Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hidup Kian Indah Ketika Berhasil Move On

Hidup kian indah ketika berhasil move on

Setiap orang pasti memiliki masa lalu. Entah waktu zaman putih abu-abu, atau masa-masa di bangku kuliah. Terkadang masa lalu itu membuat sebagian orang merasa terbelenggu. Hidup di masa sekarang tapi hatinya entah di tahun kapan.

Sungguh, hal itu akan sangat mengganggu untuk melangkah lebih lanjut. Padahal, waktu dan hidup kita terus berjalan. Kita harus melangkah setiap hari mengukir mimpi menjadi nyata.



Cara Mudah dan Cepat untuk Move On


Cara mudah untuk move on

Okay, Sobat Galau-ers, sepertinya perlu cara untuk melangkah meninggalkan masa lalu. Jangan sampai hal yang tidak penting membebani pikiran dan hati.

Berikut langkah mudah untuk Move On, biar hidup makin hidup dan ceria.

1. Memaafkan Masa Lalu


Sudahlah, setiap orang pasti punya kesalahan, tapi ya jangan dipikirkan terus. Sudah saatnya memaafkan masa lalu biar enggak terus terngiang di hati dan pikiran. Karena kalau kita sudah memaafkan, kita akan lega, plong. Tidak ada beban lagi.

2. Mencoba Tantangan Baru


Biasanya yang suka mageran di rumah, beli kebutuhan pokok saja malas, karena hanya tinggal klik lewat smartphone. Saatnya mengubah kebiasaan untuk mencoba hal-hal baru.

Untuk move on bisa dengan cara belajar hal-hal baru yang lebih bermanfaat. Misal suka menulis, bisa mengikuti kelas menulis, suka fotografi, tentu bisa mencoba mengambil potret dari objek-objek yang menarik. Atau bisa jadi belajar bahasa asing atau sekolah lagi.

Bahkan, bisa mencoba untuk mengenal orang-orang baru yang menularkan vibes positif. Kita bisa belajar dari mereka bagaimana cara menikmati hidup biar enggak galau terus.


3. Menerima Sakit Hati


Okay, terima saja sakit hati itu. Tidak perlu menghindar. Kadang kala kita hanya perlu menerima dan mengafirmasi bahwa kita sedang terluka. Ya, sudah kalau sudah terluka, kita perlu sembuh. Hal ini akan membuat cepat proses penyembuhannya ketimbang kita merasa dendam dan lainnya.


4. Tutup Semua Jalur yang Buat Gagal Move On


Entah itu mantan pacar, teman yang berkhianat dan lain sebagainya. Please, enggak usah kepo lagi apa yang dilakukan olehnya. Blokir media sosialnya, telepon dan lainnya. Kita berhak bahagia dengan kehidupan baru tanpa ada gangguan dari orang-orang toxic yang menyebalkan.

5. Traveling untuk Melepaskan Semua Penat dan Gundah Gulana


Hal yang paling menyenangkan untuk menyembuhkan luka hati ialah traveling. Entah solo traveling maupun ramai-ramai sama bestie, traveling akan membuat kita bahagia.


Mengenal sesuatu yang baru lagi dan melihat sesuatu yang indah, hal ini akan membantu afirmasi dan energi positif yang masuk ke dalam pikiran dan hati kita.

Kalau kita berpikiran positif, maka langkah apapun yang dihadapi nantinya akan menemukan jalan yang tepat, bahkan menemukan keseruan dan keindahan dalam menikmati hidup.

Kesimpulan


Pada intinya untuk move on dari segala sesuatu yang menyakitkan itu butuh proses. Namun, kita enggak boleh terlalu termehek-mehek dan menjadi lemah. Tak usah berlarut dalam kepedihan karena hanya akan merusak, baik jiwa dan raga.

Move on adalah cara yang tepat agar hidup kita bahagia. Tidak merasa bersalah pada masa lalu, dan bisa menerima masa sekarang dengan penuh rasa syukur.

Itu tips move on dengan cepat dari saya. Mungkin teman-teman bisa memberikan tambahan tentang bagaimana caranya move on dengan cepat.

Nah, buat Sobat Galau-ers yang masih belum bisa move on, cobain deh tips di atas. Tidak usah langsung semuanya, coba satu tips dulu.

Semoga berhasil, dan bisa move on dengan cepat.
Eri Udiyawati
Eri Udiyawati Hallo, saya Eri Udiyawati. Seorang Perempuan yang suka menulis dan traveling. Blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah. Suka menulis berbagai topik atau bahkan mereview produk. Email : eri.udiyawati@gmail.com | Instagram: @eryudya | Twitter: @EryUdya

16 comments for "Hidup Kian Indah Ketika Berhasil Move On"

  1. kalau aku yaa jujur move on itu butuh waktu, enggak bisa cepat.
    namun perlu berdamai dengan hal tersebut. It takes time and enjoy the process.
    betul tips di atas untuk mencoba sesuatu yang baru supaya ada tantangan, enggak kepikiran masa lalu.

