inggir bisa dimana aja, namun dengan menemukan lungkungan yang tepat dapat mempercepat seseorang untuk menguasai bahasa tsb, beruntung utk mahasiswa Sampoerna University sebab mereka diberi lingkungan yg mendukung utk hal itu, dimana para mahasiswa diwajibkan untuk menggunakan bahasa inggris khususnya saat pembelajaran berlangsung.

      Delete
  23. Kelima skill tersebut di atas penting sekali dan wajib dikuasai anak2 muda generasi zaman now ya mbak. Apalagi kini dengan kurikulum internasional yang diaplikasikan di beberapa sekolah dan perguruan tinggi tentu menambah semangat pelajar melakoninya. Program internship juga sangat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia tentunya. TFS.

    ReplyDelete
  24. bagus ini ya program universitas sampoerna, karena ada program magangnya (internsipnya) juga, sama dengan universitas negeri juga sih ya, cuma kalau kurikulumnya internasional tentu lebih unggul yaa

    ReplyDelete
  25. Beneran ya nilai akademis bukan segalanya, butuh skill biar bisa bertahan diantara hutan belantaran pencari kerja. Ngalami jaman-jaman saat muda dulu

    ReplyDelete
  26. Kelihatannya zaman sekarang hanya punya ijazah masih berasa kurang, ya. Harus ada skill juga supaya lebih bisa bersaing secara global

    ReplyDelete
  27. Kurikulum internasional bisa mengembangkan skill skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja ini sih ya mbak, jadi penting banget nih punya kurikulum kayak gini. Jadi gak hanya ngerti ilmu di atas kertas, tapi juga skill lainnya.

    ReplyDelete
  28. 5 hal di atas, kalau diupayakan fresh graduate, in syaa Allah aman,dia mampu bersaing dalam dunia kerja.

    ReplyDelete
  29. Kalau untuk sekarang ini menguasai bahasa asing itu wajib banget, ditambah lagi dengan skil-skill lainnya. Karena perkembangan digital kita juga semakin pesan, maka jangan sampai nih gaptek . Kalau gaptek jadi malu mau bersaingnya nanti ya.

    ReplyDelete
  30. Makin hari memang makin berat ya Mbak Ery buat cari pekerjaan. Udah lahan pekerjaan makin menyempit, skill juga butuh upgrade terus menerus.

    ReplyDelete
  31. Dunia kerja sekarang makin kompetitif. Hal dasar memang kudu dikuasai kaya bahasa asing. Kurikulum internasional pasti terpakai kalau memang mau masuk ke dunia yang lebih luas. Jadi lebih berkembang, gak di situ aja

    ReplyDelete
  32. Kampus Sampoerna Academy ada di BSD di kawasan aku tinggal nih mbak. Keunggulannya banyak dibicarakan oleh para orang tua di sini, ga sedikit yang mengincar di sana untuk anak-anaknya. Memang bagus kurikulumnya.

    ReplyDelete
  33. Bagus srkali ada program internship. Aku juga selalu kasih semangat mahasiswaku utk nyobain program internship. Banyak bgt skill dan ilmu yg bisa mereka dapatkan yg ga ada si bangku kuliah. Belum lagi pengalamannya

    ReplyDelete
  34. Tidak heran kalau banyak orangtua ingin menyekolahkan anaknya di sekolah internasional ya. Sebab di samping soal kurikulum, bahasa asing adalah pengantar sehari2. Otomatis, anak-anak jadi lancar bahasa asing karena terus menerus dipergunakan (bukan hanya saat pelajaran bahasa inggris). Aku jd intip2 biaya di Unisampoerna, ah ada beasiswa juga. Siapa tahu rezeki anak nanti yaaa...

    ReplyDelete
  35. skill yang disebutkan di atas memang sangat penting dan sangat basic untuk memasuki dunia kerja, anak-anak kita nanti harus menguasainya

    ReplyDelete
  36. Agar bisa memiliki 5 skill, dukungan tempat kuliah juga penting ya. Aku suka Sampoerna University memiliki program internship, mahasiswa jadi punya pengalaman magang di tempat kerja langsung

    ReplyDelete
  37. Bahasa emang no 1 yang wajib dikuasai ya, minimal bahasa Inggris. Persaingan sekarang mamin ketat aja, anak2 kudu dipersiapkan supaya memiliki kompetensi global.
    Bagus nih sekarang banyak sekolah/ kampus yang udah ada program internship jd sekaligu jd gambaran supaya anak2 paham ttg dunia kerja yaa.

    ReplyDelete
  38. Bukan mengecilkan kurikulum nasional ya, tapi kurikulum luar ini memang paling cocok untuk membekali anak masuk di dunia kerja. Semoga saya bisa mendidik anak-anakku untuk mendapat bekal 5 skill tersebut.

