Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Drama The Untamed: Petualangan Wei Wu Xian Mencari Misteri Yin Tiger

Drama The Untamed

Halo, Pecinta Drama China. Saya kembali lagi untuk mereview sebuah drama bergenre Xianxia alias Fantasi. Drama ini aslinya sudah saya tonton lawas, tetapi lagi-lagi baru sempat mereviewnya.

Drama ini merupakan kisah persahabatan antara dua orang laki-laki antara Lan Wang Ji dan Wei Wu Xian. Pecinta Drama China pasti tidak akan asing dengan nama-nama tokoh utama tersebut. Ya, kan?

Betul, kali ini saya akan membahas drama yang fenomenal dan ditonton lebih dari 1 Miliar. Ya, katanya begitu. The Untamed. Drama yang diadopsi dari novel berjudul Mo Dao Zu Shi memang tak kaleng-kaleng. Pemeran utamanya juga cakep-cakep semua. Ada Wang Yibo dan Xiao Zhan. Pria yang dinobatkan sebagai pria terganteng se-Asia ini memang penuh karismatik.

Tak heran, Drama The Untamed pecah. Boom, banyak yang menonton dan menyukainya. Pertanyaannya, apakah drama ini patut ditonton juga oleh anak-anak kita? Terutama anak remaja yang masih labil?



Kontroversi Drama The Untamed


Lan Zhan dan Wei Wu Xian
Lan Wang Ji dan Wei Wu Xian

Sebelum kita bahas lebih jauh tentang drama ini, sebaiknya kita tahu betul, agar tidak tersesat. Drama yang diadopsi dari Novel Mo Dao Zu Shi. Sebuah karya yang dihasilkan oleh Mo Xiang Tong Xiu memang sangatlah tenar. Sayang seribu sayang, novel tersebut menceritakan tentang BL (Boys Love). Sehingga pemutaran drama tersebut dirombak habis-habisan.

Negara Tiongkok melarang adanya drama yang mengandung unsur-unsur cinta sejenis. Otomatis, Drama The Untamed berubah menjadi drama dua orang dari aliran yang berbeda menjadi sahabat dekat.

Untuk itu, buat teman-teman yang masih remaja, dan labil, tidak perlu mencari tahu detail novelnya seperti apa. Saya juga tidak tertarik untuk membaca novelnya. No! Big No!

Profil Drama The Untamed


Judul: The Untamed
Native Title: 陈情令
Director: Steve Cheng, Chan Ka Lam
Screenwriter: Deng Yao Yu, Yang Xia, Guo Guang Yun, Jing Ma
Genres: Mystery, Xianxia/Fantasy
Country: China
Episode: 50
Release date: June 27, 2019
Duration: ± 45 minutes
Original Network: Tencent Video
Global Network: Netflix, WeTV, AppleTV, Viki
Rating: 9.0 (MyDramaList), 8.8 (IMDb), 9.8 (Viki)

Pemeran Utama


Xiao Zhan as Wei Wu Xian/Wei Ying/Wei Yiling/Tetua Yiling
Wang Yibo as Lan Wang Ji/Lan Zhan

Pemeran Pendukung


Wang Zhuo Cheng as Jiang Cheng
Xuan Lu as Jiang Yan Li
Liu Hai Kuan as Lan Xi Chen / Zewu Jun
Zhu Zanjin as Jin Guangyao/Meng Yao
Meng Ziyi as Wen Qing
Bin Yu as Wen Ning

Sinopsis Drama The Untamed


Petualangan Lan Zhan dan Wei Wu Xian
Lan Wang Ji dan Wei Wu Xian mulai menelusuri misteri Yin Tiger.

Wei Wu Xian atau yang dikenal dengan sebutan Tetua Yiling meninggal 16 tahun yang lalu. Jatuh dari jurang pada saat hari pertempuran perebutan pecahan Yin Tiger. Awalnya, tangan dia masih berpegang pada sahabatnya, Lan Zhan. Namun sayang, kemarahan Jiang Cheng sudah diubun-ubun, hingga menghunuskan pedang ke tangan Wei Wu Xian. Membuatnya terjatuh ke jurang.