    ReplyDelete
  2. Pernah merasa sakit hati trus cobak traveling tapi malah gak menikmati haha. Emang bener kudu move on dulu yaaa, menata hati, kalau bisa memperbaiki masalah, memaafkan, melupakan lebih tenang. Trus traveling jd lebih hepi deh. Apalagi kalau bisa ketemu org2 baru yang dapat memberikan wawasan/ pandangan hidup baru ke kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya kalau nangis pas lagi traveling, gak ada orang yang kenal mbak, ahaha. Tapi buat aku, traveling juga lumayan membantu sih. Bisa merefresh pikiran dan bisa menyusun rencana ke depan dengan pikiran dan hati yang tenang :D

      Delete
  3. Move on setelah ada yg baru :)) maksudnya kegiatan baru gitu, bener mba.
    Menikmati, menerima rasa sakit hati.. tips di atas kudu dicoba biar berhasil move on ya mba.
    ku biasanya jg belajar hal yg baru, menyibukkan diri sesibuk mungkin lalu rasa sedih itu tenggelam bersama waktu. :D

    ReplyDelete
  4. Ahaaa ini pentiingg dibaca adek2 yg baru putus cinta atau patah hatii 😆 jalan hidup masih terbentang panjaaangg

    Semangaattt yha

    ReplyDelete
  5. Kadang yang memaafkan kesalahan itu agak syulit ya. Apalagi kesalahan orang lain, tapi memang pada akhirnya kita juga harus berdamai dengan diri kita sendiri. Sebenarnya sih yang paling sulit itu menghadapi diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  6. Betul banget. Ini yg molly lakuin juga kalo sebel sama seseorang. Semua akun sosmednya molly blokir. Daripada suatu hari ketemu pas lagi scroll2.. :D

    ReplyDelete
  7. Cara move on emang dengan menerima masa lalu kemudian memafkannya. emang butuh waktu yang ngga sebentar sih mba. Dan tiap orang beda juga prosesnya. Aku juga lebih memilih solo traveling biar ga galau mayan bisa lupa juga wkwkkwk.

    ReplyDelete
  8. Aku baru-baru ini keluar dari grup alumni sekolah, karena merasa nggak nyaman setelah ada suatu kejadian yang bikin nyesek. Sedih, sebenarnya. Tapi ya sudah lah. Setiap orang punya kesalahan, sama seperti diri kita sendiri yang juga pernah berbuat salah. Terima dan maafkan.

    Terima kasih banyak tipsnya, Mbak. Aku butuh banget nih untuk bisa move on.

    ReplyDelete
  9. Di poin "Terima saja sakit hati itu. Tidak perlu menghindar. Kadang kala kita hanya perlu menerima dan mengafirmasi bahwa kita sedang terluka."

    Ini tuh pernah aku alami, ketika sahabatku curhat dan berniat pergi dari rumah, karena KDRT, dan dia bertekad mau bundir segala :( Ya, kubilang, terima saja lukamu dan hidup dengan impianmu. BD tidak memecahkan masalah, malah mungkin membuat nama kita semakin buruk

    ReplyDelete
  10. aku biasanya biar cepet move on ya jalan pergi ke suatu tempat naik kendaraan umum. sambil lihat2 orang dan sekitarnya. dengan begitu merasa bersyukur atas karunia dalam hidup ini

    ReplyDelete
  11. Move on itu nggak segampang saat diucapkan ya mbak
    Tapi namanya hidup, ya harus tetap berjalan
    Makannnya ya harus move on

    ReplyDelete
  12. Buatku, move on ini semacam netxt level banget deh..
    Karena sungguh gak mudah beralih ke fokus lain. Tapi beneran "gak mudah" bukan berarti gak bisa ya.. Jadi kudu melalui banyak tahapan seperti kak Ery katakan diatas, sehingga move on bisa berlangsung dengan smooth.

    ReplyDelete
  13. Jadi malu karena dulu pernah di posisi galau termehek meheknya keterlaluan gara2 mantan
    Ga bisa move on awalnya
    Perlahan hilang juga sih dengan yang lalu, tapi kadang masih suka kepo wkkwkkw

    ReplyDelete
  14. Sy susah move on kalau nyangkut hati tapi bukan soal mantan ya hahaha . Susah move kadang kalau menyesali sesuatu, perlu waktu, sampai akhirnya ikhlas

    ReplyDelete
  15. Dulu pertama kali ngerasain patah hati, berasaaa banget galaunya . Ga fokus belajar yg pasti. Untungnya aku tipe yg ga mau terlalu lama sedih gitu mba. Dipikir2 apa untungnya buatku. Sementara si mantan udh happy2 lagi. Krn pakai mindset gitu, akhirnya bisa bangkit dan happy lagi. Terkadang kita terlalu banyak mikirin yg ga penting. Putus Ama pacar LGS mikir itu kesalahan kita lah, Krn kita ga usaha maksimal mempertahankan si dia. Padahal yg salah udah jelas2 dia.

    Terlalu ga enakan juga Ama orang lain. Jadi kebawa pikiran Mulu. Ujung2nya galau ga jelas.

    Skr ini aku fokus Ama kebahagiaan diri sendiri dulu . Kalo memang itbga bisa bikin aku bahagia, ya udah lupain aja. Fokus Ama hal lain yg bikin kita happy. Dijamin jadi gampang utk move on.

    ReplyDelete