    ReplyDelete
  39. selain hard skill harus paham software atau apps dsb yang menarik ya poin 4. Pola pikir terbuka ini bukan iya iya aja terhadap pandangan orang lain tetapi bisa mengolahnya dan menentukan pendapat kita sendiri.

    ReplyDelete
  40. Bisa magang tuh menjadi salah satu nilai plus. Jadi lulusan universitas sudah pernah mencicipi bagaimana dunia kerja yang sebenarnya. Mereka bisa siap-siap untuk menghadapi persaingan dunia kerja setelah lulus.

    ReplyDelete
  41. Selama ini biasanya program magang itu adanya di pendidikan tinggi vokasi (politeknik), keren banget kalau ada universitas yang memfasilitasi program internship ke perusahaan2. Jujur memang dunia kerja itu wow sekali hehe. Aku pun merasakannya waktu magang saat kuliah. Awal2 kaget karena berbeda sekali dengan dunia kuliah. Lama-lama terbiasa dan ga kaget lagi waktu kerja beneran.

    Jadi yakin banget kalau Sampoerna University ini akan mencetak lulusan yang unggul, bersaing secara global, dan juga siap kerja.

    ReplyDelete
  42. Harus banyak skill yang dimiliki sebagai nilai jual yah apalagi yang baru masuk dunia kerja.

    ReplyDelete
  43. Bahasa emang penting banget yaa mba, hari gini harus bisa minimal banget satu bahasa asing untuk menghadapi dunia kerja. juga program internship berguna banget untuk membekali anak2 sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Udah cocok banget nihhh

    ReplyDelete
  44. Iya persaingan dunia kerja makin ketat ya harus punya skill yang bisa dipakai untuk bersaing seperti soft skill juga skill bahasa asing dan lainnya, magang bisa jadi pilihan untuk menambah pengalaman dan skill kita ya

    ReplyDelete
  45. Sampoerna University ini emnag keren banget yaaaa. Anak anak dijamin siap dan menguasai kompetensi global ya kalo kuliah disiniii. Soalnya bisa ambil double degree juga kan dari University of Arizona. Keceee

    ReplyDelete
  46. Enak banget kalo bisa magang di perusahaan multinasional, selain dapat pengalaman juga dapat skill yang berguna banget untuk bekal ngelamar kerja nantinya.

    ReplyDelete
  47. Bahasa asing ini penting jadinya itu juga nasihat bapak allahuyarham sebelum berpulang kalau bahasa Inggris saya harus selalu di-upgrade dan tambah bahasa lainnya

    ReplyDelete
  48. Kebangeten lah kalau anak muda gagap teknologi di er teknologi informasi ini. Oleh karena itu dia kudu ningkatin skill ya, terutama di bidang tekno dan bahasa asing, gar mampu bersaing di dunia kerja.

    ReplyDelete
  49. Dunai kerja emang harus butuh banyak kemampuan agar bisa bersaing. Penerapan kurikulum internasional juga penting untuk semua instansi pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  50. Setuju banget. Di era globalisasi seerti sekarang tuh, rasanya harus menguasai lebih dari satu bahasa. Karena makin banyak budaya asing masuk indonesia

    ReplyDelete
  51. Emang yaa kompetensi global ini dibutuhkan banget biar masyarakat kita bisa bersaing di era digital kayak gini, kalo uda bisa bersaing, jadi makin banyak keuntungan yg bisa kita dapat

    ReplyDelete
  52. Kuliah itu memang bagusnya tidak hanya jadi tim penyimak saja, tetapi harus aktif, tidak hanya di kelas, tetapi juga di organisasi dan kegiatan-kegiatan positif lainnya yang bisa mendukung skill kita dapat berkembang. Dengan demikian akan menambah kesiapan kita ketika nanti terjun ke dunia kerja

    ReplyDelete
  53. Dalam memasuki dunia kerja kudu banget memiliki persiapan yang luar biasa agar saat memasukinya bisa memiliki skills yang diinginkan pihak pencari kerja. Salah satunya adalah pengalaman kerja. Ini bagus banget untuk menunjang CV saat melamar kerja.

    ReplyDelete
  54. Bahasa asing ini emang kompetensi yang wajib dimiliki saat ini sih ya kalau mau bersaing di dunia kerja secara global. Kudu dipersiapkan secara bener dan matang sih.

    ReplyDelete
  55. Sekarang kayaknya gak ada ya dunia kerja yang gak menerapkan bahasa Inggris. Jadi wajib hukumnya karena dunia kerja kan terus berkembang ya. Makin maju sampai tingkat internasional

    ReplyDelete
  56. skill komunikasi, bahasa asing dan teknologi emang jadi kebutuhan dan kriteria dasar banget yaa di dunia kerja jaman sekarang mah

    ReplyDelete