Namun, meskipun sudah jatuh ke jurang dan dianggap mati, jasad Wei Wu Xian tak pernah ditemukan. Hingga 16 tahun kemudian, arwahnya dipanggil kembali oleh Mo Xuanyu - merupakan anak haram dari keluarga Mo. Selama ini Mo Xuanyu disiksa oleh keluarganya sendiri. Dikurung dalam kamar kecil dan selalu menggunakan topeng.

Arwah Wei Wu Xian dipanggil untuk balas dendam atas apa yang sudah dialami oleh Mo Xuanyu. Sehingga Wei Wu Xian menempati tubuh Mo Xuanyu yang tak bernyawa. Untungnya wajah mereka sama.

Hingga akhirnya tiba, perselisihan dan pertarungan keluarga Mo pun terjadi. Energi Hitam Yin Tiger muncul kembali. Sampai-sampai Sang Hanguang-Jun​​ muncul untuk mengalahkan energi jahat. Wei Wu Xian tak asing dengan wajah orang yang berpakaian putih seperti jiwanya yang tak pernah berbuat salah.

Wei Wu Xian pun menghindarinya. Perlahan menghilang. Dengan tetap menggunakan topeng, dia menepi ke pinggiran sungai bersama keledainya.

Hingga dipertemukan lagi, dengan rombongan Lan Zhan, Jiang Cheng, dan rombongan keluarga Jin. Wei Wu Xian terpojok, pasalnya juga harus menghadapi 'mayat hidup' yang mulai menyerang. Untungnya dia ingat, bahwa dengan memainkan sebuah lagu dengan seruling, mayat-mayat hidup itu bisa tenang dan kalah.

Wei Wu Xian menggunakan sebatang bambu kecil untuk dijadikan seruling. Sungguh menarik. Hingga pada akhirnya dia pingsan dan dibawa oleh Lan Zhan ke Perguruan Gusu Lan.

Wei Wu Xian tak sadarkan diri sangat lama. Mengingat kembali ke masa silam sebelum dia meninggal.

Dari ingatannya itu membuat dia berhati-hati dengan Lan Zhan, tak ingin mengajak sahabatnya itu terjebak dan mengalami kesusahan. Tapi, bukan sahabat sejati namanya jika Lan Zhan membiarkan Wei Wu Xian itu menghadapinya sendirian.

Pada akhirnya mereka bekerja sama mencari teka-teki misteri Energi Yin Tiger yang bergerak kembali padahal sudah dimusnahkan. Sebenarnya, siapa dalang di balik semua kejahatan keji yang selama ini terjadi?


Review Drama The Untamed


Dari 50 episode tentu saja bukan hanya kisah Wei Wu Xian yang menarik, tapi juga banyak hal. Terutama siapa sih dalang di balik misteri Yin Tiger yang meresahkan?

Coba kita simak kisahnya. Yuk.

1. Wei Wu Xian atau Wei Yiling alias Tetua Yiling


Wei Wu Xian
Wei Wu Xian

Wei Wu Xian merupakan pria yang riang, baik hati, dan penuh optimisme. Ditambah lagi dia punya kecerdasan di atas rata-rata dan suka jahil. Parasnya memikat, penuh pesona. Siapa saja bakalan memuji dia bahwa pria ini tampan, sangat tampan.

Masa lalu Wei Wu Xian bukanlah hal yang mudah dilalui, terlebih ketika dia masih kanak-kanak. Entah ke mana orang tuanya, akhirnya dia dibawa oleh Ayang Jiang Cheng dan Jiang Yanli. Sehingga Wei Wu Xian menjadi murid Keluarga Jiang.

Sering juga disebut sebagai anak haram dari Ayah Jiang Cheng dan selingkuhannya. Tuduhan itu terus dilakukan oleh Ibu Jiang Cheng, tapi sampai akhir, hal itu tidak terbukti. Nyatanya, Wei Wu Xian anak sahabat dari Ayah Jiang Cheng, tapi mereka sudah meninggal dunia.

Bagaikan saudara kandung, Jiang Yanli dan Jiang Cheng saling menyayangi Wei Wu Xian. Apalagi Jiang Yanli, Kak Perempuan yang begitu perhatian pada Wei Wu Xian, sampai-sampai Jiang Cheng cemburu.

Hingga mereka mulai remaja muda, dibawanya ke Perguruan Sekte Gusu Lan. Salah satu sekte putih yang memiliki kekuatan besar. Banyak sekali penerus atau tuan muda dari sekte lain yang berguru di sini.

Di Gusu Lan ini, Wei Wu Xian bertemu dengan Lan Zhan, tuan muda kedua dari Gusu Lan. Wei Wu Xian dan Lan Zhan saling bermusuhan karena bertolak belakang karakter. Wei Wu Xian yang ceria dan nakal, Lan Zhan pendiam dan dingin. Namun, pada akhirnya mereka akrab dan dekat. Bahkan menemukan tempat tersembunyi di Gua Gusu Lan, sebuah informasi tentang kepingan energi yang jahat.

Hingga suatu hari, keputusan Wei Wu Xian banyak yang menentangnya, termasuk Lan Zhan, Jiang Cheng, dan sekte-sekte lainnya. Yang mendukung hanyalah Jiang Yanli, Wen Qing, dan Wen Ning dari Sekte Wen yang beraliran hitam.

Wei Wu Xian melakukannya bukan tanpa alasan, anak tertua Sekte Wen menculiknya dan membuangnya ke pemakaman kuno yang berisi energi hitam. Wei Wu Xian kembali dengan seruling hitamnya. Sering menolong Wen Qing dan adiknya. Hingga dia disalahpahami oleh Jiang Cheng dan Lan Zhan.

Wei Wu Xian pun menjadi terkenal dengan sebutan Wei Yiling atau disebut sebagai Tetua Yiling. Dia menjadi penguasa Kuburan Kuno, menolong orang-orang yang sering dibantai dan tak dianggap oleh sekte aliran putih. Hingga suatu hari dia terjebak - memang sengaja ada yang menjebaknya sih dari sekte lain. Wei Wu Xian dan Wen Qing berada di dekat Kuburan Kuno, di situ terjadi peperangan, yang tak sengaja Wen Ning membunuh Jin Zixuan, suami dari Jiang Yanli.

Jiang Yanli dan Jiang Cheng
Jiang Yanli dan Jiang Cheng

Kemarahan Jiang Cheng menjadi, bahkan tak mau menganggap Wei Wu Xian sebagai saudara lagi. Berbeda dengan kakaknya, Jiang Yanli, yang mengerti dan paham tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Sampai pada puncaknya, semua sekte berkumpul di sebuah puncak. Peperangan terjadi. Energi Yin Tiger yang tadinya sudah dihancurkan oleh Wei Wu Xian muncul kembali. Bahkan, Wei Wu Xian juga menjadi incaran untuk dibunuh.

Namun, naas, yang terbunuh justru Jiang Yanli. Dia melindungi Wei Wu Xian yang mau dibunuh.

Jiang Cheng kian murka, sampai-sampai pada saat Wei Wu Xian akan jatuh ditepi jurang, dan tangannya masih dipegang oleh Lan Zhan, Jiang Cheng menghunuskan pedangnya. Wei Wu Xian terjatuh ke jurang, dan tak ditemukan jasadnya.

Itulah kisah 16 tahun silam. Hingga pada saat bangkit kembali, Wei Wu Xian dan Lan Zhan, mencoba menelusuri benang kusut, siapa sebenarnya orang jahat yang ingin menguasai semua sekte, dan mengorbankan orang-orang baik.

2. Lan Wang Ji atau Lan Zhan


Lan Wang Ji
Lan Wang Ji/Lan Zhan

Pemuda yang tampan, baik hati dan lurus mengikuti peraturan yang ada. Merupakan Tuan Muda kedua dari Sekte Gusu Lan. Sekte yang terkenal dengan keindahan alam, dan ajarannya yang tidak pernah menyimpang. Selalu memberikan pengajaran tentang kebaikan, tidak pernah melukai orang, dan saling menghormati dengan sekte lainnya. Belum lagi, ilmu sihirnya juga tinggi.

Mengenal Wei Wu Xian pada saat pertama kali Keluarga Jiang mengirimkan ketiga anak-anaknya itu ke Sekte Gusu Lan. Mereka semua belajar bersama. Karena saking jahilnya Wei Wu Xian, seringnya membuat masalah dengan Lan Zhan, dan mereka berdua sering dapat hukuman.

Karena sering bersama, mereka berdua menjadi akrab. Bahkan Lan Zhan sering mencoba kenakalan-kenakalan yang dilakukan oleh Wei Wu Xian. Tak jarang juga Lan Zhan melindungi Wei Wu Xian akibat tuduhan dan kenakalannya.

Pada saat Wei Wu Xian menghilang di Kuburan Kuno, Lan Zhan terus mencarinya, dan pada saat bertemu lagi, Lan Zhan masih mau menerima Wei Wu Xian yang memiliki aliran hitam.

Setelah kematian Wei Wu Xian, Lan Zhan menjadi 'Penangkap Hantu' atau penangkap roh-roh jahat yang berkeliaran. Dia juga mendapat gelar Hanguang-Jun.

Ketika Wei Wu Xian hidup kembali pun, Lan Zhan masih tetap mengenalinya, walaupun Wei Wu Xian menggunakan topeng. Akhirnya mereka berdua mencoba mengurai benang kusut yang selama ini terjadi. Bahkan Lan Zhan pun tahu alasan mengapa Wei Wu Xian tak menggunakan pedang lagi, melainkan menggunakan serulingnya. Hal itu dibocorkan oleh Wen Ning.

3. Jiang Cheng


Jiang Cheng
Jiang Cheng

Sebagai anak laki-laki keluarga Jiang, Jiang Cheng memiliki sifat yang penurut, patuh aturan dan sangat menyayangi kakaknya, Jiang Yanli. Akan tetapi, dia sering cemburu karena Wei Wu Xian mengambil semua perhatian, termasuk dari Ayah Jiang Cheng. Satu-satunya orang yang tak peduli pada Wei Wu Xian ialah Ibu Jiang Cheng dan Jiang Yanli.

Jiang Cheng semakin membenci Wei Wu Xian semenjak kematian Jin Zixuan suami Jiang Yanli, juga kematian Jiang Yanli. Bahkan sampai Wei Wu Xian hidup kembali, Jiang Cheng ingin membunuhnya dan tidak diizinkan untuk masuk ke Sekte Jiang.

Hal itu bukan tanpa sebab, karena Wei Wu Xian dekat dengan Wen Qing dan Wen Ning. Sedangkan orang tua Jiang Cheng dan Jiang Yanli, dibunuh oleh Sekte Wen, meskipun Wen Qing dan Wen Ning tidak terlibat di dalamnya. Aslinya juga, Jiang Cheng jatuh cinta pada Nona Wen Qing, namun karena perbedaan sekte membuatnya mengurungkan cinta itu.

Hingga suatu hari, terdapat perjamuan di Keluarga Jiang, mau tidak mau Wei Wu Xian dan Lan Zhan datang. Jiang Cheng memaksa Wei Wu Xian untuk menggunakan pedangnya, tetapi tidak bisa. Justru Jiang Cheng yang bisa membuka pedang Wei Wu Xian. Di sini lah rahasia besar terbongkar antara Jiang Cheng dan Wei Wu Xian. Dibocorkan oleh Wen Ning.

Nona Wen Qing dan Wen Ning
Nona Wen Qing dan adiknya, Wen Ning

Bahwasanya, dulu kala, ketika Jiang Cheng, Jiang Yanli dan Wei Wu Xian dikejar terus oleh Sekte Wen, Jiang Cheng terluka parah. Bahkan tulang eskilirnya (tulang emas tubuh) cedera parah, dan itu akan membuatnya cacat. Satu-satunya cara ialah Jiang Cheng harus berganti tulang emas itu.

Wei Wu Xian meminta tolong pada Nona Wen Qing yang memang ahli dalam pengobatan dan ilmu bedah tubuh.

Jiang Cheng dibawa ke sebuah bukit oleh Wen Qing dan Wei Wu Xian, selain itu mata Jiang Cheng harus ditutup. Alasannya, Wei Wu Xian bilang, "Kalau Bao Saron, sang ahli sihir hebat tidak mau dikenal oleh orang lain,"

Realitanya, hal itu bertujuan agar Jiang Cheng tidak tahu bahwa Wei Wu Xian yang telah mengorbankan tulang emasnya, dan dibantu oleh Nona Wen Qing. Dari kejadian itulah, Wei Wu Xian tidak bisa bertarung lagi saat menghadapi Sekte Wen, yang akhirnya dibuang ke Kuburan Kuno dan menyerap seluruh energi kuno.

Betapa hancur hatinya Jiang Cheng mendengar semua itu. Antara tidak percaya dan merasa bersalah berkecamuk dalam hati. Namun, lagi-lagi penyesalan datang terlambat. Wei Wu Xian yang terluka langsung dibawa Lan Wang Ji dan Wen Ning.

4. Jin Guangyao


Jin Guangyao
Jin Guangyao, pura-pura lemah, tapi licik dan kejam

Siapa sangka, anak haram dari keluarga Jin ini merupakan otak dan dalang di balik semua rencana jahat. Dulu dia memang tidak diakui, sehingga dia ke keluarga Nie, dan berbakti. Setelah itu, dia kembali ke keluarga Jin. Dia mencuri kepingan Yin Tiger tersebut untuk membuat orang-orang mati hidup kembali. Ya, bisa dikatakan zombienya orang China.

Lebih mengenaskan lagi, dia juga mengancam keponakannya sendiri, Jin Ling, anak dari Jin Zixuan dan Jiang Yanli. Jin Guangyao juga bekerja sama dengan Lan Xi Chen (Zewu Jun), Kakak Seperguan dari Lan Wang Ji.

Sehingga pada hari berkumpulnya semua sekte, Jin Guangyao akan berkuasa, membunuh semua orang yang tak mendukungnya. Bahkan dia membongkar semua aib yang ada. Termasuk es kilir emas milik Wei Wu Xian yang disumbangkan untuk Jiang Cheng. Dengan begini membuat Jiang Cheng semakin sakit hati dan marah.

Pertempuran sengit terjadi di kuil tersebut, beruntung Lan Wang Ji dan Wei Wu Xian bisa mengatasinya.


Ending Drama The Untamed


Semua Sekte berkumpul untuk membunuh Jin Guangyao
Semua sekte masuk perangkap Jin Guangyao

Setelah Jin Guangyao mati, semua sekte bubar, kembali ke masing-masing tempat dengan damai. Yang salah paham pada Wei Wu Xian pun meminta maaf, termasuk Jiang Cheng.

Sedangkan Wei Wu Xian dan Lan Wang Ji berpisah kembali ke jalan masing-masing. Lan Wang Ji kembali ke Sekte Gusu Lan, Wei Wu Xian kembali ke hutan, mengembara ke mana ia suka.

Ending yang memang seharusnya sih menurut saya, meskipun banyak yang protes. Tapi ya, ini oke, dari pada mereka hidup bersama. Ihh.. enggak deh. Meskipun katanya, yang tayang di Jepang itu berbeda dengan yang tayangan kita tonton apalagi di China.

Ya, Drama The Untamed ini dirombak habis-habisan, biar tidak memunculkan BL-nya. Bisa-bisa kena sanksi oleh Pemerintah Tiongkok kalau dramanya mengandung unsur BL dan sejenisnya.


Penutup


Ending Drama The Untamed
Lan Zhan dan Wei Wu Xian akhirnya berpisah

Akhirnya sampai juga di ujung cerita ini. Buat yang penasaran, silakan nonton saja Drama The Untamed, tapi saran saya, buat anak-anak remaja, jangan, ya. Meskipun tidak mengandung unsur BL, tapi kedekatan Lan Wang Ji dan Wei Wu Xian bikin saya risih juga.

Sebenarnya saya tidak mau mereview drama ini, tapi ya, fans-nya itu lho, bikin meme-meme yang enggak sreg. Sukanya dipleset-plestin sama kayak novelnya, Lan Wang Ji dan Wei Wu Xian itu BL. Bahkan dibuat terang-terangan.

Jujur, saya enggak rela idola saya yang ganteng dan keren dibuat meme gitu. Wkwkwkwkwkw. Sudah bener enggak ada unsur BL-nya, masih tetep aja dibuat meme.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

15 comments for "Review Drama The Untamed: Petualangan Wei Wu Xian Mencari Misteri Yin Tiger"

  1. Sangat jarang sekali drama fantasi, tapi dibalut dengan msiteri. Dan inilah yang membuat menarik ya, Mbak. karena lika-liku mencari penyebab kematian Tetua Yiling. Apalagi kejadiannya sudah 16 tahun berlalu. Pastinya sulit mengulur benang kusut mencari jalannya.

    ReplyDelete
  2. saya baru tau mba drama Untamed ini diadaptasi dari novel tentang boys love. wow untung saja pemerintah melarang keras tontonan sesama jenis ya cukup bijak juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, pemerintah China itu tidak bijak masalah sensor. Mereka itu berlebihan, itulah sebabnya industri film China ngga maju-maju. Bahkan Taiwan dan Thailand lebih maju dari mereka.

      Jika tau Untamed itu dari Mo Dao Zu Shi/MDZS yang notabene merupakan salah satu fiksi BL, lebih baik anda tidak usah terlibat dalam karya Untamed. Anda bukan target penontonnya. Untamed itu jujur aja kualitasnya lebih rendah bagi saya yang merupakan pembaca novel original sejak lama, karena sensor pemerintah China inilah banyak hal yang tidak logis dan harus diubah karena sensor. Masih mending jika diubah dan dibikin logis, ini dibikin tidak logis

      Delete
  3. Menarik mbak. Aku lama banget nggak nonton drama China. Oya, ini tokoh-tokohnya banyakan cowok ya. Jadi meski udah dirombak nggak ada unsur BL nya tapi masih agak gimana gitu ya hehe.

    ReplyDelete
  4. Pantes lah ya namanya Jin Guangyao..sifatnya juga hampir sama ky Jin >.<

    ReplyDelete
  5. kalau misalnya emang novelnya berunsur "begitu", lebih baik gak diangkat jadi film ya atau cari novel sejenis yang murni persahabatan ya, hehehe. mungkin pengen ambil nama tenar nya si novel asli kali ya. saya sih gak begitu perhatiin drama china, tapi beberapa kali nonton reels secara gak sengaja cuplikan drama setting kerajaan seperti ini yang cast nya masyallah emang ganteng-cantik ya, hehehe

    ReplyDelete
  6. Cerita drama The Untamed ini seru juga ya, Mbak. Melibatkan roh-roh orang yang sudah meninggal untuk balas dendam.
    Saya sampai berulang-ulang baca reviewnya, loh, Mbak. Gak apal-apal dengan nama tokohnya, susah diingat hehehe

    ReplyDelete
  7. Syukurlah untuk dramanya diubah jadi sahabat bukan BL hahahaha, kalau alurnya tetep sama seperti di novel gamau nonton ah, takut tersesat wkkwkwk.

    ReplyDelete
  8. Wahh ini total dramanya berapa episode, Kak Ery?
    Biasanya lebih panjang ya daripada drakor atau dorama?
    Kalau drama Tiongkok gini suka karena kostumnya bener2 mencerminkan jaman dulu dan nuansanya membuat penonton bagaikan terlempar ke masa ratusan tahun lalu.

    ReplyDelete
  9. Setelah baca ini, jadi penasaran filmnya, walaupun nggak terlalu suka nonton. Hehe. Saya tuh kagum aja, sama alur drama China yang nggak biasa. Makasih reviewnya, Mbak. Lengkap

    ReplyDelete
  10. Akuu sukaak sih drama kolosal alias kerajaan trs pake baju jaman dulu gitu rasanya kok seruuu membayangkan jaman dulu.

    ReplyDelete
  11. Seru nih sepertinya drama The Untamed ini setelah baca review di artikel kakak. Cuma mungkin karena keseringan nonton Kdrama, aku belum benar-benar bisa menikmati drama china. Hiks

    ReplyDelete
  12. Sekarang serangan drama ataupun tulisan banyak yang BxB gini..
    Bikin khawatir dan sampai sekarang belum paham letak serunya dimana kalo cowo skinship sama cowo.

    Overal,
    Ada perhatian khusus dari pemerintah di China mengenai bxb ini yaa..jadi ga keterusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan memang original novel Mo Dao Zu Shi itu BxB. Justru pemerintah China dan penonton macam anda yang tidak menghargai karya original, macam parasit saja. Pemerintah China itu sudah mendapatkan konsekuensi atas sikap mereka, yaitu China tetap jadi negara yang lebih banyak mendapatkan review negatif daripada negara di Asia Timur lainnya.

      Delete
  13. Pengen ikutan nonton juga dramanya nih tapi nyebut nama pemainnya pun masih susah. Seru pastinya yah kalau sudah dapat feel nonton drama gini. Kayaknya kalau uda sering bisa terbiasa nih.

    ReplyDelete